15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian melayu adalah tarian yang berkembang dan berasal dari wilayah Melayu. Simak ulasan mengenai apa saja tarian dari daerah melayu dalam artikel berikut ini.

Tarian melayu adalah tarian yang berkembang dan berasal dari wilayah melayu. Tak hanya berkembang di Malaysia, Tarian melayu juga dapat ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia yang berdekatan dengan negara malaysia, hal ini dapat dimaklumi karena indonesia dan malaysia masih satu rumpun, yakni rumpun melayu.

Tarian Melayu menjadi salah satu bukti besarnya budaya dan tradisi rakyat melayu. Tarian melayu diwariskan dari masa kejayaan kerajaan melayu dan kini masih dipertahankan dan di jaga sebagai berntuk penghormatan kepada masa lalu.

Lalu, tarian apa saja yang berasal dari wilayah melayu? Simak ulasan berikut ini.

1) Tarian Ulek Mayang

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Ulek Mayang

Tari Ulek mayang adalah tari tradisional rakyat melayu yang berakar dari legenda Ulek Mayang, yaitu legenda mengenai pertarungan antara seorang bomoh melawan roh puteri laut. Roh puteri laut telah membuat seorang nelayan tidak sadarkan diri dan mabuk cinta kepada sang puteri.

Perlawanan Bomoh kemudian membuat roh puteri laut meminta bantuan kepada kelima saudaranya untuk melawan sang Bomoh. Pertarungan antara bomoh dan keenam puteri pun berlanjut. Hingga akhirnya ketika bomoh terdesak, muncul roh puteri laut ketujuh yang merupakan puteri sulung. Puteri ketujuh tersebut lalu memerintahkan semua orang untuk kembali keasalnya masing masing.

"Yang laut kembali ke laut, yang darat kembali ke darat".

Meski pada awalnya tak setuju, akhirnya keenam puteri tersebut mendengarkan ucapan puteri ketujuh. Pertarungan antara Bomoh dengan keenam roh puteri laut pun berakhir.

Merasa berhutang budi, akhirnya bomoh membuat ritual sebagai bentuk syukur atas pertolongan puteri laut yang akhirnya dikenal dengan nama tari Ulek Mayang.

2) Tarian Inang

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Inang

Tarian Inang merupakan tarian turunan ( versi modern) dari tarian tradisional Melayu Mak Inang. Tarian ini sering dipentaskan sebagai hiburan di acara hajat pengantin atau acara besar lainnya. Salah satu properti yang khas dari tari ini adalah sapu tangan warna warni yang selalu dilambaikan penari saat menari. Gerakan penari mengikuti tempo dari tiga alat musik tradisional yakni, gendang, rebana dan biola yang juga merupakan alat musik pengiring utama dari tarian ini.

3) Tarian Zapin Pekan

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Zapin Pekan

Tari Zapin diyakini berasal dari wilayah Arab. Masuknya Tari Zapin ke wilayah melayu disambut baik dan dapat diterima oleh masyarakat setempat, Tari tersebut lalu diadopsi dan menyatu dengan budaya setempat dengan beberapa perubahan dan menghasilkan tari baru yang masih mengakar pada gerakan tari Zapin namun memiliki unsur budaya melayu, salah satunya adalah Tari zapin pekan, dimana Pekan adalah nama sebuah wilayah.

Tari Zapin Pekan memiliki gerakan kaki yang lugas dan cepat. Tarian ini diyakini masuk ke wilayah Pekan pada sekitar tahun 1930, diperkenalkan oleh penjual songkok dari sumatera. Meskipun berasal dari wilayah Arab namun pakaian yang digunakan oleh penari tari Zapin adalah pakaian khas melayu. Pada tahun 50an tari ini populer di kampung Lamir dan kampung Tanjung Gemuk. Rebana, gambus, gendang dan marakas menjadi alat musik pengiring utama dari tarian ini.

4) Tarian Balai

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Balai

Tari Balai merupakan tari tradisional Melayu yang berasal dari wilayah Terengganu. Tari Balai ini ditarikan oleh para gadis. Gerakan utama tarian balai merupakan bentuk simbolik kegiatan cocok tanam disawah. Balai sendiri adalah sejenis payung dengan ukuran panjang yang berwarna warni. Tarian balai ini biasanya dipentaskan pada saat menjelang panen atau hendak masuk masa bercocok tanam.

5) Tarian Calok

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Calok

Pada jaman dahulu, tari calok ditampilkan untuk meramaikan pesta perkawinan. Yang unik dari tarian ini adalah tempat dimana tarian ini di pentaskan, jika pada umumnya tari pesta perkawinan ditampilkan pada panggung khusus,maka pada tari calok, penari akan muncul dari tempat tidak terduga seperti dapur atau pintu belakang dan muncul bersama alunan tetabuhan musik ke hadapan pengantin untuk menghibur.

6) Tarian Gayong Otar

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Gayong Otar

Tarian ini merupakan tari kepahlawanan, bentuk kepahlawanan tarian ini terlihat dari gerakan tari yang lugas dan tegas disertai dengan adu gerak antar penari, penari juga dilengkapi dengan properti pedang dan perisai. Penari gayong Otar akan dikelompokan dalam dua kelompok dan saling berhadapan lalu kemudian akan saling beradu libasan pedang dan adu perisa. Hanya pria saja yang diperbolehkan menarikan tarian ini. Musik pengiring tari ini berasal dari alat musik gendang dan gong. Pakaian yang dikenakan merpuakan pakaian silat khas melayu.

Baca Juga : 15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar

7) Tarian Dabus

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Dabus

Tari Dabus merupakan tari melayu tradisional yang berasal dari daerah negeri perak, malaysia dan diyakini sudah ada sejak 300 tahun yang lalu, yakni pada sekitar tahun 1700an.

8) Tarian Cik Siti Wau Bulan

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Cik Siti Wau Bulan

Tarian tradisional melayu ini berasal dari kelantan. Tari Cik Siti Wau Bulan ini merupakan bentuk suka cita rakyat melayu akan datangnya musim panen.

9) Tarian Canggung

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Canggung

Tarian canggung adalah tarian tradisional Melayu yang berasal dari negeri Perlis dan berkembang di Kedah dan Pulau pinang. Canggung sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Thai yang berarti Menari. Tarian ini diyakini diciptakan pada masa setelah perang dunia kedua.

10) Tarian Randai

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Randai

Tari Randai berasal dari wilayah Minangkabau, sumatera barat, Indonesia. Wilayah tersebut memiliki corak budaya melayu yang masih kental. Tarian ini memasukan unsur gerakan beladiri seperti gerakan silat kedalam tariannya. Alat musik pengiring tari randai adalah rebana, gong, caklempong, dan salung. Tari ini sering dipentaskan pada acara perkawinan, pesta panen dan acara besar lainnya.

11) Tarian Mak Yong

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Mak Yong

Mak Yong adalah tari tradisional khas melayu yang menggabungkan seni gerak tari dengan drama dan iringan musik. Cerita yang sering diangkat bersumber pada cerita rakyat setempat. Tari Mak Yong berkembang dan kerap dipentaskan di sejumlah wilayah seperti Patani, Terengganu, Kedah, Kelantan, Perlis serta Kepulauan Riau.

Pada umumnya pementasan tari Mak yong dilakukan sekitar 3 jam atau lebih, dipetaskan di panggung terbuka dengan latar daun kelapa. Yang khas dari tari Mak yong adalah seluruh penari adalah perempuan.

12) Tarian Mak Inang

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Mak Inang

Tari Mak Inang diciptakan pada jaman kesultanan Melayu Melaka. Tarian ini diciptakan oleh Sultan Mahmud Shah yang sangat menyukai kesenian. Tarian Mak Inang kini memiliki versi modern yakni tarian Inang, yang sering dipentaskan pada acara pesta pernikahan atau acara acara besar lainnya.

13) Tarian Ceracap Inai

Tarian Ceracap Inai

Tari Ceracap Inai berkembang di daerah Muar, Johor, Malaysia. Tari Ceracap Inai dianggap memiliki kaitan erat dengan sejarah kesultanan Malaka. Tarian ini dulunya merupakan tarian persembahan yang diperuntukan untuk sultan, sehingga dalam beberapa gerakannya terdapat gerakan seperti merendahkan diri ( bentuk Penghormatan).

Pada era Modern ini Tari Ceracap Inai tidak lagi hanya ditarikan di Istana melainkan juga di pentaskan sebagai hiburan bagi pengantin dalam acara hajat pengantin.

Ada dua konsep sajian tari Ceracap inai saat dipentaskan di hadapan umum, yakni tarian ini disajikan oleh penari wanita saja dengan jumlah ganjil atau disajikan dengan berpasangan antara laki laki dan wanita. Jumlah penari yang umum adalah mulai dari 5 hingga 8 orang.

14) Tarian Lesung Indik Beras Bertampi

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Lesung Indik Beras Bertampi

Tarian Lesung Indik Beras bertampi berasal dari wilayah Jerantut, Pahang,Malaysia. Gerakan tarian ini merupakan perpaduan gerakan menanam dan memanen padi. Tarian Lesung Indik beras merepresentasikan bentuk syukur dan harapan masyarakat setempat atas panen yang berlimpah.

15) Tarian Zapin Lenga

15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar
Tarian Zapin Lenga

Tarian Zapin lenga adalah tarian tradisional melayu yang juga berakar dari tari Zapin. Tari Zapin Lenga ini terkenal di negeri Johor. Tarian ini diyakini merupakan warisan tradisi dari kerajaan Melayu Malaka. Pada awalnya tarian zapin lenga hanya diperbolehkan ditarikan oleh pria saja, namun seiring waktu berjalan, wanita juga diperbolehkan menarikan tarian ini.

Demikian ulasan Tarian Melayu, semoga informasi yang disampaikan dalam ulasan diatas bermanfaat. 

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.