20 Jenis Anjing Yang Bisa Anda Pelihara di Rumah
Anjing merupakan salah satu jenis spesies mamalia yang banyak dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan. Anjing anyak dipilih, karena merupakan jenis hewan yang memilki loyalitas dan juga tingkat kesetiaan yang sangat tinggi. Ada banyak sekali ras-ras dan juga jenis anjing yang ada di dunia.

Jenis Anjing Peliharaan

Anjing merupakan salah satu jenis spesies mamalia yang banyak dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan. Anjing anyak dipilih, karena merupakan jenis hewan yang memilki loyalitas dan juga tingkat kesetiaan yang sangat tinggi. Ada banyak sekali ras-ras dan juga jenis anjing yang ada di dunia.

1. Siberian Husky

Siberian Husky
Siberian Husky

Siberian Husky  adalah jenis anjing yang berukuran sedang dan juga berbulu tebal. Anjing ras ini merupakan kelompok anjing yang tidak ganas, bahkan bisa dikatakan terlalu baik kepada orang asing, walaupun bukan pemiliknya. Secara  sepintas anjing ini mirip serigala, dan banyak standar ras dunia mengatakan terbentuknya  siberian husky dikarenakan hasil persilangan alam. Selain dari itu siberian Husky memiliki sifat yang cukup menyenangkan bagi manusia. Anjing jenis ini merupakan anjing yang tidak bisa diam dan sangat aktif. 

2. Belgian Malinois

Belgian Malinois
Belgian Malinois

Dari namanya saja, kita sudah tahu bahwa anjing jenis ini berasal dari negara Belgia. Anjing ini merupakan kelompok anjing pengembala, yang memiliki ciri sangat mirip dengan ras anjing Jerman sheperd. Untuk ukuran tubuh ia memiliki tubuh yang sedang, dengan postur badan yang tinggi dan juga gagah. Anjing ini merupakan jenis anjing yang sangat berwibawa. Selain dari itu mereka juga sangat terlatih dan memiliki keunggulan pada indra penciuman serta instingnya yang sangat baik.

3. Golden Retriever

Golden Retriever
Golden Retriever

Dulunya anjing ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambalikan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Kecerdasan mereka terlihat sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidaklah menggigit secara kasar. Karena burung hasil buruan yang diberikan kepada pemburu masih  terlihat sangat utuh. Kecerdasan dan kepandaiannya menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna. Kepribadiannya yang sabar,  bersahabat dan selalu ingin menyenangkan hati setiap pemiliknya telah menjadikan Golden Retriever sebagai  anjing keluarga yang paling populer di dunia.

4. Afghan Hound

Afghan Hound
Afghan Hound

jenis anjing satu ini adalah anjing pemburu dari Afganistan yang mengandalkan kecepatan dan penglihatan pada dirinya. Di saat anjing ini disebarkan di Negara Barat pada abad ke-19, anjing jenis ini menjadi binatang peliharaan mewah dan sering juga disebut sebagai “raja anjing” di dunia. Ciri-ciri fisik dari anjing ini adalah ramping, tulang panggul menonjol, dan bertubuh tinggi. Selain itu  ukuran kepala anjing ini juga cukup panjang dengan  mata gelap oval. Di tambah lagi anjing ini juga dapat hidup berdampingan dengan baik bersama hewan peliharaan lainnya.

5. Terrier Airedale

Terrier Airedale
Terrier Airedale

Anjing ini berasal dari Inggris, kelompok mereka merupakan jenis anjing dengan ukuran tubuh paling tinggi diantara anjing Terrier lainnya.  Ciri fisik dari anjing ini adalah memiliki bulu hitam, ekor tegak, berotot, melahirkan 5-10 enak dalam satu kali kehamilan, dan berbobot 20,4-27,2 kg.  Selain dari itu anjing ini juga memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat baik dan tajam. Mereka  dikenal dengan anjing yang memiliki sifat yang berani dan gesit.

6. Akita

Akita
Akita

Untuk anjing ini berasal dari Jepang. Anjing jenis ini sering dimanfaatkan pemiliknya untuk berburu. Akita juga sangat baik di bidang pelacakan, kelincahan dan kecerdasan pada anjing ini sering digunakan sebagai anjing perlombaan dimanca negara. Namun kekurangan anjing ini sangat sensitive terhadap obat-obatan seperti caksin, insektisida, dan juga obat penenang atau sering disebut anestesi.

7. Doberman Pinscher

Doberman Pinscher
Doberman Pinscher

Doberman pinscher atau biasa Anda kenal dengan sebutan doberman saja merupakan anjing sangat populer di dunia. Anjing ras ini cukup dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya. Anjing ras doberman terkenal dengan bentuk tubuhnya yang atletis dan juga berotot. Mereka merupakan salah satu anjing dengan bentuk badan yang sempurna dengan melambangkan bentuk kegagahan dan maskulinitas. Dan apabila Anda perhatikan, anjing jenis ini sangat sering tampil di layar perfilman. 

8. American Pit Bull Terrier

American Pit Bull Terrier
American Pit Bull Terrier

American Pit Bull Terrier adalah sebagian dari ras anjing  yang tertua. Kelompok anjing ini merupakan ras anjing yang murni. Banyak sumber menyatakan ras anjing ini memiliki kelebihan dari segi ketahanan dan kekuatan fisiknya dari jenis anjing yang lain seperti tahan terhadap rasa sakit, tempramen stabil, sifat pantang menyerah. Kelebihannya tersebut didapatkan dari leluhur american pitbull terrier, yang menurut sejarah dulunya mereka digunakan sebagai anjing petarung. 

9. Basenji

Basenji
Basenji

Basenji adalah anjing  pemburu yang berasal dari  Afrika tengah. Anjing jenis ini tidak suka menyalak, namun jika mereka dipelihara bersama anjing lain yang suka menyalak, maka besar kemungkinan basenji juga bisa menyalak seperti  anjing lainnya. Ciri khas pada anjing basenji memiliki badan kecil dan terlihat anggun. Anjing ini juga memiliki bulu yang pendek dan telinga yang tegak. Anjing ini cukup unik, karena beberapa orang sering menyamakan Basenji sama seperti miniatur seekor rusa kecil. 

10. Basset Hound

Basset Hound
Basset Hound

Anjing ini cukup populer di dunia, karena basset adalah ras anjing yang paling gampang dikenali dari bentuk kakinya yang pendek  dan tampilan mukanya yang terlihat sedih. Anjing ini berasal dari Perancis, mereka merupakan keturunan dari ras anjing Saint Hubert Hound. Dalam hal berburu anjing ini sangat sering memanfaatkan indra penciumannya yang tajam. Basset Hound memiliki kepribadian yang mandiri, loyal, dan senang dengan anak kecil.

11. Bearded Collie

Bearded Collie
Bearded Collie

Nama Inggris anjing ini adalah Bearded Collie, mereka merupakan salah satu anjing peliharaan dan juga anjing penggembala ternak yang berasal dari negara Skotlandia. Ciri-ciri khusus anjing ini adalah pada tatapan matanya yang sedih serta  ekspresinya yang muram.Namun walaupun terlihat sedih anjing ini sangat  energik dan senang menjadi pusat perhatian. Tubuh anjing ini sangat bagus, karena mereka cukup kuat dan gagah serta dilengkapi dengan bulu panjangnya yang indah. 

12. Bedlington Terrier

Bedlington Terrier
Bedlington Terrier

Sesuai dengan namanya bedlington Terrier adalah ras anjing yang berasal dari desa Bedlington, dibagian utara Inggris. Anjing ini termasuk anjing yang berukuran sedang dengan memiliki tinggi kurang lebih 41 cm dan berat tubuh 8–10 kg. Anjing ini memiliki beberapa ciri fisik, yakni matanya yang kecil, telinga berbentuk segitiga,kepala berukuran agak kecil dan memiliki jambul dibagian kepalanya. Pada bagian bulu anjing ini memiliki campuran antara bulu kasar dan halus. Umumnya, bulu Bedlington Terrier berwarna biru coklat, coklat pucat, dan juga sawo matang pada warna utamanya.

13. Bichon Frise

Bichon Frise
Bichon Frise

Ras anjing kecil ini berbulu putih dan halus. Asal usul anjing ini berasal dari Pulau Malta di negara Spanyol. Ras anjing ini termasuk jenis anjing Bichon yang memiliki empat ras berbeda, yakni Bichon Bolognese, Bichon Havanais, Bichon Maltese, dan Bichon Tenerife (Bichon Frise). Mata anjing ini juga berbentuk bulat dengan warna hitam atau coklat dan sedikit gelap. Salah satu kelebihan anjing ini mereka sering kali diperlihara sebagai anjing mainan, yang umumnya sering diikutkan dalam kompetisi kelincahan dan kepatuhan anjing di dunia.

14. Chihuahua

Chihuahua
Chihuahua

Anjing ini merupakan jenis anjing yang paling kecil jika dibandingkan dengan ras anjing lainnya. Mereka memiliki bulu yang sangat pendek dan bahkan cenderung seperti botak. Anjing cihuahua merupakan jenis anjing yang sangat populer di dunia karena bentuknya yang lucu dan juga sangat menarik. Walau demikian anjing ini memiliki beberapa masalah kesehatan yang harus ditangan dan perlu diperhatikan. Anjing ini gampang terserang penyakit seperti epilepsi, dan kejang-kejang pada umumnya.

15. Bouvier Des Flandres

Bouvier Des Flandres
Bouvier Des Flandres

Mereka adalah ras anjing penggembala yang berasal dari Flanders, belgia.Menurut sejarahnya, anjing ini sering digunakan sebagai kurir untuk mencari korban perang yang terluka pada saat Perang Dunia I dan II. Mereka memiliki beberapa ciri fisik dengan bulu panjang,  hitam, dan punggungnya yang lebar. Selain itu masalah kesehatan lain yang sering menyerang  anjing ini adalah displasia panggul dan kelainan mata seperti katarak pada nama umumnya.

Baca juga : 20 Jenis Kucing Yang Bisa Anda Rawat di Rumah

16. Shih Tzu

Shih Tzu
Shih Tzu

Shih tzu kini menjadi favorite pencinta anjing bagi dog lover yang tertarik pada keindahan bulu dan anjing lomba. Selain daya tarik akan bulunya yang nampak seperti singa dan tingkahnya yang lucu, shih tzu juga trah anjing yang memiliki daya fokus yang cukup bagus jadi kalian bisa melatih tingkat kepatuhan lebih mudah dibandingkan dengan anjing lain. Yang pasti jika kalian menginginkan untuk memelihara anjing ini kalian harus menyiapkan budget yang lumayan besar karena anjing ini harus memiliki perawatan extra pada bulunya.

17.French Bulldog

French Bulldog
French Bulldog

Walaupun nanmanya french tetapi asal anjing ini sebenarnya dari Inggris, anjing yang pertama kali dikembangkan di Nottingham Inggris pada abad ke 19 tetapi pada tahun 1850an para ilmuan dan pengrajin harus pergi ke Perancis dikarenakan ditetapkanya revolusi industri pada saat itu yang membuat french bulldog ikut dibawa dan dikembangkan lalu populer di Perancis. French bulldog adalah bagian dari varietas english bulldog, pada pertama kali anjing ini diciptakan agar ada english bulldog versi mini makanya pada awal anjing ini disebut toy bulldog. French Bulldog adalah anjing yang menyenangkan, teman yang mudah dirawat, lucu, penyayang dan antusias tapi tidak berisik, mereka juga pintar jadi lebih mudah untuk kalian latih kepatuhan.

18. Maltese

Maltese
Maltese

Jenis anjing berikutnya adalah maltese, mereka merupakan jenis anjing kecil. Mereka memiliki bentuk tubuh yang panjang, kepala bulat dan mata yang besar. Anjing ini umumnya sering muncul di berbagai stasiun TV trutama pada Film kartun. Anjing jenis juga tergolong rentan terserang penyakit Flue, dan alergi pada dirinya.

19. Affenpinscher

Affenpinscher
Affenpinscher

Affenpinscher merupakan salah satu ras anjing mainan tertua yang berasal dari Jerman pada tahun 1600-an. Anjing ini memiliki keindahan bulu yang berwarna hitam, abu-abu, silver, krem, hitam-coklat, atau merah. Untuk ukuran badan Affenpinscher memiliki tinggi sekitar 23-30 cm dan bobot badan kurang lebih 3-3,5 kg. Ciri fisik dari anjing ini berada di telinganya yang simetris dan juga bulu kasarnya yang lebat. Pada bagian bulu Affenpinscher memiliki panjang  kurang lebih 1 inci dan untuk bagian ekor serta bokong cenderung memiliki bulu yang lebih pendek dari bulu di badannya.

20. American Bully

American Bully
American Bully

American bully adalah anjing yang diciptakan dari persilangan pitbull, sehingga memang sangat terlihat kesamaan mereka dengan pitbull, yang membedakan mereka dengan pitbull adalah badan mereka yang lebih gempal dan berotot, tinggi yang lebih pendek dan kepala mereka yang lebih besar daripada badan mereka. American bully dipercaya lebih friendly dengan manusia dan binatang lain, sehingga american bully sering menjadi opsi saat kalian takut dengan keberadaan anjing seperti pitbull.


Baca Juga