Alat Musik Sampe Kaltim - Fungsi, Asal Usul, Bahan Pembuatan, Bentuk, Cara Memainkan, dan Daerah Persebaran.
Alat Musik Sampe merupakan alat musik khas yang berasal dari kalimantan timur. Yuk simak informasi menarik Sampe lainnya dalam ulasan berikut ini.

Alat musik Sampe adalah alat musik tradisional petik dari daerah kalimantan timur. Alat musik ini digunakan dalam kehidupan sehari hari suku dayak, sebagai pengiring sajian musik, acara keluarga, upacara adat dan seni tari tradisional. Yuk simak informasi menarik lainnya dalam ulasan berikut ini.

Fungsi Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe- Fungsi, Asal Usul, Bahan Pembuatan, Bentuk, Cara Memainkan, dan Daerah Persebaran.
Fungsi Alat Musik Sampe

Alat musik Sampe memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai alat penghibur diri, sebagai pengiring tari tradisional dan sebagai pengiring sajian musik. Ada aturan tidak tertulis bahwa Jika sampe dimainkan di siang hari maka nada nada yang dihasilkan adalah nada riang gembira penuh keceriaan. Sedangkan jika dimainkan pada malam hari nada yang dimainkan menghasilkan irama sedih, syahdu serta sendu. Dalam keseharian, alat musik Sampe juga dimainkan ketika keluarga besar berkumpul. Generasi muda suku Dayak juga menggunakan Sampe untuk menunjukkan perasaan dan menggoda wanita yang mereka taksir. Sampe juga merupakan alat musik paling ampuh untuk menghibur ketika ada salah satu anggota keluarga yang tengah bersedih atau berduka atas suatu hal.

Sampe juga dimainkan sebagai tanda syukur ketika hasil panen melimpah ruah. Sementara di dalam sebuah sajian musik, Sampe biasanya dimainkan untuk mengisi nada nada melodi dari sebuah lagu. Sampe juga dimainkan dalam upacara adat. Ketika Sampe dimainkan dalam upacara adat. Suasana akan berubah menjadi lebih sakral dimana seluruh orang yang mengikuti upacara tersebut akan diam menghayati tiap nada yang dihasilkan oleh Sampe.

Asal Usul Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe- Fungsi, Asal Usul, Bahan Pembuatan, Bentuk, Cara Memainkan, dan Daerah Persebaran.
Asal Usul Alat Musik Sampe

Sampe merupakan alat musik tradisional petik yang memiliki bentuk unik. Dalam bahasa dayak, Sampe memiliki makna “memetik menggunakan jari”, penamaan ini merujuk kepada cara memainkan alat musik tersebut yang dimainkan dengan memetik dawai menggunakan jari jemari. Beberapa suku dayak menggunakan nama yang berbeda beda untuk menyebut alat musik ini, Suku dayak Kenyah menyebut alat musik ini dengan nama Sampe, Suku dayak kanyaan dan Suku Dayak Bahau menyebut alat musik ini dengan nama Sape, Suku dayak Modang menyebutnya dengan nama Sempe, Suku dayak Tunjung serta Suku Dayak Banua menyebut alat musik ini dengan nama Kecapai. Keberadaan Sampe diduga sudah ada sejak dahulu kala, dan berkembang dikalangan suku dayak. Kemunculan Sampe diduga merupakan bentuk kebutuhan Suku dayak untuk keperluan melaksanakan upacara upacara adat.

Bahan Pembuatan Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe- Fungsi, Asal Usul, Bahan Pembuatan, Bentuk, Cara Memainkan, dan Daerah Persebaran.
Bahan Pembuatan Alat Musik Sampe

Sampe dibuat dari bahan kayu yang sudah melewati proses pemilihan, pemilihan batang pohon kayu sebagai bakal kayu untuk pembuatan sampe harus memiliki kriteria, seperti kayu yang kuat, tidak mudah pecah, keras dan tahan lama. Kayu yang biasanya digunakan untuk pembuaran Sampe adalah Kayu Adau, Kayu Tabalok, Kayu Meranti. Kayu marang atau kayu pelantan. Panduan sederhana bagi pengrajin sampe untuk memilih kayu yang akan diolah adalah bahwa semakin banyak urat daging yang dimiliki kayu maka akan semakin baik suara yang nantinya akan dihasilkan. Kayu yang sudah dipilih, kemudian dikeringkan dengan sinar matahari. Jika sudah benar benar kering, maka kayu tersebut di pahat sedemikian rupa hingga menyerupai perahu dengan salah satu ujung di beri gagang. Gagang tersebut nantinya akan diberi ukiran khas suku dayak, motif yang biasanya digunakan adalah motif ornamen burung Enggano serta taring taring binatang buruan. Jika ornamen sudah diukir, selanjutnya pengrajin memasang dawai dawai senar pada tempatnya. Pada jaman dahulu dawai yang digunakan adalah serta rotan atau serat tumbuhan, namun kini sebagain besar Sampe menggunakan kawat tipis sebagai Dawainya.

Dengan demikian bahan bahan yang diperlukan untuk membuat Sampe diantaranya adalah Kayu Pohon, sebagai badan Sampe dan dawai untuk menghasilkan nada.

Bentuk Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe- Fungsi, Asal Usul, Bahan Pembuatan, Bentuk, Cara Memainkan, dan Daerah Persebaran.
Bentuk Alat Musik Sampe

Bentuk alat musik Sampe terbilang unik. Alat musik tradisional petik ini memiliki kemiripan bentuk seperti perahu dengan salah satu ujung bagian terdapat gagang dihiasi ukiran ornamen motif corak khas suku dayak. Berkat bentuknya yang unik, beberapa kolektor alat musik dan kolektor benda langka juga mulai mengkoleksi alat musik Sampe, alat musik yang mereka koleksi di dapat langsung dari suku dayak, dan bukan reproduksi atau buatan dari pengrajin luar suku dayak.

Baca Juga : 15 Alat Musik Sulawesi Utara Lengkap Dengan Gambar

Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara memainkan Sampe tidak jauh berbeda dengan cara memainkan alat musik tradisional petik lainnya. Masing masing jari di kedua tangan memetik dawai dawai sampe untuk menghasilkan nada. Dibutuhkan ketenangan dan ketelatenan untuk menghasilkan nada yang syahdu tanpa cacat nada. Cacat nada adalah kondisi ketika jari jemari tidak sengaja memetik dawai yang tidak diinginkan. Keluwesan serta kelincahan jari jemari menjadi faktor penting dalam memainkan Sampe. Semakin lincah jemari bergerak maka semakin halus perpindahan dawai, yang tentunya juga mempengaruhi kualitas nada yang dihasilkan.

Daerah Persebaran Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe- Fungsi, Asal Usul, Bahan Pembuatan, Bentuk, Cara Memainkan, dan Daerah Persebaran.
Daerah Persebaran Alat Musik Sampe

Alat musik ini tersebar dan berkembang luas di kalimantan timur, terutama di kalangan suku dayak. Persebaran Sampe di kalangan suku dayak tidak lepas dari kebutuhan suku dayak akan alat musik untuk keperluan upacara adat. Mereka sangat menghargai dan menghormati Sampe. Terutama ketika Sampe digunakan sebagai pengiring musik dalam upacara adat tertentu. Suasana akan berubah menjadi sakral dan mereka yang datang di upacara tersebut menghormati suara yang dihasilkan oleh Sampe dengan diam khidmat menghayati nada nada yang dimainkan oleh pemain Sampe.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi, asal usul, bahan pembuatan, bentuk, cara memainkan, dan daerah persebaran dari alat musik sampe.

Baca Juga