15 Cara Membuat Blog Dengan Mudah Pada Platform Blogspot
Belakangan ini, dunia blogging memang semakin banyak diminati, baik oleh anak muda maupun yang sudah dewasa. Selain bisa berbagi pengetahuan, blog ini juga bisa mengahsilkan uang yang banyak jika bisa dikelola dengan baik, dan juga memiliki pengunjung yang banyak. Jika anda ingin membuat blog, maka anda bisa menggunakan 15 Cara Membuat Blog Dengan Mudah Pada Platform Blogspot ini untuk mempermudah anda.

Cara Membuat Blog Dengan Mudah Pada Platform Blogspot - Perkembangan teknologi sudah semakin berkembang, dan intensitas pemakaian internet pun sudah semakin meningkat. Bisa dikatakan kalau kebanyakan orang saat ini mencari informasi dari internet, bahkan untuk mencari bahan - bahan pelajaran sekalipun. Sudah tentu disini, para penyedia informasi harus membuat blog terlebih dahulu.

Untuk membuat blog memang ada beberapa platform yang bisa anda pilih, yakni platform blogspot dan platform wordpress yang terbagi dua, wordpress berbayar dan wordpress gratis. Kebanyakan blogger pemula memang menggunakan platform gratis terlebih dahulu. Namun jika blog nya berkembang, tidak sedikit yang akhirnya membeli domain dan menjadikan blog nya menjadi sebuah website berbayar.

Dunia blogging bukan hanya sekedar hobby menulis dan berbagi kepada para pembaca, karena tidak sedikit yang akhirnya mendapatkan banyak uang dari blog yang dikelola. Nah, membuat blog sebenarnya tidak terlalu sulit, namun tentu jika anda masih tergolong pemula, maka mungkin akan membutuhkan panduan. Selain itu, anda juga harus memiliki akun gmail yang masih aktif, dan untuk kali ini kita anggap saja anda sudah memiliki akun gmail yang aktif. Jika anda berencana membuat blog, maka anda bisa mengikuti panduan 15 Cara Membuat Blog Dengan Mudah Pada Platform Blogspot berikut ini.

1. Siapkan Komputer Dan Koneksi Internet

Cara Membuat Blog
Komputer dan Koneksi Internet

Membuat blog memang bisa melalui smartphone yang banyak digunakan saat ini. Namun tentu hal tersebut akan kurang efektif dan membuat anda akan kesulitan dalam membuat blog. Untuk itu, kalai ini kita akan menggunakan komputer sebagai tutorial atau cara membuat blog terbaru ini.

2. Tentukan Platform

Cara Membuat Blog
Tentukan Platform

Platform blogspot dan wordpress memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Untuk memantapkan rencana membuat blog, maka tidak ada salahnya jika anda mencari perbedaan antara kedua platform yang menyediakan blog gratisan ini. Karena kita akan membahas mengenai cara membuat blog dengan platform blogspot, maka kita akan memilih paltform blogspot saja, yang memang lebih banyak dipakai oleh blogger pemula.

3. Buka Halaman Pertama Google

Cara Membuat Blog
Halaman Pertama Google

Jika anda ingin mencari sesuatu di internet, maka tentu yang anda buka pertama kali adalah halaman pertama google. Pada halaman pertama google ini, anda akan bisa mencari apapun yang anda inginkan, termasuk dalam cara - cara membuat blog atau langkah yang harus anda lakukan.

4. Buka Blogger

Cara Membuat Blog
Buka Blogger

Setelah anda memasuki halaman pertama google, maka anda harus membuka halaman blogger untuk langkah selanjutnya. Memang membuat blog gratisan bisa juga dari platform wordpress, namun untuk kali ini kita akan memilih platform blogspot yang sejauh ini masih kebanyakan dipakai oleh para blogger gatisan dan pemula. Untuk masuk ke halaman blogger, anda bisa mengetikkan blogger di mesin pencari google atau menuju langsung ke alamat www.blogger.com.

5. Buat Blog

Cara Membuat Blog
Buat Blog

Setelah anda memasuki halaman blogger, maka anda akan diarahkan pada halaman pertama blogger yang berisikan fitur - fitur yang bisa anda gunakan atau anda nikmati dalam menggunakan blog melalui platform blogspot. Pada halaman ini juga anda akan diberi tahu mengenai potensi apa saja yang bisa anda dapatkan dalam mengelola blog.

6. Masuk Akun Google

Masuk Akun Google

Saat berada di halaman buat blog, maka anda bisa mengeklik tulisan buat blog yang berada di bagian tengah. Setelah itu, anda akan disuruh masuk ke akun gmail anda terlebih dahulu. Untuk sekarang ini, kita anggap saja anda sudah memiliki akun gmail yang aktif. Jika anda belum memiliki akun gmail, maka anda bisa mendaftar dengan mengikuti panduan 15 Cara Membuat Email Terbaru Dengan Mudah Dan Cepat.

7. Konfimasi Profil Anda

Cara Membuat Blog
Konfirmasi Profil Anda

Jika anda ingin membuat blog, maka tentu anda harus memiliki identitas. Untuk langkah ini, anda bisa menggunakan profil Google+ sebagai profil anda atau memilih membuat profil blogger terbatas. Jika anda memang ingin serius dalam membuat blog atau ingin memiliki sebuah jati diri, maka sebaiknya anda memilih untuk membuat ptofil blogger terbatas saja.

8. Isi Profil Anda

Cara Membuat Blog
Isi Profil Anda

Jika anda sudah memilih untuk menggunakan profil blogger terbatas, maka tentu anda harus membuat nama anda. Nama ini nantinya akan tampil pada blog yang anda buat sebagai pemilik blog. Sebaiknya anda memilih untuk menggunakan nama yang berhubungan dengan nama blog anda nantinya. Jadi, orang akan lebih mudah mengingat blog anda, karena profil, nama blog, dan alamat blog sesuai.

Baca Juga : 17 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami Dan Terbukti Ampuh

9. Buat Blog Baru

Cara Membuat Blog
Buat Blog Baru

Setelah anda mengisi nama anda di profil blogger terbatas, anda bisa memilih untuk melanjutkan. Anda akan diarahkan pada halaman utama blogger dengan posisi sudah masuk akun gmail yang aktif. Halaman ini tidak berisi banyak hal, hanya sedikit informasi mengenai hukum - hukum yang akan diberlakukan untuk anda dalam membuat dan mengelola blog.

10. Tentukan Tema/Niche

Cara Membuat Blog
Tentukan Tema/Niche

Setelah anda memasuki halaman blogger, maka tentu anda harus menentukan tema atau niche. Anda harus memikirkan akan membahas tentang apa blog yang akan anda buat ini. Sebisa mungkin gunakan atau pilihlah tema yang sesuai dengan hobby anda. Dengan demikian, anda akan lebih santai dalam mengelola dan membuat pos - pos di dalamnya nanti.

11. Judul Dan Alamat Blog

Cara Membuat Blog
Judul dan Alamat Blog

Setelah anda menetukan tema apa yang akan anda bahas di dalam blog anda nantinya, maka langkah selanjutnya adalah mengisi form nama judul blog beserta dengan alamat blog yang anda pakai. Ada baiknya agar anda memakai judul blog dengan alamat blog yang sinkron untuk memberikan identitas tersendiri buat blog anda.

12. Google Domain

Cara Membuat Blog
Google Domain

Setelah anda mengisi form tersebut dan memilih membuat blog baru, maka anda akan diarahkan pada halaman pop up yang berisikan penawaran domain untuk alamat blog anda. Pada halaman pop up ini, anda akan diberitahukan mengenai alamat - alamat mana saja yang cocok untuk blog anda beserta dengan harganya. Namun untuk kali ini kita akan melewatkan langkah ini, karena kita akan membuat blog gratisan.

13. Panel Blogger

Cara Membuat Blog
Panel Blogger

Jika anda sudah melewati halaman pop up google domain, maka anda akan diarahkan pada halaman panel blogger, termpat dimana anda akan bisa dan leluasa dalam mengelola blog baru anda. Pada panel ini, anda akan bisa membuat postingan, melihat statistik, melihat komentar pada postingan anda, mengatur tema, mengatur tata letak, dan berbagai pengaturan lainnya.

14. Terbitkan Postingan Anda

Cara Membuat Blog
Postingan

Cara membuat blog sudah selesai dan sekarang saatnya bagi anda untuk menerbitkan postingan pertama anda. Postingan inilah nantinya yang akan dilihat oleh para pengunjung saat berkunjung ke blog yang anda kelola. Saat anda ingin menerbitkan postingan, maka anda bisa memilih untuk mengeklik entri baru pada bagian atas panel blogger. Silahkan anda isi judul dan isi dari postingan anda. Ingat judul dan isi postingan haruslah sinkron dan cocok. Anda juga sebaiknya menambahkan minimal 1 gambar setiap anda menerbitkan postingan.

15. Konsisten

Cara Membuat Blog
Konsisten

Dalam mengelola blog, haruslah dibutuhkan kesabaran dan kekonsistenan. Untuk awal - awal, pengunjung blog anda mungkin akan sangat sepi, bahkan tidak memiliki pengunjung. Namun semuanya akan berjalan seiring waktu. Usahakan agar tulisan - tulisan yang ada di dalam blog anda adalah tulisan berkualitas dan bukan hasil copy paste dari blog lain. Dengan demikian, maka pengunjung blog anda akan  betah dan berkunjung kembali ke blog anda.

Membuat blog memang bukanlah hal yang sulit, terlebih orang - orang yang memiliki ketertarikan pada dunia blogging. Namun untuk para pemula, mungkin masih ada yang buta sama sekali mengenai cara membuat blog. Persyaratan dalam membuat blog tidaklah banyak, anda hanya diminta atau diwajibkan memiliki akun gmail yang aktif saja. Jika anda ingin membuat blog dan membutuhkan panduan, maka 15 Cara Membuat Blog Dengan Mudah Pada Platform Blogspot diatas tadi mungkin akan berguna buat anda, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.