15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Modernisasi kota dan nilai luhur tari tradisional ternyata dapat hidup berdampingan, Tarian Khas betawi menjadi buktinya, masih tetap eksis meskipun kota dimana tarian ini dilahirkan sudah berubah.

Dikenal sebagai Ibukota negara, jakarta ternyata menyimpan banyak tari tradisional yang menarik dan memanjakan mata dengan gerakan gerakan tari yang dinamis dan bernilai estetika. Tak hanya sekedar gerakan tari yang indah, Tari Samra misalnya, salah satu tarian khas betawi, menggunakan gerakan silat sebagai gerakan dasar tarian, mematikan namun penuh keindahan.

Selain itu, patut diacungi jempol untuk masyarakat Betawi yang senantiasa menjaga tarian khas dari daerah mereka sendiri hingga tetap bertahan hingga kini. Mari Simak 15 Tarian Khas Betawi yang masih tetap bertahan berikut ini.

1) Tari Yapong

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Yapong

Tari Yapong biasanya diiringi oleh irama dari rebana ketimpring, rebana hadroh dan rebana biang. Tarian ini diciptakan Bagong Kusudiarjo pada 1975. Tari ini sering dipentaskan ketika menjelang hari ulang tahun kota Jakarta.

2) Tari Topeng Betawi

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Topeng Betawi

Tari Topeng Betawi merupakan jenis tarian yang menggabungkan seni drama, tari dan menyanyi. Tari topeng betawi biasanya diiringi oleh musik dari rebab, gong buyung, kulanter dan kempul. Properti yang digunakan oleh penari pada umumnya adalah topeng kayu, pakaian yang dikenakan adalah pakaian tradisional dari Betawi.

3) Tari Sirih Kuning

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Sirih Kuning

Tari Sirih Kuning merupakan saah satu turunan dari tari Cokek. Pada awalnya tari sirih kuning dilakukan oleh sepasang penari pria dan wanita, namun belakangan tidak ada keharusan bahwa hanya orang dewasa yang dapat mementaskan tarian ini. Tari Sirih Kuning diiringi oleh alunan musik dari gambang kromong. Tari Sirih Kuning biasanya dipentaskan pada acara peringatan hari besar, hajatan pernikahan dan khitanan.

4) Tari Lenggang Nyai

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Lenggang Nyai

Tari Lenggang Nyai diciptakan oleh Wiwiek Widiastuti yang terispirasi dari Kisah Nyai Dasimah yang bimbang memilih pasangan hidup, Nyai Dasimah harus memilih orang yang dia sukai antara pria belanda atau pria Indonesia. Dengan yakin Nyai dasimah memilih menikah dengan pria Belanda, namun selama menikah, Nyai dasimah tak menemukan kebahagiaan yang ia idam idamkan, Nyai akhirnya memberontak karena banyak aturan yang mengekangnya sebagai perempuan. Tarian ini menggunakan Gambang Kromong sebagai pengiring musiknya. Pakaian yang dikenakan penari Lenggang Nyai didominasi oleh warna merah lengkap dengan hiasan kepala.

5) Tari Zapin Betawi

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Zapin Betawi

Tari Zapin Betawi merupakan perpaduan tari zapin melayu yang bersentuhan dengan budaya arab. Umumnya penari zapin betawi menggunakan kerudung menutupi rambut dikepalanya, namun ada juga yang tidak berkerudung. Tari Zapin Betawi diiringi oleh musik gambus serta marwas.

Baca Juga : Tari Kipas Pakarena Sulawesi Selatan – Sejarah dan mitos, Perkembangan, Kostum, Makna, Pertunjungkan dan Fungsi

6) Tari Cokek

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Cokek

Penari tari Cokek mengenakan kebaya khusus yang diberi nama kebaya cokek. Tarian ini merupakan tarian interaktif, dimana penari akan membelitkan selendangnya pada penonton dan sang penonton dilarang untuk menolak menari bersama. Gambang Kromong juga menjadi musik pengiring utama dari tarian khas betawi ini. Tari cokek bisanya dipentaskan saat acara acara besar digelar.

7) Tari Renggong Manis

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Renggong Manis

Tari Renggong Manis merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari perpaduan berbagai budaya, yakni, arab, cina klasik, betawi dan india. Tarian ini jaman dahulu di awal awal kemunculannya dipentaskan di acara acara resmi sebagai penyambut tamu undangan. Gerakan dinamis dan irama yang penuh keceriaan merupakan salah satu alasan kenapa Tari Renggong manis digunakan sebagai media penyambut tamu.

8) Tari Ngarojeng

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Ngarojeng

Gerakan dasar Tari Ngarojeng terinspirasi dari musik Ajeng yang muncul dan berkembang di betawi pinggir. Musik Ajeng sendiri merupakan musik pengiring dalam acara pengantin tradisional betawi, tetabuhan iringan tersebutlah yang menjadi gerakan irama dasar tari Ngarojeng..

9) Tari Blantek

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Blantek

Tari Blantek dewasa ini difungsikan sebagai tari penyambutan tamu undangan dalam acara acara besar, padahal awalnya kemunculan tarian ini merupakan tarian pembuka dalam kesenian Blantek. Gerakan tari Blantek memberikan kesan gembira dan menghibur.

10) Tari Samra

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Samra

Tari Samra merupakan tarian betawi yang hanya dipentaskan oleh penari pria saja, pada tarian ini gerakan utama yang digunakan adalah gerakan silat namun dibuat nampak lebih lembut, mematikan namun tetap menjaga nilai keindahan gerak. Tari Samra biasanya diiringi oleh alunan musik dari orkes gambus. Tari Samra sering dipentaskan dalam acara hajatan nikahan atau khitanan.

11) Tari Blenggo

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Blenggo

Selain tari samra, tari Blenggo juga menjadikan gerakan silat sebagai gerakan dasar tarian dengan mengutamakan estetika keindahan gerak. Tari Blenggo yang ada sekarang ini terbagi menjadi dua jenis menurut irama alunan musik pengiringnya, yakni Tari Blenggo Ajeng yang diiringi alunan musik yang memiliki kesamaan dinamika seperti gamelan bali. Sementara tari Blenggo Rebana yang diiringi oleh alunan musik dari rebana biang.

12) Tari Gitek Balen

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Gitek Balen

Tari Gitek Balen berisi gambaran mengenai ekspresi diri remaja perempuan yang beranjak dewasa. Gerakan tarian Gitek Balen dinamis sesuai dengan kelincahan gerak gadis yang sedang masuk ke dalam masa pubertas. Kesan yang muncul dari tarian ini adalah kegembiraan.

13) Tari Kembang Lambang Sari

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Kembang Lambang Sari

Tari Kembang Lambang Sari merupakan tarian yang terinspirasi dari kisah Bapak Jantuk Teater Topeng Betawi. Kisah Bapak Jantuk sendiri merupakan bentuk ekspresi gembira orang tua mengasuh anaknya. Dan kegembiraan tersebut diwujudkan dalam bentuk tarian yang kemudian dikenal dengan nama Tari Kembang Lembang Sari.

14) Tari Sembah Nyai

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Sembah Nyai

Tari Sembah Nyai merupakan tarian khas betwai yang diiringi oleh alunan musik dari gambang kromong. Tari sembah nyai memiliki unsur melayu yang nampak pada beberapa gerakan tariannya.

15) Tari Lenggo Jingke

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Lenggo Jingke

Lenggo Jingke merupakan bahasa betawi yang memiliki artian melenggang kaki sambil berjinjit, sesuai dengan unsur utama dalam gerak tarian ini, yakni berjinjit. Tarian ini dipentaskan oleh penari wanita dengan cara berkelompok. Keriangan dan kegembiraan muncul ketika tarian ini dipentaskan.

16) Tari Nandak Ganjen

15 Tarian Khas Betawi Lengkap Dengan Gambar
Tari Nandak Ganjen

Tari nandak Ganjen terdiri dari dua kata yakni Nandak dan Ganjen, nandak berarti menari dan Ganjen berarti genit. Tarian ini menggambarkan kegenitan dan kelincahan remaja yang tengah beranjak dewasa yang penuh dengan ekspresi gembira, ceria dan bebas.

Demikianlah 16 tarian Khas Betawi lengkap dengan gambar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga