15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Musik dangdut tak hanya didominasi oleh suara kendang, namun ada 15 jenis alat musik yang ikut berperan dalam sajian musik dangdut. Apa saja alat musik tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.

Siapa yang tak tergoda untuk bergoyang ketika musik dangdut dimainkan. Selain alunan hentakan kendang yang menggoda, sejumlah intrumen musik lainnya pun memiliki andil dalam sajian lagu dangdut. Yuk simak alat musik apa saja yang dimainkan sebagai pengiring dalam sebuah lagu dangdut.

1) Kendhang

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Kendhang

Alat musik pukul tradisional yang satu ini merupakan alat musik utama dalam sajian musik dangdut. Bahkan setiap Orkes Melayu memiliki ketukan tabuhan kendang yang unik yang menjadi pembeda antar sesama Orkes Melayu. Kendhang dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tangan kosong. Seorang penabuh kendhang dalam musik dangdut biasanya diharuskan memahami dan menguasai berbagai irama ketukan dalam musik dangdut.

2) Seruling

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Seruling

Seruling atau suling adalah satu dari sekian lat musik yang sudah jamak dikenal oleh penikmat musik dangdut. Suling yang umumnya dimainkan dalam musik dangdut adalah suling bambu dimana suling bambu mampu mengeluarkan bunyi merdu yang khas, dan kekhasan ini kini identik dengan musik dangdut. Namun tak semua pemain seruling mampu mengeluarkan nada nada merdu yang menghanyutkan, dibutuhkan keahlian dan kemampuan khusus dalam memainkan seruling. Faktor utama yang mempengaruhi kualitas permainan pemain seruling adalah pernapasan.

3) Gitar

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Gitar

Alat musik petik modern ini digunakan sebagai alat musik pengiring dalam sajian musik dangdut. Tak hanya sebagai pengiring, Giitar juga seringkali dimainkan untuk mengisi melodi dalam lagu. Penggunaan gitar dalam musik dangdut yang paling mencolok adalah gitar milik raja dangdut Rhoma Irama, dimana gitar tersebut merupakan gitar listrik tanpa kepala, atau yang lebih dikenal sebagai gitar buntung. Bahkan Gitar tersebut sudah identik dengan Rhoma irama.

4) Organ

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Organ

Saat ini Organ yang umumnya digunakan adalah organ elektrik dimana suara yang dihasilkan berasal dari mesin. Organ digunakan sebagai pengiring lagu dangdut bernuansa melow dan sendu. Seringkali Organ dimainkan sebagai sajian pembuka, atau intro dalam sebuah lagu dangdut dan juga dimainkan sebagai penutup diakhir lagu. Cara memainkan Organ tak jauh berbeda dengan Keyboard atau piano.

5) Tamborin

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Tamborin

Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara digoyang maupun di tabuh dengan tangan. Suara gemerincing yang dihasilkan oleh piringan piringan besi pada pinggir Tamborin menjadi ciri khas alat musik ini.

6) Terompet

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Terompet

Alat musiik modern tiup ini juga kerap muncul dalam sajian musik dangdut. Keberadaan terompet dalam sebuah lagu dangdut juga tak lepas dari kebutuhan untuk menambah dan merubah warna lagu. Alat musik terompet memiliki tiga tut pengatur nada. Kualitas permainan terompet bergantung pada kualitas pernapasan orang yang memainkannya.

7) Bass

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Bass

Bass merupakan alat musik modern dengan 4 dawai yang memiliki bentuk tubuh seperti gitar. Bass digunakan sebagai pengiring dan pelengkap dalam sebuah lagu, termasuk lagu dangdut. Sama halnya denganjenis musik lain seperti rock atau pop, bass dalam musik dangdut selain sebagai pengiring Bass juga berfungsi sebagai pengatur tempo dan irama.

Baca Juga : 15 Penyanyi Dangdut Hot dengan Goyang Fenomenal

8) Piano

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Piano

Piano juga merupakan alat musik yang jamak digunakan saat mengiringi sebuah lagu dangdut. Biasanya piano dimainkan sebagai intro dalam sebuah lagu dangdut. Lagu lagu dangdut klasik biasanya menggunakan piano sebagai pengiring dan menjadi bagian dari lagu tersebut.

9) Harmonika

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Harmonika

Harmonika juga sering ditemui dalam pagelaran pagelaran musik dangdut pantura, penambahan alat musik harmonika biasanya bertujuan sebagai penambah warna dalam sebuah lagu. Alat musik tiup ini biasanya dimainkan sebagai pembuka dari sebuah lagu dangdut, mengisi bagian melodi maupun diguanakan sebagai penutup dari sebuah lagu dangdut. Dibutuhkan kemampuan pernapasan yang mumpuni dalam memainkan harmonika, karena kualitas suara Harmonika bergantung pada kualitas pernapasan pemainnya.

10) Drum

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Drum

Meski sudah ada kendhang, namunkeberadaan drum juga tetap diperlukan dalam sajian usik dangdut. Drum yang merupakan alat musik pukul modern ini menghasilkan suara melalui selaput membran yang biasanya dibuat dari bahan sintesis seperti plastik.

11) Saxophone

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Sexophone

Penggunaan sexophone dalam musik dangdut biasanya muncul ketika sebuah lagu dangdut mengadopsi atau menggabungkan genre dari musik lain. Penggunaan Sexophone biasanya memberikan nuansa dan warna berbeda dalam sebuah lagu dangdut. Jangkauan sexophone jauh lebih luas daripada terompet. Tuts yang dimiliki sexophone juga jauh lebih banyak daripada terompet.

12) Keyboard

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Keyboard

Alat musik tekan ini merupakan alat musik modern yang menghasilkan suara atau nada dari mesin. Sebuah keyboard mampu menghasilkan beragam suara, mulai dari suara gitar hingga terompet. Kemampuan ini tidak lepas dari mesin yang ada di dalam tubuh keyboard. Sebuah keyboard dapat berjalan dengan bantuan listrik atau baterai. Cara memainkan keyboard tidak jauh berbeda dengan cara memainkan organ maupun piano.

13) Biola

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Biola

Alat musik gesek ini biasanya dimainkan dalam musik dangdut melayu. Biola memiliki 4 dawai dengan masing masing dawai memiliki nada dasar G,D,E dan A. Suara biola kerap muncul dalam sajian musik dangdut klasik dan dangdut melayu. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara menggesekkan dawai menggunakan busur gesek.

14) Triangle

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Triangle

Alat musik ritmis modern ini juga kadang digunakan dalam sebuah sajian musik dangdut,baik live televisi maupun show panggung outdoor. Alat musik berbentuk segitiga ini dimainkan dengan cara dipukul, namun perlu diperhatikan, bahwa saat memukul Triangle pemian musik tidak diperbolehkan menyentuh badan Triangle karena dapat merusak kualitas suara yang dihasilkan.

15) Marakas

15 Alat Musik Dangdut Lengkap Dengan Gambar
Marakas

Marakas adalah alat musik ritmis modern yang juga digunakan dalam sajian musik dangdut. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menggoyang goyangkan marakas hingga menghasilkan suara.

Demikian ulasan mengenai 15 alat musik yang sering digunakan dalam sajian seni musik dangdut.  

Baca Juga