18 Tradisi Unik Perayaan Valentine Di Berbagai Negara
Di Indonesia hari valentine umumnya dirayakan dengan cukup memberi coklat ataupun bunga kepada pasangan. Diluar negeri, berbagai tradisi unik valentine bisa kamu temukan, mulai dari nikah massal hingga merayakan valentine selama berbulan- bulan.

Hari valentine yang jatuh pada 14 Februari, selalu disambut suka cita. Berbagai tradisi pun diikuti oleh sejumlah kalangan yang ingin memeriahkan perayaan hari kasih sayang ini. Tak sekedar memberi coklat atau bunga, di beberapa negara bahkan punya tradisi unik tersendiri dalam merayakan hari valentine. Apa saja tradisi unik tersebut? Berikut ulasannya.

1. Filipina

Filipina
Nikah massal di Filipina

Di negara ini, hari valentine selalu dimanfaatkan masyarakat setempat untuk melangsungkan pernikahan. Tak heran jika gereja- gereja di Filipina akan menyelenggarakan nikah massal setiap 14 Februari. Biasanya pendeta akan memandu ribuan pasangan dalam mengikrarkan ikatan suci mereka. Tak hanya pasangan baru, yang telah menikah pun kerapkali mengikuti kegiatan ini guna memperbaharui sumpah pernikahan mereka.

2. Jepang

Jepang
Salah satu coklat yang terkenal di Jepang

Konon, tradisi valentine di Jepang berawal dari komersialisasi sebuah perusahaan coklat pada tahun 1980-an. Tak disangka kebiasaan wanita memberi coklat ini justru menjadi tradisi hingga saat ini. Jika wanita memberi coklatnya pada tanggal 14 Februari, kaum pria justru diharapkan membalas pemberian coklat tersebut sebulan. Tradisi pria memberi coklat di Jepang justru jatuh pada tanggal 14 Maret yang dikenal dengan white day.

3. Korea Selatan

Korea Selatan
Tradisi di Korea Selatan

Di Korea Selatan hari kasih sayang diperingati selama 3 bulan berturut- turut. Dimulai sejak tanggal 14 Februari dimana para wanita akan memberi coklat pada pria yang ia sukai. Kemudian tanggal 14 maret giliran sang pria membalas pemberian coklat kepada sang wanita. Tradisi ini sama seperti peringatan white day di Jepang. Di bulan berikutnya 14 april, giliran yang masih jomblo merayakan hari valentine dengan datang ke restoran berpakaian serba hitam dan menyantap makanan Korea favoritnya. 

4. Inggris

Inggris
Inggris

Umumnya hari valentine di Inggris dirayakan oleh sebagian besar perempuan dan anak- anak. Biasanya anak- anak akan membuat kartu ucapan sendiri kemudian saling bertukar kartu dengan teman- temannya. Sedangkan para perempuan biasanya akan merayakan valentine bersama teman- temannya dengan makan bersama. Tradisi ini pun selalu diikuti oleh pihak kerajaan. Di mana saat valentine tiba, pangeran dan keluarganya akan menemui anak- anak dan membagikan hadiah.

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan
Afrika Selatan

Peringatan hari valentine di Afrika Selatan cukup berbeda. Karena, seorang wanita biasanya akan menyelipkan diam- diam kartu di baju pria. Kartu tersebut bertuliskan nama pria yang disukainya. Dalam kartu tidak dituliskan nama si pemberi dan tugas prialah yang mencari tahu siapa wanita yang memberinya kartu sebagai tanda cinta.

6. Prancis

Prancis
Prancis

Prancis yang dikenal sebagai negara dengan banyak spot romantis juga memiliki cara unik untuk merayakan valentine. Biasanya para wanita dan pria akan berkumpul dalam sebuah tempat. Para pria kemudian akan mencari wanita yang ia sukai. Sedangkan wanita yang tidak terpilih akan berkumpul dengan api unggun kemudian membakar foto pria yang telah membuat mereka kecewa.

Baca juga: 15 Novel Cinta Romantis Terbaik dan Bikin Baper

7. Slovenia

Slovenia
Slovenia

Bukannya merayakan dengan pasangan, warga Slovenia justru akan beramai- ramai datang ke ladang saat hari valentine tiba. Hal ini dilakukan sebab pada bulan Februari biasanya musim semi akan dimulai. Dimana saat musim itu tiba, tanaman di ladang mereka akan mulai tumbuh. Adapun hari kasih sayang yang sebenarnya di Slovenia jatuh pada 12 Maret yang mereka sebut sebagai hari St. Gregory.

8. Wales

Wales
Wales

Di Wales, valentine dirayakan pada tanggal 25 Januari yang biasa disebut Hari Dwynwen atau hari santo para pecinta. Di hari itu, warga setempat biasanya akan saling memberi sendok ukir kepada pasangannya. Sendok yang digunakan adalah sendok kayu yang memiliki ukiran dengan makna tertentu.

9. Finlandia

Finlandia
Finlandia

Di Finlandia, tanggal 14 Februari justru dirayakan sebagai hari persahabatan. Biasanya warga setempat akan saling mengirimi kartu ataupun hadiah kepada sahabatnya. Tak sedikit pula yang memanfaatkan momen 14 Februari untuk tunangan atau melangsungkan pernikahan.

10. Denmark

Denmark
Denmark

Valentinsdag adalah sebutan hari kasih sayang bagi warga Denmark. Di negara ini, tanggal 14 Februari akan ada tradisi Gaekkebrev. Dalam acara  Gaekkebrev para pria akan diam- diam mengirimkan puisi yang ditulis di kertas putih kemudian mengirimkannya pada wanita yang ia sukai. 

11. Amerika Serikat

Amerika Serikat
Amerika Serikat

Pada hari valentine di Amerika Selatan biasanya diadakan festival perang bantal.

12. Zimbabwe

Zimbabwe
Zimbabwe

Tanggal 14 Februari di Zimbabwe justru digunakan warga untuk melakukan aksi demonstrasi. Meski berupa demo dijalan namun aksi yang dilakukan adalah demonstrasi yang damai.

13. Jerman

 Jerman
Jerman

Jika umumnya, coklat menjadi makanan untuk menyatakan cinta. Maka di Jerman, setiap hari valentine akan ada kue jahe berbentuk love raksasa dengan pita yang digunakan untuk mengekspresikan tanda cinta kepada seseorang.

14. Italia

Baci perugina
Baci perugina

Di Italia, tanggal 14 Februari biasanya diadakan sebuah acara yang berpusat di Kota Verona. Dalam acara tersebut, pasangan akan mengikuti berbagai lomba. Baci perugina pun tak boleh terlewatkan. Makanan dari kacang hazelnut berbalut coklat ini akan selalu hadir di setiap perayaan hari kasih sayang di negeri pizza.

15. China

China
Kuil di China

Di China, hari kasih sayang biasanya dimanfaatkan dengan datang ke kuil untuk berdoa. Sedangkan bagi anak perempuan, selain meminta doa di kuil, mereka pun akan mengikuti festival di tengah kota.

16. Guetamala

Guetamala
Karnaval cinta di Guetamala

Peringatan hari kasih sayang di negara ini ditandai dengan adanya Karnaval Cinta yang mereka sebut dengan istilah Old Love Parade. Parade ini biasanya dilakukan di alun-alun konstitusi.

17. Ghana

Ghana
Pameran Coklat di Ghana

Sebagai negara penghasil coklat terbesar di dunia, Ghana pun menjadikan tanggal 14 Februari sebagai hari coklat nasional. Hari valentine dirayakan dengan acara pameran coklat.

18. Brazil

Brazil
Tradisi unik valentine di Brazil

Hari sayang di Brazil justru jatuh pada 12 Juni. Tradisi unik di negara ini dalam merayakan valentine biasanya ditandai dengan kebiasaan wanita mengocok nama pria yang disukai dalam sebuah gulungan kertas. Pemilihan tersebut mirip seperti arisan kalau di Indonesia. Pria yang terpilih pun nantinya diharapkan bisa menjadi pasangan hidup si wanita.

Ternyata banyak tradisi unik untuk memeriahkan perayaan valentine di berbagai penjuru dunia. Tak terkecuali di Indonesia, valentine akan ditandai dengan banyaknya jajanan coklat, bunga, dan nuansa pink atau merah di tempat keramaian. Meskipun hari kasih sayang hanya ada setahun sekali, tapi kasih sayang sebenarnya haruslah diperingati setiap hari. Tak hanya untuk pasangan, tapi untuk keluarga dan orang- orang di sekitar kita.

Baca Juga