15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Ulasan mengenai 15 alat musik jawa timur lengkap dengan gambar, mau tahu apa saja alat musik tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.

Daerah Jawa Timur termasuk daerah yang kaya akan kebudayaan, termasuk alat musiknya. Tak hanya Angklung Reyog, ada juga Tong tong, Angklung Caruk hingga Selompret. Berikut ini adalah sejumlah alat musik yang berkembang dan berasal dari Jawa Timur.

1) Angklung Reyog

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Angklung Reyog

Angklung Reyog adalah jenis angklung yang dimainkan sebagai pengiring kesenian reog ponorogo,jawa timur. Anglung reyog tidak jauh berbeda dengan jenis angklung pada umumnya. Namun ada perbedaan yang sangat mencolok, yakni adanya hiasan warna warni yang menempel pada angklung. Selain itu, angklung reyog menggunakan jenis bambu yang dapat menghasilkan suara yang keras. Cara memainkan angklung reyog adalah dengan cara menggoyangkan tabung bambu hingga mengeluarkan suara nada yang diinginkan.

2) Kenong

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Kenong

Alat musik kenong biasanya dimainkan sebagai pengiring kesenian reog ponorogo. Cara memainkan kenong adalah dengan memuku piringan logam yang berbentuk seperti gong kecil. Untuk memukul keong, biasanya pemain kenong menggunakan alat pukul khusus yang ujungnya sudah dilapisi dengan karet atau kain. Keberadaan kenong dalam kesenian reog biasanya digunakan sebagai penguat nada. Kenong di jawa timur biasanya terbagi atas dua jenis yakni keong besar dan kenong kecil, kedua duanya biasanya dimainkan secara bersamaan dalam satu pertunjukan seni.

3) Saronen

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Saronen

Alat musik saronen adalah alat musik yang berasal dari daerah madura. Dimensi ukuran saronen biasanya mencapai panjang sekitar 40 cm. Pada umumnya bentuk saronen adalah kerucut. Saronen memiliki tujuh buah lubang dengan enam buah lubang posisinya berderet di bagian depan dan satu buah lubang lainnya ada di bagian belakang. Tempat meniup Saronen terbuat dari daun pohon aren dengan hiasan dari tempurung kelapa yang menyerupai bentuk kumis tebal. Suara yang dihasilkan oleh alat musik saronen sangat nyaring dan keras.

4) Tong-Tong

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Tong - Tong

Alat musik bernaa Tong tong ini berasal dari daerah Madura. Di daerah lain, alat musik ini dikenal sebagai kentongan. Selain digunakan sebagai alat musik, kentongan juga biasa digunakan sebagai alat untuk memperingatkan warga jika terjadi sesuatu yang mecurigakan, tong tong juga kerap digunakan untuk membangunkan sahur warga. Tong tong sendiri terbagi atas tiga jenis berdasarkan tinggi redahnya suara yang dhasilkan, yakni tong tong suara tingi, tong tong suara sedang dan tog tong suara rendah. Tog tong sering dimainkan saat acara karapan sapi dan sapi sono

5) Kluncing

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Kluncing

Kluncing adalah alat musik khas jawa timur yang memiliki kemiripan bentuk dengan alat musik jensi Triangle. Kluncing terbuat dari bahan campuran logam. Cara membunyikan alat musik Kluncing adalah dengan memukul Kluncing dengan menggunakan tongkat ukuran kecil.

Baca Juga : 15 Alat Musik Maluku Lengkap dengan Gambar

6) Kendhang Banyuwangi

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Kendhang Banyuwangi

Kendang Jenis ini berkembang di daerah banyuwangi. Memiliki kesamaan bentuk dengan kendhang pada umumnya. Kendhang biasanya dimainkan sebagai pengiring lagu atau seni tarian tradisional. Dibutuhkan keahlian khusus dalam menabuh kendhang. Pemain kendhang harus memahami dan menguasai berbagai bentuk irama dan ketukan agar menghasilkan suara yang bervariasi.

7) Kempul

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Kempul

Kempul adalah alat musik pukul tradisional dari jawa timur. Kempul memiliki kesamaan bentuk dengan alat musik kendhang namun menghasilan suara yang lebih berat dari pada kendhang pada umumnya. Cara memainkan kempul adalah dengan cara menabuh membran yang biasanya masih terbuat dari kulit binatang. Kualitas irama yang dihasilkan oleh Kempul bergantung pada kepiawaian pemain Kempul dalam menabuh dan mengetuk membran.

8) Suling Bambu

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Suling Bambu

Suling bambu adalah alat musik tiup tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan alat musik suing bambu adalah dengan meniup lubang udara dan secara bersamaan disaat yang sama tangan lainnya menekan lubang nada. Suara suling bambu sangat khas dibandingkan dengan suling yang terbuat dari bahan sisntetis seperti plastik.

9) Bonang

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Bonang

Selain berkembang di jawa barat dan jawa tengah, bonag juga berkembang di daerah jawa timur. Bonang sendiri biasanya terbuat dari vampuran perunggu. Cara memainkan alat musik bonang ini adalah dengan cara memukul bagian menonjol bonang hingga mengeluarkan nada. Bagian yang menonjol ini disebut sebagai pencon, sedangkan alat untuk memukul pencon disebut Bindhi.

10) Selompret

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Selompret

Selompret merupakan alat musik adaptasi yang mengadopsi bentuk dari terompet. Cara memainkan selompret pun tidak jauh berbeda dengan terompet pada umumnya yakni dengan cara ditiup.

11) Angklung Caruk

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Angklung Caruk

Angklung caruk adalah alat musik dari jawa timur yang telah berkembang di sekitar daerah banyuwangi. Angklung caruk terbuat dari bambu. Biasanya angklung caruk dimainkan dalam suasana kompetisi, dimana paling tidak dibutuhkan dua buah kelompok angklung yang nantinya akan saling beradu kepiawaian dalam memainkan lagu di hadapan penonton.

12) Terompet Reyog

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Terompet Reyog

Alat musik tiup tradisional dari Jawa Timur yang bernama Terompet Reyog ini kerap dipakai sebagai musik pengiring pada seni pertunjukan Reog Ponorogo. Suara yang dihasilkan terompet reyog sangat unik dan khas.Cara memainkan terompet Reyog adalah dengan cara ditiup.

13) Kethuk Estri

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Kethuk Estri

Bentuk alat musik Kethuk Estri hampir sama dengan Gong kecil, namun basanya hanya berjumlah dua buah. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Bahan pembuat Kethuk Estri adlah logam. Ukuran kethuk Estri biasanya lebioh besar daripada kethuk Jaler. Suara yang dihasilkan oleh kethuk estri lebih rendah dari kethuk jaler.

14) Kethuk Jaler

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Ketuk Jaler

Kethuk jaler adalah alat musik tradisional yang berkembang dijawa timur dan masih satu keluarga dengan kethuk Estri. Perbedaan antara kethuk jaler dengan kethuk Estri ada pada suara yang dihasilkan, dimana suara kethuk jaler lebih tinggi satu kwint dari kethuk estri.

15) Ul-Dhaul

15 Alat Musik jawa Timur Lengkap Dengan Gambar
Ul Dhaul

Ul Dhaul adalah alat musik perkusi etnik dari daerah jawa timur. Ul Dhaul berkembang dikalangan masyarakat Sumenep lalu menyebar ke daerah sekitarnya dan menjadi dikenal luas oleh banyak orang.

Demikian ulasan 15 alat musik Jawa Timur.

Baca Juga