20 Bunga Paling Unik Dengan Tampilan Sangat Lucu dan Menggemaskan
Bunga merupakan anugerah terindah dari alam yang diciptakan Tuhan untuk manusia. Bunga selalu ada di sekitar kita dan saling bermekaran serta selalu memberi kebahagiaan bagi semua umat. Ada sebagian bunga-bunga yang tampilannya tidak hanya indah, tetapi sangat lucu dan menggemaskan.

Semua orang pasti tahu jika bunga merupakan tanaman yang selalu memunculkan keindahan. Selain warnanya yang begitu mempesona, ada sebagian bunga yang mempunyai aroma wangi dan segar ketika tercium oleh hidung. Tetapi diantara ratusan jenis yang ada, terdapat bunga-bunga yang saat mekar selalu terlihat unik dan lucu, menyerupai makluk hidup baik manusia maupun binatang.

1. Orchis Italica

Bunga Paling Unik
Orchis Italica

Meski dinamakan Orchis Italica atau anggrek Italia, namun bunga ini lebih mudah ditemukan di negara Spanyol bagian selatan. Jika dilihat dari jauh bentuknya memang terlihat biasa saja. Namun ketika didekati, Orchis Italica akan tampak seperti sosok pria telanjang yang sedang bergelantungan. Karena ini sering dijuluki sebagai The Naked Man Orchid atau anggrek pria telanjang.

2. Hooker’s Lips

Bunga Paling Unik
Hooker’s Lips

Di berbagai media internet, bunga Hooker’s Lips sering menjadi bahan pembicaraan karena memiliki penampakan yang sangat mirip dengan bibir perempuan dan berwarna merah segar. Nama latinnya Psychoritria Elata dan mudah tumbuh dalam hutan-hutan tropis khususnya di kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Bunga tersebut selalu mekar antara bulan Desember sampai Maret.

3. The Snapdragon Seed Pod

Bunga Paling Unik
The Snapdragon Seed Pod

Tidak ada yang aneh dengan bunga The Snapdragon Seed Pod saat sedang bermekaran. Tapi ketika mulai layu, akan muncul suatu keunikan tersendiri dari bunga ini. Bentuknya berubah seperti tengkorak, sehingga banyak yang mengkaitkannya dengan hal-hal berbau supranatural atau mistis. The Snapdragon Seed Pod sering tumbuh di daerah bebatuan dan mudah ditemukan di wilayah Afrika Utara.

4. The Darth Vader Flower

Bunga Paling Unik
The Darth Vader Flower

Nama asli dari bunga ini adalah Aristolochia Salvadorensis dan hanya bisa tumbuh di negara El-Savador dan beberapa kawasan lain di Amerika Selatan. Aristolochia Salvadorensis sering dijuluki sebagai bunga The Darth Vader Flower sebab mempunyai penampakan yang hampir sama dengan tokoh bernama Darth Vader dalam film fiksi Star Wars.

5. Dancing Girls

Bunga Paling Unik
Dancing Girls

Dancing Girls merupakan sebuah julukan yang ditujukan kepada bunga Impatiens Bequaertii dan sering menjadi buruan para kolektor karena kelangkaannya. Meski ukurannya kecil, tapi jika sudah mekar akan terlihat keunikannya seperti seorang gadis yang sedang menari. Bunga yang aslinya berasal dari Afrika Timur ini berwarna putih dan sering dijadikan hiasan ruang.

6. The Bird of Paradise

Bunga Paling Unik
The Bird of Paradise

Selaras dengan julukannya, bunga dengan nama asli Strelitzia Reginae akan terlihat seperti burung surga atau burung cendrawasih saat sedang mekar. Tampilannya begitu cantik karena selalu dipenuhi paduan warna jingga, merah, kuning, hijau dan biru. Daerah pertumbuhannya ada di Afrika Utara dan sekitarnya.

7. The Ice Cream Tulip

Bunga Paling Unik
The Ice Cream Tulip

Di daerah asalnya Belanda, The Ice Cream Tulip selalu menjadi bunga favorit ketika musim semi tiba. Penampakannya sama persis dengan es krim dan akan terlihat semakin indak ketika mekar secara bersamaan dan didominasi oleh warna putih pada bagian atasnya. Sedangkan di bagian kelopaknya, biasanya terdiri daru dua macam warna, merah dan hijau.

8. The Moth Orchid

Bunga Paling Unik
The Moth Orchid

The Moth Orchid merupakan salah sejenis tanaman anggrek dengan nama latin Phalalenopsis dan daerah pertumbuhannya ada di China, India, Asia Tengah hingga Queensland. Keunikan bunga ini terletak pada mahkotanya yang tampak seperti kepala burung lengkap dengan mata dan paruhnya.

9. The Flame Lily

Bunga Paling Unik
The Flame Lily

The Flame Lily menjadi salah satu bunga paling mahal sedunia karena penampakannya yang sangat unik dan indah, seperti lidah api yang menjilat-jilat kearah atas. Bunga dengan paduan warna jingga dan kuning ini memiliki wilayah pertumbuhan di benua Asia dan Afrika. Nama latinnya Gloriosa Superba.

10. The Bat Flower

Bunga Paling Unik
The Bat Flower

Meski terlihat indah dan unik, namun bunga berjuluk The Bat Flower ini sering menimbulkan nuansa seram sebab bentuknya mirip dengan binatang kelelawar yang sering diusir karena dianggap menakutkan. Tacca Chantrieri adalah nama asli dari bunga tersebut dan sangat mudah ditemukan di Malaysia, Thailand dan China bagian selatan. Hampir semua bagiannya didominasi warna hitam dan ada sedikit warna hijau dan putih di tengahnya.

Baca juga : 12 Cara Cepat dan Mudah Mengusir Kelelawar

11. Flying Duck Orchid

Bunga Paling Unik
Flying Duck Orchid

Flying Duck Orchid adalah tamanan anggrek yang berasal dari Australia Timur dan Selatan. Bentuknya sangat lucu dan unik menyerupai bebek atau itik, namun dengan bulu tubuh yang berwarna ungu. Selain itu ada sedikit semburat kuning pada bagian paruhnya. Nama latin dari Flying Duck Orchid adalah Caleana Major.

12. Swaddled Babies

Bunga Paling Unik
Swaddled Babies

Dapat dipastikan, semua orang akan tercengang ketika menyaksikan bunga Swaddled Babies yang ketika sudah mekar penuh selalu mirip dengan bayi imut yang baru dilahirkan. Aslinya bunga ini berasal dari Kolumbia dan aroma wanginya hampir sama dengan aroma kayu manis. Selain itu sering diberi julukan bunga bayi bercadar atau anggrek bercadar.

13. The Laughing Bumble Bee Orchid

Bunga Paling Unik
The Laughing Bumble Bee Orchid

Dijamin setiap orang langsung tertawa atau tersenyum saat melihat bunga yang nama aslinya Orphrys Bomyblifora ini. Tanaman hias yang banyak tumbuh di Eropa, Afrika Selatan hingga Asia Tengah ini menyerupai badut lucu yang sering tampil di arena-arena pertunjukan sirkus. Warnanya terdiri dari coklat, ungu muda, kuning dan hijau.

14. The Angle Orchid

Bunga Paling Unik
The Angle Orchid

Habenaria Granddifloriformis merupakan nama latin dari bunga anggrek The Angel Orchid. Kelopak bunganya yang berwarna putih dan kuning di bagian tengahnya sangat mirip dengan peri cantik yang sedang terbang lengkap dengan kedua kaki, tangan beserta sayapnya. Daerah perkembangbiakannya ada di India Selatan.

15. Happy Alien Flower

Bunga Paling Unik
Happy Alien Flower

Jika merasa penasaran dengan penampakan makluk angkasa luar, maka lihatlah bunga Happy Alien Flower yang merupakan tanaman asli Amerika Selatan. Meski dipandang secara sekilas saja, bunga ini memiliki kesamaan dengan makluk alien yang sering digambarkan pada film-film fiksi ilmiah dengan kombinasi warna jingga, kuning, putih dan hijau.

16. The Monkey Face Orchid

Bunga Paling Unik
The Monkey Face Orchid

Ingatan orang pasti segera tertuju pada satwa monyet begitu menjumpai bunga The Monkey Face Orchid. Tanaman anggrek tersebut juga sering dijuluki sebagai anggrek drakula karena ada sebagian yang berpendapat jika penampakannya justru lebih mirip dengan wajah makluk halus tersebut. Daerah pertumbuhannya ada di kawasan Ekuador Selatan dan Peru.

17. The Parrot Flower

Bunga Paling Unik
The Parrot Flower

Julukan The Parrot Flower ditujukan kepada bunga bernama asli Impatiens Psittacina karena penampakannya tidak jauh beda dengan burung beo. Bunga ini termasuk tanaman langka dan dilindungi oleh pemerintah negeri asalnya yaitu Thailand. Namun selain Thailand, The Parrot Flower juga dapat ditemukan di India Selatan.

18. Hanging Lobster Claw Flower

Bunga Paling Unik
Hanging Lobster Claw Flower

Tanaman Heliconia masih mempunyai hubungan kerabat dengan tanaman budidaya pisang tetapi lebih sering dijadikan hiasan. Karena selain tidak menghasilkan buah, tanaman ini memiliki tampilan bunga yang sangat cantik seperti kuku udang laut yang sedang melayang. Tanaman dengan julukan Hanging Lobster Claw Flower jingga dan kuning tersebut bisa tumbuh subur di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

19. The Ballerina Orchid

Bunga Paling Unik
The Ballerina Orchid

Bunga anggrek bernama Melanema ini hanya dapat ditemukan di daratan Australia saja. Nilai keunikannya terdapat pada mahkota bunganya dengan wujud bagaikan penari ballerina yang sedang beraksi. Kelopaknya seperti muka penari dengan kedua tangan yang mengarah keatas. Sedangkan mahkotanya yang berwarna putih mirip dengan busana yang dikenakan.

20. The White Egret Orchid

Bunga Paling Unik
The White Egret Orchid

Dengan julukannya sebagai The White Egret Orchid, bunga Habenaria Radiata selalu mekar secara cantik, unik dan menawan seperti burung bangau putih yang sedang terbang. Sayapnya terlihat mengepak yang berasal dari mahkotanya. Bunga ini hanya dapat dikembangbiakan di  China, Jepang, Korea dan Rusia. 

Baca Juga