18 Cara Mengatasi Stress Secara Cepat, Unik dan Tanpa Ribet
Dalam hidup pasti ada cobaan yang seringkali membuat kita stress bukan main, bila terus dibiarkan stress dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu kita memerlukan cara mengatasi stress yang efektif.

Tekanan hidup seringkali membuat kita mengalami stress berkepanjangan. Rasa lelah, penat, sedih, marah dan benci semua bercampur menjadi satu seakan-akan membuat kita tidak kuat lagi menjalani hidup. Ditambah rasa takut akan kegagalan menghadapi cobaan, dibully, dimaki-maki, diselingkuhi dan direndahkan setiap hari hanya menambah beban hidup disaat semua sudah berkecamuk menjadi satu.

Tidak perlu dipikirkan secara mendalam semua hal itu sebenarnya hanya ada dipikiran kita saja. Lihatlah diluar sana kamu tidak sendirian, semua orang pasti pernah menglami stress dalam hidupnya. Sekarang istirahatlah sejenak siapkan minuman segar dan beberapa cemilan, sejatinya hidup ini sangatlah indah setelah kita bisa menyingkirkan hal-hal negatif itu. Caranya dengan menerapkan delapan cara mengatasi stress berikut ini.

Menulis

Cara Mengatasi Stress
Menulis

Buat lega hati dan otak dengan menuliskan beberapa kisah di buku diary, atau buat artikel di beberapa website yang mau menerima hasil dari kejadian yang kamu alami hari ini. Tidak hanya menjadi pengungkap perasaan kegiatan menulis suatu saat bisa menjadi karya yang bisa kamu jual. Kamu bisa menuliskan hasil dari pola pemikiranmu itu di vebma.com atau kata.co.id jika dirasa bagus karyamu bisa mendapatkan imbalan.

Berenang

Cara Mengatasi Stress
Berenang

Berenang tidak hanya menjadi olahraga menyenangkan tapi juga bisa dijadikan sarana hiburan. Dari hasil beberapa penelitian saat kita berenang tubuh menghasilkan hormon endorphin, hormon endorphin merupakan hormon yang diproduksi tubuh saat kita merasa senang atau bahagia. Tidak hanya menghilangkan stress perasaan senang juga dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. 

Mendengarkan Musik

Cara Mengatasi Stress
Mendengarkan Musik

Cara paling mudah mengatasi stress adalah dengan mendengarkan musik. Kamu boleh mendengarkan musik apa saja mulai dari Rock, Jazz, Pop, Dangdut hingga K-pop dengarkan hingga kamu puas, setelah kamu puas akhiri sesi dengan mendengarkan musik relaksasi sejenis instrumental. Manfaat mendengarkan musik relaksasi tidak hanya menghilangkan stress tapi juga meningkatkan fungsi pembuluh darah, membantu tidur lebih pulas, menghilangkan phobia dan membantu datangnya inspirasi.

Jalan-jalan

Cara Mengatasi Stress
Jalan-jalan

Disaat mengalami stress berat segeralah mandi disusul dandan secantik dan setampan mungkin lalu pergilah jalan-jalan karena stress menandakan otak, jiwa dan tubuhmu butuh refreshing. Pergi jalan-jalan tidak harus ke tempat berbiaya mahal, kamu bisa pergi ke taman untuk sekedar menikmati udara segar sambil menikmati cemilan. Pergi sendiri atau bersama teman-teman bisa kamu lakukan sesuai kondisi yang kamu inginkan, siapa tahu dengan pergi jalan-jalan kamu mendapatkan teman atau pacar baru.

Bermain Alat Musik

Cara Mengatasi Stress
Bermain Alat Musik

Bila mendengarkan musik kurang efektif bagaimana kalau dirimu sendiri yang bermain musik sesuai alat musik yang kamu bisa. Bermain musik selain menyalurkan sebuah perasaan juga melatih kepekaan indra. Saat indra lebih peka konsentrasi jadi lebih meningkat, kesehatan jantung terjaga, alzheimer terobati dan suasa hati jadi lebih teratur. Semua manfaat tersebut bisa kamu rasakan bila bermain alat musik.

Membaca Buku

Cara Mengatasi Stress
Membaca Buku

Membaca buku disini artinya kamu membaca buku sungguhan, bukan sejenis ebook pdf atau informasi media-media online. Pastikan kamu membaca buku yang kamu suka entah itu buku komik, novel atau majalah mingguan. Dengan membaca buku pikiranmu akan terfokus pada hal yang kamu baca sehingga rasa stress bisa teralihkan dengan sendirinya, selain itu membaca buku dapat menambah pengetahuan dan wawasan dirimu dimana nanti dapat mendatangkan inspirasi.

Makan

Cara Mengatasi Stress
Makan

Menyantap hidangan kesukaan bisa membuat kita lupa kalau pikiran sedang mengalami stress berat. Sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kandungan serotonin dalam otak. Kandungan serotonin merupakan kandungan yang dapat menurunkan tingkatkan stress, semuanya ada pada makanan seperti yoghurt, cokelat, almond, teh herbal, brokoli dan buah-buahan tropis.

Tidur

Cara Mengatasi Stress
Tidur

Stress bisa disebabkan karena kita kurang istirahat yang cukup, jika memang aktivitas harianmu benar-benar padat ambillah cuti untuk merehatkan tubuh sejenak. Sebab kurangnya istirahat dapat membuat kinerja tubuh tidak maksimal, konsentrasi berkurang dan fisik terasa lemas. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup karena keseringan tidur juga tidak baik bagimu, kebanyakan tidur bisa menyebabkan sulit mengingat, sulit berkonsentrasi, sulit mengambil keputusan dan sulit mempelajari hal baru.

Curhat

Cara Mengatasi Stress
Curhat

Terkadang menghilangkan stress tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada perantara lain agar stress dapat menghilang. Salah satunya adalah curhat pada seseorang yang bisa menjaga rahasia, bila kamu takut rahasiamu terbongkar akibat curhat kamu bisa curhat menggunakan media lain seperti forum-forum. Curhat di forum online bisa menghilangkan stress dengan syarat forum tersebut menyediakan fitur anonymous atau fitur penyembunyian identitas supaya kamu tidak perlu khawatir rahasiamu tersebar.

Bermain Game

Cara Mengatasi Stress
Bermain Game

Stress berkepanjangan harus segera kamu atasi bila tidak stress dapat menyerang jantung dan hati, tentu kamu tidak mau kan stress menggerogoti tubuhmu? Oleh karena itu luangkan waktu sejenak setidaknya 30 menit sampai 1 jam untuk bermain game agar stress hilang. Mainkan game-game yang bersifat menghibur seperti Monument Valley, Little Inferno, World of Goo atau Lyne. Jangan kamu mainkan game teka-teki, puzle dan horror, game seperti itu tidak membuat stress hilang justru membuat psikologi semakin terserang.

Menemui Orang Paling Spesial

Cara Mengatasi Stress
Menemui Seseorang

Setiap orang pasti memiliki orang paling spesial dalam hidupnya. Seperti orang tua, pacar, sahabat, adik kandung atau teman seperjuangan di perantauan. Temui atau ajak dia bertemu, berbagilah cerita dengan mereka dan jangan lupa untuk bercanda. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mau menerimamu bisa membuat dirimu merasa nyamana dalam menjalani hidup hingga kamu sadar kalau stressmu itu hanya hal sepele dalam hidup.

Bersyukur

Cara Mengatasi Stress
Bersyukur

Faktor lain penyebab orang sering mengalami stress adalah karena dirinya kurang bersyukur. Bila kamu salah satu dari orang-orang yang jarang sekali bersyukur saat ini adalah waktu yang tepat, coba kamu lihat orang-orang dibawahmu dimana mereka nasibnya tidak seberuntung dirimu namun mereka tetap tabah dan sabar. Seharusnya kamu bisa mengambil pelajaran dari mereka kalau hidup itu ada manis dan pahit.

Berfikir Positif

Berpikir positif merupakan cara sederhana mengatasi stress paling efektif, tanpa disadari saat kita melakukan hal ini membuat kita bisa menerima beban yang ada sehingga kita dapat mengambil sudut pandang baik dari beban tersebut. Sudut pandang yang baik artinya kita sadar kalau beban saat ini merupakan ujian dari Tuhan, saat ujian itu berhasil dilewati maka Tuhan bakal memberikan hadiah setimpal atas perjuangan kita.

Berinteraksi Dengan Hewan

Cara Mengatasi Stress
Memelihara Hewan

Menghilangkan stress tidak hanya bisa dilakukan dengan cara berinteraksi dengan manusia, kadang kala kita juga perlu berinteraksi dengan hewan untuk menghilangkan stress. Diantaranya kita bisa memelihara kucing, burung, kelinci, hamster atau hewan lain yang menurutmu pantas untuk dipelihara. Hal-hal sederhana seperti mengelus bulu kucing, mendengar kicau burung atau curhat dengan mereka meski mereka tidak mengerti bisa membuat hati kita tenang lho.

Menonton Film

Cara Mengatasi Stress
Menonton Film

Film-film saat ini banyak memiliki genre dan alur cerita menarik. Jangan ragu untuk menonton film kesukaan, kalau bisa tontonlah film-film yang dapat memotivasi hidup agar sterss hilang dan memunculkan kembali semangat untuk berjuang. Seperti laskar pelangi, B.J. Habiebie, The Billionaire, Likes Stars on Earth dan sebagainya, walau sebagian film hanya cerita fiksi banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari sana.

Baca Juga : Pengertian Ego - Mengenali Ego Sebelum Mengelola Cita-cita

Menari

Cara Mengatasi Stress
Menari

Setiap hari pasti ada saja cobaan datang melanda, ini artinya kita perlu melakukan refreshing mental, jiwa dan raga. Salah satunya dengan melakukan beberapa gerakan tarian, tidak perlu melakukan gerakan salsa, balroom dance, hip hop dance dan sebagainya. Nyalakan saja musik favorit dan bergeraklah sesukamu hingga rasa stress benar-benar menghilang, jangan lupa untuk mengunci pintu rapat-rapat agar tidak ada orang yang memergokimu melakukan gerakan tarian konyol.

Corat-coret

Cara Mengatasi Stress
Corat-coret

Curahkan semua rasa kekesalanmu pada sebuah gambar, tulisan atau apapun pada secarik kertas tanpa peduli seperti apa hasil akhir dari lukisan tersebut. Doodling atau asal menggambar pada secarik kertas diyakini sebagai cara efektif untuk menenangkan hati dan pikiran semrawut. Cukup bermodal kertas, spidol, pensil, pena dan cat tanpa melibatkan orang lain kamu bisa menenangkan batin. Selain itu doodling juga dapat meningkatkan fokus dan kreativitas diri.

Kembali Pada Tuhan

Cara Mengatasi Stress
Beribadah

Di dunia ini tidak ada yang mengerti dirimu selain kamu dan Tuhan yang menciptakanmu. Oleh karena itu berceritalah kepadanya mengenai masalah yang sedang kamu alami saat ini hingga kamu mengalami tekanan batin cukup berat. Seorang dokter bernama Dr. Roberta Lee telah melakukan penelian dan hasilnya mengenjutkan, dalam tulisannya dia berujar "Orang-orang yang lebih banyak menggunakan agama dalam hidupnya lebih mampu menghadapi stress, lebih cepat sembuh dari sakit dan mengalami peningkatakan kesehatan" nah sekarang tugasmu adalah memilih beberapa cara diatas untuk mengatasi stress

Baca Juga