15 Alat Musik Daerah Papua Lengkap Dengan Penjelasan
Selain pemandangan alam yang mempesona, wilayah paling timur dari indonesia ini ternyata memiliki beragam alat musik. Apa saja? Simak dalam ulasan berikut ini.

Daerah paling timur di Indonesia ini tak hanya memiliki pemandangan alam laut yang indah seperti raja ampat, namun juga memiliki alat musik yang beragam. Berikut ini beberapa alat musik daerah papua.

1) Pikon

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Orang papua Memainkan Pikon

Alat musik dari tanah Papua ini dibuat dari bahan bambu. Cara memainkan alat musik pikon ini adalah dengan cara ditiup dengan tangan pemain menarik tali yang ada di ujung badan pikon untuk dapat menghasilkan bunyi nada nada dasar. Nama Pikon kemungkinan besar berasal dari logat bahasa daerah Baliem yakni “Pikonane” yang memiliki arti alat musik berbunyi.

2) Yi

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Yi

Yi adalah alat musik tradisional yang juga memiliki fungsi sebagai sarana memanggil warga desa untuk mendekat dan berkumpul. Seringkali alat musik ini dimainkan ketika ketua suku adat akan mengadakan upacara adat atau akan memberikan pengumuman penting yang menyangkut keberlangsungan penduduk desa. Alat musik Yi sendiri dibuat dari bahan kayu gelondongan yang memiliki rongga pada bagian dalam badannya. Cara membunyikan alat musik ini adalah dengan memukul dengan keras badan Yi.

3) Triton

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Triton

Alat musik yang dibuat dari kerang besar ini juga memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan alat musik Yi, dimana alat musik triton dapat digunakan sebagai tanda berkumpul bagi penduduk desa. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara ditiup. Beberapa orang memperkirakan bahwa alat musik terompet kerang ini merupakan persebaran dari kabupaten biak.

Baca Juga : 15 Alat Musik Daerah Riau Lengkap dengan Gambar

4) Fuu

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Fuu

Alat musik yang dibuat dari bahan bambu ini merupakan alat musik khas suku asmat yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini kerap dimainkan sebagai pengiring seni tari tarian adat.

5) Kecapi Mulut

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Kecapi Mulut

Alat musik dari daerah papua ini dibuat dari bambu wuluh yang berukuran kecil. Kecapi mulut dimainkan dengan cara ditiup sehingga mengeluarkan nada nada tertentu. Kecapi mulut merupakan alat musik dari kebudayaan masyarakat suku Dani di daerah lembah Baliem, Jaya Wijaya

6) Eme

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Eme

Bentuk alat musik ini terbilang unik, Eme merupakan alat musik yang dihasilkan oleh penduduk Kamoro, Papua, untuk mengatur dan mengeluarkan suara yang berbeda beda, biasanya kulit terluar dari alat musik ini akan di tempeli dengan getah damar, dimana semakin banyak getah damar yang ditempel, maka akan semakin rendah suara yang dihasilkan oleh Eme.

7) Guoto

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Guoto

Alat musik bernama Guoto ini berasal dari wilayah papua bagian barat. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan memetik dawai yang ada di badan Guoto, Guoto sendiri dimainkan ketika ada upacara atau acara adat yang digelar oleh kepala suku.

8) Sekakas

15 Alat Musik Daerah Papua Lengkap Dengan Gamba
Ilustrasi sekakas

Sekakas merupakan alat musik papua yang juga memiliki fungsi untuk menarik perhatian ikan ikan hiu yang ada dilaut. Biasanya sekakas dimainkan pada acara acara adat atau untuk menghibur diri.  

9) Tifa Dasar

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Tifa Dasar

Alat musik yang masih satu keluarga dari Tifa ini merupakan alat musik pukul yang mengeluarkan alunan suara ritmis dengan tingkat suara dibawah suara Tifa pada umumnya namun memiliki kerendahan suara di atas Tifa Bas. Biasanya Tifa dasar dimainkan bersama beberapa jenis Tifa lainnya.

10) Tifa Bas

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Tifa Bas

Tifa Bas adalah alat musik tradisional tifa yang mengeluarkan suara atau nada bas yang rendah. Alat musik ini biasanya digunakan bersamaan dengan alat musik Tifa lainnya sebagai musik pengiring tarian. Suara Tifa Bas membuat suara musik pengiring tari tarian adat menjadi lebih bervariasi.

11) Butshake

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Butshake

Butshake mampu mengeluarkan dan menghasilkan bunyi gemericik ketika di kocok atau di hentakkan berkali kali. Alat musik yang dibuat dari bilah bambu melengkung dengan diisi biji atau buah ini merupakan alat musik yang berkembang di kabupaten Merauke. Alat musik ini kerap dimainkan oleh suku Muyu dan digunakan sebagai alat musik pengiring dalam pesta atau kegiatan adat.

12) Krombi

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Krombi

Alat musik ini dibuat dari bambu dengan dawai yang dibuat dari serat rotan atau serat tumbuhan lainnya yang memiliki tekstur kuat. Alat musik ini berkembang di kabupaten sorong selatan dan kerap dimainkan oleh suku Tehit. Krombi biasanya digunakan sebagai musik pengiring dalam kegiatan upacara adat dan pesta bakar batu.

13)  Amyen

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Amyen

Alat musik yang berbentuk seperti terompet ini dimainkan dengan cara ditiup. Amyen biasanya dibuat dari bongkahan kayu, alat musik ini berkembang di kabupaten Keerom dan menjadi alat musik khas suku Web. Biasanya Amyen digunakan sebagai alat musik pengiring dalam tarian adat.

14) Falun

15 Alat Musik Daerah Papua Lengkap Dengan Gambar
Falun

Alat musik tradisional dari tanah papua ini memiliki kesamaan bentuk seperti seruling, namun berbeda dengan seruling, cara memainkan Falun adalah dengan memukul sisi tubuh falun. Falun dapat dikategorikan sebagai alat musik ritmis dan merupakan alat musik pukul yang juga memiliki fungsi sebagai pengirim sinyal, pertanda bahaya dan alat untuk mengumpulkan penduduk desa. Biasanya Falun dimainkan untuk mengiringi tari - tarian adat. 

15) Paar & Kee

15 Alat Musik dari Papua yang Wajib Kamu Ketahui
Paar & Kee

Alat musik ini terbilang unik karena sebenarnya alat musik ini merupakan alat penutup bagian intim pria papua, namun seringkali juga digunakan sebagai alat musik pengiring pada kegiatan adat. Kee merupakan ikat pinggang dari tulang hewan kasuari dan Paar merupakan bongkahan labu kering. Alat musik ini dimainkan dengan menggoyang goyangkannya pada saat melakukan tarian adat sehingga akan memberikan suara ketukan tertentu saat penggunannya bergerak melakukan gerakan tarian.

Demikianlah ulasan mengenai 15 alat musik Papua. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.