15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Tak cuma Arababu lho, ada alat musik lain dari Maluku yang perlu kamu ketahui. Apa saja alat musik itu? Simak dalam ulasan berikut ini.

Maluku, provinsi dengan ibukota Ambon ini dikenal memiliki kekayaan alam luar biasa seperti mutiara, cengkeh dan pala. Tak hanya itu alat musiknya pun terdiri dari beragam jenis. Berikut ini merupakan beberapa alat musik dari Maluku.

1) Arababu

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Arababu

Arbabu merupakan alat musik tradisional dari maluku yang memiliki kesamaan bentuk dengan Rebab. Alat musik Arababu termasuk kedalam alat musik gesek. Cara memainkan Arababu adalah dengan cara menggesekkan dawai pada tubuh Arbabu dengan menggunakan serat rotan atau serta tumbuhan. Biasanya Arbabau terbuat dari tempurung kelapa, kayu dan kulit hewan.

2) Tahuri

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Tahuri

Instrumen musik dari kulit kerang tidak hanya berkembang di Papua, namun di maluku juga alat musik ini berkembang, terutama di daerah pesisir. Tahuri mampu menghasilkan suara yang sangat nyaring.

3) Tifa Maluku

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Tifa Maluku

Selain di papua, Alat musik ini juga berkembang di wilayah Maluku dan sudah menjadi alat musik tradisional Maluku. Bentuk Tifa beragam, mulai dari bundar melebar hingga ukuran ramping memanjang. Alat musik Tifa ini dimainkan dengan cara dipukul dan meruakan alat musik ritmis tradisional. Tifa biasanya kerap dimainkan sebagai musik pengiring dari tari tradisional. Perbedaan yang mencolok anatara Tifa Papua dengan Tifa dari Maluku adalah pada motif di sekeliling badan Tifa. Pada Tifa Maluku, badan Tifa polos tanpa motif, sementara pada Tifa Papua, badan Tifa penuh dengan ukiran motif khas Papua.

4) Totobuang

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Totobuang

Totobuang atau tetabuhan ini merupakan alat musik tradisional dari daerah Maluku. Dalam sebuah Tototbuang terdiri atas 12 sampai 14 buah gong kecil yang masing masing gong mampu menghasilkan nada yang berbeda satu sama lain. Gong gong ini biasanya dipukul menggunakan alat pukul kayu berlapis bahan karet. Totobuang biasanya dimainkan bersama dengan Tifa atau alat musik tabuh lainnya sebagai pengiring dari lagu atau tari tradisional.

5) Jukulele

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Jukulele

Alat musik tradisional yang mengadaptasi bentuk alat musik ukulele ini dibuat dari perpaduan berbagai bahan alam seperti tempurung kelapa, kulit rusa hingga kayu. Cara memainkan Jukulele tidak jauh berbeda dengan ukulele yakni dengan cara dipetik. Tiap dawai yang dipetik mampu menghasilkan nada nada melodis. Peniruan atau proses adaptasi alat musik ini terjadi ketika bangsa Portugis singgah diwilayah Maluku.

6) Rumba

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Rumba

Rumba adalah alat musik tradisional maluku yang menurut asal usulnya berasal dari budaya cuba yang dibawa masuk oleh bangsa portugis ketika menjelajah ke Nusantara khususnya maluku. Alat musik rumba ini terbuat dari batok kelapa yang diisi kerikil atau pasir, sebagai pegangannya terbuat dari kayu. Cara memainkan alat musik ini dengan cara menggoyang atau menggerak gerakkan sehingga kerikil atau pasir yang ada di dalamnya saling membentur.

7) Gong Sedang

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Gong Sedang

Gong sedang biasanya memiliki motif dua naga yang memiliki makna kekuatan. Persebaran Gong sedang ke tanah maluku bermula dari pemberian cindera mata pedagang tanah jawa kepada raja Maluku. Gong biasanya dimainkan dalam musik pengiring tari tradisional. Penerimaan Gong Sedang oleh petinggi Maluku menandakan bahwa masyarakat Maluku terbuka dan arif dengan pengaruh budaya dari luar wilayah maluku.

8) Idiokordo

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Idiokordo

Idiokordo merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Bagian tubuh Idiokordo biasanya penuh ukiran motif. Idiokordo memiliki kesamaan bentuk dengan siter dengan penambahan senar. Alat musik ini kerap dimainkan sebagai musik pengiring dalam seni tari tarian tradisional.

9) Suling Melintang

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Suling Melintang

Suling melintang merupaka adaptasi dari budaya dunia barat yang populer di Maluku. Kepopuleran Suling melintang dibawa oleh bangsa belanda dan portugis. Suling ini dibuat dari seruas bambu dengan 6 buah lubang nada satu buah lubang tiup. Biasanya suling melintang digunakan untuk menyambut tamu besar.

10) Suling Paruh

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Suling Paruh

Suling Paruh biasanya dibuat dari ruas bambu dengn ujung yang disumbat oleh kayu. Biasnaya suling paruh digunakan untuk mengiringi musik Sawat. Cara memainkan suling paruh sama seperti suling pada umumnya, yakni ditiup. Suara yang dihasilkan suling paruh Maluku sangat khas dan sulit ditemukan pada karakter suara suling pada umumnya.

12) Hawaian

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Hawaian

Alat musik adaptasi dari bangsa eropa ini sudah ada sejak abad 16 di Maluku. Hawaian biasanya dibuat dari logam dan kayu.Memiliki kesamaan dengangitar listrik, alat musik Hawaian ini juga memerlukan listrik untuk membunyikannya. Hawaian memiliki 8 senar dengan cara memainkan yang unik, yakni dengan memetik senarnya dengan menggunakan benda kecil sejenis kerang.

Baca Juga : 15 Alat Musik Daerah Riau Lengkap dengan Gambar

13) Bambu Hitada

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Bambu Hitada

Bambu Hitada adalah alat musik yang terbuat dari sepotong bambu besar dan dimainkan dengan cara menghantamkan bagian bawahnya ke tanah hingga terdengar suara. Ketika dimainkan sebagai pengiring lagu biasanya Bambu Hitada ini tidak hanya satu namun berjumlah lebih dari tiga dengan masing masing bambu di pegang oleh orang yang berbeda.

14) Cikir

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Cikir

Cikir adalah alat musik yang dibuat dari tempurung kecil dengan isi biji bijian keras atau batu. Cara memainkannya adalah dengan menggoyangkan Cikir sehingga terdengar bunyi. Alat musik ini merupakan alat musik tidak bernada, atau ritmis. Biasanya Cikir dimainkan sebagai pelengkap dalam sebuah musik pengiring dan juga berfungsi sebagai pengatur tempo lagu.

15) Juk

15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar
Juk

Juk merupakan alat musik gitar buatan sendiri yang dibuat dari kayu dan triplek dengan warna warni. Juk biasanya dapat ditemukan dalam pertunjukan kesenian bambu hitada dimana bambu hitada, cikir dan juk dimainkan bersama sama sebagai musik pengiring.

Demikianlah pembahasan mengenai 15 alat musik Maluku. Semoga bermanfaat.

Baca Juga