15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Alat Musik Klasik adalah alat musik yang digunakan dalam sajian pertunjukan orkestra musik klasik. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja intrumen musik klasik.

Alat Musik Klasik adalah alat musik yang digunakan dalam sajian pertunjukan orkestra musik klasik. Musik klasik sendiri merujuk pada sebuah aliran musik barat yang terkenal pada periode abad ke 9. Meski usia aliran musik ini sudah lama, namun musik klasik masih diperdengarkan melalui sajian orkestra musik klasik.

Alat musik Klasik yang digunakan pada orkestra musik klasik modern tidak mengalami banyak perubahan, instrumen seperti biola, trombone, klarinet, piano masih digunakan dalam pertunjukan orkestra.

Yuk simak apa saja instrumen musik klasik tersebut.

1) Harpsichord

15 Alat Musik Klasik Lengkap Beserta Gambar
Harpsichord

Alat musik Harpsichord diciptakan pada 1707 oleh Bartolomeo Christofori. Harpsicord adalah leluhur dari piano dan menjadi dasar pengembangan piano modern. Pada saat awal awal pengembangan alat musik ini, Bilah nada pada Harpsicord dibuat dari kayu, selain itu, harpsicord tidak memiliki jangkauan oktaf yang luas seperti piano modern.

2) Piano Instrumen

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Piano Instrumen

Piano instrumen adalah alat musik piano modern seperti yang kita kenal saat ini, alat musik ini dibuat pada tahun 1975. Jangkauan nada yang dapat dicapai piano saat itu adalah 7¼ oktaf. Pada saat itu lebar jangkauan nada piano tidak dapat disamai oleh alat musik manapun.

3) Brass

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Brass

Brass adalah alat musik tiup yang dibuat dari bahan logam. Suara yang dihasilkan oleh Brass berasal dari getaran bibir pemainnya saat pemain meniupkan udara melalui tabung resonator. 

Perubahan intonasi nada pada Brass dipengaruhi oleh perubahan panjang udara yang melewati bagian pipa dan perubahan celah bibir pemain brass saat meniup yang akan menentukan frekuensi getaran yang dihasilkan. 

4) Celo

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Cello

Bentuk alat musik Celo mirip dengan Biola, nada yang dihasilkan celo adalah bas. Cello sendiri merupakan nama singkat dari bahasa italia Violoncello, yang memiliki artian violin kecil. Celo sudah menjadi alat musik standar dalam sebuah pertunjukan musik orkestra klasik.

Baca Juga :15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar

5) Biola

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Biola

Biola adalah instrument musik klasik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini mampu menghasilkan melodi dengan rentetan nada yang cepat. Kekuatan utama Biola adalah pada kemampuan tangan pemainnya, semakin luwes tangan pemain biola maka akan semakin cepat dan halus perpindahan nada yang dihasilkan.

6) Trumpet

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Trumpet

Trumpet merupakan alat musik tiup. Gambaran tentang Trumpet sudah ada sejak jaman mesir kuno dalam bentuk gambar di dinding dan pada masa itu digunakan sebagai alat pemujaan pada dewa osiris. Selain digunakan sebagai alat musik, trumpet juga digunakan untuk memberikan tanda bagi pasukan saat perang, seperti tanda untuk mundur atau menyerang. 

7) French Horn

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
French Horn

Sesuai dengan namanya, alat musik ini berasal dari negara perancis. Bentuk alat musik ini sangat unik. French Horn sering digunakan dalam pertunjukan orkestra maupun pertunjukan musik klasik lain. Pada sebuah orkestra musik klasik, biasanya terdapat sekitar 8 pemain French Horn.

8) Trombone

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Trombone

Trombone adalah alat musik tiup yang menghasilkan nada rendah dan memiliki dimensi ukuran sangat panjang bila dibandingkan dengan alat musik tiup lainnya. Jika lekukan leher trombone di luruskan maka kurang lebih panjang trombone dari ujung keujung adalah sekitar 275 cm atau dua meter lebih. 

Cara menghasilkan nada pada alat musik trombne adalah dengan menarik dan mendorong leher trombone saat pemain meniup lubang tiup. Trombone dibuat dari bahan kuningan dan diciptakakan pertama kali pada sekitar abad 15.

9) Tuba

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Tuba

Alat musik tuba merupakan instrumen yang dimainkan dengan cara ditiup. Nada bunyi yang dihasilkan tuba sangat berat dan rendah. Untuk dapat memainkan tuba dengan baik, seorang pemain musik dituntut memiliki pernapasan yang kuat dan panjang. 

Pernapasan menjadi faktor penting bagi pemain tuba agar dapat mempertahankan lamanya bunyi nada sesuai dengan yang diharapkan.

10) Klarinet

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Klarinet

Klarinet atau juga yang dikenal dengan terompet kecil ini merupakan alat musik tiup yang masuk kedalam keluarga woodwind. Woodwind adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada alat musik tiup yang terbuat dari bahan utama kayu.

11) Flute

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Flute

Berdasarkan sejarah, Flute merupakan alat musik tertua yang pernah di temukan, Flute purba pertama kali ditemukan di slovenia, oleh Dr. Ivan Turk pada 1998. Flute tersebut dibuat dari tulang beruang dengan dua buah lubang nada. Suara yang dihasilkan oleh Flute meninggalkan kesan lembut, tenang dan emosional.

12) Saksofon

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Saksofon

Saksofon adalah aat musik tiup yang berasal dari Belgia, dibuat pada awal tahun 1840an oleh pengrajin alat musik bernama Adolphe sax. Saksofon dibuat dari bahan logam dan sering digunakan dalam musik jaz. Namun pada awal kemunculannya saksofon sengaja dibuat untuk sajian musik orkestra.

13) Harpa

15 Alat Musik Klasik  Lengkap Beserta Gambar
Harpa

Harpa adalah alat musik petik yang lebih sering dimainkan secara solo, namun juga dapat dimainkan dalam sebuah orkestra musik klasik. Dentingan yang dihasilkan oleh harpa sangat khas. Bagian utama harpa terdiri dari tiga bagian, yakni senar, leher harpa dan papan suara.

14) Triangel

15 Alat Musik Klasik Lengkap Beserta Gambar
Triangel

Triangel adalah alat musik pukul yang terbuat dari logam. Triangel memiliki bentuk seperti segitiga namun pada salah satu sudut triangel batang logam tidak saling terkait. Alat musik ini termasuk kedalam alat musik idiophone, yakni alat musik yang menghasilkan suara dari dalam dirinya sendiri.

15) Piccolo

15 Alat Musik Klasik Lengkap Beserta Gambar
Piccollo

Piccolo adalah nama alat musik tiup yang berasal dari Italia. Jika dilihat sepintas bentuk Piccollo memang mirip dengan seruling, namun memiliki perbedaan yang mencolok pada bagian ujungnya yang mengerucut dengan kepala silinder. 

Dahulu, Piccolo dibuat dari bahan kayu atau gading hewan, namun kini Piccollo dibuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari logam kuningan, resin hingga plastik. Dalam sebuah pagelaran orkestra klasik, Picollo sering difungsikan untuk memperkuat dan mempertegas suara biola.

Sekian ulasan mengenai alat musik klasik. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga