18 Pemain Sepakbola Wanita Terbaik di Dunia
Saat ini, sepakbola wanita sudah tidak bisa dianggap remeh lagi. Bahkan, level sepakbola wanita sekarnag sudah setara dengan seopakbola pria.

Salah satu bukti sepakbola wanita sudah hampir setara dengan sepakbola pria adalah munculnya mereka dalam game sepakbola FIFA. Ya, mulai pada game FIFA 17, sepakbola wanita sudah bisa dimainkan dalam bentuk virtual.

Penampilan pesepakbola wanita memang tidak kalah menghibur dari sepakbola pria. Penampilan mereka di lapangan tidak asal main, namun juga menampilkan kematangan strategi yang baik. Dari sekian banyak pesepakbola wanita, berikut 17 pemain sepakbola wanita terbaik sepanjang masa.

1. Marta (Brasil)

Marta
Marta

Pesepakbola wanita bernama lengkap Marta Vieira da Silva ini adalah penyerang andalan timnas wanita Brasil. Pemain berusia 31 tahun ini memiliki 101 caps dengan 105 gol bagi timnas wanita Brasil. Ia bahkan menjadi top skor Piala Dunia Wanita dengan 15 golnya. Saat ini, ia memperkuat klub asal Amerika Serikat, Orlando Pride.

2. Mia Hamm (AS)

Mia Hamm
Mia Hamm

Wanita bernama lengkap Mariel Margaret Hamm-Garciaparra ini adalah mantan pesepakbola asal Amerika Serikat. Prestasi terbaik wanita berusia 45 tahun ini adalah mengantarkan timnas wanita AS meraih medali emas pada gelaran Olimpiade tahun 2004.

3. Michelle Akers (AS)

Michelle Akers
Michelle Akers

Michelle Anne Akers adalah salah satu legenda sepakbola wanita asal Amerika Serikat. Selama berkarier bersama tim nasional sepakbola wanita AS, wanita yang saat ini berusia 51 tahun ini telah mencetk 107 gol dari total 155 pertandingannya.

4. Birgit Prinz (Jerman)

Birgit Prinz
Birgit Prinz

Mantan pesepakbola wanita asal Jerman ini tercatat sebagai top skor kedua Piala Dunia Wanita dengan 14 golnya, hanya klah satu gol dari pemain asal Brasil Marta. Penyerang yang saat ini berusia 40 tahun ini adalah satu pemain yang mengantarkan Jerman meraih gelar juara dunia pada tahun 2003 dan 2007.

5. Sun Wen (Tiongkok)

Sun Wen
Sun Wen

Sun Wen adalah mantan pesepakbola wanita asal Tiongkok yang merupakan legenda sepakbola wanita di Tiongkok. Sun Wen bisa dibilang sebagai pesepakbola wanita tersukses Tiongkok sepanjang sejarah.

Prestasi terbaik Sun Wen adalah mengantarkan timnas sepakbola wanita Tiongkok ke babak final Piala Dunia 1999, di mana ia saat itu menjadi top skor bersama pemain Brasil Sissi, dengan tujuh gol yang ia cetak.

6. Abby Wambach (AS)

Abby Wambach
Abby Wambach

Pesepakbola wanita bernama lengkap Mary Abigail Wambach ini adalah mantan pemain timnas Amerika Serikat. Prestasi terbaiknya adalah mengantarkan timnas sepakbola wanita AS meraih medali emas pada dua ajang Olimpiade. Ia juga mendapatkan gealr sebagai pesepakbola wanita terbaik FIFA di tahun 2012.

7. Homare Sawa (Jepang)

Homare Sawa
Homare Sawa

Homare Sawa adalah mantan pesepakbola asal Jepang yang menjadi kapten tim nasional sepakbola Jepang ketika meraih gelar juara pada Piala Dunia 2011. Selain itu, prestasi pribadinya adalah meraih gelar sebagai FIFA Women's World Player of the Year di tahun 2011, mengungguli Marta dan Abby Wambach.

8. Kelly Smith (Inggris)

Kelly Smith
Kelly Smith

Kelly Smith adalah mantan pesepakbola wanita asal Inggris yang terakhir memperkuat Arsenal Ladies tahun 2017. Bersama Arsenal, wanita berusia 39 tahun ini telah meraih empat gelar juara Women's Premier League, tiga gelar Piala FA, dan satu gelar UEFA Women's Cup.

9. Christine Sinclair (Kanada)

Christine Sinclair
Christine Sinclair

Wanita 34 tahun ini adalah kapten tim nasional sepakbola wanita Kanada. Christine adalah pesepakbola wanita terbaik di Kanada. Ia tercatat sebagai top skor timnas Kanada dengan 168 golnya, juga sebagai pemiliki caps terbanyak dengan 16i caps, serta pemiliki asis terbanyak dengan total 52. Saat ia bermain untuk salah satu kontestan National Women's Soccer League, Portland Thorns.

10. Silke Rottenberg (Jerman)

Silke Rottenberg
Silke Rottenberg

Silke Rottenberg adalah mantan penjaga gawang tim nasional sepakbola wanita Jerman. Ia adalah salah satu pemain yang mengantarkan Jerman menjadi juara di Piala Duni Wanita di tahun 2003. Ia bahkan terpilih menjadi kiper terbaik dalam ajang empat tahunan itu.

11. Kristine Lilly (AS)

Kristine Lilly
Kristine Lilly

Kristine Lilly adalah mantan pesepakbola wanita asal Amerika Serikat. Lilly tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak di timnas AS dengan 354 caps dari tahun 1987 sampai 2010. Ia juga berada di urutan ketiga sebagai top skor sepanjang masa AS dengan 130 gol.

12. Sissi (Brasil)

Sissi
Sissi

Pesepakbola bernama lengkap Sisleide do Amor Lima ini adalah mantan pesepakbola asal Brasil yang saat ini berusia 50 tahun. Ia adalah top skor Piala Dunia 1999 bersama Sun Wen.

13. Megan Rapinoe (AS)

Megan Rapinoe
Megan Rapinoe

Wanita bernama lengkap Megan Anna Rapinoe ini adalah pesepakbola asal Amerika Serikat yang saat ini berada di klub Seattle Reign. Ia adalah salah satu pemain yang menjadi bagian dari timnas sepakbola wanita AS keika menjuarai Piala DUnia 2015 dna Olimpiade 2012. Pemain yang saat ini berusia 32 tahun ini, tercatat memiliki 128 caps bersama timnas AS dengan 34 gol.

14. Carli Lloyd (AS)

Carli Lloyd
Carli Lloyd

Carli Lloyd adalah salah pesepakbola wanita terbaik yang masih bermain saat ini. Wanita asal Amerika Serikat berusia 35 tahun ini adalah satu-satunya pencetak gol kemenangan AS dalam dua seri final Olimpiade, tahun 2008 dan 2012. Selain itu, ia juga mampu mengantar timnas sepakbola wanita AS menjadi juara dunia di tahun 2015.

15. Steph Houghton (Inggris)

Steph Houghton
Steph Houghton

Steph Houghton adalah pesepakbola berusia 29 tahun asal Inggris yang saat ini memperkuat Man. City Ladies. Kapten tim nasional Inggris ini sudah mempersembahkan satu gelar juara liga untuk City. Sebelumnya bersama Arsenal, ia juga membantu meraih dua gelar juara FA Women's Super League di tahun 2011 dan 2012.

16. Hope Solo (AS)

Hope Solo
Hope Solo

Hope Solo adalah salah satu pesepakbola wanita yang namanya paling terkenal. Wanita berusia 36 tahun yang ketika masih bermain berposisi sebagai penajga gawang ini memutuskan pensiun dari dunia sepakbola di tahun 2016. Hope Solo juga termasuk dalam skuat terbaik AS ketika berhasil menjuarai dua Olimpiade, satu Piala Dunia, dan dua Gold Cup.

17. Hege Riise (Norwegia)

Hege Riise
Hege Riise

Hege Riise adalah mantan pesepakbola wanita yang berasa dari Norwegia. Prestasi terbaik wanita berusia 48 tahun ini adalah mengantarkan tim nasional sepakbola wanita Norwegia meraih medali emas pada Olimpiade tahun 200 di Sydney, Australia.

18. Cristiane (Brasil)

Cristiane Rozeira
Cristiane Rozeira

Wanita bernama lengkap Cristiane Rozeira de Souza Silva ini adalah pesepakbola wanita yang berasal dari Brasil. Bersama Marta, Cristiane adalah pesepakbola wanita terbaik Brasil. Ia adalah pencetak gol terbanyak kedua setelah Marta, dan penampil terbanyak kedua setelah Formiga.

Baca Juga