15 Alat Musik Harmonis Modern dan Tradisional Lengkap dengan Gambar
Tak hanya Gitar, sejumlah alat musik lainnya juga dapat menghasilkan nada nada harmonis dan masuk kedalam Kategori alat musik Harmonis. Apa saja alat musik tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.

Alat musik Harmonis adalah alat musik yang dapat memainkan nada harmonis dimana nada tersebut dihasilkan dari membunyikan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Baik alat musik modern maupun tradisional dapat menghasilkan nada nada Harmonis. Berikut ini adalah sejumlah contoh dari alat musik Harmonis.

1) Gitar

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Gitar

Gitar merupakan alat musik petik modern yang dapat menghasilkan nada Melodis dan nada harmonis, biasanya dalam sebuah band akan memilki dua orang gitaris dengan pembagian nada Melodis dan Harmonis. Nada nada harmonis yang dihasilkan oleh gitar biasanya digunakan sebagai pengiring lagu dan nada melodis dari Gitar biasanya digunakan sebagai pengisi lagu. Cara memainkan gitar untuk menghasilkan nada harmonis adalah dengan cara menekan sejumlah senar dan menggenjrengnya secara bersamaan, sedangkan cara memainkan Gitar untuk menghasilkan nada melodis adalah dengan cara memetik senarnya satu per satu.

2) Harpa

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Harpa

Harpa juga termasuk kedalam alat musik modern yang dapat menghasilkan nada harmonis, selain dimainkan dengan memetik dawainya satu persatu, dawai pada Harpa juga dapat dimainkan dengan cara memetik tiga dawai secara bersamaan untuk dapat menghasilkan nada Harmonis. Harpa biasanya dimainkan secara solo karena memiliki karakteristik suara yang halus dan menenangkan, namun tak jarang Harpa juga digunakan sebagai alat musik pengiring dalam pagelaran musik.

3) Sasando

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Sasando

Alat musik petik tradisional dari Suku Rote Nusa Tenggara Timur Ini bernama Sasando. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara memetik dawainya. Nada Harmonis akan muncul ketika pemain memetik 3 dawai atau lebih secara bersamaan untuk mengeluarkan nada yang diinginkan. Tak banyak orang yang memiliki kemampuan memainkan sasando dengan baik, hal ini karena mulai berkurangnya generasi muda yang mau menekuni alat musik tradisional ini.

4) Saksophone

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Saksophone

Alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup ini merupakan salah satu alat musik Harmonis. Nada nada harmonis dari saksopone dihasilkan dari penekanan beberapa tuts secara bersamaan menggunakan jari. Saksophone kerap ditampilkan dalam pagelaran musik Jazz.

5) Sampek

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Sampek

Alat musik petik tradisional dari wilayah kalimantan dan merupakan alat musik khas dari suku dayak ini juga termasuk kedalam alat musik harmonis, dimana nada nada harmonis tersebut dihasilkan dengan cara memetik 3 dawai sekaligus. Selain dengan cara memetik 3 dawai sekaligus, alat musik ini juga dapat dimainkan dengan cara melodis yakni memetik dawainya satu per satu sesuai dengan nada yang ingin dihasilkan. Sampek kerap ditampilkan dalam pagelaran musik tradisional.

6) Rebab

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Rebab

Alat musik tradisional ini pernah populer pada jaman dahulu. Rebab diduga merupakan hasil dari kebudayaan Timur tengah yang sampai ke Nusantara. Alat musik tradisional ini juga merupakan alat musik harmonis. Cara memainkan rebab adalah dengan digesek.

7) Cemplung dan Siter

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Celempung dan Siter

Cemplung dan Siter merupakan alat musik tradisional yang kerap dimainkan bersama dalam gamelan jawa. Bentuk alat musik ini hampir sama dengan kecapi, namun siter dan cemplung memiliki senar yang jauh lebih banyak dari pada kecapi. Cemplung dan Siter dapat menghasilkan nada nada melodis maupun nada Harmonis tergantung dari cara bermain pemain musik.

8) Piano

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Piano

Piano termasuk dalam alat musik Harmonis dan melodis Modern. Jika tuts pada piano dimainkan satu persatu maka alat musik piano akan menghasilkan nada nada melodis, namun jika tuts pada piano dimainkan dengan menekan 3 nada tertentu secara bersamaan maka alat musik ini akan mengeluarkan nada - nada Harmonis. Alat musik ini kerap dimainkan untuk membawakan musik klasik atau sebagai musik pengiring lagu pop.

9) Pianika

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Pianika

Meski memiliki kesamaan bentuk dengan piano namun Pianika membutuhkan bantuan dorongan udara melalui tiupan pemain melalui pipa di ujung Pianika. Disaat bersamaan dengan pemain meniup udara, pemain juga menekan tuts pianika agar menghasilkan nada Harmonis yang diinginkan. Dibutuhkan pengaturan napas khusus untuk mendapatkan nada dan panjang nada yang enak didengar. Pianika masuk ke dalam alat musik modern.

10) Biola

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Biola

Alat musik modern berdawai ini dapat dimainkan dengan cara melodis maupun harmonis sehingga Biola dapat dikategorikan ke dalam Alat musik Harmonis dan alat musik Melodis. Biasanya nada nada harmonis dari biola digunakan dalam pagelaran seni musik Jazz dan pagelaran musik klasik.

11) Harmonika

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Harmonika

Harmonika merupakan alat musik tiup modern yang dapat menghasilkan nada nada Harmonis. Alat musik ini dimainkan dengan cara dihisap dan tiup pada rongga rongga di bagian badan harmonika.

Baca Juga : 36 Kuliner Khas Surabaya Yang Lezatnya Juara di Lidah

12) Viola

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Viola

Alat musik modern yang masih satu keluarga dengan biola ini merupakan alat musik harmonis juga melodis. Alat musik ini dapat mengeluarkan nada nada Harmonis ketika pemain Viola menekan beberapa dawai pada badan Viola dan menggeseknya dengan senar busur. Viola merupakan alat musik modern.

13) Bonang

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Bonang

Alat musik pukul tradisional ini berkembang di bali dan jawa. Kerap digunakan bersamaan dalam gamelan. Nada harmonis dari alat musik bonang dihasilkan dengan cara memukul tiga nada yang berbeda secara bersamaan. Tiap nada dihasilkan dari gong gong kecil yang tersusun dalam rak. Pemain Bonang memukul gong gong tersebut dengan bantuan alat pemukul berbalut kain atau karet.

14) Violoncello

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Violoncello

Alat musik gesek modern ini merupakan salah satu keluarga dari Biola dan mampu menghasilkan nada nada harmonis. Cara memainkan Violoncello sama seperti dengan memainkan biola maupun Viola.

15) Kecapi

15 Alat Musik Harmonis Lengkap dengan Gambar
Kecapi

Alat musik petik tradisional dari sunda ini biasanya menjadi pengiring utama dalam beberapa tembang tradisional sunda. Alat musik Kecapi dapat menghasilkan nada nada harmonis dengan cara memetik tiga dawainya atau lebih secara bersamaan.

Demikianlah ulasan mengenai 15 contoh alat musik harmonis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga