15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Tips kuliah sambil kerja untuk anda yang ingin membantu meringankan beban orang tua dengan mendapatkan penghasilan sendiri. Untuk anda yang butuh solusi agar bisa sukses menyelesaikan kuliah dan tetap bisa bekerja, silahkan disimiak tips-tipsnya berikut ini!

Kuliah sambil bekerja terkadang menjadi salah satu pilihan terbaik agar dapat membantu meringankan beba orang tua. Belajar mandiri sejak dari bangku kuliah sangat penting. Hanya saja, untuk menjalaninya tentu tidak mudah. Karena anda akan memiliki keterbatasan waktu, aktivitas yang sangat melelahkan dan juga bisa jadi menjadi ancaman kesuksesan penyelesaian kuliah anda.

Namun tentunya anda bisa melakukan hal tersebut ketika anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Beberapa tips kuliah sambil kerja berikut ini mungkin bisa membantu anda mengatasi semua masalah tersebut.

1. Niat

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Niat

Jika anda ingin kuliah sambil bekerja maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan niat anda. Pastikan bahwa ketika anda bekerja tidak menghalangi niat kuliah anda. Sehingga anda tetap bisa fokus pada tujuan anda yaitu mendapatkan pengetahuan dari tempat kuliah dan meraih gelar sarjana.

2. Ijin Orang Tua

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Orang Tua

Setelah niat anda benar-benar bulat untuk bekerja. Maka hal yang harus anda lakukan adalah meminta ijin kepada orang tua. Hal ini sangat penting apalagi jika semua kebutuhan kuliah anda masih dipenuhi oleh orang tua. Tanpa ijin orang tua maka jangan pernah coba-coba untuk bekerja. Minta ijin dan yakinkan orang tua kalau kamu bisa kuliah sambil bekerja tanpa menghalangi niat kuliah anda.

3. Pilih Pekerjaan Tepat

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Pekerjaan Tepat

Setelah mendapatkan ijin dari orang tua. Langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan yang tepat untuk anda. Pekerjaan yang tidak akan mengganggu jadwal kuliah anda. Pekerjaan yang bahkan bisa jadi mendukung kebutuhan kuliah anda, atau memiliki hubungan dengan jurusan kuliah anda.

4. Sesuaikan Jadwal

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Sesuaikan Jadwal

Setelah anda mendapatkan pekerjaan yang tepat. Maka anda bisa mengatur ulang jadwal anda. Hal ini sangat penting agar anda bisa menjaga kedisiplinan. Bisa ikut kuliah tepat waktu dan datang ke tempat kerja juga tepat waktu. Sehingga kuliah dan pekerjaan anda tidak saling mengganggu.

5. Selesaikan Tugas Kuliah

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Selesaikan Tugas Kuliah

Ingat kuliah itu pasti banyak tugas-tugasnya. Berbeda dengan waktu sekolah pada saat kuliah seorang mahasiswa biasanya hanya disuruh untuk membuat makalah kemudian presentase. Pastikan bahwa anda bisa menyelesaikan semua tugas kuliah dengan keterbatasan waktu yang anda miliki. Baik itu tugas perorangan maupun kelompok.

6. Tentukan Target

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Tentukan Target

Target ini sangat penting untuk anda tentukan. Berapa lama anda akan bekerja, atau berapa besar penghasilan yang anda dapatkan kemudian berhenti bekerja. Atau seberapa banyak pengalaman kerja yang ingin anda rasakan. Atau keterampilan apa yang ingin anda miliki dengan bekerja. Anda tentunya tidak mungkin akan bekerja disitu, apalagi jika memasuki tahap akhir kuliah dimana anda akan semakin sibuk dengan proses penyelesaian.

7. Disiplin Kuliah dan Bekerja

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Disiplin

Pembagian waktu yang kamu lakukan sebelumnya tentunya akan membuat kamu lebih mudah disiplin. Namun disiplin banyak godaannya, maka dari itu anda perlu menjaganya dengan baik. Terkadang ada rasa malas untuk berangkat kuliah karena kecapaian bekerja. Pastikan anda bisa mengatasi hal itu.

8. Jangan Batasi Pergaulan

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Pergaulan

Meskipun anda kuliah sambil kerja dan tentunya akan sangat sibuk sekali. Jangan pernah membatasi pergaulan anda. Berteman dengan orang sebanyak mungkin di kampus itu sangat penting. Bisa jadi diantara mereka ada yang butuh pertolongan anda atau sebaliknya anda butuh bantuan mereka. Semakin banyak teman akan semakin baik.

9. Maksimalkan Waktu Luang Untuk Belajar

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Waktu Luang

Waktu luang untuk orang yang bekerja sambil kuliah adalah hal yang luar biasa. Sesuatu yang sangat jarang didapatkan, bisa jadi dalam sehari anda hanya memiliki 2-3 jam saja. Maka maksimalkan waktu tersebut untuk belajar.

10. Sempatkan Konsultasi Dengan Dosen Penasehat Akademik

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Konsultasi

Ketika anda bekerja tentunya anda memiliki keterbatasan waktu. Tidak sama halnya dengan mahasiswa lain yang punya banyak waktu untuk konsultasi dengan dosen penasehat akademik. Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik agar tetap bisa berkonsultasi. Sampaikan bahwa anda saat ini sedang bekerja, agar bisa mendapatkan saran-saran yang bermanfaat untuk kesuksesan kuliah anda.

11. Jaga Profesionalisme

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Profesional

Ketika memilih bekerja sambil tetap kuliah anda harus pastikan bisa menjaga profesionalisme. Tidak mencampur antara pekerjaan dengan kebutuhan kuliah. Artinya anda tidak menggunakan tempat kerja anda sebagai tempat belajar. Semua pimpinan pasti senang memiliki bawahan yang memiliki jiwa profesionalitas tinggi.

Baca juga: 11 Tips Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja.

12. Tingkatkan Skill

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Tingkatkan Skill

Jika anda bekerja pada tempat yang membutuhkan skill khusus. Maka maksimalkan tempat kerja anda untuk meningkatkan skill yang anda miliki. Itu akan menjadi bekal yang baik ketika anda selesai kuliah nantinya. Untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah faktor ijasah saja belum cukup, harus ditunjang dengan skill pribadi yang mumpuni.

13. Jaga Kesehatan

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Jaga Kesehatan

Tantangan terberat ketika anda memiliki kesibukan lebih adalah kesehatan. Maka anda harus memperhatikan kesehatan anda dengan baik. Waktu makan dan istirahat tidak boleh terlewat karena anda membutuhkan stamina lebih banyak jika dibandingkan hanya kuliah saja.

14. Jangan Lupa Refreshing

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Refreshing

Sesekali anda perlu refreshing. Mungkin anda bisa melakukannya satu kali dalam satu bulan. Manfaatkan moment gajian dengan berkunjung ke tempat wisata untuk membuat pikiran menjadi lebih fresh kembali.

15. Tabung Penghasilan

15 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses
Tabung Penghasilan

Penghasilan yang anda dapatkan dari bekerja tentu sudah cukup untuk membiayai hidup anda. Bahkan ketika ada lebihnya anda bisa menabungnya. Tabungan yang anda miliki akan sangat berguna nantinya ketika anda lulus kuliah. Apalagi jika ditempat kerja, anda belajar tentang praktik kewirausahaan bisa jadi anda tertarik untuk membuat usaha sendiri.

Demikian tips kuliah sambil kerja. Semoga bisa membantu anda yang saat ini ingin bekerja sambil tetap menjalani aktivitas kuliah.

Baca Juga