16 Tips Membeli Laptop Gaming Berkualitas Harga Murah
Keinginan membeli laptop gaming bukanlah perkara mudah, harus ada dana cukup besar untuk membelinya. Karenanya pelajari tips-tips penting yang membuatmu bisa membeli laptop gaming berkualitas dengan harga yang murah.

Laptop gaming merupakan laptop berspesifikasi tinggi yang biasanya memiliki desain menarik mulai dari layar hingga aksesoris yang dipakai. Dari tingginya spesifikasi itulah laptop gaming dapat menjalankan aplikasi berat dan game full HD tanpa lag sedikitpun, grafik yang diusung juga tidak main-main berkat kartu grafis pilihan yang disematkan pada laptop itu sendiri. Saking banyaknya laptop gaming banyak orang bingung memilih kualitas laptop gaming sesuai budget kantong.

Bagi seorang gamers membeli laptop gaming semahal apapun tidak masalah asal bisa memberi kepuasan tersendiri saat bermain game. Walau namanya laptop gaming bukan berarti hanya bisa digunakan untuk bermain game. Menyelesaikan pekerjaan kantoran, editing video, membuat aplikasi hingga browsing juga bisa dilakukan. Bagi kamu yang kebetulan memiliki budget lebih dan ingin membeli laptop gaming kamu bisa menerapkan tips jitu kali ini.

Menentukan Jenis Processor

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Jenis Processor

Laptop biasa dengan laptop gaming menggunakan jenis processor yang berbeda. Untuk laptop gaming dengan processor Intel pilih laptop gaming intel processor berlabel HQ atau MQ sebagai contoh (Core i7-6700HQ). Ada satu lagi jenis label lain Intel processor yakni berlabel U, kami tidak menyarankan memilih laptop berlabel U karena rata-rata hanya bisa digunakan untuk mengerjakan hal-hal ringan saja. Jika ingin memiliki laptop gaming kinerja maksimal kami sarankan untuk memilih Core i7, kalau budget kurang setidaknya kamu harus bisa membeli laptop processor Intel Core i5.

Sedangkan pada processor AMD jenis processor yang disarankan adalah jenis A10 dan FX series. Beberapa diantaranya :

  • AMD FX-9590
  • AMD A10-7600
  • AMD A10-7890K

Hal lain yang harus diperhatikan pada processor adalah kecepatan (Ghz) pada processor, semakin tinggi kecepatan (Ghz) pada processor semakin baik kinerja perangkat saat digunakan untuk bermain game.

Menentukan Jenis VGA yang Digunakan

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Jenis VGA

Selain processor komponen penting lain penunjang kualitas laptop gaming adalah VGA atau biasa disebut sebagai kartu grafis. Kartu grafis ini berfungsi menampilkan kualitas gambar pada setiap game yang dimainkan, karena rata-rata game saat ini mendukung format full HD maka diperlukan VGA mumpuni. Minimun laptop gaming harus sudah menggunakan VGA Nvidia GT840, namun sangat disarankan memilih laptop dengan kartu grafis Nvidia GTX Series. Seperti :

  • GTX 950
  • GTX 960
  • GTX 970
  • GTX 980

Untuk AMD minimun VGA yang dipakai adalah AMD Radeon R7 230  yang sudah mengusung grafik cukup bagus. Bila ingin merasakan grafik maksimal kami lebih menyarankan untuk memilih laptop gaming processor AMD yang mengusung VGA Radeon R9 Series. Beberapa diantaranya :

  • R9 380x
  • R9 390
  • R9 M265x
  • R9 M280

Mengetahui Kapasitas RAM yang Dipakai

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Kapasitas RAM

Fungsi RAM adalah menyimpan data sementara sebelum data tersebut di olah lagi oleh processor, artinya kinerja RAM dan kapasitas RAM sangat berpengaruh pada kinerja laptop atau komputer yang digunakan. Minimun RAM pada laptop gaming setidaknya sudah mengusung RAM 4GB. Pastikan juga laptop yang kamu beli menyediakan slot RAM tambahan supaya memudahkanmu untuk melakukan Updrage RAM bila dirasa kemampuan laptop kurang mumpuni.

Jenis RAM paling direkomendasikan adalah DDR4, jika budget tidak mencukupi pilih laptop dengan jenis RAM DD3. Jika kita melihat system requirement game saat ini seperti Watchdog, GTA V, MAD MAX, The Evil Within dan Outlast kami sarankan memilih laptop RAM 8GB.

Mengetahui Kapasitas Memori Internal

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Memori Internal

Perlu diketahui terdapat dua penyimpanan pada sebuah laptop, yaitu HDD dan SSD. Pada kapasitas laptop gaming sangat disarankan membeli laptop dengan kapasitas HDD mencapai 1TB(1000BG). Sebelum membeli perhatikan spesifikasi pada laptop tersebut, kebanyakan laptop gaming terbaru juga sudah menyediakan slot HDD tambahan. Peringatan penting jangan pernah menginstall game pada SSD karena kapasitasnya sangat terbatas, biasanya SSD hanya digunakan untuk menyimpan operasi sistem saja. Beda cerita bila SSD kamu berkapasitas 500GB baru kamu boleh menginstall game disana.

Memilih Jenis Baterai

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Jenis Baterai

Sampai sekarang ini ketahanan daya baterai laptop gaming belum ditemukan solusinya. Laptop gaming sudah pasti mengusung spesifikasi tinggi yang membuat kinerja hardaware begitu keras terutama baterai sebagai penopang daya. Kebanyakan laptop gaming bila digunakan untuk terus bermain game secara nonstop apalagi game HD daya baterai tidak bisa bertahan lebih dari dua jam. Artinya baterai yang dimiliki laptop gaming sama dengan laptop kebanyakan.

Untuk menyiasatinya perhatikan dua jenis baterai sebelum membeli laptop gaming, baterai laptop ada dua jenis yakni removable (bisa dilepas) dan non-removable (tanam). Karena laptop gaming tujuannya untuk bermain game kemungkinan baterai rusak lebih cepat daripada jenis laptop lainnya. Kami sarankan membeli laptop gaming dengan baterai removable, sehingga pada saat baterai rusak kamu tinggal melepas lalu menggantinya dengan baterai baru.

Menentukan Resolusi Layar

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Resolusi Layar

Resolusi minimal sebuah laptop gaming adalah FHD 1920 x 1080 berbentang layar sebesar 15,6inci sebagai versi standar. Jika ingin lebih puas sudah ada beberapa laptop gaming berukuran 17,3 inci, tentu dengan ukuran layar sebesar itu kegiatan bermain game semakin terasa menyenangkan. Untuk kualitas ketajaman, kejernihan dan kelembutan kualitas gambar yang dipancarkan oleh laptop itu berhubungan dengan VGA yang digunakan.

Mengetahui Jenis Keyboard 

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Jenis Keyboard

Keyboard sekarang turut menjadi bagian penting pada perangkat laptop gaming. Untuk memenuhi kebutuhan para gamers kini fitur backlight sudah disematkan pada beberapa jenis laptop gaming terbaru, fungsi fitur backlight ini sendiri selain mempermudah users menekan tombol keyboard juga menyeimbangkan cahaya pada layar supaya mata tetap nyaman meski bermain di ruangan gelap. Kalau kamu ingin keyboard laptop tetap cantik dan tahan lama jangan lupa membeli keyboard eksternal dilengkapi fitur backlight.

Mengetahui Kualitas Audio

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Kualitas Audio

Bermain game menggunakan laptop paling enak mendengarkan audio melalui headphone gaming daripada melalui speakernya langsung. pertanyaanya apa iya kamu mau menggunakan headphone dalam kurun waktu cukup lama saat bermain game? Tentu tidak, pasti ada masanya kita mendengarkan kualitas suara langsung dari speaker laptop itu sendiri. Untuk Jenis laptop kualitas audio terbaik kami menyarankan membeli Asus ROG, mengapa? Karena rata-rata Asus ROG series sudah disematkan software Republic of Gamers Audio Wizard yang bisa digunakan untuk mengubah kualitas audio sesuai kebutuhan.

Mengetahui Jenis Port yang Digunakan

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Jenis Port

Meski terkesan sepele port pada laptop gaming juga perlu diperhatikan saat membelinya. Pastikan kamu membeli laptop gaming dengan port USB 3.0, HDMI/Mini Display Port. Setidaknya harus ada 3 Port USB 3.0 pada laptop yang kamu beli guna menghubungkan perangkat lain pada laptop tersebut. Fungsi HDMI/Mini Display Port sendiri untuk menghubungkan laptop pada layar monitor yang lebih besar misalnya monitor ASUS MG279Q.

Memperhatikan Desain Laptop

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Desain Laptop

Desain laptop gaming terlihat lebih menarik daripada laptop-laptop pada umunya, biasanya di desain lebih unik dan terlihat kokoh. Untuk tujuan sama semerti laptop pada umunya yaitu dapat di bawa kemana-mana tanpa banyak memakan tempat, yang membedakan adalah berat dari setiap merek dan jenis laptop. Jika kamu termasuk orang yang sering berpergian dan hobi bermain game kami sarankan untuk membeli laptop dengan desain ringan dan tipis seperti Asus ROG Zephyrus.

Memperhatikan OS yang Diusung

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
OS Laptop

Sama seperti laptop kebanyakan laptop gaming mengusung sistem operasi Windows di dalamnya, baik itu Windows 8 atau Windows 10. Supaya kamu bisa merasakan interface kaya fitur pada laptop kami menyarankan memilih laptop dengan OS terbaru, cuma harganya bisa dibilang cukup mahal. Jangan menyerah kalau kamu punya kemampuan install OS sendiri beli saja laptop tanpa sistem operasi, biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dari laptop yang sudah terpasang OS.

Baca Juga : 11 Laptop Paling Mahal yang Pernah Ada

Memperhatikan After-sale yang Ditawarkan

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Service Center

Dalam membeli sebuah laptop gaming kamu perlu memperhatikan After-sale atau tempat service dari sebuah merek laptop. Hal ini sangat penting karena kita tidak tahu bencana apa yang bisa terjadi pada laptop gaming kita, kita tentu tidak mau uang yang telah digelontorkan untuk membeli laptop gaming terbuang sia-sia bukan?. Oleh karena itu pastikan tempatmu membeli laptop memiliki After-sale bertanggung jawab, memiliki kinerja cepat dan dapat dipercaya supaya kamu lebih mudah dalam melakukan perbaikan nantinya.

Melihat Review Terlebih Dahulu

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Melihat Review

Dana untuk membeli satu buah laptop gaming tidaklah main-main bisa sampai puluhan juta. Sudah pasti perlu banyak pertimbangan sebelum membeli perangkat canggih tersebut. Untung saat ini sudah banyak media review laptop sudah tersedia, mulai dari teks hingga video kita bisa temukan informasinya dengan sangat mudah menggunakan internet. Langkah awal adalah memilih beberapa jenis laptop gaming terbaik versi dirimu, kemudian cari informasi mengenari review-nya satu persatu.

Lakukan Perbandingan

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Melakukan Perbandingan

Mau itu laptop dari vendor Asus, Acer, Lenovo atau vendor lain pasti mengatakan perangkat mereka adalah perangkat paling canggih. Tetap saja pilihan terbaik ada ditanganmu. Melalukan perbandingan bisa kamu lakukan dengan menonton review dari setiap laptop yang menurutmu menjadi rekomendasi. Catatlah setiap kelebihan dan kekurangan dari masing-masing laptop, jadikan satu lalu ambil kesimpulan supaya kamu mendapat pilihan laptop gaming terbaik.

Bertanya di Forum-forum yang Ada

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Bertanya di Forum

Mendapatkan kesimpulan dari hasil menonton video review tidak sama dengan kesimpulan mereka yang telah mencoba sendiri. Berutung saat ini media sosial media berkembang cukup pesat, sehingga setiap orang bisa berbagi informasi lebih cepat dari yang dibayangkan. Kamu bisa menggunakan forum online seperti Facebook untuk bertukar pikiran, tanyakan hasil kesimpulanmu kepada mereka yang telah membeli apakah mirip seperti hasil review dari video yang kamu tonton. Dari forum itulah kamu bisa memilih laptop gaming berkualitas nanti.

Siapkan Dana

Membeli Laptop Gaming Berkualitas
Siapkan Dana

Dengan menerapkan kelima belas tips sebelumnya tentu kamu bisa menemukan rekomendasi laptop gaming dengan budget dibawah dana yang telah kamu sediakan sebelumnya. Bisa jadi cukup hanya menggunakan budget sekitar Rp 10jt kamu sudah bisa membeli laptop gaming berkualitas. Berikut rekomendasi beberapa jenis laptop gaming murah meriah yang bisa dijadikan rekomendasi.

  • Acer Predator
  • Asus Republic of Gamers
  • Dell Alienware
  • HP Omen
  • Lenovo Y Series
  • MSI Gaming G Series
  • Xenom Phoenix 

Baca Juga