20 Jenis Ikan Aquarium Yang Bisa Anda Pelihara di Rumah
Selain ikan hias air tawar, ada juga jenis ikan hias air laut. Namun dalam pemeliharannya di masyarakat, ikan hias air tawar lebih banyak peminatnya. Selain jenisnya ada banyak, dalam merawat dan hal pakan, ikan hias air tawar lebih mudah untuk diusahakan. Jika kalian berminat dengan ikan hias. Silahkan baca artikel di bawah ini.

Selain ikan hias air tawar, ada juga jenis ikan hias air laut. Namun dalam pemeliharannya di masyarakat, ikan hias air tawar lebih banyak peminatnya. Selain jenisnya ada banyak, dalam merawat dan hal pakan, ikan hias air tawar lebih mudah untuk diusahakan.

Di Indonesia sendiri mempunyai sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar yang telah di ekspor ke berbagai negara di dunia. Dalam artikel ini kita hanya akan membahas jenis ikan hias yang habitatnya dalam air tawar. 

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang
Ikan Cupang

Kita sering mendengar nama ikan hias air tawar ini, karena jenis ikan hias cupang memang sudah populer di masyarakat Indonesia. Ikan hias cupang juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Jika kita ingin memelihara ikan hias cupang ini jangan sampai 2 ikan atau lebih di letakkan dalam botol, karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu.Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya.

Jika kita ingin memelihara ikan hias cupang ini jangan sampai 2 ikan atau lebih di letakkan dalam botol karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu.Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya.

2. Ikan Corydoras

Ikan Corydoras
Ikan Corydoras

Ikan hias corydoras merupakan ikan genus corydoras yang berasal dari Amerika Selatan. Corydoras adalah genus terbesar dari ikan neo-tropis, dengan lebih dari 142 spesies. Habitatnya banyak di sungai-sungai yang besar maupun sungai yang kecil, ikan corydors penghuni daerah dasar sungai atau kolam dan ikan ini mencari makan di dasar pasir, krikil, atau detritus.

Ikan corydoras ini juga sering disebut dengan julukan ikan tikus, karena cara mereka berenang memang terlihat seperti tikus yang sedang berjalan. Suhu ideal untuk ikan corydoras ini adalah sekitar 24-28 °C, mereka akan lebih senang jika kolam atau aquarium yang kamu gunakan untuk memelihara mereka sangat mirip dengan habitat aslinya yaitu sungai Amazon.

3. Ikan Guppy

Ikan Guppy
Ikan Guppy

Ikan hias jenis guppy merupakan jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia setelah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena panjangnya dari kepala sampai ekor kurang dari 2,5 cm. Berasal dari daerah Amerika Selatan, ikan ini mudah beradaptasi di lingkungannya. Sehingga peredarannya di dunia sangat cepat.

4. Ikan Louhan

Ikan Louhan
Ikan Louhan

Ikan louhan merupakan jenis hybrid atau ikan hasil persilangan dari jenis cichild buata manusias. Ikan hias louhan merupakan ikan hias yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan ada banyak orang yang sebelumnya tidak pernah memelihara ikan hias berbondong-bondong memelihara dan menjadi pecinta ikan hias. Perihal tersebut dikarenakan begitu sangat terkenalnya ikan hias jenis louhan ini. Tidak heran karena louhan memilki warna yang indah dan menarik. Juga pada kombinasi warna dan sisik ikan hias louhan terkadang membentuk sebuah tulisan.

5. Ikan Congo

Ikan Congo
Ikan Congo

Jenis ikan hias congo termasuk ikan hias yang paling menarik karena memiliki warna yang indah di pandang mata. Ikan ini termasuk ikan yang suka bergerombol dan sangat aktif. Dari keaktifan ikan ini tidak menjadikannya ikan yang buas melainkan ikan ini termasuk ikan yang pemalu dan suka bersahabat dengan ikan lainnya.

Bentuk badan oval dan memanjang, dan memiliki warna biru yang indah sedikit kekuning-kuningan akan lebih keliatan menarik saat terkena cahaya lampu aquarium. Karena sifat ikan congo tetra yang suka bersahabat menjadikan ikan ini bisa di campur dengan ikan hias lainnya seperti, ikan hias guppy, rainbow, platis dan jenis-jenis ikan hias yang bersahabat lainnya.

6. Ikan Discus

 Ikan Discus
Ikan Discus

Ikan hias discus merupakan ikan yang habitat aslinya dari lembah sungai Amazon, Amerika Selatan. Tidak sedikit orang yang menggemari ikan discus ini karena keindahan dan bentuknya yang unik. Namun dirasa ikan hias air tawar jenis ini dirasa kurang cocok untuk pemula, karena memerlukan perawatan dan perhatian yang ekstra dibanding jenis ikan hias lainnya.

Namun tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin memelihara ikan discus ini untuk dijadikan ikan hias aquarium kamu. Nah, jika kamu ingin memelihara ikan discus ini, Kenali dahulu ikan discus ini.

7. Ikan Bala-bala

 Ikan Bala-bala
Ikan Bala-bala

Ikan hias hiu bala atau juga disebut dengan ikan bala-bala, hiu ikan kecil adalah salah satu speises ikan dari keluarga cypirinidae dan merupakan salah satu dari dua spesies di dalam Genus Balanatiochelis.

Jenis ikan hiu bala ini bukanlah jenis hiu benar, namun pada umumnya disebut demikian karena bentuknya berbentuk seperti torpedo dan sirip besar, Ikan hiu bala ini terancam punah karena populasinya menurun mencapai 50 % dalam 10 tahun terakhir. Jika dilihat dari penampilannya ikan ini mempunyai tubuh yang berwarn perak dengan margin hitam di punggung mereka, alan, ekor dan sirip perut. Ikan ini mempunyai mata besar untuk menemukan dan menangkap mangsa. Ikan hiu bala akan tumbuh panjang masksimal bisa mencapai 35 cm (14 ich).

8. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koki

Ikan hias air tawar mas koki merupakan salah satu ikan yang banyak diminati di kalangan pecinta ikan Indonesia. Dilihat dari segi warna ikan mas koki tidak jauh beda dengan ikan hias air tawar lainnya khususnya ikan hias air tawar keluarga goldflis. Ikan mas koki mempunyai bentuk yang unik sehingga sulit jika ingin mengatakan bentuknya seperti apa, Namun karena keunikannyalah yang membuat ikan ini lucu dan menggemaskan.

9. Ikan Koi

Ikan Koi
Ikan Koi

Jenis ikan hias air tawar ini adalah ikan yang berasal dari negara tirai bambau (Jepang). Di Jepang sendiri ikan ini dijadikan semacam lambang atau simbol persahabatan atau cinta. Hal tersebut dikarenakan ikan koi merupakan ikan homofon untuk kata lain,  bermakna kasih sayang atau cinta. Jadi tidak ada salahnya jika kamu memelihara ikan ini di rumah, dilihat dari segi bentuk tubuh dan warnanya ikan ini juga salah satu ikan yang banyak di minati oleh orang, baik untuk di pelihara di Aquarium maupun Kolam.

Kebanyakan para pecinta ikan hias air tawar lebih memilih ikan koi jenis bastar karena warna dan pola warnanya yang menarik juga indah. Selain itu ikan koi banyak disukai para pecinta ikan hias, karena gerakannya yang lamban dan cukup jinak.

10. Ikan Oscar

Ikan Oscar
Ikan Oscar

Ikan hias jenis oskar merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam negeri maupun luar negeri. Oscar memilki bentuk tubuh lebar layaknya ikan gurame atau nila yang sering kita jadikan sebagai lauk.

Namun ada hal yang membedakan antara kedua ikan tersebut, yakni warna pada ikan hias jenis oscar lebih berpariasi serta kombinasi warna-warnanya terlihat jauh lebih indah dari ikan gurame serta pada sisik ikan oscar terdapat seperti ada batik yang menghiasi tubuhnnya.

11. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra
Ikan Neon Tetra

Ikan hias neon tetra berwarna biru terang pada bagian punggung dan putih perak pada bagian abdomen membuat semakin menarik. Neon tetra memiliki beberapa keluarga diantaranya neon tetra albino, black neon, neon blue eyes, dan noen api. Dari semua keluarganya, neon tetra merupakan yang paling populer dan tingginya harganya.

Ikan hias jenis neon tetra berasal dari Amerika Latin, lebih tepatnya di Sungai Amazon. Sekilas ikan hias ini mempunyai warna merah yang menonjol pada bagian belakang. Pada bagian tubuh atas dan bawah bagian depan, berwarna biru kehijau-hijauan.

12. Ikan Manfish

Ikan Manfish
Ikan Manfish

Ikan manfish termasuk dalam keluarga Chiclidae. Sebutan lain dari manfish ini ialah angle fish karena warna elegan dan betuknya yang menarik. Manfish merupakan ikan yang membuat perlindungan dan melindungi keturunannya. Untuk menjadikan manfish sebagai induk ikan harus menunggunya setelah berumur 7 bulan dengan panjang kira-kira 7,5 cm. Agar hasil budidaya maksimal, induk harus di pelihara dengan baik. Caranya dengan memberinya makan jentik nyamuk, cacing tubifex, atau chironomous. Tidak hanya itu, lemahnya induk terhadap serangan penyakit membuatnya harus di berikan obat oxytetracycline dan garam secara periodik.

13. Ikan Lemon

Ikan Lemon
Ikan Lemon

Sesuai dengan namanya, ikan hias jenis lemon ini memilki warna tubuh yang dominan dengan warna seperti buah jeruk lemon masak. Untuk ikan lemon yang sudah dewasa, bagian ujung sirip atas akan terlihat warna hitam. Di sarankan pemeliharaan ikan hias jenis lemon ini tidak di gabung dengan ikan jenis lainnya karena ikan lemon ini termasuk ikan yang agrseif.

14. Ikan Rainbow

 Ikan Rainbow
Ikan Rainbow

Ikan hias jenis rainbow mempunyai 53 spesies yang telah tersebar di kawasan Australia, Papua dan Sulawesi. Spesies dari rainbow merupakan ikan endemik di kawasan dan memilki ukuran panjang sekitar 7-9 cm. Rainbow fish ini termasuk dalam family Melanotaeniidae karena sering dijumpai berbentuk pipih dan memiliki sirip yang mengkilap. Namun ada beberapa dari jenisnya lebih pendek dan membulat atau membesar pada bagian perut layaknya rainbow ballon yang populer di pasaran.

15. Ikan Black Ghost / Black Phantom

Ikan Black Ghost / Black Phantom
Ikan Black Ghost / Black Phantom

Ikan black ghost atau black phantom ini memiliki nama latin Apterontus Albifrons. Ia berasal dari Sungai Amazon dan Suriname. Black phantom memiliki banyak nama diantaranya adalah black ghost yang menggambarkan ikan ini tampak seperti hantu apalagi karena  bentuk tubuhnya yang bergelambir membuatnya lebih cocok untuk disebut dengan nama black ghost.

Ada juga nama lain dari ikan ini yaitu ikan penari balet. Disebut penari balet karena gerakan tubuh ikan ini yang maju mundur dengan sangat lentur seperti seorang penari balet. Selain itu sebutan penari balet juga dikarenakan bentuk tubuhnya yang mudah menggelincir dan fleksibel sehingga bisa melakukan manuver yang tidak bisa dilakukan oleh jenis ikan hias lainnya.

16. Ikan Botia

Ikan Botia
Ikan Botia

Ikan hias botia adalah salah satu jenis ikan hias yang juga banyak dicintai oleh pecinta ikan hias di Indonesia serta mancanegara. Habitat asli dari ikan botia adalah sungai yang memiliki arus deras. Jadi bagi kita yang ingin merawatnya disarankan untuk membuat arus buatan di aquarium atau kolam yang kita gunakan agar ikan dapat merasa berada di habitat aslinya. Selain itu kita juga harus memastikan suhu air berada pada suhu 24-26 derajat celcius karena pada suhu tersebut adalah suhu yang ideal agar ikan botia dapat bertahan hidup.

Ikan botia memiliki panjang 30-40 cm dan mereka lebih memilih cara hidup dengan berkelompok. Jadi untuk memelihara ikan jenis ini kita harus membeli minimal 4-6 ekor ikan dan menyiapkan akuarium berukuran sedang atau lebih besar agar mereka memiliki ruang gerak yang luas.

Baca juga : 15 Cara Memelihara Ikan Koki Dengan Baik dan Benar

17. Ikan Paradise

Ikan Paradise
Ikan Paradise

Ikan paradise yang memiliki nama latin macropodus opercularis adalah ikan hias air tawar yang berasal dari China. Ikan Ini memiliki bentuk yang menarik karena memiliki garis merah dan biru yang bergantian di tubuhnya. Siripnya berukuran panjang dan berada di punggung serta memiliki warna biru. Sedangkan sirip yang ada di perutnya berwarna biru di bagian pangkal dan merah di bagian ujung. Untuk saat ini, ikan Paradise dapat bertumbuh hingga memiliki panjang 7,5 cm dan telah dikembangkan dengan beragam warna termasuk biru, coklat dan albino.

Ikan paradise termasuk juga ke dalam kategori ikan agresif, karena mereka dapat saling menyerang satu sama lain dan juga berpotensi untuk memangsa ikan kecil. Di habitat aslinya, ikan paradise adalah predator yang memakan serangga, ikan kecil dan invertebrata.

18. Ikan Red Phantom Tetra

Ikan Red Phantom Tetra
Ikan Red Phantom Tetra

Ikan hias red phantom tetra merupakan spesies dari tetra yang lingkungan hidupnya di kawasan aliran air Sungai orinoco Amerika Selatan. Red phantom tetra memiliki titik hitam bundar pada bagian belakang insang dan sinyal hitam pada sirip atas yang berbatasan dengan warna putih halus.

Ikan hias red phantom tetra merupakan jenis hewan karnivora karena menyukai makanan dari hewan seperti cacing, krustasea dan serangga kecil. Spesies dari red phantom tetra dapat meletakkan sampai 400 telur yang bisa menetas dalam satu hari. Red Phantom Tetra mempunyai tingkah laku yang mirip dengan Hyphesobrycon Megalopterus.

19. Ikan Endlers Livebearer

Ikan Endlers Livebearer
Ikan Endlers Livebearer

Apabila kita mencari ikan hias air tawar jenis endlers livebearer di toko-toko ikan hias maupun penangkaran ikan, endlers livebearer termasuk ikan langka. Karena ikan ini biasnya hanya ditemukan pada toko ikan hias khusus penggemar endlers.

Penampilan dari endlers tidak jauh berberda dengan ikan guppy liar. Warna yang menghiasi tubuh mereka ialah neon dengan gradasi warna orange, kuning, hitam, hijau juga baby blue. Dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan kepribadian yang ramah endlers livebearer mudah beradaptasi dengan kondisi aquarium.

20. Ikan Clown Kill Fish

Ikan Clown Kill Fish
Ikan Clown Kill Fish

Ikan hias jenis clown kill fish dikenal dengan banyak sebutan diantaranya  clown panchax dan rocket killfish serta mempunyai nama latin pula yaitu Peudepiplatys Annulatus. Berasal dari daerah Liberia dan guinea atau Afrika Barat. Ikan hias clown killfish mempunyai warna yang menarik dengan strip kuning dan hitamnya yang vertikal.

Untuk warna pada punggung dan sirip  sama dengan warna pada tubuhnya. Bagian yang istemewa adalah pada ekornya yang berwarna biru dengan strip merah seperti api roket.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.