17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Bagaimanakah ciri ciri dari kelinci yang sedang hamil ? Berikut ini adalah ulasan mengenai 17 ciri ciri kelinci hamil yang mudah dikenali oleh pemilik hewan.

Kelinci yang sedang masuk ke dalam masa kehamilan akan menunjukkan beberapa perubahan. Perubahan perubaan ini dapat dikenali oleh pemilik dengan melakukan pengamatan pada perilaku dan bentuk fisik kelinci. Hal ini perlu diketahui oleh pemilik kelinci untuk mengantisipasi stress pada kelinci yang mengakibatkan kelinci menolak keberadaan anaknya sendiri dan menjadi kanibal. Simak ulasan mengenai 17 ciri ciri kelinci hamil yang mudah dikenali.

1) Kelinci Menjadi Lebih Agresif

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Menjadi Lebih Agresif

Kelinci yang memasuki masa kehamilan akan mengalami perubahan metabolisme tubuh yang menyebabkan perubahan tingkah laku, yang tadinya kelinci jinak dan bersikap lembut, pada masa kehamilan kelinci akan menjadi lebih agresif, tak hanya mencakar, kelinci juga akan mengigit apabila hendak dipegang oleh manusia. Jika kelinci menunjukkan tanda tanda agresif, maka ada kemungkinan kelinci sedang hamil.

2) Kelinci Lebih Sensitif

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Lebih Sensitif

Kelinci akan menjadi lebih sensitif ketika masuk ke dalam masa kehamilan. Untuk menghindari hal hal yang tidak dinginkan sebagaiknya kelinci yang sudah diketahui secara pasti sedang hamil, diisolasi dari kelinci lainnya dan kurangi interaksi dengan manusia.

3) Kelinci Mudah Lapar

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Mudah Lapar

Perubahan metabolisme dalam tubuh kelinci hamil membuat si kelinci menjadi mudah lapar, karena asupan nutrisi dan gizinya kini dibagi kepada anak anaknya yang ada di dalam perut. Untuk mengantisipasi kekurangan gizi dan nutrisi pada kelinci hamil, pemilik harus memperhatikan perilaku kelinci sepanjang hari dan memberikan jadwal makan tambahan. Jika biasanya kelinci diberi makan dua kali sehari,maka kini Pemilik dapat memberikan makanan sebanyak 4 hingga 5 kali sehari dengan takaran porsi yang sama.

4) Nafsu Makan Kelinci Meningkat

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Nafsu Makan Kelinci Meningkat

Nafsu makan kelinci akan meningkat, jika biasanya kelinci menghabiskan porsi makanannya dalam hitungan puluhanmenit, maka kelinci hamil dapat menghabiskan makanannya dalam waktu belasan menit.

5) Minum Air Lebih Banyak Dari Biasanya

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Minum Air Lebih Banyak Dari Biasanya

Kelinci yang sedang hamil akan minum air lebih banyak dari biasanya. Pemilik dapat memberikan asupan makanan yang agak basah seperti daun pisang atau kangkung sebagai pengganti air, keduanya mengandung air yang cukup.

6) Perut Kelinci Terlihat Membesar

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Perut Kelinci Terlihat Membesar

Perubahan yang paling terlihat dari kelinci yang hamil adalah kondisi perutnya yang semakin hari semakin membesar. Ukuran besarnya perut kelinci tergantung pada isi janin atau calon bayi di dalam perut. Jika perut nampak sangat besar, maka ada kemungkinan isi janin didalam perut kelinci berjumlah lebih dari 4.

7) Terasa Ada Benjolan Di Perut Saat Diperiksa

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Terasa Ada Benjolan Di Perut Saat Diperiksa

Jika Kelinci sudah hamil,maka jika bagian perut di raba,akan terasa adanya benjolan kecil sebesar anggur di dalam perut keinci, namun ketika melakukan perabaan pemilik disarankan untuk tidak menekannya terlalu kuat katrena dapat menimbulkan gangguan pada janin kelinci.

8) Menolak Berhubungan Saat Diumbar Bersama Kelinci Jantan

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Menolak Berhubungan Saat Diumbar Bersama Kelinci Jantan

Kelinci yang sudah masuk kedalam masa kehamilan akan menolak kelinci jantan yang hendak berhubungan saat tengah diumbar. Mengumbar atau melepas kelinci di tempat yang lebih luas biasanya dilakukan untuk membuat kelinci lebih leluasa untuk melakukan reproduksi.

Baca Juga : 15 Cara Merawat kucing Persia yang Baik dan Benar Untuk Pemula

9) Bagian Mulut Kelinci Mulai Berwarna Kemerahan

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Bagian Mulut Kelinci Mulai Berwarna Kemerahan

Perubahan metabolisme pada tubuh kelinci membuat warna pada bagian bibir kelinci berubah menjadi lebih merah. Namun warna merah ini bukan berasal dari luka, pemilik harus memperhatikan hal ini agar tidak salah menyimpulkan bahwa kemerah merahan pada mulut kelinci berasal dari metabolisme tubuh dan bukan dari luka.

10) Mengorek-ngorek Dasar Kandang

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Mengorek-ngorek Dasar Kandang

Kelinci yang sedang hamil memiliki kecenderungan untuk mengorek ngorek dasar kandang, ini adalah bawaan alamiah, dimana kelinci akan secara alami membuat lubang sebagai sarang baginya kelak ketika akan melahirkan anak anaknya. Jika pemilik memergoki perilaku ini, pemilik dapat membuatkan kelinci sebuah kandang kecil gelap dimana kelinci dapat bersembunyi. Kandang kecil dengan kondisi gelap tadi akan membuat kelinci merasa nyaman karena merasa seperti di dalam lubang.

11) Kelinci Menolak Kehadiran Kelinci Jantan

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Menolak Kehadiran Kelinci Jantan

Kelinci yang sudah hamil akan menolak kelinci jantan, meskipun hanya didekati,kelinci betina hamil akan menjauh dan melarikan diri dari kejaran kelinci jantan, bahkan jika terdesak kelinci hamil akan mengeluarkan suara seperti menjerit ketika di pojokkan kelinci jantan. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat dipastikan bahwa kelinci sedang hamil, dan segera pisahkan keduanya.

12) Merontokan Bulunya Sendiri

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Merontokan Bulunya Sendiri

Kelinci akan merontokkan bulunya sendiri, yang nantinya bulu bulu tersebut akan dikumpulkan menjadi bantalan, atau alas bagi bayi bayinya yang baru lahir. Cara merontokkan bulu kelinci sangat unik, yani Kelinci hamil akan mencabut sendiri bulu ditubuhnya menggunakan mulut hingga terlepas.

13) Kelinci Menjadi Agresif dan Menyerang Kelinci Lainnya

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Menjadi Agresif dan Menyerang Kelinci Lainnya

Kehamilan pada kelinci akan membuat kelinci betina menjad agresif terhadap sesamanya, ini adalah naluri alamiah dari kelinci hamil dimana sang induk berusaha melindungi calon calon bayinya dari kelinci lain.

14) Membuat Sarang

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Membuat Sarang

Kelinci yang sudah masuk kedalam masa kehamilan akan berusaha membuat sarang, salah satu caranya adalah dengan mengorek dasar kandang atau mencabuti bulunya. Pemilik dapat menyiapkan rumput kering yang sudah disterilkan atau daun pisang kering, kedua bahan tersebut nantinya akan digunakan kelinci sebagai bahan pembuat sarang.

15) Kelinci Lebih Aktif

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Lebih Aktif

Kelinci yang tengah hamil akan menjadi lebih aktif, jika kelinci di dalam kandang menunjukkan perilaku aktif yang berlebihan seperti berusaha berlari lari di dalam kandang,pemilik dapat mengumbarnya (melepasnya) di tempat yang luas namun terbatas, jangan melepasnya di tempat yang tidak ada dindingnya, karena akan sulit nantinya untuk menangkan kelici kembali.

16) Kelinci Menjadi Lebih Berat

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Menjadi Lebih Berat

Adanya penambahan berat pada kelinci secara signifikan menandakan kelinci tengah dalam kondisi hamil. Penambahan berat ini berasal dari calon bayi di dalam perut dan perilaku makan yang meningkat seiring bertambahnya masa kehamilan.

17) Kelinci Sulit Diajak Main

 17 Ciri Ciri Kelinci Hamil Yang Mudah Dikenali
Kelinci Sulit Diajak Main

Kelinci yang hamil akan sulit didekati oleh manusia, terutama jika diajak bermain, dalam kondisi tertentu, jika kelinci merasa terancam, kelinci hamil biasanya akan memunculkan sikap agresif dan defensif.

Demikian 17 ciri ciri kelinci hamil yang mudah dikenali.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.