15 Jenis Melati Terbaik Yang Bisa Menjadi Hiasan Rumah
terdapat sebanyak 15 jenis melati yang berpotensi untuk dibudidayakan. Sebagian besar jenis melati adalah tumbuh liar di hutan. Hal ini dikarenakan belum diketahuinya potensi sosial dan ekonominya.

Tanaman melati merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman perdu berbatang tegak dan hidup menahun. melati masuk dalam genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati terdiri sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah tropis dan hanggat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan karena aroma khas yang dimilikinya.

Jumlah jenis bunga melati yang sudah teridentifikasi yaitu sebanyak 200 jenis. Namun jumlah yang dapat dibudidayakan baru 15 jenis. Dan terdapat sebanyak 15 jenis melati yang berpotensi untuk dibudidayakan. Sebagian besar jenis melati adalah tumbuh liar di hutan. Hal ini dikarenakan belum diketahuinya potensi sosial dan ekonominya.

1. Melati Gambir

Melati Gambir
Melati Gambir

Bentuk bunga melati gambir cenderung mirip dengan bunga kamboja putih, namun jika dilihat dari pohonnya dan daunnya sangat berbeda. Sama dengan jenis melati lainnya, melati gambir juga memiliki bau yang harum dan pohon yang lebat. Ukuran bunganya cukup besar. Biasanya jenis melati ini ditanam sebagai tanaman hias bunga namun di tanam ditanah, karena ukuran tanaman ini bisa besar.

2. Melati Putih

Melati putih
Melati putih

Jenis melati ini merupakan jenis melati yang banyak dibudidayakan maupun dijadikan tanaman hias. Bunga melati putih memiliki bunga berwarna putih mungil dan memiliki bunga yang harum. Karena wanginya yang harum, bunga melati putih banyak digunakan untuk riasan pada pengantin (pucuk melati), dan digunakan untuk campuran teh.
Tanaman ini tumbuh rendah dan menjalar. Sehinga dalm membiakkannya cukup dengan metode tanam merunduk.

3. Melati Pot

Melati pot (Jasminum parkeri dun)
Melati pot (Jasminum parkeri dun)

Melati pot (Jasminum parkeri dun) juga dikenal sebagai melati Dwarf. Bunga melati ini memiliki warna kuning. Melati pot merupakan melati semak cemara berkubah, memiliki daun kecil berbentuk oval dan dengan bunga penuh yang berkembang pasa awl musim panas.

4. melati Saberna Mini

melati saberna mini
melati saberna mini

Merupakan salah satu jenis bibit tanaman bunga yang sering diburu oleh para jasa desain taman. ini karena, selain warna bunganya yang mencolok mode pertumbuhannya pun dapat diatur. Selain itu tanaman yang sudah banyak dibudidayakan dikebun bibit bandung ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang  khas dan bila digunakan sebagai komponen taman dapat menciptakan degradasi pandangan yang menarik.

5. Bunga Melati Rembosa Variegata

Bunga melati rembosa variegata
Bunga melati rembosa variegata

bunga melati rombusa variegata merupakan jenis tanaman melati yang sangat unik, sebab warna daun dan warna bunga memiliki kesamaan warna. Yaitu, putih dan tanaman berbunga ini juga adalah  salah satu jenis tanaman yang sering dipergunakan untuk komponen taman yang berskala rumah ataupun industri.

6. Melati Jepang

Melati Jepang
Melati Jepang

Melati yang satu ini juga salah satu favorit dari sekian banyak keluarga melati. Melati jepang punya pohon yang tergolong kecil dan bunga yang berukuran hampir sama dengan melati putih. Namun ada yang berbeda dari melati jenis ini. Perbedaan itu terletak di warna bunganya yang berwarna putih denga bagian ungu di tengahnya. Meskipun warnanya cantik dan menggemaskan, namun baunya tidak begitu muncul. Sehingga sangat jarang orang tertarik pada baunya dibandingkan warnanya. Biasannya jeis yang satu ini ditanam di dalam pot atau vas bunga. Bisa ditaruh di luar atau di dalam ruangan yang terkena cahaya.

Baca juga : 15 Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

7. Melati Kuning

Melati Kuning
Melati Kuning

Bunga melati yang satu ini sangat mirip dengan melati putih, hanya saja warnanya kuning. Baunya tidak begitu muncul namun warnanya cukup eksotis. Pohonnya juga kokoh dan dapat tumbuh rimbun. Khusus untuk jenis bunga yang satu ini bisa ditanam baik di lahan luas maupun di dalam pot atau vas.

8. Melati Raja 

Melati Raja
Melati Raja

Bunga Melati Raja (jasminum rex) atau disebut juga sebagai King Jasmine merupakan jenis tanaman melati terbesar dari keluarga lainnya. Tanaman melati raja mampu tumbuh besar dengan bunga yang sangat penuh serta memiliki mahkota. Meskipun ukuran pohonnya besar, melati raja memiliki bau yang harum dan warna yang cantik. Tanaman jenis ini sangat cocok untuk di tanam di lahan yang luas.

9. Melati Casablanca

Jasminum Officinale
Jasminum Officinale

Jasminum officinale merupakan jenis melati asli Kauskasus, Iran Utara, Afghanistan, Pakistan, Himalaya, Tajikistan, India, Nepal, dan barat Cina. Tanaman ini juga termasuk tanaman yang banyak dibudidayakan di banyak tempat terutama oleh para tukang bunga karena bunga ini memiliki aroma harum yang intens. Bunga melati ini memiliki beberapa sebutan, antaralain melati musim panas, melati penyair, melati putih. Melati jasminum officinale juga merupakan bunga Nasional Pakistan.

10. Melati Kaca Piring

melati kaca piring
melati kaca piring

Sebagian orang menyebutnya dengan dengan sebutan melati bali, akan tetapi sebenarnya tanaman ini tidak memiliki hubungannya dengan bunga melati. karena, tanaman tersebut merupakan keluarga besar dari jenis tanaman kopi-kopian. meskipun demikian tetap saja secara fisik bunga kaca piring sangat mirip dengan jenis tanaman melati. 

11. Melati Multiflorum

Melati Multiflorum
Melati Multiflorum

Jasminum multiflorum termasuk juga dalam spesies melati dalam keluarga Oleaceae. Melati ini dikenal dengan melati musim dingin, memiliki bulu halus, memiliki bunga banyak sehingga pada jatuh musim bunga daunnya akan tertutupi oleh bunga serta memiliki bunga yang harum khas melati.

12. Melati Matamori

melati matamori
melati matamori

Melati matomari disebut juga bunga manaca, Hanya menyimpulkan saja selain bunganya yang cantik, bunga matamori ini juga dapat mengeluarkan aroma yang lembut yang dapat merileksasikan perasaan seseorang yang menghirupnya. Untuk itu kini tanaman melati ini sering dijadikan bahan baku parfume. 

13. Melati 1000 Bintang

melati 1000 bintang
melati 1000 bintang

Merupakan salah satu jenis tanaman melati yang sering dipergunakan untuk bahan bonsai, tanaman melati seribu seribu bintang yang akan di pergunakan untuk bahan bonsai bisa dijadikan bahan bonsai yang berkelas.

14. Melati X Stephanense

Melati X Stephanense
Melati X Stephanense

melati ini merupakan tanaman hibrid. Hasil silangan antara melati beesinum dengan melati officinale. 

15. Melati Beesinum 

Melati Beesinum
Melati Beesinum

asal tanaman melati ini dari Cina. Pertama kali ditemukan di daerah Yunan tahun 1883. Tanaman ini dimasukkan ke Eropa pada tahun 1993. Daunnya berbentuk lanset. Warna hijau gelap pada permukaan atasnya dan hijau kelabu pada permukaan bawahnya. Warna pink adalah warna bunganya. 

Loading...

Baca Juga