15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Belajar kunci gitar itu gampang-gampang susah, gampangnya karena banyak media belajar yang bisa digunakan. Susahnya karena jumlah kunci gitar yang tidak sedikit selain itu struktur belajarnya yang kadang tidak dipahami. Agar tidak salah, silahkan baca tips belajar kunci gitar dengan cepat berikut ini!

Memiliki kemampuan bermain gitar itu keren. Kemampuan tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah profesi yang bisa menjadi sumber penghasilan. Mulai dari menjadi musisi solo, band, sampai menjadi tenaga pengajar gitar. Tentunya anda sudah melihat gitar profesional yang sukses dengan kemampuan bermain gitar yang hebat.

Untuk menjadi seorang gitaris profesional, anda bisa memulai dengan belajar kunci gitar terlebih dahulu. Karena permainan gitar itu ditentukan dengan kemampuan memainkan kunci gitar dan menghasilkan nada yang enak didengar. Tertarik untuk menjadi gitaris profesional, silahkan lihat tips belajar kunci gitar berikut ini.

1. Kenali Bagian Gitar

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Bagian Gitar

Sebelum terlalu jauh belajar tentang kunci gitar, yang perlu dikenali terlebih dahulu adalah bagian-bagian dari gitar. Secara sepintas mungkin terlihat sederhana, karena bentuk gitar memang seperti itu. Namun ada beberapa bagian gitar yang harus diketahui yaitu Body gitar yang terdapat lubang resonansi dan Body bridge, Leher gitar terdapat senar gitar, Grip, Fret, dan Neck Bridge, Selanjutnya yang terakhir adalah kepala gitar yang terdapat kunci penyetelan.

2. Hapalkan Kunci Dasar Gitar

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Kunci Gitar

Setelah mengetahui bagian-bagian gitar, langkah selanjutnya adalah mengenal kunci-kunci dasar pada gitar dan bentuk tindisannya. Pada gambar di atas terdapat sembilan kunci dasar gitar yaitu C, E, F, G, A, Dm, Em, Am, dan D. Kunci dasar inilah yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum masuk pada kunci-kunci gitar berikutnya. Tentunya akan lebih sulit lagi.

3. Belajar Dari Buku Kunci Gitar

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Buku Gitar

Untuk memudahkan belajar kunci gitar anda bisa membeli sebuah buku panduan bermain gitar. Tentunya anda harus mencari buku yang benar-benar membahas dasar-dasar bermain gitar serta contoh lagu yang bisa dimainkan. Anda juga bisa membeli buku kunci lagu terpisah, selain buku yang hanya membahas khusus kunci-kuncinya saja. 

4. Belajar Dari Video Main Gitar

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Video Gitar

Alternatif belajar kunci gitar yang sangat baik adalah dengan menonton tutorial bermain gitar. Anda tentunya akan lebih mudah paham jika melihat secara langsung bagaimana gitar dimainkan oleh ahlinya. Anda bisa menonton sambil mengkutinya. Mulailah dari video tutorial tentang pengenalan kunci gitar terlebih dahulu. Kemudian lanjut ke tutorial cara bermain gitar lainnya.

5. Cari Role Model Gitaris Profesional

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Role Model

Untuk terus bisa semangat dalam belajar bermain gitar anda perlu seorang panutan atau contoh. Anda bisa memilih role model gitaris profesional dari dalam dan luar negeri. Tentunya dengan adanya panutan dalam bermain gitar anda bisa meniru gaya bermainnya dan juga mendapatkan inspirasi tentang cara bermain gitar.

6. Bergabung Dengan Komunitas Pecinta Gitar

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Komunitas Gitar

Cara yang juga sangat efektif dalam belajar kunci gitar dengan cepat adalah dengan bergabung dengan komunitas gitar. Anda bisa mendapatkan kursus gitar gratis dari teman-teman komunitas tentunya. Selain itu anda akan terus mendapatkan dukungan dari teman anda agar terus semangat belajar.

7. Belajar Dari Aplikasi Gitar Android

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Aplikasi Gitar

Alternatif lain yang bisa anda pilih dalam belajar mengenali kunci gitar adalah memanfaatkan produk teknologi, yaitu aplikasi smartphone. Anda bisa mencari aplikasi belajar gitar pada google play dan mulai belajar dari aplikasi tersebut.

8. Latihan Memindahkan Dari Satu Kunci Ke Kunci Lainnya

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Latihan Kunci

Setelah anda mulai familiar dengan kunci-kunci gitar. Entah anda dapatkan dengan melihat dari buku-buku panduan bermain gitar, belajar dari video atau dari android. Langkah selanjutnya adalah belajar memindahkan dari satu kunci ke kunci lainnya. Anda bisa melihatnya dengan memperhatikan ketepatan posisi tangan pada kolom dan senar gitar.

9. Latih Memori Tangan

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Latih Memori Tangan

Untuk memastikan anda sudah menghapal semua kunci-kunci dasar pada gitar dan tahu posisinya secara pasti. Anda bisa melatih memori tangan anda dengan memindahkan dari satu kunci ke kunci lainnya tanpa melihat posisi tangan anda. Jadi, anda melatih memori tangan anda untuk tahu posisi yang benar pada kunci tertentu.

10. Latih Kepalan Tangan

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Melatih Kepalan Tangan

Kesalahan posisi jari tangan pada fret dan senar gitar karena kepalan tangan yang tidak kuat. Mungkin karena ukuran kepalan tangan yang tidak bisa menggenggam leher gitar sehingga posisi tangan bergeser saat perpindahan kunci. Jadi, anda harus melatihnya agar kuat sehingga posisinya selalu tepat saat melakukan perpindahan kunci. 

11. Latih Kekuatan Fret Tangan

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Melatih Fret

Melatih kekuatan fret tangan juga sangat penting. Tujuannya adalah agar senar gitar menempel kuat pada grip dan menghasilkan suara yang pas sesuai dengan kunci yang diguakan. Jika tidak terlalu kuat maka suaranya bisa sumbang dan tidak enak didengar.

12. Mainkan Lagu Sambil Melihat Buku Lagu

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Mainkan Gitar Dengan Buku Panduan

Jika sudah bisa memindahkan posisi jari pada satu kunci ke kunci berikutnya dengan nada yang pas. Maka anda bisa mencoba memainkan sebuah lagu. Anda bisa memulai dengan melihat buku yang berisi lagu lengkap dengan kuncinya. Anda bisa memulai satu bait terlebih dahulu sambil berusaha menghapalnya, sampai semua lagu dihapal secara utuh.

13. Mainkan Satu Lagu Berulang-ulang Tanpa Melihat Buku Lagu15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Mainkan Gitar Tanpa Buku Panduan

Selanjutnya anda coba mainkan lagu yang anda pelajari tanpa melihat buku petunjuk. Mainkan berulang-ulang sampai anda yakin bahwa nadanya sudah tepat semua. Jangan terlalu cepat atau terburu-buru mencoba lagu lain.

14. Rajin dan Serius Latihan

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Rajin Latihan

Setelah satu lagu sudah anda kuasai dengan baik. Anda bisa mencoba lagu berikutnya lagi dan lagi. Anda bisa latihan terus menerus menggunakan kunci dasar. Jika sudah menguasai beberapa lagu menggunakan kunci dasar. Anda bisa lanjut pada pelajaran kunci-kunci yang lain. Lakukan secara perlahan dan cari lagu-lagu yang memiliki kunci-kunci yang lebih rumit lagi.

15. Kursus Gitar

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Kursus Gitar

Pilihan terakhir yang bisa anda coba dan paling cepat untuk bisa belajar kunci gitar adalah dengan ikut kursus. Anda bisa memilih tempat kursus terbaik. Hanya saja anda tentunya memperhatikan biaya kursusnya, jadi tetap harus sesuaikan dengan dana yang anda miliki. Dengan ikut kursus gitar anda akan dipandu oleh tentor dengan materi yang terstruktur sehingga pelajaran anda akan sangat baik dan cepat.

16. Niat Belajar Yang Tinggi

15 Tips Belajar Kunci Gitar Dengan Cepat
Niat Belajar

Setelah anda mencoba semua cara di atas. Hasil akhir akan ditentukan seberapa besar niat anda belajar. Sampai kapan anda terus mencoba mengasah kemampuan anda. Jika niatnya hanya sampai tahu kunci dasar gitar maka anda hanya akan berhenti sampai disitu saja.

Baca Juga: 15 Tips Meningkatkan Minat Membaca.

Demikian tips belajar kunci gitar agar bisa cepat memahaminya. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu anda untuk terus belajar.

Baca Juga