15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Tak hanya atraksi unik dimana kuda akan menari mengikuti irama kendang yang disajikan oleh kuda renggong, namun ternyata ada hal lainnya yang tak kalah uniknya, simak dalam ulasan berikut ini.

Atraksi kuda Renggong adalah atraksi unik dimana kuda akan menari berlenggak lenggok mengikuti irama tetabuhan kendang yang mengiringinya. Tak hanya wisatawan lokal yang menaruh minat untuk melihat atraksi ini, namun wisatawan luar negeri pun menaruh minat dan rasa ketertarikan yang sama. Yuk kita simak beberapa hal unik dari atraksi kuda renggong berikut ini.

1) Kuda Renggong Berasal dari Daerah Penghasil Tahu Terkenal

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Kuda Renggong Berasal dari Daerah Penghasil Tahu Terkenal

Atraksi kuda renggong adalah salah satu tradisi unik dimana kuda menari mengikuti irama, atraksi unik ini berasal dari daerah Sumedang, dimana Sumedang juga terkenal dengan tahunya, tahu sumedang.

2) Kuda Renggong Hanya Bergerak Mengikuti Irama Kendang

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Kuda Renggong Hanya Bergerak Mengikuti Irama Kendang

Kuda Renggong hanya akan mengikuti irama tetabuhan kendang ketika melakukan atraksi, hal ini terkait dengan kebiasaan yang dihasilkan dari pelatihan atraksi kuda renggong dimana kuda dilatih menari mengikuti arahan pawang dengan isyarat tetabuhan kendang. Setelah melewati masa pelatihan, kuda renggong pun akan bergerak dan menari dengan sendirinya mengikuti irama tetabuhan kendang.

3) Kuda Renggong Dijadikan Komoditi Pariwisata

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Kuda Renggong Dijadikan Komoditi Pariwisata

Keunikan atraksi kuda renggong dimana kuda akan menari - nari mengikuti irama musik membuat atraksi tradisional ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga tak ayal atraksi ini pun dijadikan komoditi pasiwisata untuk menarik wisatawan lokal maupun asing.

4) Kuda Renggong Sering Digelar pada Acara Sunatan

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Kuda Renggong Sering Digelar pada Acara Sunatan

Biasanya Kuda Renggong sering digelar pada acara sunatan. Kemungkinan tradisi pementasan kuda renggong pada acara sunatan ini muncul karena atraksi ini melibatkan kuda yang merupakan lambang atau simbol kejantanan dan ketangguhan. Dan diharapkan anak yang sudah disunat dan menaiki kuda ronggeng akan memiliki kejantanan dan ketangguhan dalam dirinya. Pementasan kuda renggong akan dilaksanakan setelah anak yang disunat selesai di doakan dan akan berkeliling kampung menunggangi kuda renggong. Kuda renggong akan menari sesekali mengikuti irama musik di perjalanan berkeliling kampung, perjalanan itu akan di akhiri dititik keberangkatan yakni rumah si pemilik hajat.

5) Kuda Renggong Memiliki Festifal Sendiri

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Kuda Renggong Memiliki Festifal Sendiri

Salah satu keunikan tradisi ini adalah atraksi Kuda renggong memiliki acara festifalnya sendiri dimana pemenang acara yang digelar tahunan ini di kabupaten sumedang dapat meningkatkan harga dan kualitas kuda Renggong. Para pemilik kuda renggong akan berkeliling mengikuti jalur yang sudah di tetapkan dan di setiap titik akan dinilai oleh juri. Setiap pemilik kuda renggong mendandani kuda serta pengiring dengan dandanan yang unik, hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai dimata para juri.

Baca Juga : 17 Ulat Bulu Yang Mempunyai Penampilan Sangat Cantik Namun Berbahaya

6) Atraksi Kuda Renggong Berasal Dari Tingkah Si Dengek dan Si Cengek

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Atraksi Kuda Renggong Berasal Dari Si Dengek dan Si Cengek

Konon pada sekitar tahun 1880 seorang anak bernama sipan memiliki kebiasaan mengamati kedua tingkah kudanya yang bernama si dengek dan si cengek. Dari sana dia lalu mencoba melatih kedua kudanya tersebut untuk mengikuti gerakan tari manusia dengan iringan tetabuhan kendang. Pelatihan tersebut berjalan selama tiga bulan tanpa henti, hingg akhirnya kuda mengalami pembiasaan dan mulai menari sendiri ketika mendengar irama musik pengiring.

Mengetahui Sipan berhasil melatih kuda untuk menari mengikuti musik pengiring. Pangeran bernama Aria Surya Atmadja yang merupakan Bupati Sumedang kala itu, memerintahkan Sipan untuk melatih kuda – kudanya. Dari sanalah atraksi kuda renggong ini menyebar luas di Sumedang. Dan Sipan dikenal luas sebagai penggagas atraksi kuda renggong.

7) Adanya Pembagian Kelas Kualitas Kuda Renggong

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Adanya Pembagian Kelas Kualitas Kuda Renggong

Di daerah sumedang, kualitas dari kemampuan menari kuda dalam kuda renggong terbagi menjadi tiga kelas, pembagian tiga kelas ini mengikuti standar yang sudah ditetapkan oleh Persatuan Kuda Sumedang. Ketiga kelas tersebut adalah, Kuda kualitas terbaik, kuda yang masuk kedalam kategori ini adalah kuda - kuda yang pernah menjuarai festifal kuda renggong pada tingkat kabupaten. Kuda kualitas pertengahan, kuda yang masuk kedalam kategori ini adala kuda kuda yang sudah lama atau sering ikut festifal namun belumpernah mendapatkan juara. Yang terakhir adalah kuda baru, kuda kuda yang baru belajar melakukan atraksi kuda renggong dimasukkan ke dalam kategori ini.

8) Pemain Kuda Renggong Umumnya Laki Laki

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Pemain Kuda Renggong Umumnya Laki Laki

Pemain atraksi kuda renggong pada umumnya berjenis kelamin laki laki, hal ini wajar mengingat atraksi ini melibatkan hewan, dimana dapat terjadi hal - hal yang tidak diinginkan seperti kuda yang tiba - tiba marah atau mengamuk. Namun tidak semua laki - laki dapat menjadi pemain atraksi renggong, hanya mereka yang sudah memiliki keterampilan khusus dalam menari maupun bermain alat musik tradisional yang dapat ikut berpartisipasi.

9) Durasi Atraksi Kuda Renggong Berdasar Luasnya Kampung

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Durasi Atraksi Kuda Renggong Berdasar Luasnya Kampung

Durasi lamanya atraksi kuda renggong pada acara kampung, seperti sunatan, menyambut tamu khusus, peringatan kemerdekaan atau acara hajat warga lainnya berdasarkan luasnya kampung, hal ini karena pada acara hajatan warga, kuda renggong akan menari mengikuti irama kendang sambil berkeliling kampung dan kembali ke tempatnya semula.

10) Pertunjukan Selalu Diawali kata Sambutan Panitia Hajat

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Pertunjukan Selalu Diawali kata Sambutan Panitia Hajat

Pertunjukan Kuda renggong di kampung kampung biasanya selalu diawali oleh kata sambutan dari panitia hajat, baik pada acara sunatan, maupun hajat lainnya. Selain sebagai bentuk penghormatan, kata sambutan ini juga dilakukan untuk menghargai tamu undangan khusus, pemain dan penonton yang hadir.

11) Lagu Pengiring Kuda Renggong Diambil dari kesenian Jaipong

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Lagu Pengiring Kuda Renggong Diambil dari kesenian Jaipong

Karena masih memiliki kaitan dengan ronggeng, maka lagu lagu yang dimainkan pada atraksi kuda renggong pun mengambil lagu lagu yang sering dimainkan pada tarian jaipong.

12) Pertunjukan Kuda Renggong Selalu Diakhiri Dengan Saweran

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Pertunjukan Kuda Renggong Selalu Diakhiri Dengan Saweran

Pada acara pementasan kuda renggong yang diselenggarakan oleh warga, biasanya setelah kuda renggong mengantarkan kembali si pemilik hajat kerumahnya akan diakhiri dengan acara saweran uang logam yang bercampur dengan beras putih sebagai tanda syukur dan berbagi.

13) Kuda Renggong Dijadikan Pertunjukan Khas Kabupaten Sumedang

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Kuda Renggong Dijadikan Pertunjukan Khas Kabupaten Sumedang

Semakin meningkatnya peserta dan kualitas kuda renggong dalam setiap pagelaran festifal tahunan membuat atraksi ini menjadi pertunjukan khas kabupaten sumedang. Tiap tahunnya tak sedikit orang yang akan ke Sumedang hanya untuk melihat atraksi unik kuda Renggong dalam acara festifal tahunan kuda Renggong.

14) Atraksi Kuda Renggong Terkadang Dilakukan Bersama Penunggang

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Atraksi Kuda Renggong Terkadang Dilakukan Bersama Penunggang

Selama atraksi menari dan mengangkat kaki yang dilakukan kuda renggong terkadang dilakukan dengan penunggang yang masih ada di punggung kuda, penunggang tersebut biasanya adalah pemilik hajat atau tokoh penting. Yang menariknya kuda renggong hanya akan menaikkan kaki dengan sudut tertentu sehingga penunggang tidak akan terjatuh dari pelananya.

15) Aba Aba Gerakan Kuda Renggong Diawali Oleh Pelatuk

15 Hal Unik Kuda Renggong Yang Harus Kamu Ketahui
Aba Aba Gerakan Kuda Renggong Diawali Oleh Pelatuk

Pada kuda ronggeng, aba aba gerakan pertama akan dilakukan oleh pemimpin atraksi kuda renggong yang biasa disebut pelatuk. Pelatuk memberikan aba aba agar kuda dan pemain silat melakukan gerakan tarian secara bersamaan agar terlihat dan memiliki estetika gerakan yang enak dipandang oleh mata.

Demikianlah ulasan mengenai 15 hal unik dari kuda renggong yang harus kamu ketahui.

Baca Juga