22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Memilih pekerjaan yang tepat bagi wanita adalah perihal yang susah-susah gampang. Beberapa referensi pekerjaan yang cocok bagi wanita telah kami rangkum dalam artikel berikut.

Wanita bekerja, masih menjadi pro kontra hingga saat ini. Sebagian orang berpendapat sah-sah saja wanita bekerja, justru wanita yang mandiri secara finansial memiliki kelebihannya sendiri. Adapun golongan yang lebih konservatif tentu merasa tidak setuju, wanita menurut mereka selayaknya cukup mendedikasikan diri bagi keluarganya.

Bagaimana sebaiknya?

Masalah wanita bekerja atau tidak perlu dikembalikan pada masing-masing wanita yang menjalaninya. Karena setiap orang tentunya memiliki kondisi dan pertimbangan yang berbeda-beda. Idealnya wanita memang tidak bekerja, terlebih menjadi tulang punggung keluarga. Namun, seringnya wanita bekerja bukan dengan alasan  aktualisasi diri apalagi mengejar prestise, mereka terpaksa bekerja untuk menunjang perekonomian keluarga.

Baca juga: 15 seni Bela diri yang cocok bagi Wanita

Di era ini, banyak pekerja wanita dengan kemampuan setara bahkan melebihi pekerja pria. Dalam dunia kerja tentu wanita-wanita ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski sudah mampu bersaing di berbagai lini, terdapat beberapa pekerjaan yang terbilang lebih cocok bagi wanita.

Bagi anda yang memutuskan berkarir atau membantu perekonomian keluarga, mungkin pilihan pekerjaan berikut bisa menjadi pertimbangan anda.

1. Dokter

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Dokter wanita (image:ruangmuslimah.co)

Profesi dokter tidak lagi didominasi kaum adam. Sejak kebutuhan masyarakat terhadap dokter wanita meningkat, semakin banyak pula wanita-wanita yang bercita-cita menjadi dokter. Tidak semata sebuah pekerjaan bergengsi, dokter wanita terutama dibutuhkan untuk menangani pasien wanita dan anak-anak.

Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan tentunya harus memiliki gelar dalam bidang kedokteran. Profesi ini juga tidak mudah didapatkan, selain jenjang pendidikannya yang tergolong sulit, juga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pun demikian karier ini masih jadi primadona di tengah-tengah masyarakat. Gaji dokter di Indonesia pun dapat mencapai puluhan juta per bulannya.

Menjadi dokter pun menawarkan banyak pilihan. Ada dokter keluarga yang memeriksa segala macam penyakit secara umum; dokter spesialis yang mempunyai keahlian dalam suatu bidang media secara spesifik, terus dokter gigi yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang gigi, dokter hewan yang mempunyai keahlian khusus dalam bidan hewan. 

2. Perawat

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Perawat wanita (image:id.aliexpress.com)


Perawat adalah patner dokter. Perawat mengubah hal yang bisa dilakukan semua orang menjadi sesuatu yang mempunyai efek terapeutik, atau bisa dikatakan hal sederhana yang perawat lakukan bisa menjadi sesuatu yang membantu pasien untuk sembuh berdampingan dengan pengobatan dari dokter.

Tentu tugas perawat bukanlah sekedar memasang infus, mengambil darah, mengatur obat, dan hal-hal semisal.  Perlu diketahui, setiap tindakan yang perawat lakukan mempunyai dasar ilmu yang kuat.

 Memandikan? Semua orang bisa, tetapi perawat mempunyai teknik khusus bagaimana hanya dengan memandikan membuat pasien merasa lebih baik. Melipat sprei, memasang sprei, juga perawat punya teknik khusus. Mengganti popok pasien yang tidak bisa bergerak pun punya tekniknya. Itulah keperawatan.  

3. Apoteker

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Apoteker wanita (image:gayahidup.inilah.com)

Apoteker menjadi pekerjaan yang juga banyak diminati para wanita. Untuk bekerja sebagai apoteker profesional di berbagai lembaga jasa kesehatan, seorang lulusan farmasi harus mengambil pendidikan keprofesian apoteker selama dua semester. Dengan berbekal sertifikat profesinya, seorang lulusan Farmasi kemudian dapat disebut sebagai apoteker, selanjutnya anda bahkan bisa mendirikan Apotik secara mandiri.

4. Copywriter

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Copywriter (image:millo.co)

Copywriter adalah penulis naskah iklan untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Dalam prakteknya, copywriter tidak menulis naskah iklan konvensional melainkan naskah promosi apapun yang dibutuhkan oleh industri.

Jenis pekerjaan ini banyak yang freelance juga, sehingga sifatnya fleksibel. Cocok bagi wanita yang ingin bekerja dari rumah saja. Tak perlu datang ke kantor atau terikat jam kerja. Syaratnya, tentu saja mahir menulis kata-kata yang persuasif (bersifat membujuk), mau pendek atau panjang, untuk suatu produk atau jasa. Bisa dalam bentuk artikel, brosur, iklan, dsb. Namun pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Seorang copywriter membutuhkan wawasan luas dan ide-ide kreatif.

5. Penerjemah

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Penerjemah (image:papasemar.com)

Dilansir dari Forbes, tahun ini diperkirakan akan ada kenaikan lowongan penerjemah sebanyak 42% di seluruh dunia. Apa alasannya? Selain karena masalah globalisasi, masuknya berbagai institusi dan perusahaan asing ke berbagai Negara juga membutuhkan penerjemah untuk mempermudah pekerjaan mereka. Itulah alasan kenapa penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan untuk wanita. Beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan penerjemah adalah edukasi, rumah sakit, perusahaan internasional, kedutaan dan masih banyak lagi.

6. Kartografer dan Photogrammetrist

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Kartografer dan Photogrammetrist (image: tribunnews.com)

Tugas seorang kartografer dan potogrammetrist ini mengumpulkan, menganalisis, mengukur dan menafsirkan peta informasi geografis menggunakan data dari survey dan poto. Nah, bagi perempuan yang suka dengan pelajaran geografi dan senang photography, pekerjaan keren ini cocok!

7. Pengajar Bahasa Asing

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Pengajar bahasa asing (image:m.batamtoday.com)

Era globalisasi turut mempengaruhi kebutuhan akan banyak bahasa asing. Kemampuan berbahasa asing tentu sangat bermanfaat. Seorang wanita bisa membuka kelas privat, dengan tempat dan waktu yang disesuaikan sendiri. Demikian juga dengan calon murid, jika anda sudah profesional atau memiliki catatan pendidikan terkait bahasa, tentu murid-murid anda akan menjangkau sampai tingkat atas. Sebaliknya, anda bisa membatasi murid-murid dengan level pendidikan dasar sesuai kemampuan.

8. Programmer komputer

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Programer komputer ( image:radarteknologi.com)

Programer komputer identik dengan para pria, faktanya tak sedikit wanita-wanita yang memilih menjadi programer komputer. Seorang programer komputer (computer programmer) bertugas mendesain program perangkat lunak (software) melalui flow chart yang logis untuk kemudian diterjemahkan ke dalam salah satu dari beberapa bahasa yang bisa dimengerti komputer.

Selain mendesain, programer komputer mungkin juga memiliki tugas lain yaitu menjaga ‘kesehatan’ sebuah program. Untuk menjadi seorang programer komputer, biasanya diperlukan gelar sarjana dalam ilmu komputer, sistem informasi atau matematika

9. Auditor

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita

Profesi auditor juga merupakan profesi yang banyak diincar oleh kaum wanita, terutama oleh para lulusan Akuntansi yang memang memiliki latar belakang pendidikan paling sesuai untuk profesi ini. Bicara soal gaji, hal ini berhubungan dengan rumor yang mengatakan kalau auditor bekerja di “lahan basah” alias banyak uangnya.

Hal ini bisa benar, bisa tidak, tergantung dari sudut pandang mana anda memandangnya.  Wanita dalam pekerjaan keuangan cenderung memiliki gaji lebih kompetitif, mungkin karena wanita pintar dalam bernegosiasi. Benar-benar pekerjaan yang menjanjikan bukan?

10. Public Relation

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Public Relation (image:resource.workable.com)

Profesi PR adalah salah satu dari beberapa profesi  yang sesuai untuk wanita. Profesi ini mengharuskan seseorang memiliki keahlian berkomunikasi yang sangat baik. Salah satu kelebihan wanita adalah mudah mendapatkan simpati. Seorang pria umumnya akan lebih mudah bersimpati pada wanita dibandingkan dengan pria lainnya.

Begitu juga dengan wanita, wanita memiliki rasa solidaritas tersendiri terhadap sesama wanita lainnya. Dengan begitu lebih mudah bagi seorang wanita untuk membangun komunikasi sebagai PR jika dibandingkan dengan pria. Itulah mengapa profesi ini sangat cocok untuk seorang wanita.

11. Desainer Pakaian

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Desainer pakaian (image:amazine.co)

Sebagian desainer memang menempuh pendidikan khusus. Mereka sengaja menggali ilmu,formal maupun informal bahkan mungkin sampai kuliah ke luar negeri demi meraih totalitas dalam pekerjaan ini. 

Namun,banyak pula desainr yang tak memiliki latar belakang sekolah mode, tapi ternyata koleksinya cukup prestisius. Namanya pun begitu harum di dunia desain. Syaratnya selain menyukai fashion, kita juga mesti memiliki skill; memilih bahan, menciptakan pola, memadu-madankan warna dan tentu mendesainnya sendiri.

12. Koordinator Media Sosial

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Koordinator Media Sosial (image:republika.co.id)

Tugas koordiantor media sosial dapat beragam, begitupun tingkat upahnya sangat bervariasi di seluruh dunia. Biasanya ia bertugas sebagai penanggung jawab untuk menyebarkan konten/postingan klien di berbagai media sosial yang sudah ditunjuk, meng-update sesuatu yang berkaitan dengan produk/jasa klien, merespons pelanggan dengan cepat dan tepat di dunia maya, atau menjalin kemitraan dengan pihak lain. Pekerjaan ini bisa penuh waktu atau paruh waktu, tergantung kebijakan dan kesepakatan. 

13. Blogger

22 pekerjaan Yang cocok bagi wanita
Blogger (image:Pixabay)

Bekerja sebagai blogger, terutama bagi pemilik website berbasis konten,  adalah pekerjaan yang lebih mudah dan ringan jika dibandingkan dengan pekerjaan lain yang menguras tenaga. Syaratnya tentu saja, anda harus memiliki skill menulis yang memadai. Saat ini pendapatan blogger sudah meningkat pesat. Tentu saja selain memiliki fleksibilitas waktu anda juga dituntut untuk terus menciptakan artikel-artikel yang berkualitas, sehingga blog anda mendapat banyak visitor.

14. Content Creator

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Content creator (image:twd.web.id)

Anda juga bisa jadi content writer yang jenis pekerjaannya freelance, sehingga sifatnya fleksibel. Dijelaskan oleh Ayla Dimitri, salah satu content creator populer di Indonesia, bahwa Content creator itu lahir dari tren website dan social media, dan pekerjaan utamanya itu seperti namanya, yaitu membuat konten.

Content creator adalah bagian dari sebuah tim kreatif yang terdiri dari—misalnya—penulis, ilustrator, fotografer, dan sebagainya. Jadi dapat disimpulkan bahwa content creator adalah orang yang mampu menciptakan konten menarik. 

Menjadi content creator sangat mungkin tidak hanya sebatas hobi, tetapi bisa menjadi profesi. Bermula dari ketekunan, fokus pada minat dan mengasah ketrampilan dan kreatifitas, voila! Kita menjadi content creator tanpa terbatas usia, ras, latar belakang ekonomi maupun pendidikan. Kita bisa menjadi content creator di banyak sosial media. Misalnya saja Instagram, Line, dan yang sangat populer saat ini adalah YouTube.

Bagaimana “hasil” menjadi content creator ? Tak perlu cemas. Semakin hebat menjadi content creator, penghasilan lebih besar dari pegawai kantoran.

15. Penulis

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Penulis (image:pixabay)

Jangan kira jadi penulis nggak bisa menjamin kehidupanmu, banyak contoh penulis yang sukses dan kaya raya seperti JK. Rowling, James Patterson, ataupun Nicolas Sparks. Artinya pekerjaan ini sangat menjanjikan, di Indonesia sendiri kita pasti kenal dengan Raditya Dika, Dewi “Dee” Lestari, Mira W ataupun Andrea Hirata, yang sukses dengan karya-karyanya.

Seperti di Rectoverso, Dee mampu membuktikan bahwa tulisan yang berkualitas dapat juga diapresiasi dengan baik. Rectoverso juga dikawal dengan album solo Dee bertajuk sama. Semua lagu di labum Rectoverso merupakan gambaran setiap tulisan di bukunya. Lirik maupun tulisan di buku sama-sama puitis. Dee bisa menghasilkan lebih dari 1,5 miliar rupiah dari seluruh novelnya.

16. HRD

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Staff HRD (image:platindokaryaprima.com)

Tugas utama seorang HRD adalah menangani manusia. Manusia adalah makhluk yang memiliki logika dan perasaan, tentu penting untuk memahami segi ‘perasaan’ seorang karyawan.

Seorang HRD tidak bisa hanya memaksakan logika untuk mengatasi permasalah SDM. Oleh karena itu pekerjaan ini sangat sesuai untuk wanita. Dengan keberadaan wanita di HRD, permasalahan SDM akan lebih mudah dipahami sehingga lebih mudah mencari solusinya.

17. Photographer

22 pekerjaan yang cocok bagi wanita
Photografer (image:pricebook.co.id)

Saat ini hampir semua orang memiliki kamera di tangan. Kita bisa foto ini-itu dengan mudah. Namun tentu jauh berbeda hasil jepretan amatir dengan photographer profesional. Seorang fotografer menghabiskan banyak waktunya tidak di dalam sesi pemotretan saja, tetapi sebagian besar lebih ke pembuatan konsep & ide, perencanaan, persiapan, dan setelah selesai foto, masih harus melakukan post-processing (editing), layout dan percetakan.

18. Koki/chef

22 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Wanita
Chef (image:shutterclock)

Anda suka memasak? mungkin anda perlu mempertimbangkan dengan serius untuk berkarir sebagai koki/chef profesional. Dulu profesi sebagai koki (chef) profesional kurang diminati, sekarang banyak generasi muda berlomba-lomba menjadi koki terbaik lewat pendidikan profesional yang mumpuni. Perlu Anda ketahui bahwa Executive Chef adalah jabatan atau level tertinggi dari karier seorang koki profesional

Untuk mencapai posisi Exceutive Chef,  tiap chef tentunya memiliki tahapan yang berbeda. Tergantung dari tempat chef tersebut bekerja.


19.  Jurnalis

22 pekerjaan yang cocok bagi wanita
jurnalis (image:kerqa.com)

Salah satu pekerjaan paling menantang saat ini adalah jurnalis. Profesi ini sangat tangguh karena membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Menjadi seorang jurnalis itu sangat menyenangkan, apalagi jika anda tergolong wanita yang aktif, energic, dan berwawasan luas. Wanna try?

20. Personal trainer

22 Pekerjaan yang cocok bagi wanita
personal trainer (image:reps.id.com)

Wanita dengan profesi personal trainer pun konon akan membius kekaguman para kaum hawa. wanita yang berprofesi sebagai personal trainer dinilai sebagai wanita yang enerjik serta peduli kesehatan. Dia juga teruji sabar menghadapi para kliennya.

21. Manajer Krisis

Crisis Manager, pekerjaan yang cocok bagi wanita yang memiliki kemampuan dalam mengurus segala tetek bengek manajemen. pekerjaan ini cukup penting di segala bisnis dan industri. Tugasnya bertanggung jawab sama pengembangan dan penyelesaian rencana dalam urusan manajemen.

22. Konsultan Organik

Saat ini banyak pengusaha bidang pertanian yang butuh konsultan organik, untuk membantu atau memberi saran agar bisa menerapkan sistem pertanian organik. Kandidatnya tentu mesti ahli di bidang industri organik dan pertanian. Salah satu pekerjaan yang juga cocok bagi wanita, terutama yang memiliki minat di bidang pertanian.

Nah, mungkin daftar pekerjaan di atas, bisa memberi anda ide untuk menentukan karir mana yang paling cocok untuk anda. Apapun, bekerjalah dengan bahagia, sehingga anda tak merasa lelah fisik maupun psikis.

 

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.