24 Makhluk Mitologi Yunani
Memiliki monster untuk bertarung sepertinya hal yang menguntungkan bagi para pahlawan, atau orang-orang jaman Yunani Kuno yang memiliki mitologi-mitologi yang paling aneh, paling keren, paling menakutkan yang bisa kita pelajari. Monster mulai dari naga, raksasa, iblis and hantu, hingga makhluk multi-bentuk seperti Sphinx, Minotaur, Centaurus, Manticores dan Chimera.

Dikenal karena karakteristik aneh mereka, makhluk mitologi Yunani telah menjadi subyek budaya populer selama ribuan tahun. Monster atau mahluk mitologi ini mempunyai bentuk paling unik, aneh dan mengerikan yang pernah ada, mulai dari binatang yang pernah dipuja oleh bangsa Yunani kuno hingga makhluk humanoid.

1. Centaurus

24 Makhluk Mitologi Yunani
Centaurus

Centaur adalah ras mitologi makhluk terkenal yang memiliki tubuh bagian atas pria dan tubuh bawah kuda. Mereka ditampilkan dalam kisah Theseus selama pertempuran mereka dengan Lapiths. Dalam cerita ini, centaurus diundang ke pesta pernikahan Hippodamia, yang merupakan bagian dari klan Lapiths. Dalam keadaan mabuk, para centaurus menggoda Hippodamia dan berusaha menculik dia dari pesta pernikahan. Klan Lapiths bertempur balik, dan dengan bantuan Theseus, berusaha mengusir centaurus dari pesta pernikahan.

2. Cerberus

24 Makhluk Mitologi Yunani
Cerberus

Cerberus adalah anjing berkepala tiga yang terkenal yang menjaga pintu masuk dunia bawah. Muncul dalam mitologi Yunani dan Romawi, Cerberus juga telah digambarkan berkali-kali dalam berbagai judul permainan. Menurut legenda Yunani, Cerberus dilahirkan oleh Echidna, wanita setengah setengah hibrida dan setengah ular, dan Typhon. Cerberus ditampilkan dalam cerita tentang Hercules sebagai karya terakhir di mana sang pahlawan harus menangkap monster itu hidup-hidup tanpa senjata.

Saat ini ada beberapa ketidaksepakatan mengenai representasi ketiga kepala tersebut. Beberapa mengatakan bahwa mereka mewakili masa lalu, sekarang dan masa depan sementara yang lain berpendapat bahwa mereka mewakili kelahiran, pemuda dan usia tua.

3. Charybdis

24 Makhluk Mitologi Yunani
Charybdis

Charybdis digambarkan sebagai monster laut atau sebagai pusaran air yang besar dalam mitologi Yunani. Yang pertama, dia digambarkan sebagai putri dewa laut Poseidon dan dewi Bumi, Gaia. Dalam penafsiran ini, dia memiliki mulut sebagai wajahnya dan harus meminum air dalam jumlah banyak setiap hari. Ketika Charybdis memuntahkan air itu kembali, hal ini menyebabkan terbentuknya pusaran air besar.

Charybdis ditampilkan dalam kisah Odiseus, yang harus menyeberangi selat sempit di Selat Messina. Di satu sisi saluran terletak Charybdis sementara sisi lain meletakkan monster hydra dengan nama Scylla. Untuk menyeberang saluran dengan sukses, Odiseus harus menyeimbangkan navigasi kapal dengan baik. Hal ini menimbulkan munculnya perkataan modern antara Scylla dan Charybdis, yang berarti bahwa memilih antara 2 bahaya.

4. Chimera

24 Makhluk Mitologi Yunani
Chimera

Chimera adalah makhluk mitologi Yunani yang terdiri dari seekor singa, seekor kambing dan seekor ular. Serupa dengan Cerberus, orang tua Chimera adalah Typhon dan Echidna. Dalam literatur, Chimera sering digambarkan sebagai makhluk betina yang bisa menyemburkan api.

Chimera akhirnya dibunuh oleh pahlawan Yunani Bellerophon, dengan bantuan makhluk mitologi Yunani lainnya. Pegasus. Karena kemampuan Pegasus untuk terbang, Bellerophon terus menjauh dari semburan api Chimera. Serangan mematikan itu dikatakan berasal dari tombak yang dilemparkan oleh Bellerophon. Tombak berisi segumpal timah yang dilelehkan oleh napas api Chimera dan membunuh makhluk itu.

5. Cyclops

24 Makhluk Mitologi Yunani
Cyclops

Cyclops adalah monster mitologi Yunani yang terkenal dengan satu mata mereka. Dalam kebanyakan cerita Yunani, Cyclops sering digambarkan sebagai raksasa. Menurut cerita Yunani, Cyclops adalah pembuat senjata untuk Zeus untuk membantunya menggulingkan peraturan Cronus. Sebenarnya, mereka juga merupakan pembuat banyak senjata untuk dewa-dewa termasuk trident milik Poseidon, busur Artemis dan panah cahaya bulan dan helm kegelapan Hades.

6. Empusa

24 Makhluk Mitologi Yunani
Empusa

Empusa adalah makhluk mitos Yunani yang kurang dikenal. Dia pertama kali diperkenalkan sebagai wanita setengah dewi yang lahir dari dewi Hecate dan roh Mormo. Ciri fisiknya adalah rambutnya yang indah dan kaki perunggunya. Empusa memberi makan darah dan daging laki-laki dengan cara menggoda mereka. Namun, jelas bahwa Empusa jelas bukan vampir.

Dalam cerita selanjutnya, Empusa digambarkan sebagai spesies Hecate yang bertugas menjaga jalan penting dan melahap setiap wisatawan yang tidak sengaja bertemu dengan mereka.

7. Erinyes

24 Makhluk Mitologi Yunani
Erinyes

Erinyes dikenal sebagai makhluk yang suka melakukan pembalasan dendam. Mereka lahir dari darah Uranus saat Kronus mengebirinya. Tidak diketahui berapa banyak Erinyes yang ada walaupun atribut fisik mereka tidak salah lagi. Mereka memiliki ular di sekitar pinggang dan darahnya menetes dari mata mereka.

Dalam mitologi Yunani, mereka menampakkan diri pada Orestes dan mencoba memburu dia saat dia membunuh saudara perempuannya atas perintah Apollo, dewa matahari. Akhirnya, Orestes berhasil lolos ke tempat pemujaan Athena dimana dia diberi sebuah persidangan, dihadiri oleh Erinyes dan Apollo. Orestes kemudian ditemukan tidak bersalah dan dibebaskan dari pengejaran oleh Erinyes.

8. Gorgon

24 Makhluk Mitologi Yunani
Gorgon

Tidak diketahui banyak, Medusa bukanlah satu-satunya makhluk mitologi Yunani yang memiliki rambut ular. Nama umum monster seperti itu dikenal sebagai Gorgon. Sepanjang sejarah, ada banyak interpretasi dan cerita tentang bagaimana Gorgon muncul dan apa peran mereka. Yang paling terkenal tentu saja versi dengan tiga saudara perempuan, atau dikenal sebagai Stheno (yang perkasa), Euryale (far-springer), dan Medusa (ratu).

Dalam versi cerita ini, Medusa adalah satu-satunya Gorgon yang tidak abadi. Dengan demikian, Raja Polydectes mengirim Perseus untuk berurusan dengan Medusa dengan harapan dia akan dibunuh. Untungnya, Perseus dipersenjatai dengan perisai Athena, dewi perang, dan menggunakannya sebagai cermin untuk menghindari kaca mata Medusa. Perseus akhirnya memotong kepala Medusa dan mempresentasikannya ke Athena, yang kemudian menggunakannya untuk mengubah Atlas menjadi gunung batu yang mendukung langit dan bumi.

9. Graeae

24 Makhluk Mitologi Yunani
Graeae

Graeae adalah tiga saudara perempuan yang berbagi satu mata dan satu mulut. Mereka dilahirkan oleh Phorcys dan Ceto dan sebenarnya adalah saudara perempuan di Gordons. Nama tiga saudari Graeae adalah Deino, Enyo dan Pemphredo. Meskipun kebanyakan cerita menggambarkan wanita Graeae sebagai pasangan tua, beberapa penyair sebenarnya menggambarkan mereka sebagai makhluk yang indah.

Saudari Graeae hadir dalam banyak budaya pop termasuk buku kedua Percy, dan juga di film 2010, Clash of the Titans. Dalam legenda Yunani, saudara perempuan Graeae yang mengarahkan Perseus untuk membunuh Medusa, meskipun sang pahlawan mencuri perhatian dari mereka sebelum mereka bersedia melakukannya.

10. Griffin

24 Makhluk Mitologi Yunani
Griffin

Makhluk ini akhirnya terkenal karena buku Harry Potter, Griffin adalah makhluk mitologi Yunani yang melahirkan rumah Harry di Hogwards bernama Gryffindor. Makhluk itu sendiri adalah gabungan dua makhluk, tubuh seekor singa, dan sayap dan kepala seekor elang. Mengingat bahwa singa dan elang itu adalah raja hewan dan burung, dikatakan bahwa Griffin adalah raja semua makhluk. Menariknya, sebenarnya tidak ada cerita Yunani yang menampilkan Griffin namun diketahui ditampilkan dalam gambar dan sastra Yunani kuno.

11. Harpy

24 Makhluk Mitologi Yunani
Harpy

Harpy adalah anak perempuan Thaumas dan Electra. Mereka ditampilkan dalam cerita tentang Phineas, yang dihukum oleh Zeus karena mengungkapkan terlalu banyak rahasia dewa. Hukuman itu melibatkan menempatkan Phineas di sebuah pulau yang selalu memiliki makanan enak tapi tidak bisa disentuh. Ini karena Harpy akan turun dan mencuri semua makanan enak sebelum Phineas bisa makan. Ini berlanjut sampai kedatangan Jason dan Argonauts. Di antara mereka, Boread, yang bisa terbang, membantu mengusir Harpies.

12. Hippalectryon

24 Makhluk Mitologi Yunani
Hippalectryon

Hippalectryon adalah makhluk mitologi Yunani yang relatif tidak dikenal karena tidak ditampilkan dalam legenda atau dongeng. Namun, Hippalectryon dapat ditemukan pada pahatan dan keramik sehingga membuktikan bahwa itu memang bagian dari mitologi Yunani. Makhluk separuh kuda dan separuh ayam jago ini adalah salah satu makhluk paling aneh dalam mitologi Yunani.

Baca juga : 30 Modifikasi Tubuh Paling Ekstreme,Beberapa Diantaranya Menyerupai Binatang

13. Hippocamps

24 Makhluk Mitologi Yunani
Hippocamps

Kuda laut disebut sebagai hippocamps dalam mitologi Yunani. Mereka tidak tampil mencolok dalam legenda apapun tapi selalu digambarkan sebagai perjalanan Poseidon.

14. Hydra

24 Makhluk Mitologi Yunani
Hydra

Ini adalah ular berkepala 9 yang terkenal yang tampil di film seperti Percy dan Pencuri Petir. Hydra bukanlah makhluk alam yang tumbuh di bumi karena Hera, salah satu istri Zeus. Tujuan utamanya adalah membunuh Hercules sebagai bagian dari 12 pekerjaannya.

Pada persalinan kedua, Hercules bertugas membunuh Hydra. Namun, binatang itu memiliki kemampuan untuk menumbuhkan kembali kepala yang telah dilepas Hercules. Akhirnya, Hercules merekrut bantuan sepupunya, Iolaus, yang mengemukakan gagasan untuk membakar tunggul kepala Hydra setelah kepala dipotong. Gagasan ini berhasil dan Hercules berhasil memotong semua kepala Hydra.

15. Lamia

24 Makhluk Mitologi Yunani
Lamia

Lamia pernah menjadi ratu Libya yang cantik namun kemudian berubah menjadi pria yang memakan iblis dengan ekor ular. Alasan untuk transformasi ini telah menjadi subyek banyak interpretasi. Satu cerita menceritakan bagaimana hal ini disebabkan oleh Hera memaksa Lamia untuk memakan anak sendiri. Yang lain mengatakan bahwa Hera langsung memberi Lamia penampilan monster. Apapun asal usulnya, Lamia telah banyak digunakan dalam banyak cerita dan cerita rakyat.

16. Manticore

24 Makhluk Mitologi Yunani
Manticore

Manticore adalah makhluk yang menggabungkan Sphinx karena juga memiliki tubuh singa dan kepala manusia. Manticore dimulai sebagai makhluk mitologi Persia namun kemudian tercermin dalam mitologi Yunani. Karena banyaknya versi tentang bagaimana makhluk itu terlihat, Manticore bisa digambarkan memiliki sayap dan / atau memiliki ekor kalajengking.

17. Minotaur

24 Makhluk Mitologi Yunani
Minotaur

Minotaur adalah makhluk terkenal yang setengah banteng dan setengah manusia. Yang kurang dikenal adalah asal-usulnya. Ceritanya dimulai dengan Raja Kreta, Minos, berdoa kepada Poseidon untuk mendapatkan dukungan. Sebagai tanda dukungan ini, Poseidon akan mengirim Minos seekor banteng putih yang harus dia bunuh sebagai pengorbanan. Namun, Minos sangat menyukai banteng putih itu sehingga ia berusaha menukar banteng putih itu dengan miliknya sendiri. Dengan marah pada tindakan ini, Poseidon memerintahkan dewi cinta untuk memberi mantra pada istri Mino, Pasiphaë, untuk jatuh cinta pada Cretan Bull. Mereka kawin dan keturunan mereka adalah Minotaur. Namun, mahkluk setengah manusia setengah binatang ini memakan manusia untuk makanan. Minos karena tidak punya pilihan selain memesan Daedalus untuk membangun labirin besar yang bisa menampung Minotaur.

Dalam legenda Yunani, Minotaur dipecat oleh pahlawan Theseus. Yang terakhir mengajukan diri sebagai pengorbanan atas nama rakyat Athen. Saat tiba di Kreta, putri Minos jatuh cinta pada Theseus dan membantunya menavigasi labirin untuk menemukan Minotaur. Namun, setelah membunuh binatang itu, Theseus akhirnya memilih putri Minos lainnya, Phaedra, sebagai istrinya.

18. Ophiotaurus

24 Makhluk Mitologi Yunani
Ophiotaurus

Ophiotaurus adalah makhluk mitologi Yunani yang tidak terlalu terkenal. Sebenarnya, saya hanya mengetahuinya karena makhluk ini disebutkan dalam buku ketiga Percy dan the Olympians. Ophiotaurus memiliki kepala seekor banteng dan tubuh seekor ular laut. Ophiotaurus adalah makhluk yang sangat kuat yang dilahirkan dari Chaos yang sama yang membawa timbulnya Gaia, Dewi Bumi. Diyakini bahwa isi perut Ophiotaurus dapat memberi seseorang kekuatan untuk mengalahkan dewa-dewa.

19. Pegasus

24 Makhluk Mitologi Yunani
Pegasus

Pegasus adalah kuda bersayap terkenal dari mitologi Yunani. Dalam kebanyakan literatur, Pegasus dilahirkan oleh darah Medusa, salah satu dari tiga saudara Gordon yang disebutkan di atas. Bellerophon menangkap Pegasus yang setuju untuk membantu sang pahlawan dalam pertarungannya melawan Chimera. Bellerophon, bagaimanapun, akhirnya meninggal saat ia jatuh dari belakang Pegasus saat mereka mencoba mencapai Gunung Olympus.

20. Satyr

24 Makhluk Mitologi Yunani
Satyr

Satyr adalah setengah kambing, setengah pria, sebuah karakter yang pernah terlihat dalam banyak penampilan budaya termasuk menjadi kawan Percy di film tersebut. Satyr sebagian besar dikenal sebagai makhluk yang suka bersenang-senang dan memiliki gairah, tinggi meskipun beberapa seniman modern telah menciptakan sisi gelap karakter Satyr. Meskipun popularitas mereka, Satyr tidak menonjol dalam mitologi Yunani manapun.

21. Sirens

24 Makhluk Mitologi Yunani
Sirens

Siren adalah makhluk indah yang menggunakan suaranya untuk memancing pelaut ke tempat persembunyian mereka di tebing dimana mereka akan mendapatkan kematian mereka. Sebagian besar literatur menggambarkan Sirens sebagai memiliki tubuh burung tapi beberapa seniman menggunakan tubuh ikan sebagai gantinya. Dikatakan bahwa jika ada yang mendengar suara Sirens dan bertahan, mereka akan bunuh diri.

Sirens ditampilkan dalam kisah Odiseus. Mendengar suara Sirens tanpa sekarat, Odiseus memerintahkan anak buahnya untuk menarik telinga mereka dengan lilin lebah sementara dia sendiri terikat dengan kapal. Ketika kapal itu berada dalam jangkauan suara Sirens, Odiseus memohon agar anak buahnya pergi ke suaranya tapi mereka mengabaikannya. Begitu kapal berada di luar pengaruh suaranya, Odiseus terbangun dari obsesinya dan berlayar tanpa terluka. Siren kemudian melemparkan diri ke air dan mati.

22. Sphinx

24 Makhluk Mitologi Yunani
Sphinx

Sphinx memiliki kepala seorang wanita, tubuh seekor singa dan sayap seekor burung dan mungkin juga adiknya untuk Chimera dan Cerberus. Dalam mitologi Yunani, ada satu Sphinx yang menjaga jalan menuju kota Thebe. Kepada semua wisatawan yang menggunakan jalan ini, Sphinx akan menanyakan teka-teki berikut ini: "Makhluk mana yang berjalan dengan empat kaki di pagi hari, dua kaki di sore hari, dan tiga kaki di malam hari?" Siapa pun yang tidak dapat menjawab teka-teki ini dengan benar adalah melahap teka-teki itu akhirnya dipecahkan oleh Oedipus yang memberikan jawaban yang benar: "Manusia". Dikatakan bahwa Sphinx melompat dari tebing atau melahap dirinya sendiri saat teka-teki itu dipecahkan.

23. Burung Stymphalian

24 Makhluk Mitologi Yunani
Stymphalian

Burung Stymphalian adalah tugas keenam Hercules, yang bertugas membunuh semua burung di rawa. Burung-burung ini digambarkan dengan paruh baja dan selera daging manusia. Dalam tugas ini, Hercules dibantu oleh Hephaestus, dewa teknologi, yang memberikan senjata kepada sang pahlawan. Dengan senjata ini di tangan, Hercules menakuti burung-burung itu ke udara dari tempat dia dengan cepat meluncurkan anak panah untuk membunuh mereka.

24. Typhon

Typhon adalah salah satu makhluk mitologi Yunani yang paling kuat. Bersama dengan Echidna, ini melahirkan banyak monster yang ditampilkan di atas termasuk Chimera, Cerberus, Sphinx dll.

Typhon dikatakan sangat besar. Bagian atasnya seperti manusia dan dikatakan lebih tinggi dari pada gunung. Bagian bawahnya terdiri dari ular besar yang bisa menjangkau jauh ke segala arah.

Dalam pertempuran antara Gaia dan Zeus, Typhon dikirim oleh Gaia sebagai upaya terakhir untuk menghancurkan para dewa. Dalam pertempuran pertama dengan Zeus, Typhon benar-benar menang dengan menangkap otot-otot Zeus. Untungnya, dewa kecepatan memulihkan otot-ototnya. Pada pertempuran kedua, Zeus berhasil mengalahkan Typhon dan menyegelnya di bawah Gunung Etna.

Baca Juga