​15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tarian Adat Maluku adalah tarian yang berasal dari wilayah Maluku. Tarian adat ini menjadi bukti bahwa masyarakat Maluku menghargai dan mencintai seni budaya. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Tarian Adat Maluku adalah tarian yang berasal dari wilayah Maluku. Tarian adat ini menjadi bukti bahwa masyarakat Maluku menghargai dan mencintai seni budaya. Keragaman tarian dapat dilihat dari Tari Cakalele yang merupakan tari perang hingga Tari Dengedenge yang merupakan tari pergaulan.

Tarian Adat Maluku memang tidak begitu populer jika dibandingkan dengan tarian adat lainnya, namun meski begitu, masing masing tarian adat dari maluku ini memiliki nilai luhur. Simak apa saja tarian yang berasal dari wilayah Maluku berikut ini.

1) Tari Cakalele

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Cakalele

Tari Cakalele adalah tarian perang yang hanya ditarikan oleh pria maluku. Senjata seperti parang,, pedang, tameng dan tombak menjadi properti utama tarian ini. Tari cakalele di tampilkan dengan iringan dari alat musik tradisional seperti tifa, dan bia ( bia adalah alat musik tiup yang terbuat dari kerang ). Irama yang dimainkan oleh musik pengiring adalah cepat, penuh semangat dan suka cita.

2) Tari Soya-Soya

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Soya Soya

Tari Soya Soya merupakan simbol perjuangan masyarakat daerah kayoa, Halmahera Selatan terhadap Portugis. Properti yang dipakai penari Soya Soya meliputi pakaian dengan dominasi warna putih, ikat kepala warna kuning yang merupakan simbol prajurit, pedang dari bambu dan perisai, Jika diamati dari properti yang digunakan, serta gerakan yang terlihat sangat tegas, Tari Soya Soya dapat juga disebut sebagai tari perang.

3) Tari Tide-Tide


Tari Tide Tide merupakan tarian pergaulan yang biasanya ditarikan saat acara pesta rakyat, pesta perkawinan atau acara adat lainnya. Tarian ini ditarikan oleh 12 orang yang terdiri dari 6 wanita dan 6 pria.

4) Tari Dengedenge

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Dengedenge

Tari Dengedenge merupakan tari tradisional Maluku yang berfungsi sebagai tari pergaulan, ditarikan secara berkelompok oleh penari pria dan wanita. Nyanyian pengiring tari ini berisi syair yang berkaitan dengan cinta, nyanyian tersebut dinyanyikan secara bergantian dan berbalas balasan.

5) Tari Gumatere

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Gumetere

Tari Gumatere di pentaskan dengan lebih dari 30an penari yang terdiri dari pria dan wanita. Properti yang digunakan oleh penari pria adalah pedang dan tombak. Pada awalnya tarian ini ditujukan untuk meminta petunjuk ketika terjadi musibah atau bencana yang tengah terjadi. Selain 30an penari yang menarikan Tari Gumatera dengan penuh penghayatan, ada juga seorang penari yang menari menggunakan kain hitam dengan membawa Lilin, Sosok inilah yang akan meminta petunjuk atas masalah yang sedang terjadi.

 6) Tari Lalayon

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Lalayon

Tari Lalayon merupakan tarian berpasangan dan merupakan tarian pergaulan masyarakat Maluku. Unsur melayu terasa sangat kental pada lagu yang dipakai sebagai musik pengiring Tari Lalayon.

7) Tarian Dana-Dana

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tarian Dana - Dana

Tarian Dana Dana merupakan tarian pergaulan masyarakat Maluku. Tarian Ini dipentaskan dengan berkelompok. Gerakan tarian ini dinamis dengan musik pengiring alat musik tradisional.

8) Tari Gala

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Gala

Tari gala merupakan tarian berpasangan yang berasal dari wilayah Maluku Utara. Tarian ini memiliki gerakan energik dan dinamis. Tari Gala hanya diselenggarakan ketika ada acara besar seperti menyambut panen.

9) Tari Lenso

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Lenso

Tari Lenso adalah tarian masal yang dilakukan oleh muda mudi masyarakat maluku. Biasana Tari Lenso diselenggarakan untuk menyambut panen Cengkeh. Selain untuk hiburan, Tari Lenso rupanya juga menjadi ajang cari Jodoh.

10) Tari Salai Jin

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Salai Jin

Gerakan tarian ini sangat dinamis. Konon tarian ini memiliki nilai magis dan mistis karena berkaitan dengan jin karena itu pula Tari Salai Jin tidak boleh dipentaskan dengan sembarangan.

11) Tari Bambu Gila

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Bambu Gila

Konon tari bambu gila ini dahulu digunakan untuk memindahkan kapal kayu yang dibuat di daerah gunung ke daerah pantai. Namun meski mistis, tarian ini kini menjadi tarian hiburan yang ditampilkan dalam berbagai acara. Tari ini menggunakan satu ruas bambu sebagai properti utamanya dengan panjang antara 10 hingga 15 meter. Sebelum memulai atraksi tari bambu gila, seorang pawang akan membakarkan kemenyan, setelah itu peserta tari diminta memeluk bambu dengan erat, perlahan bambu akan bergerak liar hingga peserta tidak dapat bergerak kecuali mengikuti kemauan si bambu.

12) Tari Leleha

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Lelaha

Tari Leleha adalah tarian Maluku yang ditarikan oleh sepasang penari, pria dan wanita. Tari Leleha biasanya ditarikan pada acara acara adat maupun pesta perkawinan.

Baca Juga : 21 Tarian Jawa Barat Lengkap dengan Gambar

13) Tari Saureka Reka

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Saureka Reka

Tari Saureka Reka merupakan tarian tradisional yang juga dapat difungsikan sebagai sarana permainan. Properti utama yang digunakan dalam tarian ini adalah gaba gaba . Gaba gaba ini akan diletakkan di lantai saling melintang satu sama lain, lalu penari akan menari mengikuti irama meloncati gaba gaba sambil menghindari hentakannya.

Tari Saureka reka menuntut kelincahan gerak dan fokus dari penarinya untuk mengikuti irama hentakan gaba gaba dan menghindarinya. Biasanya tarianini dilakukan oleh 8 orang, 4 pria sebagai penghentak gaba gaba dan 4 perempuan yang menari menghindari gaba gaba. Ketukan irama hentakan berasal dari alat musik Tifa dan ukulele yang juga dimainkan sebagai musik pengiring.

14) Tari Orlapei

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Orlapei

Tari Orlapei adalah tarian sambutan bagi tamu Kehormatan. Tarian ini merupakan simbol kegembiraan dan rasa terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Tamu kehormatan tersebut. Ukulele, suling bambu, tifa dan gitar menjadi musik pengiring dari tarian ini.

15) Tari Katreji

15 Tarian Adat Maluku Lengkap Dengan Gambar
Tari Katreji

Tari katreji biasanya ditarikan saat acara pelantikan pemimpin seperti Bupati, kepala desa maupun Gubernur. Tari ini merupakan tari yang berasal dari perpaduan dua unsur budaya yaitu budaya Eropa dan budaya Maluku.

Demikian ulasan Tarian Adat Maluku. Semoga bermanfaat.

Baca Juga