15 Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen Dengan Mudah
Setiap manusia pastinya akan ditakdirkan untuk memiliki uban ketika usia sudah memasuki lanjut usia. Namun tidak semua orang dapat menerima uban tersebut karena dapat merubah penampilan. Uban sendiri dapat dihilangkan sehingga rambut menjadi warna hitam kembali. Namun sayangnya tidak semua orang tahu caranya. Cara menghilangkan uban sendiri nyatanya dapat menggunakan bahan-bahan yang berada di dapur.

Cara menghilangkan uban – Sejak lahir, rambut manusia mempunyai warna hitam. Namun seiring bertambahnya usia warna rambut dapat menjadi warna putih. Namun di sisi lain, tidak semua orang dilahirkan dengan warna rambut asli. Ada  yang dilahirkan dengan warna rambut pirang bahkan putih. Hal ini dikarenakan oleh gen orang tua. Jika seseorang mendapatkan warna rambut putih bisa jadi itu adalah uban. Uban menandakan tanda umur seseorang sudah tua. Berikut ini cara menghilangkan uban.

 

1. Biji Pepaya

Cara Menghilangkan Uban
Biji Pepaya

Cara menghilangkan uban yang pertama adalah dengan menggunakan biji pepaya. Pepaya sendiri mempunyai biji pada buahnya. Selain itu, buahnya sangat enak untuk dikonsumsi. Buah pepaya mempunyai rasa yang sangat manis. Biji pepaya sendiri dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan uban. Caranya hanya perlu mempersiapkan biji pepaya. Kemudian sangrai biji pepaya tersebut. Lalu tumbuk agar menjadi halus. Tambahkan minyak kelapa sedikit dan oleskan pada rambut. Diamkan semalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mencuci rambut setelah itu.

 

2. Minyak Kemiri

Cara Menghilangkan Uban
Minyak Kemiri

Minyak kemiri dipercaya untuk menebalkan rambut pada alis ataupun rambut khususnya pada bayi ataupun anak-anak. Minyak kemiri dapat menghilangkan uban pada kepala. Caranya hanya perlu melakukan sangrai dengan mengambil airnya. Kemudian oleskan pada rambut secara keseluruhan. Setelah itu diamkan selama 1 jam. Lalu cuci rambut dengan bersih.  

 

3. Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Uban
Minyak Kelapa

Mendapatkan uban diusia muda pastinya hal ini bisa membuat kamu malu karena belum waktunya. Kamu dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk mengembalikkan warna rambut aslimu serta membuat rambutmu menjadi kuat. Caranya hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala. Diamkan semalaman. Lakukan ini sebelum kamu tidur malam. Pada paginya cuci dengan air bersih.  

 

4. Bunga Sepatu

Cara Menghilangkan Uban
Bunga Sepatu

Bunga sepatu sendiri dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan uban pada kepala. Bagian yang sangat berguna untuk membalikkan warna asli rambut adalah bunganya. Hal yang perlu disiapkan adalah mahkota bunganya. Kemudian haluskan bunga sepatu dan rebus dengan minyak kelapa.  Diamkan hingga dingin kemudian olesi pada rambut di malam hari hingga pagi.

 

5. Daun Rambutan

Cara Menghilangkan Uban
Daun Rambutan

Buah rambutan biasanya dikonsumsi secara langsung oleh kita karena rasanya yang sangat manis. Selain itu, selain buahnya yang sangat bergizi untuk dikonsumsi daunnya juga berguna untuk menghilangkan uban di rambut. Caranya hanya perlu menyiapkan beberapa daun rambut kemudian cuci bersih hingga dirasa tidak ada kotoran lagi. Lalu haluskan daun rambut serta tambahkan air sedikit. Peras daun rambutan untuk mendapatkan airnya. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 1 jam. Lakukan hal ini setiap hari agar proses perubahan warna rambut dengan cepat.

 

6. Teh Basi

Cara Menghilangkan Uban
Teh Basi

Teh biasa kita konsumsi pada paginya. Teh berguna untuk memberikan ketenangan jiwa. Selain itu, teh mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk  orang lanjut usia yang memiliki rambut uban. Hal yang perlu dilakukan adalah hanya perlu menyeduh teh seperti biasa dengan air panas. Lalu diamkan teh seharian. Setelah itu gunakan teh basi pada pagi harinya. Diamkan teh pada muka selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

 

7. Teh Hijau

Cara Menghilangkan Uban
Teh Hijau

Teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan uban secara permanen. Teh hijau mengandung empat senyawa catechin sehingga meningkatkan metabolisme tubuh serta  membantu membuat pigmen rambut tumbuh dengan warna rambut hitam kembali. Caranya hanya perlu menyeduh teh hijau. Kemudian diamkan teh hijau semalaman. Setelah itu gunakan teh hijau pada pagi harinya. Olesi teh hijau pada rambut selama 30 menit. Setelah itu keramas. 

 

8. Air Putih

Cara Menghilangkan Uban
Air Putih

Satu hal yang penting tidak boleh dihindari setiap hari adalah meminum air putih. Setiap hari tubuh harus mengonsumsi air sebanyak 1-2 liter air. Disaat air putih kita minum pastinya sisa metabolisme tubuh serta kotoran akan dikeluarkan oleh urin serta keringat. Mengonsumsi air putih secara rutin pastinya dapat menghilangkan uban secara perlahan.  

 

9. Jahe

Cara Menghilangkan Uban
Jahe

Salah satu bumbu dapur yang harus berada di dapur adalah jahe. Jahe dapat dijadikan jamu, wedang jahe ataupun dijadikan sebuah pengobatan pada tubuh. Jahe sendiri dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan uban pada rambut. Caranya hanya perlu menghaluskan jahe. Kemudian campur dengan madu. Setelah itu olesi pada rambut dan diamkan selama 1 jam. Cuci rambut dengan bersih.  

 

10. Daun Jambu

Cara Menghilangkan Uban
Daun Jambu

Cara menghilangkan uban lainnya adalah dengan memanfaatkan daun jambu. Selain itu, daun jambu dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit pada tubuh. Cara mengolahnya sendiri dengan cara menghaluskan daun jambu. Kemudian oleskan daun jambu pada rambut. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu bilas rambut.  

 

11. Bawang Merah

Cara Menghilangkan Uban
Bawang Merah

Ketika sedang memotong atau menghaluskan bawang merah terkadang kita ingin sekali untuk menangis. Namun disisi lain bawang merah dapat menghilangkan uban pada rambut. Bawang merah sendiri hanya perlu dihaluskan. Kemudian olesi bawang merah pada rambut. Setelah itu diamkan selama 1 jam. Lakukan hal ini selama 1 bulan sekali untuk perawatan.   

 

12. Madu

Cara Menghilangkan Uban
Madu

Madu memiliki rasa yang sangat manis. Madu sendiri dimanfaatkan untuk pengobatan ataupun perawatan tubuh. Selain itu madu juga berfungsi untuk membalikkan warna rambut menjadi warna hitam kembali. Madu hanya perlu diolesi pada rambut seperti creambath. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini selama 1 bulan sekali.

 

13. Wijen

Cara Menghilangkan Uban
Wijen

Wijen sendiri dapat menghilangkan uban pada kepala. Wijen sangat aman bila digunakan untuk membalikkan warna rambut dibanding menggunakan bahan kimia. Wijen diolah dengan cara disangrai untuk diambil minyaknya.  

 

14.Minyak Jarak

Cara Menghilangkan Uban
Minyak Jarak

Minyak jarak sendiri juga dapat membalikkan warna rambut menjadi hitam kembali. Minyak jarak jarang sekali terdengar oleh masyarakat kita. Hanya perlu mengoleskan minyak jarak pada rambut lalu diamkan selama 1 jam. Setelah itu cuci rambut dengan bersih.

 

15.  Telur

Cara Menghilangkan Uban
Telur

Cara menghilangkan uban yang terakhir adalah dengan menggunakan telur. Bagian telur mempunyai 2 warna yaitu putih serta kuning. Bagian yang berguna untuk menghilangkan uban adalah warna putihnya. Caranya hanya perlu mencampurkan air panas, putih telur serta garam. Setelah itu aduk dan olesi pada rambut. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan proses yang cepat.  

 

Baca Juga