17 Cara Memelihara Kura-kura Dengan Baik dan Benar
Dari berbagai macam jenis hewan yang biasa dijadikan binatang peliharaan, salah satu contoh binatang yang menarik dipelihara adalah kura-kura kecil. Bentuknya yang tidak terlalu besar dan imut akan terlihat cantik jika diletakan ke dalam akuarium mini yang diletakkan kantor ataupun di rumah.

Salah satu alasan mengapa kura-kura selalu dijadikan hewan peliharaan adalah kemampuan hidup mereka yang panjang. Bahkan untuk jenis tertentu bisa hidup hingga ratusan tahun lamanya. Untuk mendapatkan kura-kura yang memiliki umur sangat panjang, perawatan yang tepat harus dilakukan sejak dini. Bahkan sejak kura-kura baru pecah telur, harus diperlakukan dengan baik. Secara umum, merawat kura-kura dari anakan hingga dewasa diperlukan ketelatenan yang cukup banyak. Pemelihara kura-kura harus mengetahui beberapa faktor penting agar kura-kura yang dirawat bisa tumbuh dengan baik. 

1. Pahami Karakteristik Kura-kura 

Pahami Karakteristik Kura-kura
Pahami Karakteristik Kura-kura

Ada begitu banyak jenis kura-kura, masing-masing memiliki perbedaan mulai dari tempat tinggal, jenis, makanan, perawatan, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebelum Anda memelihara kura-kura, pahami dulu karakteristiknya sehingga nantinya Anda dapat merawat dan memeliharanya dengan baik. Jangan sampai kurangnya pemahaman Anda dapat menyebabkan kura-kura yang dipelihara menjadi sakit hingga akhirnya mati. 

2. Pilih Kura-kura yang Sehat dan Berkualitas

Pilih Kura-kura yang Sehat dan Berkualitas
Pilih Kura-kura yang Sehat dan Berkualitas

Untuk membeli binatang peliharaan tidaklah susah, banyak yang menjual, seperti di toko, online, dan lainnya. Yang  menjual berbagai hewan lucu dan menggemaskan. Namun, belum tentu sehat seperti yang digambarkan. Pilihlah calon peliharaan Anda, di toko hewan peliharaaan yang terpercaya, sehingga Anda bisa mendapatkan kura-kura yang sehat dan berkualitas baik. Bila perlu ajak orang yang telah berpengalaman ketika membeli binatang peliharaan. 

3. Pelajari Aturan Memelihara Kura-kura 

Pelajari Aturan Memelihara Kura-kura
Pelajari Aturan Memelihara Kura-kura

Tidak semua jenis kura-kura boleh diperjual belikan. Ada jenis kura-kura tertentu yang sudah terancam populasinya sehingga dilarang untuk diperjualbelikan atau dipelihara secara perorangan. Agar tidak terkena masalah hukum nantinya sebaiknya cari tahu dulu mana jenis kura-kura yang boleh dipelihara dan mana yang tidak boleh.

4. Berikan Makanan Sehat

 Makanan Sehat
Makanan Sehat

Hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan dan gizi kura-kura adalah dengan memberikan makanan yang cocok dan baik untuk kura-kura. Kura-kura sangat menyukai pelet kecil makanannya, selain disukai oleh kura-kura, pelet juga sudah mengandung gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura. Untuk variasi makanan kura-kura agar tidak bosan, kamu bisa merubah makanannya dengan cacing sutra. Hindari memberi makan sayuran karena kurang baik untuk pencernaannya.

5. Ganti Air Dalam Akuarium 7 Hari Sekali

Ganti Air Akuarium 7 Hari Sekali
Ganti Air Akuarium 7 Hari Sekali

Jangan pernah membuang seluruh air dalam akuarium, karena akan menghilangkan bakteri baik yang diperlukan bagi kesehatan. Jangan lupa menggunakan pembersih air untuk menghilangkan kandungan klorin, kloramin, dan fluorida dari air keran, serta menambahkan bakteri bermanfaat yang berkualitas (Biostarter) ke dalam tangki.

6. Pilih Barang Berkualitas

Pilih Barang Berkualitas
Pilih Barang Berkualitas

Usahakanlah untuk memilih bahan-bahan yang akan diisi di dalam kandang, sesuai dengan jenis kura-kura yang Anda miliki. Jangan memasukkan benda tajam dan juga hewan yang berbahaya. Karena bisa menganggu atau bahkan membunuh kura-kura Anda. Usahakan beri tempat yang luas untuk kura-kura agar bisa menjalankan aktivitas. 

7. Jaga Suhu Kandangnya Agar Tetap Hangat 

Jaga Suhu Kandangnya Agar Tetap Hangat
Jaga Suhu Kandangnya Agar Tetap Hangat

Kura-kura membutuhkan tempat yang cukup hangat untuk hidup, sehingga jangan tempatkan kandangnya di dalam ruangan bersuhu rendah. Selain baik untuk ketahanan tubuhnya. Kehangatan bisa membuat kura-kura jauh dari terancam punah. Perhatikanlah lampu atau airnya agar tetap aman dan nyaman.

8. Beri Pencahayaan yang Cukup Untuk Kandangnya

 Pencahayaan yang Cukup
Pencahayaan yang Cukup

Selain bertujuan untuk menerangi kandangnya, pencahayaan juga dapat ditujukan untuk menghangatkan, sekaligus menjemur kura-kura. Bila penjemuran di bawah sinar matahari tidak memungkinkan. Anda dapat menggunakan lampu ultraviolet.

9. Ganti Air Minum Setiap Hari

Ganti Air Minum Setiap Hari
Ganti Air Minum Setiap Hari

Pastikan agar kura-kura minum air bersih setiap harinya. Gantilah setiap hari air minum yang disediakan di dalam kandang. Buang air lama dan gantilah dengan air baru dan bersih. Juga jangan lupa untuk mencuci tempat air tersebut, agar tidak terkotori dengan jamur.

11. Bersihkan Sisa Makanan Kura-kura Dua Hari Sekali

Bersihkan Sisa Makanan Kura-kura Dua Hari Sekali
Bersihkan Sisa Makanan Kura-kura Dua Hari Sekali

Bersihkan sisa makanan yang tidak dimakan, karena bisa menjadi sumber pertumbuhan bakteri. Selain itu juga, makanan yang membusuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Juga jangan lupa untuk membersihkan kotorannya. Bersihkan kotoran setiap hari dengan sekop kecil. Langkah ini penting untuk menjaga kebersihan terarium atau kandang kering. Bersihkan bagian yang dipenuhi kotoran hingga bersih.

12. Kura-kura Tidak Perlu Diberi Makan Setiap Hari

Tidak Perlu Makan Terus-menerus
Tidak Perlu Makan Terus-menerus

 Berikan makanan kepada kura-kura 3 hingga 4 hari sekali, kecuali jika kura-kura tersebut merupakan spesies khusus. Gunakan makanan dan minuman yang bersih dan banyak. Sehingga kura-kura bisa menyetok makanan di dalam tubuhnya. 

Baca juga : 16 Cara Memelihara Kelinci Dengan Baik dan Benar

13. Hindari Dari Hewan yang Berbahaya

Hindari Dari Hewan yang Berbahaya
Hindari Dari Hewan yang Berbahaya

Ikan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam akuarium kura-kura, tetapi Anda harus memastikan memilih ikan yang tepat. Ikan lele bukanlah "rekan" yang cocok untuk kura-kura. Jika kura-kura mencoba memakan ikan lele, durinya akan tersangkut dalam tenggorokan kura-kura dan berisiko menyebabkan kematian. Selain itu, beberapa ikan lele juga memiliki duri beracun. Pilihlah ikan yang tidak akan melukai kura-kura, serta bisa dimakan olehnya. Seperti Ikan guppy. Mungkin sesuai untuk semua akuarium kura-kura. Selain aman dimakan oleh kura-kura, ikan ini juga akan mempercantik tampilan akuarium

14. Jemur di Bawah Sinar Matahari Dengan Rutin

Jemur Kura-kura
Jemur Kura-kura

Penjemuran kura-kura bertujuan untuk menghangatkan serta membersihkan dan menguatkan cangkangnya. Untuk itu anda dapat menjemur kura-kura peliharaan anda setiap hari atau jika tidak sempat cukup 1-2 kali dalam seminggu selama seperempat hingga setengah jam. Lakukan pada pagi hari sekitar jam 7 hingga jam 10 pagi ketika sinar matahari masih bagus-bagusnya.

15. Sediakan Tempat Alternatif Untuk Bermain dan Beristirahat

Kura-kura bermain dan istirahat
Kura-kura bermain dan istirahat

Selain daerah berair sediakan pula daerah kering atau berpasir di dalam kandang, sebagai tempat alternatif bagi kura-kura untuk bermain dan beristirahat. Anda dapat pula menggunakan batu atau kayu yang agak besar, yang tidak terendam air sehingga sesekali kura-kura dapat bermain di sana.

16. Periksakan ke Dokter Hewan Secara Berkala

Periksakan ke Dokter Hewan Secara Berkala
Periksakan ke Dokter Hewan Secara Berkala

Minimal satu kali dalam setahun Anda harus membawa kura-kura peliharaan Anda ke dokter hewan, untuk memeriksakan kesehatannya sehingga jika ada hal-hal yang membahayakan dapat ditangani dengan cepat.

17. Nikmati Waktu Bersama Kura-kura

Nikmati Waktu Bersama Kura-kura
Nikmati Waktu Bersama Kura-kura

Kura-kura hidup dengan umur sama seperti manusia. Hidupnya bisa sepanjang umur manusia dewasa, jadi itulah mengapa banyak orang yang lebih tertarik memelihara kura-kura ketimbang hewan lainnya. Jadi, Anda harus siap untuk merawat kura-kura seumur hidup Anda. Jika merasa tidak siap menghadapi hal ini, kura-kura bukanlah hewan peliharaan yang cocok untuk Anda. Namun, jika Anda pencinta hewan, Anda pasti memiliki ketertarikan dengan hewan satu ini. Untuk itu. Lakukanlah hal yang menari bersama kura-kura. Agar ia tidak merasa bosan dan kesepian.

Baca Juga