19 Cara Berbicara Di Depan Umum Dengan Lancar dan Mudah
Sebuah pesan bisa lebih mudah diterima oleh audiens apabila disamapaikan dengan baik, percaya diri, dan kemantapan dalam setiap ucapan. Namun apa jadinya kalau seseorang berbicara di depan banyak orang dengan tidak percaya diri?

Berbicara di depan banyak orang bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi bagi orang yang tak biasa melakukannya. Diperlukan mental yang ekstra untuk mengatakan sesuatu di depan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan orang yang semuanya memerhatikan kita. Berikut 19 tips untuk memperlancar public speaking kamu.

1. Ketahuilah Siapa Audiens Kamu

Ketahuilah Siapa Audiens Kamu
Ketahuilah Siapa Audiens Kamu

Dengan mengetahui siapa yang akan melihat dan mendengarkan speech atau pidato kamu, maka kamu bisa menyesuaikan gaya bahasa atau gaya penyampaian itu dengan audiens kamu. Cara berbicara dengan anak muda tentu akan berbeda dengan ketika kita berbicara dengan orang yang sudah tua.

2. Berusahalah Spontan Ketika Berbicara

Berusahalah Spontan Ketika Berbicara
Berusahalah Spontan Ketika Berbicara

Usahakan untuk tidak menghapal apa yang akan kamu bicarakan. Jika kita menghapal, gaya bicara kita akan nampak kaku dan kedekatan kita dengan audiens tidak akan terjalin dengan baik. Apalagi, biasanya kalau kita melupakan suatu kata atau bahasan yang disiapkan sebelumnya itu terlupakan. Kita bisa panik, bingung, dan kacau.

3. Tulis Materi Berupa Poin-poin Saja

Tulis Materi Berupa Poin-poin Saja
Tulis Materi Berupa Poin-poin Saja

Kalau kita mau menulis materi tentang apa yang ingin kita sampaikan, sebaiknya menulisnya hanya poin-poinnya. Kita tidak perlu menulis seluruh apa yang ingin kita ungkapkan lalu kemudian mengahapalnya. Dengan demikian, kamu tidak akan melewatkan hal-hal penting yang ingin disampaikan.

4. Berinteraksilah dengan Audiens

Berinteraksilah dengan Audiens
Berinteraksilah dengan Audiens

Mendapatkan feedback atau timbal balik dari audiens sangatlah untuk menjadikan komunikasi kita lebih hidup. Dengan mengajak audiens berinteraksi, kita bisa lebih dekat dengan mereka, sehingga mereka bisa dengan mudah menerima hal-hal yang kamu sampaikan.

5. Kuasailah Materi yang Akan Kamu Sampaikan

Kuasailah Materi yang Akan Kamu Sampaikan
Kuasailah Materi yang Akan Kamu Sampaikan

Sebelum berbicara di depan umum, sangatlah penting untuk menguasai materi yang akan kita sampaikan. Dengan menguasai materi, kita bisa melakukan improvisasi. Apalagi kalau materi kita habis sementara waktu yang diberikan masih panjang.

6. Berilah Bumbu-bumbu Humor

Berilah Bumbu-bumbu Humor
Berilah Bumbu-bumbu Humor

Seperti yang diterangkan oleh serang motivator dunia. Anthony Robbins, humor adalah pelumas yang mampu penyampaian informasi menjadi lebih lembut. Dengan adanya bumbu-bumbu humor pada penyamapaian kita, penonton akan lebih mudah menerima dan mengingat hal-hal yang kita sampaikan.

7. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu

Mampu mengatur waktu dengan baik juga merupakan sesuatu yang sangat penting. Dengan manajemen waktu yang baik dan tepat, penyusunan materi akan menjadi lebih mudah.

Baca juga: 18 Tips Menjadi Food Blogger Profesional

8. Gunakanlah Kekuatan Cerita

Gunakanlah Kekuatan Cerita
Gunakanlah Kekuatan Cerita

Menggunakan kekuatan cerita adalah suatu hal yang bisa membuat penyampaian kita lebih mudah diterima audiens. Apalagi kalau kita menceritakan pengalaman kita sendiri dengan gaya yang meyakinkan. Penonton atau pendengar akan lebih mudah masuk ke dalam penyampaian kamu.

9. Bangunlah Kredibilitas

Bangunlah Kredibilitas
Bangunlah Kredibilitas

Bangunlah kredibilitas dari penyampaianmu dengan menunjukkan fakta berupa data dan statistik sebagai pendukung dari statement kita. Dengan data-data itu, tingkat kepercayaan audiens akan meningkat.

10. Campurkan Pesan yang Ingin Disampaikan

Campurkan Pesan yang Ingin Disampaikan
Campurkan Pesan yang Ingin Disampaikan

Kita bisa mencampurkan materi dengan humor, statistik dan cerita dalam sebuah informasi yang menarik untuk didengarkan audiens kita. Dengan begitu, beberapa informasi akan lebih mudah dicerna oleh para pendengar.

11. Jelas ketika Berbicara

Jelas ketika Berbicara
Jelas ketika Berbicara

Sangat penting agi seorang pembicara untuk menyampaikan materinya dengan jelas. Hal ini tentu supaya informasi bisa diterima dengan lebih baik. Jangan sampai mengatakan sesuatu yang tidak jelas, baik karena artikulisi yang kurang jelas maupun kata-kata yang tidak dimengerti oleh kebanyakan orang.

12. Bermainlah dengan Intonasi

Bermainlah dengan Intonasi
Bermainlah dengan Intonasi

Berganti-ganti intonasi ketika berbicara di depan umum juga salah salah faktor mudahnya informasi itu diterima oleh pendengar. Dengan menggunakan beberapa intonasi berbeda pada saat yang teapt, maka speech kita tidak akan terdengar membosankan dan terdengar datar.

13. Gunakan Kontak Mata

Gunakan Kontak Mata
Gunakan Kontak Mata

Melakkan kontak mata dengan para audiens juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Mereka akan merasa spesial, karena mereka merasa diperhatikan.

14. Gunakan Bahasa Tubuh

Gunakan Bahasa Tubuh
Gunakan Bahasa Tubuh

Kalau kita menyakskan beberapa motivator atau pembicara hebat, maka kita bisa melihat bagaimana mereka enggunakan bahasa tubuhnya dengan baik untuk mendukung apa yang mereka sampaikan. Bahasa tubuh bisa memberi penegasan pada setiap informasi kita.

15. Hindari Kata "emm" atau "ehh"

Hindari Kata "emm" atau "ehh"
Hindari Kata "emm" atau "ehh"

Ketika kita sudah banyak berbicara, lantas berhenti karena merasa tidak tahu apa lagi yang ingin dikatakan, kta biasanya secara spontan berkata "emmm" atau "ehhh". Hal demikian seharusnya dihindari. Kamu harus bisa mengontrolnya dan lebih baik menutup mulut atau mengambil napas sambil memikirkan apa yang harus kamu sampaikan setelahnya.

16. Tampillah dengan Percaya Diri

Tampillah dengan Percaya Diri
Tampillah dengan Percaya Diri

Tunjukkanlah kepercayaan diri kamu. Kamu bisa tersenyum atau membusungkan dada untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa kamu sangat percaya diri ketika tampil di depan mereka.

17. Buang Segala Tekanan yang Kamu Rasakan

Buang Segala Tekanan yang Kamu Rasakan
Buang Segala Tekanan yang Kamu Rasakan

Tekanan akan memunculkan perasaan gugup yang menyelimuti persaan kamu ketika berdiri di depan banyak orang. Cara yang paling sederhana untuk mengatasi asalah itu adalah dengan mengubah dan memperbaiki mindset kamu. Selalu berpikir positif dan percayalah bahwa informasi kamu sangat berharga bagi mereka.

18. Persiapan yang Matang

Persiapan yang Matang
Persiapan yang Matang

Persiapkanlah segala hal yang sekiranya bisa mendukung kelancaran speech kamu. Kamu bisa melakukan beberapa ritual yang menurutmu bisa membuat kamu tidak tegang ketika ditonton banyak orang.

19. Jam Terbang

Jam Terbang
Jam Terbang

Perlu kita ingat, bahwa seorang pembicara kelas internasional pun dulunya hanyalah pembicara biasa, pernah gagal, tidak disukai audiensnya. Namun, dengan rajin berlatih dan melakukan banyak speech di depan umum, maka itu akan semakin menambah jam terbang kita. Semakin tinggi jam terabng kita, tentu kita akan semakin mudah mengatasi berbagai masalah yang kita hadapi sebelum berbicara di depan umum.

Baca Juga