18 Aplikasi Chat di Android Terbaik
Sekarang begitu banyak aplikasi chat di Android, banyak fitur yang tersedia, dimana fitur tersebut mampu memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga, sahabat, ataupun pasangan.

Fungsi terbesar smartphone adalah sebagai media komunikasi, dan yang paling umum digunakan adalah telepon dan SMS. Mengingat smartphone adalah gadget yang canggih, tak heran jika dalam satu smartphone mampu menginstal beberapa aplikasi, salah satunya yakni aplikasi chat.

Banyak orang menggunakan aplikasi chat lantaran lebih memudahkan dalam berkomunikasi. Nah, kali ini kita akan mengulas beberapa aplikasi chat di Android yang paling populer. 

1. LINE

Pengguna Android mana yang tidak tahu aplikasi chat yang satu ini? Ya, Line adalah aplikasi chat terpopuler dengan fitur-fitur yang menarik, seperti video call, tema dan stiker yang menarik, serta masih banyak fitur-fitur lainnya. 

Selain digunakan sebagai media untuk chatting, Line juga bisa kita gunakan sebagai media untuk promosi. Pasalnya, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak orang menggunakan Line untuk kepentingan bisnis. 

2. WeChat

Jika pada line terdapat banyak fitur gratis dan berbayar, WeChat juga punya segudang fitur gratis yang tak kalah menariknya. Sekilas aplikasi yang satu ini memang mirip dengan Line, fitur-fitur yang disediakan pun juga relatif sama. 

3. Path

Tak hanya masyarakat biasa, para artis pun banyak yang memakai aplikasi yang satu ini. Disini kamu bisa berbagi momen indahmu kepada teman, sahabat, kekasih, ataupun keluarga, seperti status, foto, musik dan video. 

4. BBM

Awalnya aplikasi chat yang satu ini hanya bisa digunakan pada perangkat Blackberry saja, namun seiring dengan perkembangan jaman, Blackberry hadir di segala merk smartphone. Meski tak sekaya fitur-fitur yang tersedia di Line, BBM mampu memikat penggunanya dengan kesederhanaannya. 

5. KakaoTalk

Fungsi aplikasi chat adalah sebagai media untuk berkomunikasi, KakaoTalk hadir dengan mempunyai keunggulan tersendiri, yakni mampu menyampaikan pesan secepat mungkin alias tanpa pending. Kamu juga bisa telpon gratis menggunakan aplikasi chat yang satu ini. 

6. WhatsApp

Berbeda dengan aplikasi chat lainnya, yang umumnya selalu memberikan fitur terupdate untuk menarik penggunanya. WhatsApp hadir dengan penuh kesederhanaan, namun siapa sangka jika kesederhanaannya ternyata mampu menarik banyak pengguna smartphone. 

7. Hangout

Kamu tahu Google? Nah, Hangout adalah aplikasi chat buatan Google. Jadi tidak perlu dipertanyakan lagi tentang seberapa bagusnya aplikasi ini. Selain chatting, kamu juga bisa mengirim MMS/SMS dan Video Call dengan Hangout. 

8. Facebook Messenger

Hampir setiap orang mempunyai akun Facebook, bahkan ada beberapa orang yang mempunyai akun Facebook lebih dari satu. Nah, Facebook Messenger adalah aplikasi chat yang bakalan memudahkan chatting dengan teman-teman Facebookmu. Ada fitur chat head yang sangat unik, dimana fitur ini sampai sekarang belum pernah saya temui di aplikasi lainnya. 

9. Instagram

Anak kekinian tentu tahu dong dengan aplikasi yang satu ini. Awalnya Instagram hanya bisa digunakan sebagai media untuk berbagi momen berbentuk foto dan video. Namun lama-kelamaan Instagram update dengan fitur chat layaknya aplikasi chat lainnya. Selain digunakan oleh anak-anak kekinian, Instagram juga digunakan oleh banyak artis dari berbagai belahan dunia. 

10. IMO –  Video Dan Ngobrol Gratis

Meskipun tak begitu populer layaknya Line dan WhatsApp, faktanya IMO dibekali dengan fitur yang tak kalah menariknya dengan kedua aplikasi tersebut, seperti sticker unik yang menarik, serta kamu juga bisa berbagi momen berbentuk video dan foto di sini. 

Baca Juga : 25 Aplikasi Download Video di Android

11. Meetme: Chat Dengan Orang Baru

Sesuai dengan moto aplikasi ini, disini kita memang benar-benar bisa chat dengan orang baru, berkenalan, cari teman ataupun jodoh sekalipun. Uniknya kita juga bisa berkenalan dengan orang-orang luar negeri. Jadi cocok banget buat kamu yang hobby chatting. 

12. Moco – Chat & Ketemu orang

Sama halnya dengan Meetme, aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk berkenalan dengan orang-orang baru, entah itu dalam negeri ataupun luar negeri. Hanya saja di aplikasi ini ada tambahan fitur yang cukup menarik, yakni ada sejumlah game yang bisa kita mainkan bersama dengan teman-teman di Moco. 

13. Snapchat

Aplikasi yang sedang naik daun ini memang menyajikan berbagai fitur menarik. Tak hanya banyak digunakan oleh penduduk Indonesia saja, penduduk asing pun juga terbilang sangat banyak yang menggunakan Snapchat. 

Salah satu fitur unik yang tersedia di sini dan tidak tersedia di aplikasi chat lainnya adalah fitur Snapchatters, dimana fitur yang satu ini memungkinkan kita untuk menjadikan pesan/obrolan kita dengan orang lain menjadi sebuah gambar  

14. LOVOO – Chat And Meet People

Kesepian? Gara-gara tidak punya teman / pacar? Mungkin kamu perlu coba aplikasi chat yang satu ini. Yap, LOVOO bisa kamu gunakan untuk berkenalan dengan orang baru, dan bisa kamu jadikan sebagai teman ataupun kekasihmu. 

15. Twitter

Selain Facebook, Twitter juga salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan oleh sejumlah orang. Fitur yang tersedia di Twitter hampir mirip dengan fitur yang tersedia di Facebook. Kini ada fitur chat pribadi yang bisa kamu gunakan untuk chatting dengan teman ataupun kekasihmu. 

16. Telegram 

Sama halnya dengan Whatsapp, Telegram hadir dengan tampilan yang cukup sederhana. Pasalnya, Telegram lebih fokus terhadap keamanan pesan daripada fitur-fiturnya. Terbukti dengan adanya self-destruct, dimana pesan yang kamu terima dapat terhapus secara otomatis setelah kamu baca, dan tidak bisa dikembalikan lagi dengan cara apapun. 

17. Signal 

Soal keamanan, Signal sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya Signal adalah aplikasi besutan Open Whisper Systems. Mereka adalah sekelompok hacker yang kabarnya membantu WhatsApp dalam mengembangkan sistem enkripsinya. Jadi cocok banget buat kamu yang sering ngobrol hal-hal penting lewat smartphone. 

18. Wickr Me

Aplikasi besutan seorang peretas bernama Nico Sell ini menawarkan keamanan kelas militer. Sehingga pesan bakalan dirandom, dengan begitu pihak lain tak akan ada yang mampu mengidentifikasi pesan tersebut. 

Kabarnya, dulu aplikasi yang satu ini sering digunakan oleh sekelompok whistleblower supaya tidak disadap oleh pemerintah. 

Baca Juga