15 Cara Memelihara Marmut Dengan Baik di Rumah
Marmut adalah jenis hewan peliharaan yang suaranya sangat berisik, biasanya kata- kata yang sering di ucapkannya adalah dengan mengulang- ulang kata duit duit duit. Sebagian kecil masyarakat Indonesia mempercayai dengan memelihara marmut maka rezekinya berupa duit akan semakin lancar.

Cara Memelihara Marmut

Marmut adalah jenis hewan peliharaan yang suaranya sangat berisik, biasanya kata- kata yang sering di ucapkannya adalah dengan mengulang- ulang kata duit duit duit. Sebagian kecil masyarakat Indonesia mempercayai dengan memelihara marmut maka rezekinya berupa duit akan semakin lancar. 

Dalam pemberian pakan untuk marmut pun tidak ribet cukup dengan memberikannya sayur- sayuran saja para marmut itu akan kembali tenang dan tidak mengeluarkan suara duit duit duit.

1. Menjinakkan Marmut

Menjinakkan Marmut
Menjinakkan Marmut

Hewan seperti Marmut ini dapat menjadi peliharaan bagi anak-anak, khusus atas usia enam tahun. Marmut merupakan hewan peliharaan yang jinak dan senang dibelai. Pertama kali sampai di rumah, hewan peliharaan ini akan menghargai jika dibiarkan sendiri untuk penyesuaian diri dengan lingkungan yang baru. Meski marmut tidak suka diangkat pertama kali, alias akan kabur untuk menghindar, sedikit pancingan sayuran atau makanan kesukaan lainnya dilengkapi dengan kesabaran akan membantu dia terbiasa ditemani. Marmut adalah hewan yang mudah kaget,untuk itu gunakanlah suara yang lembut dan gerakan perlahan supaya mereka tetap tenang.

2. Menyediakan Kandang Yang Baik Bagi Marmut

Menyediakan Kandang yang Baik Bagi Marmut
Menyediakan Kandang yang Baik Bagi Marmut

Menyediakan Kandang yang lebih besar agar terdapat ruangan yang cukup untuk bermain- main dan berolahraga. Bentuk atau bahan Kandang dapat dibuat dengan kawat kotak dan lembaran coroplast daripada kandang yang lebih kecil dengan bahan dasar dari kawat yang dapat melukai kaki marmut. Di dalam kandang jangan mencampurkan marmut dengan hewan peliharaan lainnya kecuali dengan pasangan marmut lainnya, dikhawatirkan marmut tidak bisa berinteraksi dengan hewan lain yang tidak serupa dengannya.

3. Penuhi Kebutuhan Marmut

Penuhi Kebutuhan Marmut
Penuhi Kebutuhan Marmut

Untuk memenuhi kebutuhan marmut sebaiknya didalam kandang diberikan tempat minum marmut, tempat makan, jerami sebagai kasur tidur atau sekam atau bekas ketaman kayu, sebuah kotak kecil untuk berlindung bagi marmut dan perlengkapan bermain lainnya seperti tangga kecil atau seluncuran kecil sehingga marmut senang dan merasa seolah di habitatnya sendiri.

4.. Pelihara Marmut di Lokasi Terbuka

Pelihara Marmut di Lokasi Terbuka
Pelihara Marmut di Lokasi Terbuka

Aliran udara yang bebas dan dimasuki oleh cahaya matahari yang cukup akan memberikan kebaikan bagi kebanyakan makhluk hidup termasuk marmut yang Anda pelihara, namun sebaiknya diperhatikan suhu ruangan untuk marmut ini yaitu antara 18-24 CC artinya suhu ruangan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ingat, jangan meninggalkan marmut dangan hewan pemangsa seperti anjing, kucing, burung dan lainya supaya umur marmut tetap panjang dan persahabatan Anda dengan marmut berlangsung lama.

5. Beri Marmut Makanan Yang Sehat

Beri Marmut Makanan yang Sehat
Beri Marmut Makanan yang Sehat

Beri makan marmut setiap hari. Tersedia makanan marmut yang bisa dibeli di toko, namun penting untuk melengkapi makanan ini dengan sayuran hijau seperti kangkung dan selada. Anda juga bisa memberikan buah segar seperti irisan apel atau anggur sebagai makanan selingan untuk marmut.

6. Persediaan Air Minum

Persediaan Air Minum
Persediaan Air Minum

Sediakan selalu air segar untuk marmut Anda. Cara terbaik adalah dengan menyediakan wadah air yang menempel pada kandang. Periksa wadah air tersebut secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran. 

7. Jangan Terlalu Sering Memandikan Marmut

Jangan Terlalu Sering Memandikan Marmut
Jangan Terlalu Sering Memandikan Marmut

Anda mungkin ingin memandikan marmut Anda, namun perlu diketahui bahwa dengan memandikannya, Anda dapat menghambat proses perkembangan fisiknya secara alami. Oleh karena itu, pemandian marmut harus dibatasi sebanyak beberapa kali saja dalam setahun.

8. Kebersihan Kandang

Kebersihan Kandang
Kebersihan Kandang

Jagalah kebersihan kandang marmut. Meskipun marmut juga berusaha menjaga kebersihan kandang, tetapi mereka tetap membutuhkan bantuan Anda. Bersihkanlah minimal sekali dalam seminggu, supaya udaranya masih kental dan terasa enak ketika Marmut masuk ke kandang.

8. Segera Bersihkan Kotoran Yang Ada di Kandang Marmut

Segera Bersihkan Kotoran yang Ada di Kandang Marmut
Segera Bersihkan Kotoran yang Ada di Kandang Marmut

 Marmut merupakan hewan yang relatif bersih. Oleh karena itu, usahakan Anda membersihkan kandangnya paling sedikit dua kali seminggu. Buanglah kotoran atau sayuran-sayuran yang tidak dimakan terlebih dahulu, kemudian bersihkan botol minumnya, dan tambahkan kembali rumput jerami ke dalam kandang. Ada baiknya Anda meluangkan dua hari dalam satu minggu untuk melakukan pembersihan kandang.

9. Perawatan Bulu Marmut

Perawatan Bulu Marmut
Perawatan Bulu Marmut

Sikat atau sisir bulu marmut dengan sisir kecil. Bulu marmut relatif pendek sehingga tidak memerlukan penyisiran yang rumit seperti hewan yang berbulu lebat dan panjang. Melakukan perawatan marmut juga akan memberikan Anda waktu untuk menjalin ikatan dengannya.

10. Perhatikan Apabila Ada Tanda-tanda Penyakit Pada Marmut

Perhatikan Apabila Ada Tanda-tanda Penyakit Pada Marmut
Perhatikan Apabila Ada Tanda-tanda Penyakit Pada Marmut

Kenali apa saja tanda-tanda adanya penyakit pada Marmut. Bawa marmut Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Selalu perhatikan dan waspada terhadap perubahan pada marmut Anda, bahkan untuk perubahan-perubahan kecil pada kebiasaan atau nafsu makannya, karena marmut cenderung tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa ia sedang sakit.

11. Menjaga Kesehatan Marmut

Menjaga Kesehatan Marmut
Menjaga Kesehatan Marmut

Memeriksakan kesehatan marmut Anda kepada dokter adalah cara yang sangat dianjurkan, dan lakukanlah secara rutin, Anda dapat mencari dokter hewan yang berpengalaman dan lakukan pemeriksaan kepada dokter yang sama supaya marmut Anda dapat ditangani oleh dokter yang sama dan memahami kondisi marmut yang dipelihara, usahakan tidak mengganti dokter. Kemudian lakukanlah pembersihan terhadap marmut Anda seperti menyisir bulu, memotong kuku dengan cara yang benar.

12. Potonglah Kuku Kaki Marmut Anda Setiap Beberapa Minggu Sekali

Potonglah Kuku Kaki Marmut Anda Setiap Beberapa Minggu Sekali
Potonglah Kuku Kaki Marmut Anda Setiap Beberapa Minggu Sekali

Jika mereka memiliki kuku kaki berwarna gelap, sinari bagian belakang kukunya dengan senter agar Anda dapat melihat bagian daging di bawah kukunya. Jika Anda memotong terlalu dekat dengan pembuluh darahnya, kuku kakinya dapat berdarah. Jika hal tersebut terjadi, gunakan bubuk styptic atau tepung untuk menghentikan pendarahannya. Jika Anda merasa tidak yakin dapat memotong kuku kakinya, ada baiknya Anda membawa marmut Anda ke dokter hewan untuk dipotong kuku kakinya. 

13. Jauhkan Marmut Anda Dari Kelinci

Jauhkan Marmut Anda dari Kelinci.
Jauhkan Marmut Anda dari Kelinci.

Secara alami, kelinci membawa virus yang dapat membuat marmut sangat sakit. Selain itu, kelinci adalah hewan yang berukuran lebih besar, serta lebih kuat. Tendangan main-main yang dilakukan kelinci tetap dapat membunuh marmut Anda.

Baca juga : Cara Memelihara Sugar Glider Dengan Baik dan Benar

14. Biarkan Marmut Bermain Secara Leluasa di Luar Kandang Setiap Hari

Biarkan Marmut Bermain Secara Leluasa di Luar Kandang Setiap Hari
Biarkan Marmut Bermain Secara Leluasa di Luar Kandang Setiap Hari

Lepaskan marmut Anda di tempat yang sudah dilindungi oleh pembatas, namun pastikan marmut Anda tidak sampai terinjak atau tertendang. Anda dapat membatasi wilayah bermainnya di lantai dengan memasang pen atau pagar kecil, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan apabila cuaca tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

15. Berinteraksilah dan Akrabkan Diri Anda Dengan Marmut

Berinteraksilah dan Akrabkan Diri Anda Dengan Marmut
Berinteraksilah dan Akrabkan Diri Anda Dengan Marmut

Marmut merupakan spesies yang senang bersosialisasi dan di alam bebas, mereka hidup secara berkelompok. Banyak berinteraksi secara fisik dengan marmut Anda setiap hari sangat penting untuk menjaga kebahagiaannya. Cobalah ajak bicara marmut Anda, pegang dan belai ia sesering mungkin. Luangkanlah waktu yang cukup banyak untuk bermain bersama hewan peliharaan Anda.

Baca Juga