15 Jenis Cupang Hias Yang Terbaik Untuk Menjadi Peliharaan
Ikan cupang ini memiliki ber-aneka ragam warna-warna yang sangat indah pada tubuhnya, maka dari itu nama ikan tersebut dijuluki dengan julukan Ikan hias. Ikan-ikan hias seperti ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki keindahan pada tubuhnya, yang mana tubuhnya itu dihiasi dengan ber-aneka ragam warna-warni yang sangat indah.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup banyak dibudidayakan. Ikan ini memang cukup mudah perawatannya dibanding ikan yang lain. Ikan ini juga cukup tangguh untuk bertahan hidup pada wadah dengan sedikit air dan tanpa menggunakan alat sirkulasi udara untuk memberikan oksigen.

Saat ini terdapat sekitar 73 jenis ikan cupang yang dibudidayakan ataupun yang ada di alam liar. Akan tetapi orang-orang lebih suka membedakan jenisnya dari karakteristik yang dimiliki oleh ikan cupang tersebut. Nah, berikut adalah beberapa macam ikan cupang yang paling populer saat ini

1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon

Sama dengan pada gelarnya, ikan cupang yang berjenis halfmoon itu merupakan jenis ikan hias cupang yang diberi ekor dan sirip, apabila ekor dan siripnya bermekar, ekor dan sirip itu akan mebentuk setengah lingkaran seperti setengah lingkaran bulan. Apabila jika mengamati ikan cupang halfmoon dari samping, sirip dan ekor cupang halfmoon ini ketika mekar akan membentuk seperti setengah lingkaran bulan.

Cupang halfmoon dijadikan sebagai ikan peliharan, karena memiliki keindahan dari bentuk sirip dan ekor yang sangat anggun. Jenis ikan hias cupang halfmoon ini memiliki beragam corak warna-warni yang menghiasi tubuh cupang tersebut. Corak-corak warna pada ikan cupang halfmoon ini dimulai dari warna merah, kuning, dan beberapa jenis warna lainnya.

2. Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant
Ikan Cupang Giant

Jenis cupang yang ini sebenarnya tidak dilihat dari ekor ataupun siripnya, namun lebih kepada ukurannya. Ya, cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Cupang ini merupakan persilangan dari berbagai macam jenis cupang. Maka dari itu, semua jenis ikan di atas juga dapat menjadi cupang giant, seperti halfmoon giant, crown tail, giant, dan lainnya. Konon, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 12 cm. Karena ukurannya yang besar ini, maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa.

3. Ikan Cupang Crown tail

Ikan Cupang Crown tail
Ikan Cupang Crown tail

Ikan cupang hias lainnya yang cukup banyak diminati adalah crown tail. Di Indonesia ikan cupang ini juga sering dinamai dengan cupang serit. Ikan cupang ini sangat mudah sekali dibedakan dari yang lainnya karena karakteristik ekornya yang sangat unik. cupang serit memiliki ekor yang menyerupai mahkota (crown). Ekor mahkota tersebut merupakan tulang-tulang ekornya yang memiliki serit terpisah-pisah antara satu dan yang lainnya. Ikan ini juga memiliki berbagai macam warna yang sangat indah.

4. Ikan Cupang Double tail

Ikan Cupang Double tail
Ikan Cupang Double tail

Ikan cupang jenis double tail ini secara sekilas mirip dengan cupang halfmoon. Bedanya, ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Karena karakteristiknya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail alias ekor ganda.

Ikan ini memiliki variasi warna yang cukup beragam. Namun sayangnya cupang double tail termasuk sulit untuk dibudidayakan. ikan ini cukup langka di pasaran dan biasanya juga dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis cupang lainnya.

5. Ikan Cupang Wild Betta (Cupang Alam)

Ikan Cupang Wild Betta (cupang alam)
Ikan Cupang Wild Betta (cupang alam)

Mempunyai sirip yang panjang dengan warna tubuh kuning kehijauan menyerupai emas, terkadang orang menyebutnya dengan cupang emas. Panjang tubuhnya bisa mencapai 10cm -12cm, hampir  sama dengan cupang Giant.

6. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat
Ikan Cupang Plakat

Plakat merupakan jenis ikan cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran saat ini. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya “tarung”. Konon, tradisi adu ikan cupang sendiri awal mulanya berasal dari negara Thailand sehingga ikan cupang aduan banyak diasosiasikan dengan negara tersebut.

Ikan jenis ini sangat mudah dikenali karena sirip dan ekornya yang pendek. Warna dari ikan ini juga tidak terlalu mencolok seperti yang lainnya. Tubuhnya cukup besar dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

7. Ikan Cupang Giant Betta

Ikan Cupang Giant Betta
Ikan Cupang Giant Betta

Seperti dengan nama jenis ikannya, jenis giant betta  ini adalah jenis ikan cupang yang mempunyai ukuran tubuh yang lumayan besar.

Tubuh ikan cupang giant betta ini bisa mencapai kurang lebih 15-15 cm, dengan tubuh yang lumayan besar ini akan membuat gerakan ikan cupang jenis giant betta ini lebih lambat, dan lebih tepatnya itu adalah kurang agresif dalam berenang.

8. Ikan Cupang Comb tail 

Ikan Cupang Comb tail
Ikan Cupang Comb tail

Comb tail atau cupang sisir merupakan sebutan untuk cupang yang memiliki sirip berbentuk sisir. Cupang ini pun biasa disebut dengan julukan cupang serit. Cupang sisir mempunyai serit yang sangat kecil di ujung ray (sungut) sehingga terlihat bergerigi dan disebut juga dengan serit tunggal.

Baca juga : 15 Cara Merawat Ikan Cupang Dengan Baik di Rumah

9. Ikan Cupang Veiltail

 Ikan Cupang Veiltail
Ikan Cupang Veiltail

Jenis cupang yang hampir mirip dengan halfmoon dan double tail dengan ekor yang menjumbai anggun. Perbedaan antara ikan cupang veiltail dengan halfmoon dan double tail adalah dari ‘kekuatan’ ekor.

Bila ekor ikan cupang halfmoon dan double tail tegak, ikan cupang veiltail layu menguncup ke bawah mirip kerudung yang labuh. Dulu ikan cupang veiltail ini diminati karena kemudahan mendapatkannya, tetapi karena semakin banyak ikan cupang silangan, veiltail sedikit tersisihkan.

10. Ikan Cupang Akarensis (Betta Akarensis)

Ikan Cupang Akarensis (Betta Akarensis)
Ikan Cupang Akarensis (Betta Akarensis)

Ikan cupang akarensis disebut juga ikan cupang sarawak atau sarawak betta. Bentuk tubuhnya berupa silinder berwarna kelabu tua. Kepalanya kecil pendek dengan warna sedikit kelabu-hijau. Sirip anal berwarna kuning transparan dan dihiasi warna hitam di sisi-sisinya. Sementara sirip ekor, punggung, dan perut warnanya sedikit kehijau toska-an transparan. Ukuran tubuh ikan cupang dewasa maksimal 5 cm.

11. Ikan Cupang Splendens (Betta Splendens)

Ikan Cupang Splendens (Betta Splendens)
Ikan Cupang Splendens (Betta Splendens)

Ikan cupang aduan ini dikenal juga dengan nama siamese fighting fish. Ikan cupang splendens merupakan cikal bakal cupang adu yang kita kenal saat ini. Bentuk tubuhnya pipih, kepalanya bulat pendek. Panjang tubuh ikan cupang splendens bisa mencapai 6 cm, dan di pasaran, ikan ini dikenal dengan nama cupang adu Bangkok.

12. Ikan Cupang Imbellis (Betta Imbellis)

Ikan Cupang Imbellis (Betta Imbellis)
Ikan Cupang Imbellis (Betta Imbellis)

Ikan cupang jenis ini disebut juga Sluger’s Betta. Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna hijau tua dan biru tua metalik. Kepalanya bulat panjang. Ikan cupang jenis ini bisa tumbuh sampai ukuran 5 cm. Di pasaran, ikan cupang ini dijual dengan nama cupang adu Singapura.

13. Ikan Cupang Emas

Ikan Cupang Emas
Ikan Cupang Emas

Cupang emas (Betta unimaculata) berasal dari wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia, cupang bersirip panjang ini dapat ditemui pada sungai-sungai kecil di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Warna tubuh dan sirip cupang emas yaitu kuning kemilau kehijauan. Oleh sebab itu, wajar jika cupang dengan panjang tubuh maksimal 12 cm ini juga dinamakan “golden beta”.

14. Ikan Cupang Brunay

Ikan Cupang brunay
Ikan Cupang brunay

Cupang brunay (Betta macrostoma) berasal dari Kalimantan. Warna tubuh cupang ini kemerahan dengan kombinasi biru atau hijau. Sementara siripnya berwarna hijau tua dengan hiasan guratan merah dan hijau muda di bagian tepinya. Komposisi warna yang begitu indah tersebut membuat cupang dengan panjang tubuh maksimal 12 cm ini layak dijuluki sebagai “brunei beauty”.

15. Ikan Cupang Surga

Ikan Cupang Surga
Ikan Cupang Surga

Cupang surga (Macropodus concolor) dapat dijumpai di Jawa, Sumatera, dan negara Asia Tenggara lainnya. Warna tubuh cupang ini kuning kecokelatan, sedangkan siripnya yang panjang berwarna kuning trasparan. Sirip ekor cupang surga berwarna merah kemilau dan bentuknya mirip cupang paradise. Di Jawa, cupang surga juga disebut cupang paradise. Panjang tubuh cupang surga mencapai 12 cm.

Baca Juga