15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
​Tarian Adat Papua memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan tarian adat dari daerah lain di Nusantara. Simak apa saja tarian dari daerah papua dalam ulasan berikut ini.

Tarian Adat Papua memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan tarian adat dari daerah lain di Nusantara. Ciri khas tersebut nampak pada asal usul tarian adat itu muncul yakni perang antar suku. Hampir sebagian besar tarian adat di Papua berkaitan dengan perang, mulai dari tarian sebelum perang hingga tarian kemenangan setelah perang.

Tarian Adat Papua merupakan salah satu aset budaya yang harus dijaga. Tiap tarian yang ditarikan oleh masyarakat papua memiliki nilai nilai luhur yang berasal dari leluhur mereka. Keluhuran tersebut terlihat dari gerakan tari serta bagaimana mereka menghormati arwah nenek moyang.

Papua sendiri adalah salah satu satu propinsi Indonesia dengan penduduk mencapai 2, 3 juta jiwa. Papua memiliki luas wilayah 309.934,4 km2. Masyarakat daerah Papua terbiasa mengkonsumsi Sagu sebagai bahan makanan pokok sehari hari. Hampir 70 persen wilayah papua merupakan hutan tropis basah. Wilayah papua memiliki banyak suku suku adat yang mendiami berbagai daerah di Papua. Perselisihan antar suku sering kali menghasilkan peperangan kecil antar satu suku dengan suku adat yang lainnya. Peperangan tersebut kemudian menghasilkan beberapa tarian sebagai bentuk penyemangat ketika akan perang dan rass syukur setelah memenangkan perang. Yuk simak tarian adat apa saja yang berasal dari tanah papua.

1) Tari Aniri

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Aniri

Tari Aniri berasal dari Fak fak. Tarian ini bercerita tentang proses pembebasan anak dari gangguan mahkluk ghaib. Gerakan tari Aniri dinamis dan memberikan kesan sakral. Karena dianggap sakral, tarian ini tidak dapat ditarikan secara sembarangan.

2) Tari Awaijale Rilejale

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Awaijale Rilejale

Tari Awaijale Rilejale berasal dari Sentani. Tarian ini menggambarkan bagaimana indahnya alam wilayah Sentani saat sedang senja. Penari tari Awaijale Rilejale menggunakan pakaian adat tradisional berupa hiasan bulu burung dan manik manik. Tarian ini merupakan perwujudan rasa syukur atas diberi nikmat alam yang tiada tara indahnya.

3) Tari Suanggi

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Suanggi

Tarian Suanggi berasal dari papua barat. Tarian ini mengisahkan seorang pria yang ditinggalkan mati oleh sang istri. Istri tersebut rupanya menjadi gentayangan dan mulai mengganggu orang disekitarnya, kemudian sang pria melakukan ritual untuk menenangkan arwah tersebut. Ritual tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah tarian. Gerakan tarian ini sekilas mirip dengan gerakan dukun yang tengah mengobati pasiennya.

4) Tari Det Pok Mbui

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Det Pok Mbui

Tari Det Pok Mui berasal dari wilayah Merauke. Det Pok Mui sendiri berarti upacara topeng setan. Tari ini ditarikan pada siang hari dengan durasi pertunjukan hingga 4 jam. Bagian wajah dan tubuh penari dihiasi oleh warna hitam arang dan putih kapur. Tari ini ditampilkan di sekitar tepi sungai.

5) Tari Fela Mandu

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Fela Mandu

Tari Fela Mandu merupakan tarian perang dari wilayah Sentani tengah. Ditarikan oleh pria dan wanita. Tarian ini ditampilkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah memenangkan perang, namun dewasa ini tarian ini tidak lagi hanya dilakukan saat akan berperang, namun dapat ditarikan kapanpun sebagai media hiburan. Tarian ini sering ditarikan saat ada acara besar seperti acara penyambutan tamu kehormatan.

Baca Juga : 15 Tarian Melayu Lengkap dengan Gambar

6) Tari Yospan

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Yospan

Tari Yospan merupakan tari pergaulan masyarakat papua yang memiliki gerakan energik dan dinamis. Tarian ini sering ditampilkan dalam upacara adat, pesta perkawinan maupun upacara penyambutan. Biasanya tari Yospan ditarikan bersama sama secara massal.

7) Tari Musyoh

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Musyoh

Tari Musyoh merupakan tarian tradisional papua yang dibawakan untuk menenangkan arwah sanak saudara yang meninggal karena kecelakaan atau musibah. Tarian ini konon juga bertujuan untuk mengusir arwah gentayangan. Tari Musyoh ditarikan oleh penari pria.

8) Tari Antoroni

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Antoroni

Tari Antoroni beri wilayah Yapen Waropen. Antoroni sendiri berarti Obor. Properti yang digunakan antara lain, gelang kulit bia, bulu burung mambruk, panah, obor dan parang. Tari ini diiringi oleh alat musik Tifa.

9) Tari Afaitaneng

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Afaitaneng

Tari Afaitaneng berasal dari Pulai Yapen. Tari ini merupakan simbol kepahlawanan, menggambarkan kekuatan dan kehebatan suku mereka saat menghadapi musuh. Tarian ini dibawakan oleh wanita dan pria dengan membentuk formasi lingkaran.

10) Tari Aluyen

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Aluyen

Tari Aluyen merupakan tarian yang ditarikan untuk menyambut pembangunan rumah baru atau membuka kebun baru. Tari ini berasal dari wilayah Sorong. Gerakan utama tarian ini ada pada gerakan kaki, ditarikan oleh wanita dan pria yang berbaris memanjang.

11) Tari Aya Nende

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Aya Nende

Tari Aya Nende merupakan tarian adat yang berasal dari daerah Mimika. Tarian ini ditarikan semalam suntuk dimulai dari sore hari oleh wanita dan pria suku Mimika. Tarian ini merupakan tari perang, hampir semua tarian yang ada di papua merupakan tarian yang berkaitan dengan perang antar suku.

12) Tari Falabea

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Falabea

Tari Falabea merupakan tarian yang berasal dari masyarakat Sentani Jayapura. Tari ini merupakan tarian perang. Tarian ini dipentaskan pada malam hari di tanah lapang.

13) Tari Dow Mamun

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Dow Mamun

Tari Dow Mamun merupakan tarian perang yang berasal dari wilayah Biak. Tarian ini biasanya ditarikan setelah mereka memenangkan sebuah peperangan antar suku. Parang, tombak, panah serta senjata tradisional lainnya menjadi properti utama dalam tarian ini.

14) Tari Entol

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Entol

Pada mulanya tari Entol merupakan tarian kemenangan yang dilakukan setelah perang antar suku. Ditarikan hanya oleh pria. Wajah para penari dirias menggunakan warna putih dan merah. Tari Entol ditarikan tanpa diiringi musik dan dilakukan saat malam tanpa henti hingga menjelang pagi.

15) Tari Fayaryar Kar Baryan

15 Tarian Adat Papua Lengkap dengan Gambar
Tari Fayaryar Kar Baryan

Tari Fayaryar Kar Bayan Merupakan tarian papua yang mensimbolkan aktifitas keseharian masyarakat papua ketika menebang pohon sagu. Sagu sendiri sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Papua.

Demikian ulasan Tarian Adat Papua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.