15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Beruntungnya kita yang hidup di jaman sekarang dan bukan di jaman purba atau prasejarah karena kemungkinan anda tidak akan bisa menghadapi berbagai hewan-hewan yang ada pada masa lalu. Selain memiliki ukuran yang besar, rata-rata mereka juga sangat buas.

1. Azhdarchid

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Azhdarchid

Azhdarchid adalah spesies Pterosaurus, reptil terbang yang dianggap banyak orang sebagai dinosaurus bersayap. Namun ini tidak akurat, makhluk yang telah punah ino termasuk dalam keluarga organisme yang berbeda seperti reptil laut raksasa yang ada pada waktu bersamaan.

Nama mereka berasal dari kata bahasa Persia untuk naga, dan tidak mengherankan mengapa ketika anda menganggap bahwa makhluk mengerikan ini berdiri di ketinggian yang sama dengan jerapah dengan lebar sayap lebih dari 50 kaki. Mereka juga memiliki paruh kepala dan paruh yang sangat besar yang ukurannya hampir sama dengan badannya, memungkinkannya untuk makan hewan yang cukup besar dibandingkan dengan spesies sejenis lainnya. Karena ukurannya yang besar, ada beberapa perdebatan mengenai apakah Azhdarchid bisa terbang dan akibatnya, bagaimana mereka akan memberi makan. Sebagian besar peneliti sekarang menyimpulkan bahwa ia akan mampu melambung dalam jarak jauh dan akan memburu hewan kecil di tanah.

2. Entelodon

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Entelodon

Seringkali dikenal sebagai babi pembunuh, Entelodon adalah bentuk punah dari omnivora mirip babi yang hidup sekitar 37 juta tahun yang lalu. Makhluk besar ini bisa ditemukan di Amerika Utara, sebagian Eropa dan bahkan Asia. Seperti kerabat modern mereka, Entelodons memiliki makanan yang terdiri dari daging dan tumbuh-tumbuhan, yang berarti gigi mereka sangat tajam. Namun, mereka juga berbeda secara signifikan berkat ukuran kuku kuku mereka yang besar.

Mungkin ciri paling menonjol dari babi purba ini adalah struktur seperti tanduk seperti di kepala mereka, seperti babi hutan. Bukti fosil menunjukkan fakta bahwa hewan-hewan itu sering berkelahi satu sama lain, meninggalkan luka yang mengejutkan yang bisa sampai dalam tengkorak. Kekuatan luar biasa ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan mengingat mereka berdiri setinggi 4 kaki dan panjangnya 10 kaki, beratnya mencapai 1.000 kilogram.

3. Liopleurodon

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Liopleurodon

Tidak seperti kebanyakan reptil laut yang masih hidup sampai sekarang, yang berkisar dari kura-kura hingga buaya, makhluk liar ini adalah makhluk yang benar-benar masif. Ia hidup di lautan sekitar 5 juta tahun sebelum meninggal sekitar 155 juta tahun yang lalu. Sementara perkiraan yang akurat mengenai ukurannya sulit dihitung karena sejumlah kecil bukti fosil tersedia, kebanyakan ahli percaya bahwa benda itu berukuran sekitar 30 kaki. Ini berarti bahwa mereka mempunyai berat kira-kira 3.500 pound yang luar biasa dan akan mampu memburu hampir semua makhluk lain yang tinggal di perairan tempat ia berkeliaran.

Sebagai pemangsa apeks, burung Liopleurodon akan melacak mangsa menggunakan indra penciumannya yang kuat dan kemudian menyerang mereka dengan rahang kuat yang dipenuhi ratusan gigi tajam. Tidak seperti buaya atau buaya, tidak dapat meninggalkan air berkat siripnya, yang hanya bisa digunakan untuk berenang.

4. Gigantopithecus

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Gigantopithecus

Gigantopithecus telah masuk ke dalam kesadaran publik akhir-akhir ini, meski relatif tidak dikenal selama ratusan tahun, berkat kenyataan bahwa hewan ini muncul dalam versi live-action Disney dari The Jungle Book. Mereka pada dasarnya adalah orangutan raksasa yang hidup sekitar 100.000 tahun yang lalu di hutan India dan China. Sebenarnya, ukuran mereka sangat besar, dengan fosil yang menunjukkan bahwa mereka bisa setinggi 10 kaki dan beratnya di atas 1.100 pound, bahwa mereka adalah kera terbesar yang pernah ada.

Sementara sosok mereka yang luar biasa jelas memberi banyak keuntungan dan membuat mereka hampir kebal terhadap predator, namun juga membawa langsung ke kepunahan mereka. Para ahli percaya bahwa ukuran besar Gigantopithecus berarti bahwa sangat rentan terhadap tekanan lingkungan yang ditemui saat iklim berubah secara signifikan.

5. Xenosmilus

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Xenosmilus

Meskipun banyak orang memiliki gagasan tentang harimau sabretooth hanya menjadi kucing yang sangat besar, Xenosmilus berbeda karena tidak hanya berukuran besar namun badannya mempunyai otot yang sangat besar. Ini memberinya sebuah bentuk persilangan antara seekor macan tutul dan beruang. Tampilan unik ini membuat mereka bisa memburu dengan cara yang berbeda dengan sebagian besar kucing bergigi pedang. Dengan menggunakan rahang pemotong kue khasnya, ia hanya akan menggunakan kekuatannya untuk merobek potongan otot dan daging dari mangsanya sehingga perlahan-lahan akan mati karena kehilangan darah saat ia mencoba melarikan diri.

Perkiraan dari fosil yang telah ditemukan di Florida menunjukkan bahwa kucing ini bisa berukuran setinggi 6 kaki dan memiliki berat total 900 pound. Ini akan menjadikannya salah satu kucing besar terbesar yang pernah hidup dan predator yang benar-benar mengerikan.

6. Aegirocassis

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Aegirocassis

Baru ditemukan saat masih ditemukan di Maroko pada tahun 2014, Aegirocassis adalah sejenis makhluk laut yang terkait erat dengan lobster modern. Ia mampu tumbuh lebih dari 6 kaki panjangnya, membuatnya berukuran sama dengan manusia dewasa dewasa. Dr Allison Daley, dari Universitas Oxford, mengatakan: "Ini pasti salah satu hewan terbesar yang hidup saat ini."

Aegirocassis bukanlah pemangsa ganas. Alih-alih berburu mangsa dengan giginya yang tajam atau cakar raksasa, makan seperti paus lakukan hari ini. Ini menyedot sejumlah besar air ke dalam mulutnya dan kemudian menggunakan gigi khusus untuk menyaring makanan yang kemudian bisa dicerna. Makhluk seperti lobster dianggap sebagai contoh tertua organisme penyaringan bakteri raksasa.

7. Argentavis Magnificens

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Argentavis Magnificens

Catatan fosil menunjukkan bahwa Argentavis Magnificens kemungkinan merupakan burung terbesar yang pernah ada di langit. Berdiri setinggi manusia dewasa dan beratnya 180 pon, itu tidak seperti burung yang masih hidup sampai sekarang. Tidak seperti spesies burung besar lainnya, tidak mungkin untuk bertindak sebagai pemangsa, karena tidak dibangun untuk mengkhususkan diri dalam berburu mangsa. Para ahli percaya bahwa kemungkinan besar makhluk besar itu akan mengais makanannya.

Ukuran yang sangat besar ini berarti bahwa tidak mungkin Argentavis Magnificens mampu terbang seperti kerabat modernnya. Sebaliknya, ia akan melayang di udara, mengepakkan sayapnya hanya sesekali untuk mendapatkan tambahan angkat. Meskipun demikian, masih dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sekitar 25 mil per jam, sehingga memungkinkan untuk melintasi wilayahnya yang seluas 190 mil persegi dengan cepat.

Baca juga : 24 Makhluk Mitologi Yunani

8. Arthropleura

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Arthropleura

Ada beberapa makhluk hidup yang menakut-nakuti orang lebih dari serangga. Mereka adalah hal yang mengerikan sehingga banyak film horor memanfaatkan ketakutan ini dengan menciptakan monster besar yang hanyalah versi raksasa dari binatang biasa ini. Artropleura kemudian bisa digambarkan sebagai film horor yang dibuat nyata, karena hewan purba ini adalah kaki seribu besar yang bisa tumbuh hingga ukuran hingga 8 kaki panjangnya. Tinggal sekitar 299 juta tahun yang lalu, mereka begitu besar sehingga mereka tidak memiliki predator alami dan dianggap sebagai invertebrata darat terbesar yang diketahui planet ini.

Kaki seribu besar ini pasti akan tinggal di Amerika Utara dan Eropa, di dekat rawa-rawa hangat yang memungkinkannya tumbuh sedemikian besar, yang diyakini oleh banyak peneliti sebagai batas seberapa besar invertebrata tersebut dapat tumbuh di permukaan.

9. Titanoboa

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Titanoboa

Ular terbesar yang hidup saat ini mampu tumbuh sekitar 25 kaki panjangnya dalam keadaan tertentu, namun Titanoboa akan membuat mereka merasa kecil. Ini karena Titanoboa beratnya lebih dari satu ton dan diukur panjangnya 50 kaki yang luar biasa. "Jangan pernah dalam mimpi terliar anda berharap bisa menemukan Boa constrictor dengan panjang 14m. Ular terbesar saat ini adalah setengah dari ukuran itu," kata Dr Carlos Jaramillo, seorang ilmuwan di Smithsonian Tropical Research Institute.

Hidup setelah dinosaurus mati, Titanoboa hidup terutama di hutan rawa-rawa Amerika Selatan. Seperti Boa constrictor modern, ular ini bukan ular berbisa dan malah akan menghancurkan mangsa sampai mati dengan kekuatan 400 pound per inci persegi. Setelah kematian dinosaurus, para ahli percaya bahwa Titanoboa adalah predator terbesar di planet ini selama sekitar 10 juta tahun.

10. Meganeura

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Meganeura

Capung bukanlah makhluk yang sangat menakutkan, meski beberapa memiliki fobia pada mereka. Namun hanya sedikit yang mungkin gagal takut pada Meganeura, spesies capung yang sama besarnya dengan anak kecil. Setelah tinggal sekitar 300 juta tahun yang lalu, serangga terbang ini memiliki lebar sayap 26 inci dan panjang tubuh sekitar 1 kaki. Seperti kerabatnya yang modern, hewan ini adalah karnivora yang kemungkinan besar akan memangsa binatang invertebrata dan amfibi kecil.

Meganeura mampu tumbuh sedemikian besar karena hanya kandungan oksigen yang lebih kaya di udara pada saat itu. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa ukuran serangga sebagian besar ditentukan oleh jumlah oksigen yang tersedia di udara dan lingkungan dimana serangga terbang ini tinggal hampir dua kali lipat jumlah oksigen yang akan anda temukan hari ini.

11. Dunkleosteus

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Dunkleosteus

Meskipun ada beberapa ikan yang sangat jelek dan menakutkan yang hidup sampai sekarang, seperti piranha, mereka bukan apa-apa dibandingkan dengan Dunkleosteus. Ikan raksasa ini hidup sekitar 360 juta tahun yang lalu dan merupakan salah satu ikan terbesar yang pernah hidup, mampu tumbuh hingga 20 kaki panjangnya dan berat 1 ton. Ukurannya yang besar berarti bahwa itu adalah predator puncak yang terlindungi dari bahaya berkat pelapisan baju besi di sekitar kepalanya.

Sepasang gigi besar dan rahang yang sangat kuat berarti bahwa Dunkleosteus mampu memakan hampir semua hal yang terjadi di air, termasuk hiu, ikan lapis baja dan bahkan spesiesnya sendiri. Dengan menggunakan kekuatan gigitannya yang luar biasa, dengan mudah bisa merobek daging makhluk lain yang masih hidup saat itu.

12. Carbonemys

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Carbonemys

Ditemukan pada tahun 2005 oleh tim peneliti di tambang batubara Kolombia, Carbonemys adalah genus kura-kura raksasa yang telah punah yang hidup 60 juta tahun yang lalu. Dengan cangkang yang panjangnya hampir 6 kaki, seluruh tubuhnya sekitar 10 kaki panjangnya. Makhluk besar itu beratnya 1 ton, sehingga ukurannya mirip dengan mobil kecil.

Sementara Carbonemys bukan kura-kura raksasa terbesar yang pernah ditemukan, mungkin ini yang paling mengerikan. Rahang itu memiliki rahang yang unik yang sangat kuat, memungkinkannya memburu hewan jauh lebih besar daripada kerabatnya. Kenyataannya, rahangnya begitu kuat, para periset percaya bahwa ia mampu melawan dan membunuh mamalia berukuran sama atau bahkan buaya.

13. Gorgonopsia

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Gorgonopsia

Gorgonopsia adalah spesies therapsid yang merupakan nenek moyang mamalia modern. Mereka pada dasarnya adalah persilangan antara reptil dan mamalia yang berkeliaran di bumi sekitar 250 juta tahun yang lalu. Tidak seperti banyak makhluk lainnya pada saat itu, Gorgonopsia memiliki spesialisasi yang mencakup bentuk gigi unik dan kaki belakang yang kuat.

Salah satu predator terbesar selama periode yang mereka jalani, ukurannya sebanding dengan beruang besar, dengan tengkorak setinggi 2 kaki. Mereka juga memiliki gigi yang sangat tajam dan panjangnya mencapai 5 inci. Saat mereka berdiri setinggi manusia dan sangat berotot, mereka dapat dengan mudah mengatasi mangsa yang lebih besar dari diri mereka sendiri, bahkan makhluk yang dua kali ukurannya.

14. Sarcosuchus

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Sarcosuchus

Meski secara teknis bukan buaya, Sarcosuchus sangat mirip dengan reptil modern, dengan bentuk tubuhnya yang panjang dan bersisik. Buaya air asin yang tidak mungkin sekalipun, contoh ini mampu tumbuh hingga sekitar dua kali lipat ukurannya. Faktanya, beberapa ilmuwan percaya bahwa ia mampu mencapai ukuran yang lebih besar lagi karena akan terus tumbuh sepanjang umurnya, sehingga memungkinkan untuk melampaui panjang 40 kaki.

Ukuran besar ini berarti beratnya sekitar 8 ton dan memiliki kulit tebal yang akan bertindak sebagai baju besi - sesuatu yang perlu mengingatnya hidup bersamaan dengan dinosaurus. Ia mampu memakan makhluk hampir semua ukuran tapi makanan utamanya akan terdiri dari ikan yang berenang di daerah yang sekarang menjadi gurun Sahara.

15. Megalodon

15 Hewan Purba yang Paling Menakutkan
Megalodon

Hiu sudah menjadi salah satu makhluk paling mengerikan yang hidup di planet ini. Serta kualitas yang agak asing yang mereka miliki, mereka juga mampu membunuh dengan gigi mengerikan yang mampu memberi mimpi buruk bagi siapa pun. Megalodon hidup sekitar 2,5 juta tahun yang lalu dan sekarang dianggap sebagai salah satu pembunuh terbesar dan paling kuat dalam sejarah.

Hiu raksasa itu bisa mencapai panjang hampir 60 kaki dan tampak seperti hiu putih besar yang dilebih-lebihkan. Yang paling menakutkan dari semua adalah rahang besar yang menahan gigi setinggi 6 inci dan lebar 4 inci. Karena ukurannya yang besar, hiu itu bisa memakan banyak mangsa, termasuk paus, kura-kura laut raksasa dan lumba-lumba.

Baca Juga