18 Cara Memelihara Anjing Dengan Baik dan Benar
Anjing, merupakan salah satu hewan yang banyak diminati masyarakat. Anjing merupakan salah satu hewan yang pintar dan penurut. Bagi anda yang ingin merawat anjing. Mari ikuti tips di artikel ini.

Kata.co.id- Merawat Anjing

Anjing, merupakan hewan yang ingin diperhatikan dan disayang. Anjing sangat suka bermain apalagi dengan majikannya sendiri. Anjing juga bisa agresif bila tak menyukai orang lain. Jadi, merawat anjing bukanlah hal yang sepele. Seperti memberi makan lalu membiarkannya. Tidakkah anjing tersebut akan kesepian? Bila Anda ingin merawat hewan. Maka jagalah mereka dengan baik. Karena bisa jadi hewan tersebut bisa membantu Anda di saat susah nantinya. Rawatlah hewan yang ingin anda pelihara dengan baik. Seperti memberikan nutrisi seimbang, beri ia kasih sayang, dan jaga kesehatanya. Dalam hal ini. Bagi Anda yang menyukai hewan tapi bingung untuk merawatnya. Silahkan lihat artikel ini. 

1. Melatih Anjing Ketika Tiba di RumahMelatih Anjing

Melatih Anjing

Anjing tidak lahir dalam keadaan terlatih. Ia akan melihat Anda sebagai pelatihnya. Apa yang boleh dia lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan harus kamu ajarkan sejak ia belum memahaminya. Gabungkan latihan ini dengan permainan agar ia tidak bosan. Melalui latihan ini, anjing akan mengetahui apa yang diharapkan oleh majikannya. Dan ia akan menarik perhatian majikannya dengan kepintarannya.

2. Kenalkan Anjing Dengan Rumah yang Tenang dan Nyaman

Kenalkan Anjing Pada Rumah
Kenalkan Anjing Pada Rumah

Hindari hewan peliharaan lainnya untuk sementara. Berikan perhatian dan penuh kasih sayang, naluri anjing adalah hewan sosial bukan hewan yang hidup menyendiri. Waktu Anda hendak memegangnya, peganglah dia dengan dua tangan dekatkan dengan tubuh, satu tangan di bagian belakang bawahnya dan satu tangan lagi di bawah dadanya supaya dia merasa aman pada saat dipegang. Sediakan tempat tidur yang hangat dan bersih dari debu. 

3. Anjing Perlu Nutrisi yang Seimbang

Nutrisi Yang Seimbang
Nutrisi Yang Seimbang

Makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah hal yang wajib untuk pertumbuhan sempurna anjing. Anjing memerlukan asupan protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang benar. Anjing sebaiknya diberikan makanan dalam bentuk konsentrat supaya ia dapat menerima semua gizi yang diperlukan tanpa memberatkan sistem pencernaannya. Selalu sediakan air minum yang bersih.

4. Biasakan Anjing Grooming

Anjing Grooming
Anjing Grooming

Mulai grooming anjing dari usia dini, agar ia terbiasa dengan hal yang terasa hal baru baginya. Dan mulailah dengan perlahan, seperti memakai baju, sepatu dan lainnya. Jangan langsung mengambil tindakan yang hanya menguntungkan Anda. Karena bisa jadi anjing merasa tidak nyaman dengan grooming, jadi lakukanlah dengan perlahan. 

5. Setelah Anjing Digrooming, Wajib Untuk  Menyisir Bulunya Secara Rutin

Menyisir Anjing
Menyisir Anjing

Agar bulu anjing tersebut tetap terlihat cantik juga dapat mengurangi faktor kerontokan pada bulu anjing. Anda bisa menyisirnya dengan teratur. Selain  penyebab anjing mengalami kerontokan, biasanya anjing memiliki masalah pada pola perawatan dan ketidakcocokan pada makanan.  Ditambah lagi ada faktor - faktor lain seperti kurangnya vitamin dan juga alergi pada dirinya itulah penyebab bulu anjing sering rontok. 

6. Anjing Memperlukan Tempat Untuk Dirinya Sendiri

Rumah Anjing
Rumah Anjing

Berikan dia keranjang, kandang atau tempat tidur yang tertutup, sehingga dia merasa aman dan tentram. Tambahkan alas seperti sprei lama atau handuk di tempatnya, juga bantal. Maka jadilah tempat nyaman untuk anak anjing kamu.

 7. Anjing Memerlukan Perawatan Gigi

Perawatan Gigi
Perawatan Gigi

Pada kenyataannya, gigi yang tidak terawat dapat menyebabkan berbagai penyakit dikemudian hari. Biasakan untuk membersihkan gigi anjing dari awal. Plak dan tartar akan ditemukan pada anjing yang berumur lebih dari 2 tahun yang tidak menjalankan perawatan gigi. Penumpukan plak dan tartar pada gigi merusak email gigi dan gusi sehingga menimbulkan masalah pada kesehatannya.

8. Beri Olahraga Pada Anjing

Olahraga Pada Anjing
Olahraga Pada Anjing

Bagian dari aktifitas normal anjing adalah olahraga yang teratur. Kebutuhan anjing akan olahraga ini tidak hanya tergantung dari ukuran tubuh anjing saja tetapi juga dari jenisnya. Jangan memberikan olahraga yang terlalu berat untuk anjing, karena tulang-tulang mereka belum tumbuh dengan sempurna. Gabungkan antara permainan dengan olahraga. Seperti bermain lempar benda dan mengasah lari anjing.

9. Mandikan Minimal 2-3 Bulan Sekali

Anjing Mandi
Anjing Mandi

Biasakan memandikan anjing di rumah sendiri, pake shampo anjing yang banyak dijual di supermarket atau pet shop,  mandikan pake air hangat biar tidak kedinginan. Habis dimandikan, berikan handuk lalu keringkan pake hairdryer. Lakukan ini secara rutin, agar anjing tidak berkutu dan tetap bersih. 

Baca juga : 18 Cara Memelihara Kelinci Dengan Baik dan Benar

10. Berilah Makanan Buatan Sendiri

Makanan Anjing
Makanan Anjing

Biasakan memberi nutrisi seimbang untuk anjing. Seperti memberi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Anda wajib menentukan nutrisi yang tepat untuk anjing,  jika Anda tidak percaya dengan makanan anjing yang di jual - belikan. Anda  bisa membuatnya sendiri. Dengan gizi yang cukup untuk kebutuhannya. 

11. Berikan Shampo PH Seimbang

Shampo Anjing
Shampo Anjing

 Hindari shampo yang menggunakan bahan pewangi dan pewarna sintetis, karena bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit anjing. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan shampo yang diformulasikan khusus anjing, biasanya shampo ini tersedia di berbagai toko hewan dekat rumah.

12. Perawatan Bulu yang Dianjurkan

Perawatan Bulu
Perawatan Bulu

Hal ini juga sangat diperlukan untuk merawat anjing kesayangan Anda. karena bulu anjing merupakan mahkota kecantikannya, bagi anjing yang memiliki bulu panjang. Oleh karena itu Anda harus tahui cara merawat bulu anjing dengan benar. Pada tahap-tahap perawatan anjing setelah grooming, Anda juga harus tau cara merawat bulunya dan apa penyebab kerontokan pada bulunya.

13. Berikan Perawatan Bulu yang Seimbang

Berikan Perawatan Bulu Yang Seimbang
Berikan Perawatan Bulu Yang Seimbang

Untuk Anda yang tidak ingin bulu anjing  mengalami hal buruk, sebaiknya berikan mereka pola makanan yang tepat dan juga gizi seimbang. Karena makanan, juga termasuk ke dalam perawatan bulu, agar tidak rontok dan rusak.

14. Cek Kesehatan Anjing Dengan Dokter Hewan Secara Teratur

Cek Kesehatan Anjing
Cek Kesehatan Anjing

Idealnya, Anda sudah memiliki calon dokter hewan yang akan menjadi langganan, karena biasa membawa hewan peliharaan, atau membeli hewan sebelum Anda memilikinya. bawa anjing ke dokter  untuk mengecek kesehatannya secara menyeluruh. Minta dokter hewan untuk membuatkan jadwal vaksin untuknya. Buat suasana yang menyenangkan ketika Anda mengajak anjing ke dokter hewan, agar ia tidak merasa takut untuk bertemu dokter hewan lainnya. 

15. Lakukan Cek Kesehatan di Rumah

Cek Kesehatan Di Rumah
Cek Kesehatan Di Rumah

Jadwalkan secara berkala pemeriksaan kesehatan dirumah. Periksa berat badannya, kulit dan bulu, mata dan telinga, gusi dan gigi, dan kejanggalan dibagian kulit. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan sebaiknya hubungi dokter hewan.

16. Memperkenalkan Anjing Pada Anjing Lainnya.

Memperkenalkan Anjing Pada Anjing Lainnya.
Memperkenalkan Anjing Pada Anjing Lainnya.

Jika dirumah Anda sudah memiliki anjing yang lain, sebaiknya lakukan perkenalan diantara mereka. Anjing yang sudah tinggal lebih lama akan merasa dirinya adalah penguasa dirumah tersebut. Sedangkan anjing baru, biasanya Anda menyepelekan hal ini sehingga dapat membahayakan jiwanya. Sebaiknya Anda harus melakukan pengawasan selama beberapa hari agar proses pembauran ini berjalan dengan lancar. 

16 Berikan Pujian Untuk Hal Baik yang Anjing Lakukan

Berikan Pujian
Berikan Pujian

Jadikan anjing ini sebagai anggota dari keluarga. Jika ia berbuat hal-hal yang benar dan menyenangkan, beri dia pujian. Jika ia melakukan kesalahan, langsung berikan teguran pada saat itu juga agar ia dapat membedakan mana yang dapat membuat kamu senang dan mana yang dapat membuat kamu marah. Pada dasarnya anjing ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi majikannya.

17. Kenali Bahan-bahan yang Bisa Membahayakan Anjing

Bahan-bahan yang membahayakan anjing
Bahan-bahan yang membahayakan anjing

membahayakan kesehatan anjing kamu. Deterjen, alpukat, anggur, cokelat, jenis bawang-bawangan, dan beberapa sayuran tidak boleh diberikan pada anjing. Beberapa bahan berakibat fatal karena dapat menjadi racun yang membahayakan hidupnya.

18. Sabar dan Nikmati

Sabar Dan Nikmati
Sabar Dan Nikmati

Membesarkan anjing memerlukan kesabaran yang tinggi. Cari tahu berbagai tips atau artikel tentang hal ini, jika perlu Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan. Adakalanya, anjing berbuat sesuatu sehingga membuat kita jengkel tetapi disaat - saat tertentu ada perasaan puas dan haru melihatnya tumbuh dengan baik dan ceria.

Baca Juga