17 Ulat Bulu Yang Mempunyai Penampilan Sangat Cantik Namun Berbahaya
Selain ulat bulu yang sering kita lihat di Indonesia,ternyata di luar sana terdapat banyak ulat bulu yang mempunyai bentuk dan penampilan yang sangat cantik dan unik,namun meski terlihat cantik,jangan sekali-kali ingin menyentuhnya,karena di bulu-bulunya terdapat racun yang berbahaya,yang akan menimbulkan gejala yang parah,seperti ruam di kulit,sakit kepala,serta mual dan muntah.

Apa yang kalian lakukan jika tiba-tiba di baju kalian ada Ulat Bulu?pasti kalian akan merasa kaget,dan ingin cepat menyingkirkan nya buukan?karena selain bentuknya yang membuat geuli,ulat bulu juga mempunyai racun di bulunya yang akan menyebabkan gatal-gatal apabila bersentuhan dengan kulit kita.

Pada umumnya Ulat Bulu hidup di pepohonan dan dedaunan,karena rata-rata Ulat Bulu adalah pemakan tumbuhan,namun tahukah kamu,tidak semua jenis Ulat Bulu memakan tumbuhan,ada juga Ulat Bulu yang memakan serangga.

Ulat Bulu mempunyai bentuk dan jenis yang beragam,selain yang sering kita lihat di Indonesia,ternyata banyak di luar sana jenis Ulat Bulu yang sangat beragam,dan mempunyai bentuk yang sangat cantik dan unik,hingga bila kita lihat sekilas,tidak nampak seperti ulat bulu.

Ngomong-ngomong soal Ulat Bulu,kali ini saya akan membahas beberapa Ulat Bulu yang mempunyai bentuk-bentuk yang sangat cantik,yang terdapat di berbagai belahan dunia,namun di balik bentuknya yang sangat cantik,tetap kita harus menghindarinya,karena di balik bentuknya yang sangat cantik itu terdapat racun berbahaya dan mematikan,seperti apa saja penampakannya?simak ulasannya berikut ini.

1.The Puss Caterpillar (Ulat Kucing)

ulat bulu
Ulat Kucing (The Puss Caterpiller)

Sekilas ulat bulu ini terlihat seperti bola kapas berwarna coklat,karena bulunya yang lebat dan panjang tak seperti ulat bulu yang lainnya,hingga bulu-bulunya tersebut menutupi seluruh badannya.

Ulat bulu ini juga sering di sebut ulat kucing,karena bulunya yang sekilas mirip bulu kucing,namun jangan terkecoh dengan penampilan bentuknya yang unik,ternyata di balik bulunya itu terkandung zat asam beracun yang bila siapa saja yang menyentuhnya akan terkena racunnya,dan efek yang di timbulkan dari racunnya sangat berbahaya,akan menimbulkan sakit kepala,mual dan muntah,ulat bulu ini biasa terdapat di pepohonan,seperti di pohon jeruk,dan pohon lainnya.

2.The Hickory Tussock Caterpillar

ulat bulu
The Hickory Tussock Caterpillar

Bentuk ulat bulu ini sangat cantik,dengan bulu-bulu putih bersih di tubuhnya,ulat bulu ini dapat di temukan Di kanada bagian selatan atau Amerika Serikat,dari penampilannya yang cantik,ternyata racun yang di di miliki oleh ulat bulu ini dapat menyebabkan ruam pada kulit dan hipersensitivitas,pada umumnya Hickory Tussok akan terlihat di bulan Juni hingga September.

3.The Spinny Oak Slug Caterpillar

ulat bulu
The Spinny Oak Slug Caterpillar

Ulat bulu jenis ini mempunyai warna dan bentuk yang indah,sekilas tidak nampak seperti ulat bulu berbahaya,namun sebenarnya efek yang di timbulkan oleh ulat bulu ini sangat parah,dan berbahaya.

Ulat ini mempunyai panjang kurang dari satu inci,makanan kesukaannya adalah kurma,ulat bulu ini dapat di temukan di Texas dan Florida.

4.The Stinging Rose Caterpillar (Ulat Sengat Mawar)

ulat bulu
The Stinging Rose Caterpiller (Ulat Sengat Mawar)

Ulat bulu ini mempunyai bentuk yang cantik,panjangnya kurang dari 1 inci,dia memiliki buluu-bulu berduri yang beracun,reaksi yang di timbulkan bila menyentuh kulit manusia,akan langsung terjadi ruam dan hipersensitifitas.

Ulat bulu ini sangat berbahaya,namun meski begitu kehadiran ulat bulu ini sangat penting bagi ekosistem saat sudah berubah menjadi ngengat,Ulat bulu ini biasa di temukan pada pohon yang berkayu,seperti pohon apel dan pohon Cherry.

5.Red-Footed Fuzzy_Wuzzy Caterpillar

ulat bulu
Red-Footed Fuzzy-Wuzzy Caterpillar

Ulatyang sangat cantik,warna bulunya yang merah,dan di padukan dengan bulu putih yang lebih panjang,sekilas ulat bulu ini nampak seperti burung.

6.Ulat Karnivora

ulat bulu
Ulat Karnivora

Ulat ini mempunyai bulu yang sangat sedikit,sekilas tidak nampak berbulu,ulat ini mempunyai mulut yang terbuka dan berduri,kalu biasanya ulat bulu memakan daun,lain lagi dengan ulat ini,dia adalah ulat pemakan serangga,dengan mulut yang terbua itulah iamudah mendapatkan mangsa.

7.The Cinnabar Moth Caterpillar

ulat bulu
The Cinnabar Moth Caterpillar

Hati-hati bila menemukan ulat ini,karena racun yang di timbulkan oleh ulat bulu ini sangat berbahaya,yaitu akan menimbulkan ruam di sekujur tubuh,dan gatal.

Ulat bulu ini mempunyai sedikit sekali bulu,hingga terlihat jelas tubuhnya yang berwarna kuning dan hitam,ulat ini adalah ulat yang rakus,bila kehabisan persediaan makanan,mereka akan memakan temannya sendiri yang berjenis sama dengannya.

8.The Saddleback Caterpillar/Acharia Stimulea

ulat bulu
The Saddleback Caterpillar 

Ulat yang cantik ini sekilas nampak memakai rompi berwarna hijau,namun di balik bentuk dan penampilannya yang cantik,ulat ini mempunyai racun yang berbahaya,reaksi yang di timbulkan adalah pembengkakan,rasa mual dan muntah,serta ruam yang cukup lama.

10.The Monarch Caterpillar

ulat bulu
The Monarch Caterpillar

Bagaimana menurut kalian,cantik bukan?,dengan warnanya yang bergaris kuning,putih dan hitam membuat ulat ini terlihat lucu dan menggemaskan,dia mempunyai panjang sekitar 5 cm,dan pertumbuhannya sangat cepat.

11.The Bag Shelter Caterpillar

ulat bulu
The Bag Shelter

Ulat ini sangat berbahaya,dia memiliki racun yang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian pada manusia,gejala yang di timbulkannya sangat parah,yaitu sesak nafas dan ruam di sekujur tubuh.

12.The Gypsy Moth Caterpillar

ulat bulu
The Gypsy Moth Caterpillar

Ulat cantik ini bisa mnyebabkan pohon menjadi mati,dia adalah ulat pemakan daun,racun yang di milikinya bisa menyebabkan nyeri dan dermatitis bagi siapa saja yang bersentuhan dengannya,ciri khas dari ulat ini,ialah mempunyai banyak bulu di kepalanya,namun sedikit bulu di badannya.

13.The Io Moth Caterpillar

ulat bulu
The Io Moth Caterpillar

Bulu cantik yang terdapat di punggungnya,bila tersentuh kulit,akan menyebabkan peradangan dan mengakibatkan rasa terbakar,ulat bulu ini sering di temukan di alam terbuka,di padang rumput dan ladang jagung.

14.Azalea Caterpillar

ulat bulu
Azalea Caterpillar

Ulat bulu ini memang tidak terlalu berbahaya dan tidak terlalu beracun,namun ulat bulu ini merupakan hama.

15.Spurge Hawk-Moth Caterpillar

ulat bulu
Spurge Hawk-Moth Caterpillar

Ulat ini mempunyai corak warna yang cantik,dengan bulunya yang sangat tipis,ulat ini biasa hidup di ketinggian 2 Km,dan dapat di temukan di Kriegtal dekat Binn,Valais,Swiss.

16.Hickory Horned Devil

ulat bulu
Hickory Horned Devil

Bentuk ulat ini cantik namun juga tampak mengerikan,dia mempunyai banyak tanduk di kepalanya,ulat ini adalah larva kupu-kupu Old World Swallowtail,yaitu kupu-kupu dari keluarga Papilionadae.

17.Cecropia Moth Caterpillar

ulat bulu
Cecropia Moth Caterpillar

Ulat dengan bentuk yang sangat cantik,dengan tubuh yang berwarna-warna tampak seperti kaktus,ulat bulu ini biasa di temukan di Amerika Utara,dia adalah larva dari ngengat Cecropia.

17 Ulat Bulu yang mempunyai penampilan yang sangat cantik,namun meski terlihat cantik,kita harus tetap waspada dan menjauhinya.

Baca Juga