15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Boneka Jepang ada banyak ragamnya mulai dari boneka tradisional yang memiliki fungsi sebagai jimat keberuntungan seperti boneka Zashiki Karakuri hingga boneka yang diyakini mampu mencegah datangnya hujan seperti Teru Teru Bozu

Boneka Jepang ada banyak ragamnya mulai dari boneka tradisional yang memiliki fungsi sebagai jimat keberuntungan seperti boneka Zashiki Karakuri hingga boneka yang diyakini mampu mencegah datangnya hujan seperti Teru Teru Bozu. Boneka boneka ini dibuat dari bahan dasar sederhana seperti kayu atau tanah liat.

Boneka Jepang yang paling terkenal penuh dengan aura mistis adalah Okiku, boneka berbentuk anak perempuan lengkap dengan kimono yang memiliki rambut seperti rambut manusia dan tumbuh panjang dengan sendirinya.

Yuk simak boneka boneka apa saja yang ada di Jepang.

1) Teru Teru Bozu

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Teru Teru Bozu

Boneka ini memiliki bentuk yang tak lazim, biasanya dibuat dari kain putih dan digantung di jendela. Boneka ini merupakan sejenis jimat , masyarakat jepang menyakini bahwa dengan meletakkan Teru Teru Bozu di jendela maka dapat mencegah datangnya hujan.

2) Gosho Ningyo

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Gosho Ningyo

Gosho Ningyo merupakan boneka jepang yang memiliki bentuk seperti anak kecil dengan proporsi tubuh gendut yang menggemaskan. Gosho Ningyo di rias semenarik mungkin untuk menunjukan bahwa boneka ini dibuat untuk menghibur orang. Biasanya Gosho Ningyo dibuat sebagai hadiah.

3) Daruma

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Daruma

Bentuk dasar Daruma adalah bola dengan dominasi warna merah serta bagian wajah berwarna putih. Daruma memiliki fungsi sebagai jimat keberuntungan.Boneka ini melambangkan pendeta Bodhidharma yang hidup sekitar 1500 tahun silam.

4) Butai Karakuri

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Butai Karakuri

Butai Karakuri merupakan boneka tradisional jepang yang dipakai dalam teater. Teater tersebut merupakan teater boneka tradisional yang menceritakan kisah kisah dalam legenda lokal jepang. Boneka jenis ini berkembang pada era abad 18 dan 19.

5) Hina Ningyo

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Hina Ningyo

Hina Ningyo merupakan boneka yang menyerupai sosok manusia lengkap dengan pakaian tradisional jepang. Boneka boneka ini biasanya disusun dalam rak dengan komposisi kaisar, permaisuri serta pejabat istana dan dipertontonkan pada hari Hina Matsuri.

6) Kokeshi

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Kokeshi

Kokeshi merupakan boneka kayu tradisional jepang yang sudah ada sejak 150 tahun silam. Pada awalnya kokeshi merupakan mainan anak anak lalu boneka kayu buatan tangan ini berkembang menjadi cinderamata wisatawan yang berkunjung ke jepang.

Baca Juga : 26 Film Anime Comedy Terbaik Paling Lucu dan Bikin Penontonnya Tertawa

7) Hakata Ningyo

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Hakata Ningyo

Hakata Ningyo merupakan boneka tradisional jepang yang dibuat dari gerabah. Hakata Ningyo berasal dari daerah Hakata, Kota Fukuoka. Hakata dihias menggunakan cat khusus tanah liat. Hakata Ningyo sendiri diduga dibuat pertama kali sebagai hadiah untuk Seorang Tuan Tanah bernama Kuroda Nagamasa saat Kuroda membangun kastilnya di daerah Hakata.

8) Ningyo

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Ningyo

Ningyo umumnya berbentuk manusia, mulai bayi, anak anak, pejabat istana, prajurit perang atau sosok terkenal dalam legenda jepang. Ningyo biasanya ditempatkan di altar rumah atau di tempat keramat tertentu. Ningyo juga biasanya diberikan sebagai kado.

9) Musha

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Musha

Musha merupakan boneka tradisional jepang yang berbentuk prajurit perang. Pakaian yang dipakai oleh Musha adalah pakaian perang tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat jepang jaman dahulu. Biasanya boneka Musha akan didandani seperti tokoh tokoh terkenal dalam perang jaman dahulu.

10) Ichimatsu

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Ichimatsu

Ichimatsu merupakan boneka tradisional dari jepang yang memiliki bentuk seperti anak anak, baik anak laki laki maupun anak perempuan. Ichimatsu memiliki mata yang terbuat dari kaca. Ichimatsu yang berbentuk anak perempuan dihias menggunakan kimono.

11) Dogu

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Dogu

Bentuk fisik Dogu sangat tidak lazim untuk ukuran sebuah boneka. Dogu terbuat dari bahan tanah liat. Tidak ada yang mengetahui secara pasti apa tujuan Dogu dibuat mengingat bentuknya yang tidak menarik. Sebagian masyarakat jepang percaya bahwa penyakit yang diderita manusia dapat dipindahkan ke dalam dogu, dan setelah Dogu dihancurkan, penyakit yang diderita akan hilang.

12) Okiku

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Okiku

Okiku merupakan boneka berbentuk anak kecil lengkap dengan kimono dan memiliki rambut berwarna hitam. Boneka ini hanya ada satu di dunia. Saat ini boneka Okiku ditempatkan di dalam Kuil Mannenji yang berada di Iwamizawa, Hokkaido.

Ada kisah mistis dibalik sosok Boneka Okiku ini.

Boneka ini pertamakkali dibeli pada tahun 1918 oleh Eikichi Suzuki yang tinggal disaporo, Eikichi membeli Boneka ini untuk diberikan pada adiknya bernama Okiku, yang masih berusia 2 tahun. Okiku menyayangi boneka tersebut dan memainkannya sepanjang waktu. Namun sayang tak lama setelah menerima boneka tersebut Okiku meninggal karena sakit. Setelah kematian Okiku, boneka ini menjadi perlambangh keberadaan Okiku dan diletakkan di Altar, namun seiring berjalannya waktu hal aneh justru terjadi, rambut boneka tersebut mulai bertambah panjang.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, pada tahun 1938, boneka tersebut diletakkan di kuil Mannenji. Pendeta kuil tersebut membenarkan bahwa rambut boneka tersebut terus memanjang meski sudah berkali kali dipotong.

13) Zashiki Karakuri

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Zashiki Karakuri

Zashiki Karakuri merupakan boneka tradisional jepang dengan ukuran kecil. Boneka ini sering ditempatkan dan dimainkan di dalam kamar. Boneka ini sering dijadikan kado atau hadiah untuk orang terdekat. Boneka ini juga diyakini dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

14) Dashi Karakuri

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Dashi Karakuri

Boneka ini diyakini berkembang di Jepang pada abad 18 pertengahan. Boneka Dashi karakuri dipakai dalam pesta ritual keagamaan. Dashi kakuri digunakan untuk mempersembahkan kisah kisah legenda lokal.

15) Sarubobo

15 Boneka Jepang yang Unik dan Menarik
Sarubobo

Sarubobo merupakan boneka yang juga dianggap sebagai jimat pembawa keberuntungan. Masyarakat jepang meyakini dengan memiliki boneka Sarubobo maka mereka akan memiliki keberutungan yang lebih banyak.

Di sejumah tempat ada tradisi bagi Nenek yang memiliki cucu untuk membuatkan cucu mereka boneka Sarubobo agar sang cucuk mendapatkan keberuntungan dalam hidupnya. Sarubobo juga dipercaya mampu melindungi pemiliknya dari hal buruk.

Demikian ulasan boneka jepang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga