21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
​Tarian jawa barat dikenal khas karena memiliki gerakan yang luwes dan menarik. Simak apa saja tarian dari daerah Jawa barat dalam ulasan berikut ini.

Tarian jawa barat dikenal khas karena memiliki gerakan yang luwes dan menarik. Jawa barat sendiri adalah salah satu propinsi di Indonesia yang tidak hanya dikaruniai masyarakat yang mampu menciptakan tarian yang indah namun juga dikaruniai keindahan alam yang luar biasa serta kuliner yang nikmat.

Tarian jawa barat yang sangat terkenal dan menjadi identitas jawa barat adalah Jaipong, namun jangan salah, tarian khas yang dimiliki jawa barat tak hanya jaipong, ada banyak tarian lain yang tak kalah indah dan menghibur dari jaipong, beberapa diantaranya adalah tari ketuk tilu yang merupakan cikal bakal lahirnya tari jaipongan dan tari merak yang mengadopsi gerakan burung merak.

Yuk Simak ulasan tarian dari jawa barat lainnya dalam ulasan berikut ini.

1) Tari Ketuk Tilu

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Ketuk Tilu

Tari Ketuk tilu merupakan cikal bakal tari jaipong. Pada masa masa awal perkembangannya tarian khas jawa barat ini digunakan untuk menyambut kedatangan masa panen dan sebagai bentuk rasa syukur pada dewi sri. Gerak penari tari ketuk tilu terlihat luwes dan menghibur.

2) Tari Jaipong

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Jaipong

Tarian yang kini menjadi simbol identitas budaya masyarakat sunda ini diciptakan oleh Gugum Gumbira pada 1961. Tari jaipong terinspirasi dari gerakan tari ketuk tilu.

3) Tari Merak

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Merak

Tari Merak pertama kali diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada sekitar 1950, tari ini kemudian sempat mengalami pengembangan dan di kreasikan ulang oleh Irawati Durban pada 1965. Tari merak merupakan tarian yang mengadaptasi gerakan burung merak di alam liar sebagai unsur gerak utamanya.Kostum yang digunakannya pun dibuat semirip mungkin dengan burung merak.

4) Tari Sintren

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Sintren

Sintren berkembang di pesisir pantai utara jawa hingga cirebon jawa barat. Penari yang menariksn tari sintren umumnya menari dalam keadaan tidak sadar dan biasanya akan mengalami pingsan ketika tubuhnya dilempar uang. Tarian ini ditampilkan dengan iringan musik gamelan. Dalam setiap kali pementasan tari sintren, akan selalu ada seorang pawang yang akan mengobati jika ada penonton atau penari yang mengalami kerasukan.

5) Tari Topeng Klana

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Topeng Klana

Tari Topeng Klana menggambarkan bagaimana sosok Klana ( Prabu minakjingga) yang tengah tergila gila dengan ratu kencana wunggu. Namun usahanya berbuah sia sia, kegagalannya tersebut memunculkan sifat buruk dalam dirinya. Kemarahan dan tabiat yang selama ini dipendam,muncul akibat keinginanya mendapatkan ratu kencana wingu gagal, kemarahan sang klana yang menjadi jadi tergambar dalam ketegasan gerak sang penari. Tari klana sendiri diciptakan oleh Nugraha soeradiredja.

6) Tari Topeng Losari

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Topeng Losari

Tari topeng losari bukanlah jenis tari yang dipentaskan oleh sembarangan orang, tarian ini diwariskan turun temurun dan hanya boleh ditarikan oleh keturunan langsung penari topeng losari sebelumnya. Topeng yang digunakan juga merupakan toperng warisan.

7) Tari Ronggeng Gunung

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Ronggeng Gunung

Tari Ronggeng gunung berkembang di ciamis selatan. Dipentaskan pada acara khitanan maupun pesta perkawinan. Ditarikan oleh enam hingga sepuluh penari. Tarian ini selalu diiringi oleh alunan suara sinden.

8) Tari Kandagan

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Kandagan

Tari kandagan dikembangkan dari tari Renggarini. Kandagan sendiri memiliki arti wadah barang berharga. Barang berhaga yang dimaksud adalah gerakan tari tarian lain. Hal ini karena tari kendagan merupakan tarian kompilasi dari kumpulan berbagai gerakan tari. Tari kendagan merupakan tari maskulin yuang di tarikan oleh penari wanita. Gestur tegas dan jantan selalu terlihat dari setiap gerakan yang dihasilkan oleh penari saat diatas panggung.

9) Tari Mojang Jaipong

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Mojang Jaipong

Tari Mojang Jaipong adalah tarian yang juga muncul dari turunan tari jaipong, dilakukan oleh perempuan yang tengah beranjak remaja. Kostum penari menggunakan kebaya khas sunda. Jumlah Penari Mojang jaipong biasanya adalah enam hingga delapan penari perempuan. Tari mojang jaipong diiringi oleh iringan musik tradisional bertempo cepat.

Baca Juga : 15 Tarian Jawa Tengah Lengkap Dengan Gambar

10) Tari Bajidor Kahot

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Bajidor Kahot

Tarian ini adalah tarian yang lahir dari kombinasi tari jaipongan dan ketuk tilu. Fokus gerak penari dalam tari bajidor kahot bertumpu pada gerakan dinamis bahu, kepala, langkah kaki, lengan dan juga pinggul. Kostum penari bajidor kahot adalah kebaya khas pasundan. Tarian ini terbilang baru, tari bajidor kahot di ciptakan pada sekitar tahun 2000. Penari bajidor kahot terdiri dari empat hingga delapan orang dengan iringan musik gamelan sunda.

11) Tari Topeng Temenggung

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Topeng Temenggung

Tari Topeng temenggung berkembang di cirebon. Tari topeng tumenggung menggambarkan kesatria gagah bertarung melawan keburukan. Sosok kesatrian gagah ini di wujudkan dalam tokoh tumenggung melawan jingga anom yang melambangkan keburukan. Setiap gerakan yang iedlakukan oleh penari terlihat gagah dan tegas, terutama gerakan tangan dan bagian punggung.

12) Tari Iswara Gandrung

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Iswara Gandrung

Konon tarian Iswara Gandrung diinspirasi oleh kisah cinta sang ratu pantai laut selatan, Nyi Roro Kidul. Tarian ini umumnya dipentaskan oleh tujuh penari dengan iringan musik gamelan dan sinden sunda. Warna dominan yang digunakan oleh penari adalah warna hijau yang diyakini sebagai warna kesukaan sang ratu kidul.

13) Tari Boboko Mangkup

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Boboko Mangkup

Properti utama yang mencolok dari tarian ini adalah Bakul ( wadah nasi) besar yang digunakan sebagai properti tari. Bagi masyarakat jawa barat, Boboko atau bakul tidak hanya sebagai tempat nasi, namun memiliki makna mendalam sebagai wadah kehidupan, karena dari Bobo yang terisi nasi manusia dapat menjaga keberlangsungan hidupnya. Tarian ini dipentaskan oleh dua belas orang, satu penari pria, lima penari wanita dan enam penari anak.

14) Tari Panarat

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Panarat

Tarian panarat merupakan bentuk gambaran ekspresi para pemetik teh. Tari Panarat dilakukan oleh sembilan penari perempuan. Setiap gerakan yang dilakukan penari panarat menggambarkan kegembiraan para pemetik saat memetik teh.

15) Tari Pumamasari

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Pumamasari

Tarian ini menggambarkan keberanian putri radja padjajaran. Taru Pumamasari di pentaskan oleh delapan penari yang terdiri dari empat penari pria dan empat penari wanita. Masing masing penari kemudian berpasangan dan bergerak berputar dengan gerakan tangan tegas seperti sedang unjuk kekuatan satu sama lain.

16) Tari Wangsa Suta

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Wangsa Suta

Tari Wangsa Suta merupakan tarian yang menggambarkan peperangan Wangsa Suta. Pementasan tarian ini dilakukan oleh tujuh penari laki laki. Kostum penari wangsa suta didominasi oleh warna kuning dengan properti layaknya hulu balang dari kerajaan.

17) Tari Kedok Ireng

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Kedok Ireng

Tari Kedok ireng adalah tari dari jawa barat yang menggambarkan manusia dilihat dari sisi baik dan sisi buruk. Tari Kedok ireng umumnya ditarikan oleh tiga penari. Pada awal tarian dibuka oleh tiga penari yang duduk bersila di tengah panggung dan kemudian di susul masuknya tujuh penari lainnya. Kata “Kedok” berarti penutup wajah dan kata “Ireng” berarti warna Hitam.

18) Tari Topeng Cisalak

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Topeng Cisalak

Tari Topeng Cisalak pernah menjadi legenda di masa jayanya. Tari topeng cisalak yang berasal dari kampung curug, cilasak, cimanggis ini merupakan tarian tradisional yang menggunakan properti utama berupa topeng. Iringan musik yang digunakan bertempo cepat dengan kelugasan gerakan setiap kali dipetaskan.

19) Tari Kamonesan

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Kamonesan

Salah ciri yang khas dari tari kamonesan adalah properti unik yang digunakan oleh penari, yaitu Bakul. Tarian ini dipentaskan oleh 4 pasang penari, laki laki dan perempuan. Pakaian yang digunakan berwarna mencolok dan cerah seperti warna dominan biru, merah atau kuning. Penari pria biasanya menggunakan ikat pada bagian kepalanya, Pada penari perempuan kebaya menjadi pakaian utama.

20) Tari Topeng Babakan

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Tari Topeng Babakan

Tari Topeng Babakan berkembang di wilayah cirebon, jawa barat. Topeng babakan sendiri dipentaskan pada acara acara besar tertentu sebagai hiburan. Gerakan tari ini ditampilkan dengan luas, tegas dan luwes.

21) Topeng Dinaan

21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar
Topeng Dinaan

Topeng dinaan berkembang di indramayu,cirebon serta majalengka. Pementasan tari topeng dinaan dilakukan selama seharian. Biasanya topeng dinaan dipentaskan pada acara pernikahan, khitanan, dan selamatan.

Demikian ulasan 21 tarian jawa barat, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.