15  Cara  Menghadapi  Masalah  Secara Dewasa
Tidak ada orang yang bisa terhindar dari masalah dalam hidupnya sendiri. Masalah sendiri timbul untuk menguji seseorang menjadi lebih kuat. Semakin besar masalah yang ada, pastinya semakin kuat badan untuk melawan. Cara menghadapi masalah itu sendiri pastinya diperlukan strategi untuk mencapai sebuah penyelesaian.

Cara  Menghadapi  Masalah -  Setiap manusia pastinya hidup dengan berbagai masalah. Masalah tersebut timbul bukan untuk dihindari namun untuk dihadapi. Menghadapi masalah nyatanya susah susah gampang. Bila masalah terus menempel dan tak dapat diselesaikan dengan baik pastinya hal ini akan menganggu psikologis tubuh. Di sisi lain, sebuah masalah dapat membuat pikiran seseorang menjadi kurang akal alias menjadi orang gila. Berikut ini cara menghadapi masalah.

 

1. Rekreasi

Cara  Menghadapi  Masalah
Rekreasi

Cara menghadapi masalah yang pertama adalah dengan melakukan rekreasi. Melakukan rekreasi dapat membuat hati menjadi tenang serta gembira. Rekreasi sendiri dapat dilakukan bersama keluarga ataupun dengan orang tercinta. Berekreasi dapat menghilangkan masalah secara sejenak yang mana membuat badan menjadi  lebih rileks.  

 

2. Berpikir Positif

Cara  Menghadapi  Masalah
Berpikir Positif

Manusia sendiri mempunyai  2 energi di dalam tubuhnya yaitu energi positif dan energi negatif.  Setiap masalah yang datang, energi positif  sangatlah dibutuhkan agar membuat otak tidak menjadi stress. Berpikiran positif  sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat pastinya selalu dipenuhi dengan energi positif. Dengan berpikiran positif, masalah yang datang akan terselesaikan karena otak akan berusaha mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. 

 

3. Mengisi Waktu dengan Kegiatan Bermanfaat

Cara  Menghadapi  Masalah
Mengisi Waktu dengan Kegiatan Bermanfaat

Salah satu hal yang dapat menghilangkan stress saat masalah datang adalah dengan mengisi waktu kita dengan kegiatan yang bermanfaat. Apalagi bila kita mempunyai segudang hobi yang pastinya hal ini sangat berguna untuk perkembangan otak. Menjalani waktu senggang dengan menjalankan hobi yang kita sukai pastinya tak akan habis-habisnya bahkan selalu membuat hati menjadi gembira dan secara langsung membuat kita lupa dengan berbagai masalah yang telah datang. 

 

4. Curhat

Cara  Menghadapi  Masalah
Curhat

Tak ada salahnya bila masalah datang kita melakukan curhat kepada orang yang kita percayai. Curhat sendiri dapat membuat hati menjadi tenang karena kita telah meluapkan masalah yang ada di dalam hati. Curhat sendiri bagus untuk kesehatan jiwa. Di samping membuat tenang, curhat ibarat melampiaskan  energi negatif yang tersimpan di dalam tubuh.

 

5. Berdoa kepada Sang Pencipta

Cara  Menghadapi  Masalah
Berdoa kepada Sang Pencipta

Hal yang tak boleh terlewatkan adalah berdoa kepada Sang Pencipta. Karena Dialah yang telah menciptakan semesta alam serta isinya. Bahkan Sang Penciptalah yang membuat masalah itu datang dan pergi dengan mudahnya. Berdoa kepada Sang Pencipta sama halnya kita berserah diri agar permasalahan yang  datang hilang.

 

6. Bersikap Sederhana

Cara  Menghadapi  Masalah
Bersikap Sederhana

Pada saat masalah datang, ada baiknya bila setiap orang bersikap sederhana. Sebuah masalah yang datang perlu dihadapi dengan cara sederhana alias tidak dilebih-lebihkan. Bersikap berlebih-lebihan pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh yang mana dapat menimbulkan penyakit pada tubuh. Bersikap sederhana sangat diperlukan agar hati tetap ikhlas untuk menjalani masalah yang ada. 

 

7. Berpikiran Terbuka

Cara  Menghadapi  Masalah
Berpikiran Terbuka

Sikap terbuka sangatlah penting untuk menyelesaikan sebuah masalah. Berpikiran terbuka membuat seseorang menjadi lebih kreatif dalam menemukan sebuah jawaban. Sebuah permasalahan pastinya perlu strategi untuk diselesaikan. Hingga akhirnya sebuah permasalahan dapat diselesaikan dengan baik karena kita percaya dengan pikiran kita yang sangat terbuka dengan berbagai jenis masalah yang ada.

 

8. Evaluasi Diri

Cara  Menghadapi  Masalah
Evaluasi Diri

Seseorang yang mendapatkan masalah perlu melakukan evaluasi pada dirinya. Hal ini berguna untuk mengetahui mengapa masalah datang dengan hebatnya. Bisa jadi bila selama ini kita telah melupakan Sang Pencipta atau kita telah melakukan kesalahan yang telah melewati batasnya. Evaluasi diri sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena mengingatkan kita untuk berjalan di jalan yang benar.

 

9. Menemukan Akar Permasalahan

Cara  Menghadapi  Masalah
Menemukan Akar Permasalahan

Sebuah masalah pastinya timbul dari sebuah akar permasalahan. Akar permasalahan  adalah sumber permasalahan itu datang. Untuk menemukan akar permasalahan yang perlu dilakukan adalah kita melakukan review terhadap hal yang telah terjadi. Setelah itu kita dapat membuat sebuah kesimpulan dengan permasalahan yang ada. Akar permasalahan sendiri tidak boleh diremehkan karena akar masalah yang tadinya kecil dapat menjadi besar.

 

10. Konsultasi

Cara  Menghadapi  Masalah
Konsultasi

Bila kamu merasa masalah yang datang sangat berlebihan bahkan kamu tidak dapat mengontrol diri dengan baik, kamu dapat melakukan konsultasi dengan seorang psikolog. Tidak semua orang berani melakukan konsultasi dengan psikolog karena masyarakat kita banyak berpikiran bahwa psikolog hanya untuk yang sudah tidak mempunyai akal sehat. Padahal nyatanya, psikolog dapat membantu kita untuk menemukan solusi dengan baik. Psikolog sendiri yang akan membantu menemukan jalan terbaik untuk masalah yang kita hadapi. Tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan psikolog bila kita tidak yakin dengan jalan keluar yang kita pilih sendiri.

 

11. Tenang

Cara  Menghadapi  Masalah
Tenang

Salah satu hal yang paling penting ketika masalah datang adalah tenang. Tenang adalah kunci untuk kita berpikir jernih dalam menemui sebuah masalah. Di saat hati sedang tenang pastinya kita dapat berpikir dengan baik untuk menyelesaikan sebuah masalah. Hati yang tenang pastinya akan membuat jiwa menjadi aman.

 

12. Olahraga

Cara  Menghadapi  Masalah
Olahraga

Olahraga sangat diperlukan di saat masalah itu datang. Olahraga memberikan kesehatan pada jasmani tubuh kita. Orang yang mengalami banyak masalah biasanya melupakan olahraga karena terlalu frustasi. Olahraga ada baiknya bila dilakukan secara rutin 3 kali seminggu. Olahraga dipercaya membuat seseorang menjadi percaya diri dalam menghadapi masalahnya.

 

13. Mendengarkan Musik

Cara  Menghadapi  Masalah
Mendengarkan Musik

Lewat sebuah musik, seseorang dapat menangkap isi hatinya dengan musik yang didengarnya. Bahkan musik dapat mengubah perilaku ataupun suasana dari sedih menjadi bahagia bahkan sebaliknya. Musik sendiri dapat diibaratkan sebagai simbol dari isi hati. Selain itu, musik dapat membuat hati menjadi gembira dan tenang.

 

14. Berpikir Logika

Cara  Menghadapi  Masalah
Berpikir Logika

Hal yang perlu dilakukan ketika masalah datang adalah berpikir logika. Segala suatu hal perlu dihadapi secara logika karena kita hidup di dunia yang nyata. Di saat otak berpikir dengan logika pastinya akan mempermudah kita menemukan sebuah jawaban dari sebuah permasalahan.

 

15. Mengatur Emosi

Cara  Menghadapi  Masalah
Mengatur Emosi

Cara menghadapi masalah yang terakhir adalah dengan mengatur emosi yang ada. Mengatur emosi diperlukan agar otak ataupun tubuh kita dapat menerima masalah yang ada. Emosi yang berlebihan pastinya dapat mencelakakan kita sendiri.

 

Baca Juga