15+ Cara Mengatasi Telat Haid Secara Alami Dengan Mudah
Wanita dalam hidupnya mempunyai sebuah kelebihan yaitu mendapatkan haid setiap bulannya. Haid tersebut berfungsi untuk mengeluarkan darah kotor yang berada dalam tubuh. Namun sayangnya tidak semua wanita mendapatkan haid secara teratur. Untuk itu diperlukan sebuah penanganan. Cara mengatasi telat haid sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami di dapur.

Cara mengatasi telat haid – Setiap wanita ditakdirkan untuk mendapatkan menstruasi setiap bulannya karena sudah takdir dari sang Illahi. Namun menstruasi itu tidak datang secara beraturan pada setiap wanita karena memiliki ketahanan tubuh yang berbeda-beda. Bagi wanita yang sudah menikah pastinya telat haid  adalah hal yang dinantikan karena akan memicu kehamilan. Namun berbeda pada remaja pastinya keterlambatan telat haid disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini cara mengatasi telat haid.

 

1. Olahraga

Cara Mengatasi Telat Haid
Olahraga

Cara mengatasi telat haid yang pertama adalah dengan cara berolahraga secara rutin. Berolahraga rutin adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu dengan berolahraga pastinya akan membuat badan menjadi sehat serta membentuk tubuh. Olahraga sendiri ada baiknya dilakukan sebanyak 3-4 kali seminggu. Bila kamu menginginkan badan yang sehat pastinya diperlukan ekstra olahraga. Olahraga yang rutin pastinya akan mencegah datangnya suatu penyakit.

 

2. Daun Pepaya

Cara Mengatasi Telat Haid
Daun Pepaya

Selain buahnya yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi secara langsung ataupun dimasak dengan cara direbus, daun pepaya sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi telat haid. Daun pepaya sendiri memiliki rasa yang sangat pahit. Daun pepaya hanya perlu direbus, bila tidak tahan dengan rasanya yang sangat pahit dapat ditambahkan dengan gula ataupun garam. Setelah itu minumlah secara rutin setiap harinya.

 

3. Pepaya Muda

Cara Mengatasi Telat Haid
Pepaya Muda

Pepaya muda biasanya diolah menjadi tumisan untuk dikonsumsi. Pepaya muda sendiri berbeda dengan pepaya yang matang karena perbedaan rasanya yang sangat mencolok. Pepaya muda dapat mengatur kadar hormon pada tubuh. Pepaya muda dapat dikonsumsi dengan cara ditumis ataupun hanya dengat sambal kacang yang mana sesuai dengan selera lidah.

 

4. Pare

Cara Mengatasi Telat Haid
Pare

Pare sendiri memiliki rasa yang sangat pahit. Pare sangat tidak disukai oleh anak-anak karena rasanya. Namun untuk orang dewasa pare sangatlah bagus bila dikonsumsi. Pare dapat mengatasi telat haid pada wanita. Pare dapat diolah menjadi tumisan ataupun dengan sambal kacang seperti siomay, ataupun gado-gado.

 

5. Jahe

Cara Mengatasi Telat Haid
Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang kaya manfaat ini. Tanaman jahe sangatlah penting berada di perkarangan rumah. Jahe menjadi langganan untuk menjadi bumbu masakan agar membuat cita rasa masakan menjadi lezat. Selain itu, jahe sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengobati suatu penyakit baik dalam tubuh ataupun luar tubuh.  Untuk mengolahnya jahe dapat diolah dengan cara direbus. Minumlah secara rutin setiap hari.

 

6. Biji Lobak

Cara Mengatasi Telat Haid
Biji Lobak

Bagian lobak yang biasa kita makan adalah bagian umbinya. Lobak sendiri mempunyai biji. Biji tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi telat haid. Hal yang perlu disiapkan adalah biji lobak dengan segelas susu sapi. Pertama-tama biji lobak harus dihaluskan terlebih dahulu kemudian campur dengan susu sapi lalu minum.

 

7. Jeruk Nipis

Cara Mengatasi Telat Haid
Jeruk Nipis

Tidak hanya digunakan untuk menambah perasa pada makanan, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit. Jeruk nipis memiliki rasa asem yang sangat peka. Di sisi lain jeruk nipis dapat membantu mengatasi telat haid. Caranya hanya perlu mempersiapkan 1 jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian campurkan dengan 2 sendok madu dan 2 gelas air. Minumlah air jeruk nipis sebanyak 2 kali sehari.

 

8. Daun Iler

Cara Mengatasi Telat Haid
Daun Iler

Daun iler dapat dimanfaatkan untuk mengatasi telat haid. Caranya hanya membutuhkan 2 gelas air dengan 6 daun iler. Lalu rebus dan saring air daun iler. Minumlah disaat keadaan dingin.

 

9. Daun Alpukat

Cara Mengatasi Telat Haid
Daun Alpukat

Buah alpukat menjadi langganan bagi kita untuk dimakan buahnya. Selain buahnya yang enak untuk dimakan, daun alpukat sendiri berguna untuk kesehatan tubuh. Khususnya dalam mengatasi telat haid. Caranya hanya perlu merebus daun alpukat dan ambil airnya untuk diminum.

 

10. Istirahat yang Cukup

Cara Mengatasi Telat Haid
Istirahat yang Cukup

Salah satu yang dapat memicu terjadinya keterlambatan haid adalah kurangnya istirahat yang cukup. Tubuh sendiri membutuhkan waktu untuk beristirahat agar badan dapat memulihkan dengan baik. Di saat badan mengalami kekurangan pastinya hal ini akan mempengaruhi ketahanan tubuh. Tubuh sehat pastinya juga didapatkan dari pola tidur yang cukup.

 

11. Wortel

Cara Mengatasi Telat Haid
Wortel

Wortel biasanya dimanfaatkan dengan cara ditumis, dimakan langsung ataupun dengan cara di jus. Wortel sendiri memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C. Wortel dapat dimanfaatkan agar haid menjadi normal. Caranya sendiri wortel hanya perlu dibuat jus. Ada baiknya bila wortel tidak ditambahkan dengan gula.

 

12. Air Kelapa Hijau

Cara Mengatasi Telat Haid
Air Kelapa Hijau

Bagian kelapa hijau yang dimanfaatkan oleh kita adalah daging serta airnya. Air kelapa hijau sendiri dapat mengatasi telat haid. Selain itu, kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dibutuhkan untuk melawan penyakit jahat. Ada baiknya bila meminum air kelapa hijau setiap hari.

 

13. Kunyit

Cara Mengatasi Telat Haid
Kunyit

Bumbu dapur yang harus selalu wajib berada di dapur rumah adalah kunyit. Kunyit sendiri sangat mudah ditemui di pasar karena sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan. Kunyit biasanya ditemui pada jamu-jamuan ataupun masakan. Buatlah racikan jamu dengan bahan kunyit untuk melancarkan haid. Bila perlu minum setiap hari.

 

14. Air Putih

Cara Mengatasi Telat Haid
Air Putih

Hal yang tidak boleh dilewatkan agar kita bisa menjalankan aktivitas dengan baik adalah dengan mengonsumsi air. Air sangat diperlukan agar mencegah dehidrasi. Di saat kita kekurangan air pastinya hal ini akan mempengaruhi ketahanan daya tubuh sehingga mudah terkena penyakit. Untuk mengatasi telat haid sendiri kita juga perlu memenuhi kebutuhan air sebanyak 1 hingga 2 liter setiap harinya. Air adalah sebuah kewajiban yang perlu didapatkan oleh tubuh kita agar bertahan hidup dengan baik.

 

15. Wijen

Cara Mengatasi Telat Haid
Wijen

Cara mengatasi telat haid yang terakhir adalah wijen. Pilihlah wijen dengan warna hitam dan putih. Kemudian sangrai wijen hingga matang kemudian haluskan. Setelah itu campur dengan gula aren. Lalu seduh dengan air panas. Kemudian minumlah.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.