15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Ulasan mengenai 15 media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru pengajar untuk menyajikan dan menyampaikan materi ajar kepada peserta didik, penggunaan media pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan keterserapan materi ajar yang disajikan.

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam penyampaian materi ajar kepada peserta didik. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan tingkat pemahaman dan keterserapan materi ajar pada peserta didik. Berikut ini beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menyajikan materi ajar.

1) Opaque Projection

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Opaque Projection

Alat ini sering digunakan oleh guru sebagai media penyajian materi ajar sebelum maraknya penggunaan proyektor LCD. Salah satu keunggulan Opaque Projection adalah tidak diperlukannya kertas khusus untuk dapat diproyeksikan ke layar, yang diperlukan hanyalah kertas biasa. Sehingga guru dapat menyajikan hasil diskusi atau hasil kerja kelompok peserta didik di layar agar dapat dilihat oleh keseluruhan peserta didik.

2) Overhead Projection

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Overhead Projection

Media Overhead Projection membutuhkan kertas khusus untuk dapat diproyeksikan ke layar, kertas khusus tersebut adalah kertas transparan yang ditulis dengan spidol khusus. Butuh kepiawaian tersendiri bagi guru untuk dapat menuliskan materi ajar yang ingin disampaikan, hal ini terkait dengan kertas transparan yang akan terasa licin dan menyulitkan bagi mereka yang belum pernah menulis di kertas transparan sebelumnya.

3) Slide Projection

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Slide Projection

Slide Projection adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menyajikan materi ajar dalam bentuk tampilan proyeksi foto. Media ini membantu guru ketika guru ingin menunjukkan bentuk, wujud suatu obyek yang tidak mungkin dihadirkan ke dalam kelas karena terlalu berbahaya atau mungkin sudah sulit ditemukan.

4) Proyektor LCD

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Proyektor LCD

Proyektor LCD adalah media pembelajaran yang tidak jauh berbeda dengan tiga media proyeksi gambar sebelumnya. Namun pada proyektor LCD materi ajar yang ingin disampaikan di salurkanmelalui bantuan komputer atau laptop. Media Proyektor LCD ini sudah menjadi hal yang jamak ditemui serta kerap digunakan oleh guru pada sekolah dengan fasilitas yang memadai.

5) Gambar Fotografik

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Gambar Fotografik Kucing

Media gambar fotografik atau media foto dapat digunakan oleh guru untuk menunjukkan dan menyajikan materi ajar yang berkaitan dengan tokoh sejarah, bentuk benda, wujud hewan, tumbuhan, bentuk tubuh manusia atau obyek yang membutuhkan penjelasan melalui rangsangan indera penglihatan. Penggunaan media gambar fotografik untuk menunjukkan bentuk konkret atau nyata dari suatu objek.

6) Fotonovela

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Fotonovela

Fotonovela adalah media pembelajaran yang merupakan sekumpulan fotografik yang saling berhubungan satu sama lain. Fotonovela ini dapat digunakan oleh guru untuk menyajikan materi ajar dengan menyisipkan inti pokok materi ajar dalam percakapan atau keterangan di dalam fotonovela.

7) Bagan

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Bagan

Bagan merupakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi ajar berupa suatu ide atau proses yang saling terkait satu sama lain. Guru dapat membuat bagan dengan mengacu pada inti pokok materi ajar.

8) Diagram

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Diagram

Media pembelajaran diagram digunakan oleh guru untuk menyajikan materi ajar berupa data yang menunjukkan sebuah perbandingan.

9) Poster

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Poster

Media pembelajaran poster dapat digunakan untuk menarik perhatian peserta didik dengan fokus utama materi ajar. Guru dapat membuat sebuah poster yang menunjukkan sebuah kondisi terkait materi ajar dimana kondisi tersebut dibuat untuk merangsang opini peserta didik.

Baca Juga : Metode Eksperimen - Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Langkah, Kelebihan dan Kelemahan

10) Karikatur

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Karikatur

Media pembelajaran ini juga menjadi salah satu cara guru untuk menarik perhatian peserta didik sebelum memulai proses pembelajaran. Dengan menunjukkan karikatur lucu yang memiliki kaitan dengan materi ajar diawal proses pembelajaran akan merangsang minat peserta didik pada materi ajar.Kondisi penuh minat ini akan memudahkan guru untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik.

11) Media Komik

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Media Komik

Media komik dapat dibuat sendiri oleh guru dengan menyisipkan materi ajar pada percakapan atau keterangan di dalam komik. Pembuatan media pembelajaran ini butuh keterampilan menggambar, namun bila digunakan dapat merangsang minat peserta didik pada materi ajar yang disajikan.

12) Patung

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Patung

Media pembelajaran patung dapat digunakan oleh guru untuk menunjukkan bentuk wajah dari tokoh sejarah atau dapat digunakan untuk menunjukkan nilai estetika dari sebuah karya seni.

13) Media Diorama

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Media Diorama

Media pembelajaran diorama dapat digunakan oleh guru untuk menunjukkan proses atau peristiwa yang tidak dapat dihadirkan ke dalam kelas.

14) Rekaman Suara

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Proses Rekaman Suara

Media pembelajaran ini dapat digunakan ketika guru ingin menyajikan suasana atau rekaman suara tokoh sejarah yang telah tiada, atau dapat digunakan untuk mengukur kemampuan menyimak peserta didik dengan memberikan waktu peserta didik untuk mendengarkan rekaman suara berisi beberapa informasi lalu meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang mengacu pada rekaman suara. Rekaman suara ini dapat diunduh melalui internet dengan sumber yang legal dan valid dan dapat diputar melalui aplikasi pemutar suara di smartphone.

15) Media Audio Visual

15 Media Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui
Media Audio Visual

Media pembelajaran ini merupakan salah satu media pembelajaran yang ampuh menarik perhatian peserta didik. Hal ini terkait dengan penggunaan dua indera peserta didik yakni indera penglihatan dan indera pendengaran. Penggunaan media pembelajaran Audio Visual biasanya menunjukkan suatu proses atau eksperimen yang tidak dapat dihadirkan ke dalam kelas karena terlalu berbahaya seperti proses terjadinya bencana alam gunung meletus, banjir, longsor serta gempa bumi. Selain itu dapat juga menunjukkan proses eksperimen kepada peserta didik dimana bahan eksperimen yang dilakukan terlalu berbahaya ataupun sulit ditemukan. Guru dapat mengunduh video tersebut melalui internet.

Namun tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang memadai, karena itu guru selalu dituntut kreatif untuk dapat mengolah apapun yang ditemui di ingkungan sekitar untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Minimnya teknologi bukanlah sebuah penghalang bagi guru untuk dapat menyajikan materi ajar dengan kreatif.

Demikian ulasan mengenai 15 media pembelajaran yang digunakan oleh guru pengajar untuk menyajikan dan menyampaikan materi ajar kepada peserta didik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.