20 Jenis Kucing Yang Bisa Anda Rawat di Rumah
Kucing sangat menyenangkan, baik hati dan termasuk hewan yang dianggap aman karena tidak terlalu membahayakan anak-anak. Kebanyakan orang memilih kucing karena keindahan bulunya, kebaikan sifatnya serta karakteristiknya yang unik dan menarik sehingga memang pantas dan tepat untuk di jadikan hewan peliharaan.

Kucing sangat menyenangkan, baik hati dan termasuk hewan yang dianggap aman karena tidak terlalu membahayakan anak-anak. Kebanyakan orang memilih kucing karena keindahan bulunya, kebaikan sifatnya serta karakteristiknya yang unik dan menarik sehingga memang pantas dan tepat untuk di jadikan hewan peliharaan. Dan tanpa orang sadari. Ternyata kucing memiliki banyak ras atau jenis. Beda bulu beda pula namanya. Nah karena itu saya akan membahas mengenai ini. Agar pecinta kucing bisa mengetahui jenis-jenis kucing.

1. Persia

Persia
Persia
Kucing persia adalah ras kucing yang paling populer di dunia. Saat ini kucing persia lebih di kembangkan di negara Inggris dan Amerika yang pada realitasnya sudah menjadi distributor terbesar untuk penghasil kucing persia. Bentuk  fisik persia pada umumnya adalah hidungnya yang pesek dan muka bulet. Mereka juga memiliki ciri fisik pada ukuran kaki yang pendek, dan bagian rambut  yang panjang dan halus. Umum nya kucing jenis persia terbagi menjadi berbagai jenis, seperti persia peaknose, persia flatnose, persia himalaya, dan persia medium. 

2. Domestik / Kucing Kampung

Domestik / Kucing Kampung
Domestik / Kucing Kampung

Kucing domestik  adalah salah satu kucing  populer di dunia, siapapun tau jenis kucing ini, mungkin karena penampilannya yang  sering terlihat di jalan kota, gang deket rumah, bahkan lewat di depan rumah Anda sendiri. Kucing domestik umumnya memiliki karakter dan sifat bawaan yang cukup baik, seperti mandiri, ingatan yang tajam, serta fisik yang kuat. Berbagai  kelebihannya pada kucing domestik antara lain, ternyata bisa dijinakkan dan dijadikan sahabat baik.

3. American Shorthair

American Shorthair
American Shorthair

Kucing ras American shorthair adalah keturunan dari ras european horthair dan british shorthair. Awalnya kucing ini dikenal dengan sebutan shorthair, lalu memiliki nama populer dengan nama domestik shorthair di tahun 1960. Seiring  berjalannya waktu pada tahun 1966 kucing tersebut berubah nama menjadi american shorthair. Karakteristik american shorthair memiliki ukuran  badan yang sedang,  otot kaki yang bagus serta cakar yang kuat. Bentuk badan mereka diselimuti bulu badan yang pendek dan tebal, yang berfungsi melindungi dirinya dari cuaca ekstrim saat musim dingin. Biasanya mereka sangat menyukai jenis makanan basah yang segar seperti ikan, daging, dan ayam.

4. Russian Blue

Russian Blue
Russian Blue

Russian blue adalah jenis kucing berambut pendek dengan warna bulu abu-abu kebiruan, mempunyai mata hijau yang cukup menarik jika Anda melihatnya secara langsung. Jenis kucing ini terbilang bisa di sejajarkan dengan  kelompok kucing  cerdas di dunia. Karakteristik pada kucing russian blue memang cukup menarik, selain mereka bisa dikatakan cerdas, ternyata jenis kucing ini mempunyai sifat yang sangat erat dengan pemiliknya, namun kelompok kucing russian blue  ini sedikit agak pemalu dengan orang asing yang belum di kenalnya.

5. Siamese

Siamese
Siamese

Kucing siamese merupakan jenis kucing oriental, menurut informasi kucing ini berasal dari thailand. Siamese bisa di katakan kucing yang cukup populer di dunia, banyak kalangan pecinta kucing yang ingin memelihara kucing ini. Siamese memiliki ciri fisik, tubuh ramping, ekor yang panjang dan mata yang berawarna biru. Pola warna yang dimiliki kucing siamese identik dengan colour point yang menggambarkan ciri khas kucing ini. berat badan siamese jantan umumnya 4-7 Kg dan untuk betina paling besar 5 Kg.

6. Maine Coon

Maine Coon
Maine Coon

Maine coon merupakan jenis kucing tertua di dunia, kucing jenis ini berasal dari maine ( Amerika Serikat). Bentuk fisik mereka, memiliki bedan yang besar dan tinggi, berat badannya sekitar 6-9 Kg untuk yang jantan dan betina sekitar 4-6 Kg. Untuk  ketinggian pada kucing ini kurang lebih bisa mencapai 1 meter umumnya.  maine coon juga memiliki bulu yang lebat, lembut, halus, dan memiliki ketahanan cukup baik dengan air. Sifat dan kepribadian kucing ini sangat menarik, mereka cukup indiependent, aktif dan senang dengan pemiliknya. 

7. Sphynx

Sphynx
Sphynx

Kucing sphynx merupakan jenis kucing yang memiliki bulu sangat pendek, kalo di lihat sepintas kucing tersebut tampak tidak memiliki bulu sama sekali. Namun jika di teliti lebih lanjut kucing ini ditumbuhi rambut halus di berapa bagian tubuhnya,seperti di telinga, kaki, ekor, dan organ vitalnya. Ciri-ciri umum pada kucing ini, antara lain memiliki badan sedang, tegak, dan bulat pada bagian perutnya. Pada bagian kepala kucing tersebut memiliki bentuk segitiga, dan cukup panjang.  Kucing sphinx juga mempunyai leher yang panjang, berotot dan bulat. Kaki pada kucing tersebut juga proporsional dengan ukuran tubuhnya.

8. Scotish Fold

Scotish fold
Scotish fold

Kucing scotish fold ini dulunya bernama flops yang merupakan ras kucing alami yang berasal dai skotlandia. Ciri khas kucing ini ada di bagian telinganya yang melipat. Sehingga scotishfold diberi julukan kucing yang berwajah burung hantu atau bisa juga di sebut kucing caupari. Namun kelompok ras kucing ini ada juga yang terlahir dengan telinga yang tidak terlipat. Ras kucing scotishfold merupakan kucing yang berbadan sedang, dengan mempunyai berat badan sekitar 4 – 6 Kg pada kucing jantan dewasa dan 2,7 – 4 Kg pada kucing betina dewasa. Kucing scotish fold memiliki bentuk kepala yang bulat, bola mata yang bulat dan besar, hidung yang cukup pesek serta kaki dan leher yang pendek. Untuk ras kucing ini juga memiliki dua versi, yaitu scotish fold long hair dan scotish fold short hair. 

9. Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian
Kucing Abyssinian

Kelompok kucing jenis ini mempunyai kecerdasaan yang cukup tinggi. Abysinian sangat senang sekali berada di dekat manusia. Mereka selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan majikannya. Selain itu ras kucing ini juga mudah di latih untuk melakukan segala sesuatu. Abyssinian adalah kucing yang berukuran tubuh sedang, langsing dan anggun dengan bulu pendeknya. Kaki Abyssinian panjang sehingga jika mereka berjalan terlihat sangat anggun. Kepala abyssinian memiliki bentuk kepala segitiga dengan sudut agak berbentuk bulat. Salah satu ciri khas kucing ini juga terdapat pada pola warna bulunya yang berbintik-bintik yang sering di sebut Ticket Agouti.

10. Kucing Manx

Kucing Manx
Kucing Manx

Ini termasuk salah satu ras kucing dengan harga termahal di dunia karena memiliki perbedaan di ukuran ekornya, Manx mempunyai ekor lebih pendek dari ras kucing lainnya. Kaki belakang Manx lebih panjang daripada kaki depan dan kucing ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda tetapi hanya warna putih yang sangat langka di temukan.

11. Kucing Savannah

Kucing Savannah
Kucing Savannah

 Ini adalah salah satu kucing peliharaan terbesar di dunia, kucing ini merupakan ras kucing Hibrida yang dihasilkan dari sebuah persilangan kucing liar serval (dari daratan Afrika) dengan kucing ras Siamese, Bengal dan juga Egyptian. Savannah juga mempunyai rekor di dunia karena telah dinobatkan sebagai ras kucing terpanjang oleh Guinness World Records dengan panjang 17,1 inci ( 44 CM ). Mereka salah satu kucing yang cerdas, sering belajar bagaimana membuka pintu lemari.

12. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

Ini adalah salah satu kucing peliharaan dengan tubuh kuat dan memiliki kaki yang proposional. Mereka mempunyai ciri khas pinggul yang besar. Kucing jenis Ragdoll memiliki kepribadian yang cukup baik di antara kucing lain. Ragdoll memiliki suara yang lembut, bersahabat, manja, tidak suka mengganggu siapa saja dan suka bermain (aktif). Kucing jenis raggdol sangat mudah di latih untuk dijadikan teman bermain. Mereka tidak akan membela diri jika hewan lain menyerang mereka.

Baca juga : 15 Cara Memelihara Iguana Dengan Baik dan Benar

13. British shorthair

British shorthair
British shorthair

Kucing ini adalah jenis kucing berbadan sedang dengan bulu yang cukup pendek. British shorthair memiliki ukuran badan dengan rata rata berat 4-8 Kg. Postur badan mereka sangat kuat, padat, pendek, dan berotot seperti halnya anjing buldog. Kepala kucing ini berbentuk bulat dengan pipi yang, penuh dan berotot. Selama perang dunia kedua, populasi kucing jenis ini terlihat berkurang drastis. Demi menyelamatkan ras kucing tersebut british shorthair banyak di kawinkan dengan kucing persia. Akibatnya banyak muncul warna warna lain selain blue yang merupakan ciri khas british shorthair yang memang warna asalnya.

14. Japanese bobtail

Japanese bobtail
Japanese bobtail

Kucing jenis ini adalah ras kucing alami yang berasal dari negeri sakura (Jepang).  Maneki neko yang di maksud adalah sebuah patung kucing di Jepang dengan di percayai sebagai perlambangan “keburuntungan” dan “selamat datang. Japanese bobtail merupakan ras kucing alami yang berukuran sedang dengan badan berotot. Salah satu ciri khasnya adalah pada ekornya yang pendek dan juga seperti terpotong-potong. Kucing jenis ini adalah kucing yang sangat senang bermain dan aktif. Selain itu mereka juga bisa dikatakan kelompok kucing cerdas dunia. kucing ini juga patuh terhadap majikannya dan juga mandiri.

15. Aphrodite

Aphrodite
Aphrodite

Aphrodite merupakan salah ras kucing alami yang berasal dari siprus. Aphrodite memiliki tubuh yang cukup panjang dengan kaki kakinya yang berotot dan kuat. Kepala kucing ini berbentuk segitiga dengan hidung yang mancung. Matanya lebar dan memiliki bentuk seperti almond dan oval, serta di bagian telingannya yang lurus dan runcing. Kucing ras aphrodite memiliki temperamental yang sangat baik, kelompok kucing jenis ini sangat penyayang dan penuh cinta terhadap orang orang di sekitarnya. Selain dari itu kucing aphrodite adalah kucing yang mempunyai ras sosial yang tinggi, santai dan tenang.

16. Balinese

Balinese
Balinese

Dahulu kucing ini di namakan long haired siamese. kelompok kucing ini adalah hasil mutasi genetik dari ras kucing siamese. Perbedaan pada kucing siamese dengan balinese hanya ada di bagian bulunya saja, siamese berbulu panjang dan balinese berbulu pendek. Balinese adalah ras kucing oriental yang memiliki tubuh yang langsing dan cukup panjang. Sifat dan karakteristik yang dimiliki balinese hampir sama persis dengan siamese. Mereka tergolong kucing yang sangat bersahabat dengan manusia. Namun kabarnya kucing ini sangat pemalu jika melihat orang yang baru. Mereka juga termaksud kelompok kucing cerdas di dunia.

17. Devon Rex

Devon Rex
Devon Rex

Devon rex adalah ras kucing yang berbulu pendek dan keriting. Karena bulunya yang tipis tersebut kucing ini disebut sebagai kucing teraman bagi manusia yang mengalami alergi bulu pada kucing. Kucing jenis ini sering kali disebut sebagai kucing peri atau kucing alien karena,  penampilannya yang sangat unik dan bentuk wajahnya yang mirip alien. Devon rex adalah jenis kucing yang cukup aktif, nakal, dekat dengan manusia, dan senang bermain. Banyak orang yang beranggapan kepribadian kucing ini seperti gabungan anjing, monyet, dan kucing.

18. Anatolian

Anatolian
Anatolian

Kucing ras anatolian adalah ras kucing kucing alami yang cukup mirip dengan kucing anggora dan van turki. Kucing jenis ini pertama kali di akui oleh organisasi pendaftaran kucing yang bernama World Cat Federation (WCF) pada tahun 2001. Kucing anatolian merupakan kucing yang berorot dan memiliki kekuatan yang baik dengan kaki belakang yang lebih tinggi dari kaki depannya. Bulu kucing anatolian memiliki ukuran yang pendek dan tidak memiliki bulu pada bagian lapisan bawahnya. Anatolian adalah kucing yang sangat bersahabat dengan manusia. Mereka sangat penyayang dan cinta dengan orang orang di sekitarnya. 

19. Sailan

Sailan
Sailan

Sailan adalah ras kucing alami yang berasal dari srilangka. Kucing sailan memilliki penampilan yang anggun, di karenakan kaki belakangnya lebih panjang dari kaki bagian depannya. Kepribadian yang di miliki kucing sailan antara lain ramah dan juga penuh perhatian. Kucing ini adalah kucing yang sangat energik dan aktif. Di samping itu kucing sailan juga sangat akrab dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya walaupun bukan kucing sekalipun.

20. Ocicat

Ocicat
Ocicat

Kucing dengan nama Ocicat adalah ras kucing dihasilkan dari sebuah persilangan antara kucing domestik dengan ras kucing domestik yang berpenampilan liar. Salah satu ciri khas pada bagian tubuhnya ada di bagian bulunya yang terlihat seperti pola tutul. Ras kucing ini pertama kali mendapatkan status “championship” dari sebuah organisasi standart ras kucing yang bernama Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1987. Kucing ras Ocicat merupakan kucing yang semangat dan energik seperti anjing. Ras kucing ini juga sering di latih bermain lempar tangkap serta berjalan di atas tali pada umumnya. Ocicat adalah kucing yang aktif dan sangat senang bermain air. Mereka adalah kelompok kucing yang ramah, bersahabat, dan juga mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Baca Juga