20 Negara Termuda di Dunia
Setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua, banyak negara yang akhirnya mengumukan kemerdekaan mereka. Termasuk dio antaranya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berhasil memeroleh dan mengumumkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Asgustus 1945.

Dari seluruh negara yang ada di dunia, ada beberapa negara yang telah ada sejak ribuan tahun silam. Namun, ada pula negara yang baru mendapatkan kemerdekaan mereka di tahun 1990 dan bahkan ada pula negara yang baru merdeka enam tahun ini. Berikut daftar 20 negara termuda di dunia yang tercatat sejarah.

1. Sudan Selatan

Sudan Selatan
Sudan Selatan

Negara yang terletak di benua Afrika ini dulunya menjadi satu wilayah dengan negara Republik Sudan, sebelum memisahkan diri pada tahun 2011. Berpisahnya kedua negara ini diawali dengan perang saudara sebelum diwarnai dengan adanya referendum pada tahun 2011. Secara resmi, Sudan Selatan menjadi negara merdeka sendiri pada tanggal 9 Juli 2011 dan menjadi anggota PBB lima hari setelahnya.

2. Kosovo

Kosovo
Kosovo

Negara yang sebelumnya berada dalam kekuasan negara Serbia ini menjadi negara merdeka secara de facto sejak 17 Februari 2008. Meski Serbia masih belum bisa mengakuinya, namun negara-negara seperti Albania, Amerika Serikat, Prancis, Britania Raya, dan Turki telah mengakui kemerdekaan mereka.

3. Serbia

Serbia
Serbia

Sejak melepaskan diri dari Yugoslavia pada tahun 2003, negara ini masih bernama Serbia & Montenegro. Namun di tahun 2006, baik Serbia dan Montenegro sepakat untuk menjadi negara sendiri-sendiri.

4. Montenegro

Montenegro
Montenegro

Seperti yang dituliskan di atas, Montengero awalnya adalah sebuah wilayah miliki negara Yugoslavia, lalu menjadi negara Serbia & Montengero pada tahun 2003. Baru di tahun 2006, kedua negara sepakat untuk berpisah. Montenegro beribukota di Podgorica, sementara Serbia di Beograd.

5. Timor Leste

Timor Leste
Timor Leste

Negara ini pada awalnya berada di wilayah kekuasaan Indonesia dengan menjadi sebuah provinsi bernama Timor Timur. Berpelasnya Timor Leste dari Indonesia ini diawali dengan referendum yang disponsori PBB yang pada akhirnya membuahnya konflik antar dua negara. Hingga di tahun 2002, Timor Leste resmi menjadi negara sendiri.

6. Palau

Palau
Palau

Palau adalah sebuah negara kecil yang terletak di Kepulauan pasifik. Negara ini memeroleh kemerdekaan dari Amerika Serikat pada 1 Oktober 1994. Negara kepaluan yang beribukota di Koro ini memiliki delapan pulau utama dan sekitar 25 pulau kecil.

7. Eritrea

Eritrea
Eritrea

Negara kecil yang terletak di benua Afrika ini memeroleh kemrdekaannya pada 24 mei 1993 dari Ethiophia. Kemerdekaan Eritrea diawali dengan perang saudara yang telah berkecamuk selama 30 tahun dari 1961 hingga 1991

8. Republik Ceko

Republik Ceko
Republik Ceko

Negara ini awalnya menjadi satu wilayah dengan Slowakia dengan nama Cekoslowakia. Setelah merdeka dari kekuasaan Austria-Hongaria di tahun 1918, Cekoslowakia akhirnya berpisah pada 1 Januari 1993 dan menjadi negara sendiri-sendiri. Negara yang beribukota di Praha ini bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 2004.

9. Slowakia

Slowakia
Slowakia

Slowakia dulunya adalah bagian dari negara Cekoslowakia yang berpisah sejak tahun 1993. Kedua negara ini berpisah dengan diawali Revolusi Velvet, sebuah demo damai pada Desember 1989. Demo yang diadakan selama sebulan penuh itu memprotes aturan satu partai dari partai komunis.

10. Bosnia & Harzegovina

Bosnia & Harzegovina
Bosnia & Harzegovina

Bosnia dan Harzegovia merupakan negara di semenanjung Balkan yang pada awalnya merupakan negara terakhir yang berlepas dari Yugoslavia. Bosnia dan Herzegovina resmi menjadi negara sendiri pada 3 maret 1992.

11. Rusia

Rusia
Rusia

Rusia merupakan negara bekas pecahan Uni Soviet yang memiliki wilayah paling luas. Selain itu, mereka juga tercatat sebagai negara dengan wilayah luas wilayah paling besar di dunia. Pada dasarnya, Rusia adalah pewaris utama dari Uni Soviet itu sendiri. Bahkan sering dianggap bahwa Uni Soviet itu adalah Rusia. Namun nama negara Rusia baru digunakan pada akhir tahun 1991, paling akhir di antara negara-negara bekas Uni Soviet yang lain.

Baca juga: 16 Kota Tertua di Dunia yang Masih Ada Hingga Sekarang

12. Kazakhstan

Kazakhstan
Kazakhstan

Kazakhstan juga merupakan salah satu negara bekas Uni Soviet yang letaknya berada di antara Asia Tengah dan Eropa Timur. Negara terluas ke-9 di dunia dan ke-2 dari pecahan Uni Soviet ini secara resmi memproklamasikan kemerdekaaanya pada 16 Desember 1991.

13. Turkmenistan

Turkmenistan
Turkmenistan

Negara yang berada di kawasan Asia Tengah ini juga merupakan bekas pecahan Uni Soviet. Turkmenistan secara resmi mengumumkan kemerdekaan mereka pada tanggal 27 Oktober 1991 dengan Saparmurat Niyazov menjadi presiden pertama negara itu.

14. Kroasia

Kroasia
Kroasia

Negara Kroasia pada awalnya adalah merupakan salah satu wilayah dari negara Republik Sosialis Federal Yugoslavia. baru pada 8 Oktober 1991, mereka resmi menjadi negara merdeka. Negara yang berikubota di Zagreb ini memilki bentuk wilayah yang menyeruapai bulan sabit.

15. Armenia

Armenia
Armenia

Armenia adalah negara bekas pecahan Uni Soviet yang berada di wilayah perbatasan Eropa-Asia. Sebelum dimiliki Uni Soviet, Armenia sebenarnya telah menjadi negara republik sendiri di tahun 1918 setelah runtuhnya kekaisaran Rusia. namun di tahun 1920 mereka dikuasai oleh Uni Soviet, sebelum kembali menjadi negara sendiri pada 23 September 1991.

16. Tajikistan

Tajikistan
Tajikistan

Ketika runtuhnya Uni Soviet, memang banyak negara yang memisahkan diri pada tahun 1991. Tajikistan yang berada di Asia Tengah termsuk salah satunya. Negara ini resmi merdeka pada 9 September 1991.

17. Makedonia

Makedonia
Makedonia

Negara yang berada di semenanjung Balkan ini memiliki nama resmi Republik Makedonia Bekas Yugoslavia atau The Former Yugoslav Republic of Macedonia (FYROM). Lepas dari Yugoslavia, negara ini secara resmi merayakan kemerdekannya pada tanggal 8 September 1991.

18. Uzbekistan

Uzbekistan
Uzbekistan

Uzbekistan merupakan negara bekas Uni Soviet resmi melepaskan diri pada 1 September 1991. Negara yang berbatasa dengan negara-negara pecahan Uni Soviet lain seperti Kirigizstan, Kazakhsta, Tajikistan, dan Turkmenistan.

19. Kirgizstan

Kirgiztan
Kirgiztan

Kirgizstan juga salah satu dari negara bekas Uni Soviet yang berada di wilayah Asia Tengah. Negara yang beribukota di Bishkek ini mengumumkan kemerdekaan mereka pada 31 Agustus 1991.

20. Azerbaijan

Azerbaijan
Azerbaijan

Negara yang berada di perbatasan benua Eropa dan Asia ini juga merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet. Negara ini memiliki sejarah panjang dengan menjadi kekuasaan bagi beberapa Dinasti dan Kesultanan. Negara ini tercatat secara resmi merdeka pada tanggal 31 Agustus 1991.

Baca Juga