15 Tips Liburan Murah ke Luar Negeri Bisa Hemat Hingga 70%
Berlibur adalah kegiatan menyenangkan guna merefresh otak kembali segar, apalagi liburannya ke luar negeri tentu menyenangkan. Kalau kamu ingin bisa menerapkan tips liburan murah berikut ini.

Tips Liburan Murah- Sudah punya budget mumpumi dan ingin berlibur ke luar negeri? Bila ini adalah pengalaman pertamamu tentu kamu merasa kebingungan harus membuat perencanaan liburan. Ditambah gaji yang pas-pasan membuat kita harus berpikir bila ingin berlibur ke luar negeri, bukan berarti mimpi pergi ke luar negeri harus batal diwujudkan. Terkadang manusia juga butuh berlibur untuk mengembalikan pikiran fresh dan sedikit melupakan rutinitas kehidupan agar kondisi fisik dan jiwa kembali bugar.

Banyak orang merasa berlibur ke luar negeri itu hanya untuk orang kaya, kami rasa tidak karena berlibur ke luar negeri adalah setiap orang. Pertanyaanya, apakah benar libur ke luar negeri membutuhkan biaya cukup mahal? Tidak itu hanyalah perspektif kebanyakan orang saja. Meski gajimu pas-pasan asal mau menerapkan tips berikut mimpi berlibur ke luar negeri bisa kamu wujudkan.

Wajib Punya Passport

Tips Liburan Murah
Memiliki Passport

Tanpa adanya passport kamu tidak bisa berkunjung ke negara tujuanmu tempat berlibur, passport bisa dibilang kunci kemana saja untuk memasukin wilayah negara lain jadi kamu harus punya. Janggan dianggap sepele passport bisa memudahkanmu membeli tiket dan memesan tiket pesawat ke negara tujuan. Supaya perjalananmu lebih dipermudah kami sarankan untuk membuat E-passport.

Mengurus Visa

Tips Liburan Murah
Punya Visa

Tidak hanya membutuhkan passport kamu juga membutuhkan visa untuk berkunjung ke luar negeri. Bisa diibaratkan passport adalah identitas seseorang dari negara asal sedangkan visa adalah buku tamunya, maka sangat disarankan agar kamu membuat visa. Bila kamu bingung cara mengurus visa kamu bisa meminta bantuan biro perjalanan. Kalau kamu enggan mengurus visa kamu bsia mengujungi beberapa negara bebas visa seperti Jepang, Macau, Hongkong, Maroco dan Dominica.

Mempelajari Negara Tujuan

Tips Liburan Murah
Mempelajari Negara Tujuan

Kalau tujuanmu pergi ke negara tersebut adalah bekerja kamu tidak perlu repot-repot mempersiapkan berbagai hal. Liburan ini adalah pilihanmu jadi mau tidak mau kamu harus mandiri dan mempersiapkan semua. Yang kamu kunjungi nanti adalah negara orang, mulai dari bahasa, budaya, tata krama dan musim semua sudah beda. Mempelajari negara tujuan sangatlah penting untuk menghindari kesalahpahaman disana.

Mempersiapkan Vaksin

Tips Liburan Murah
Vaksinasi

Sebenarnya kebutuhan vaksin itu bisa jadi butuh dan tidak butuh tergantung negara yang dituju. Namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Contoh kecilnya negara kita paling populer adalah penyakit malaria, karena orang luar mengetahui hal ini mereka telah melakukan vaksin malaria sebelum datang ke Indonesia. Supaya liburanmu tidak terganggu disana tidak ada salahanya mencari informasi vaksin yang dibutuhkan.

Mengajak Teman

Tips Liburan Murah
Bersama Teman

Bila ingin menghemat dana super hemat tidak disarankan untuk pergi sendirian karena itu akan memberatkanmu karena semua hal kamu tanggung sendiri. Berbeda cerita bila kamu berlibur bersama teman-teman, tidak hanya menyenangkan tapi juga super hemat. Bagaimana tidak? Hotel kalian bisa sharing, bisa menyewa kendaraan secara patungan, makan siang bisa patungan hingga membeli tiket kalian bisa patungan.

Menyiapkan Dana

Tips Liburan Murah
Menyiapkan Dana

Kamu tidak bisa berlibur ke luar negeri begitu saja, kamu harus punya dana untuk berjaga-jaga memenuhi kebutuhanmu disana. Jika gajimu rata-rata Rp 2jt perbulan sisihkan dana 10% sebagai tabungan khusus untuk liburan dan pastikan kamu melakukannya secara konsisten. Baru setelah mencapai target kamu bisa menggunakannya untuk membeli segala kebutuhan untuk keberangkatan.

Bersabar

Tips Liburan Murah
Sabar

Perjuangan mengumpulkan dana untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri bukanlah perkara mudah, mau tidak mau kamu harus bisa menahan nafsu untuk berhemat. Kamu bisa mencontoh Bridie Wilkins, dia adalah seorang pegawai wanita biasa yang rela hidup susah untuk mewujudkan impiannya berlibur ke Bali, Maldivesm, Dubai dan tempat eksotis lainya dengan cara makan sayur dan berjalan ke kantor setiap hari.

Berlibur Ala Backpacker

Tips Liburan Murah
Meniru Backpacker

Walau terkesan sederhana berlibur ala backpaker bisa kamu tiru untuk menekan dana libura supaya kamu tetap punya uang sisa saat pulang nanti. Pola pikir backpaker adalah dana seminim mungking berlibur seasik mungkin, sebelum berangkat backpaker selalu menghitung dana yang ada. Mereka sering membawa makanan sendiri dari rumah, rutin mencari tiket promo, rutin mencari tempat wisawa murah namun berkualitas.

Memesan Tiket Pesawat

Tips Liburan Murah
Pesan Tiket Pesawat

Waktu-waktu paling tepat untuk berlibur ke luar negeri adala di awal-awal tahun baru, mengapa? Masa-masa seperti itu adalah low season dimana banyak tiket dan promo liburan murah. Jika kamu memesan tiket di saat-saat seperti itu jangan kaget bila menemukan tiket seharga ratusan ribu saja, paling murah Rp 500.0000 paling kencang Rp 800.000. Lebih baik kamu pesan tiket lebih awal yang mendekati tahun baru agar harganya murah.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Terpopuler di Sidamanik, Sumatra Utara

Memesan Penginapan

Tips Liburan Murah
Memesan Penginapan

Walau kamu punya jiwa seorang traveler bebas seperti air mengalir jangan samakan saat kamu berlibur di negeri sendiri, karena  nanti cerita yang kamu alami jelas berbeda. Tidak perlu bingung, disana pasti ada penginapan murah sesuai budgetmu saat ini. Tidak perlu mewah-mewah pilih saja penginapan couchsurfing atau Air B n B. Dengan melakukan hal ini lebih awal membuatmu tidak kerepotan mencari penginapan saat sampai disana.

Menukar Uang

Tips Liburan Murah
Tukar Uang

Hal ini sangat penting jangan sampai kamu lupa menukar uang, biar kamu nggak kerepotan pas sampai negara tujuan kamu bisa menukarkan uang terlebih dahulu di exchanger Indonesia. Jangan lupa saat menukarkan uang tersebut untuk meminta pecahan uang koin karena hal ini sangatlah penting. Untuk jaga-jaga kamu juga perlu membawa pecahan uang rupiah, karena kita tidak tahu kapan uang rupiah itu digunakan.

Memberi Tahu Pihak Bank

Tips Liburan Murah
Memberi Tahu Pihak Bank

Kalau kamu punya Debit Card atau Credit Card ada baiknya memberitahu pihak bank mengenai rencana liburanmu ke luar negeri. Hal ini dilakukan agar dirimu saat kamu melakukan transaksi disana menggunakan Debit Card atau Credit Card pihak bank tidak mencurigai setiap transaksi yang kamu lakukan. Maka sangat penting untuk mencatat nomor call center bank di smartphone sebelum berpergian.

Selalu Terkoneksi

Tips Liburan Murah
Selalu Terkoneksi

Tujuanmu berlibur adalah melepas penat dan menambah wawasan baru, meski begitu kamu tidak boleh memutus koneksi dari orang-orang terdekat saat mereka sedang berada di negara asal. Selalu aktifkan nomor ponsel supaya kamu tidak ketinggalan berita-berita penting dari mereka. Bila kamu jarang menggunakan smartphone untuk berkomunikasi kamu bisa terlebih dahulu membeli wifi modem agar selalu terhubung dengan keluarga melalui media sosial.

Mempersiapkan Itinerary

Tips Liburan Murah
Memiliki Perencanaan Matang

Kamu bakal melancong jauh dari negara asal jadi persiapan harus matang. Mempelajari dan menggali informasi mengenai negara tujuan adalah langkah awal yang bagus, tapi jangan lupa untuk membuat itinerary yang isinya adalah rencana-rencana liburan. Sebagai contoh adalah daftar tempat wisata, kendaraan yang akan dipakai, biaya menginap, biaya makan dan dana untuk pulang kembali.

Barang Bawaan

Tips Liburan Murah
Barang Bawaan Secukupnya

Ingat disini kamu disini adalah merencanakan liburan bukan pindah rumah jadi bawa barang bawaan secukupnya. Packing semua barang yang kamu butuhkan secara rapi dan benar-benar paling kamu butuhkan disana, hindarilah membawa barang bawaan berlebih agar kamu tidak capek duluan saat sampai disana. Bila tidak ingin mencuci disana bawa baju secukupnya, peralatan mandi, kosmetik dan aksesoris seperlunya.

 

Baca Juga