16 Kota Tertua di Dunia yang Masih Ada Hingga Sekarang
Kota adalah daerah pemukiman yang ditempati oleh berbagai lapisan masyarakat. Kota juga merupakan bagian dari sejarah dan peradaban dengan berbagai bangunan peninggalan dari masa lampau.

Kota tua adalah sebuah kota yang menjadi warisan budaya sejak zaman dahulu. Kota-kota dengan umur ribuan tahun juga menjadi saksi bisu bagi perubahan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Kota-kota ini juga memiliki berbagai bangunan bersejarah yang masih bisa kita peninggalannya hingga sekarang. Berikut 16 kota yang diketahui sebagai kota tertua di dunia yang masih dihuni hingga sekarang seperti dilansir dari The Telegraph.

16. Athena, Yunani

Athena, Yunani
Athena, Yunani

Athena adalah ibukota dan kota terbesar yang ada di Yunani. Kota yang merupakan asal dari peradaban negeri barat dan demokrasi dunia yang telah ada sejak tahun 1.400 SM. Kota ini memiliki begitu banyak bangunan bersejarah mulai dari peninggalan Yunani kuno, Romawi, Bizantium, dan Utsmani, membuat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Eropa.

Baca juga: Sejarah Olimpiade dan Perkembangannya di Dunia dan Indonesia

15. Balkh, Afghanistan

Balkh, Afghanistan
Balkh, Afghanistan

Pada awalnya, kota ini dikenal sebagai Bactra pada masa Yunani kuno. Balkh yang berada di utara Afghanistan ini dikenal sebagai "Ibu dari Kota-kota" oleh negara-negara Arab. Kota ini berdiri sejak tahun 1.500 SM dan saat ini merupakan kota industri katun terbesar di Afghanistan.

14. Kirkuk, Irak

Kirkuk, Irak
Kirkuk, Irak

Berlokasi sekitar 150 mil ke utara dari Baghdad, kota Kirkuk berdiri di atas ibukota Kerajaan Asyur kuno, Arrapha. Kota ini diperkirakan telah berdiir sejka tahun 2.200 SM dengan sebuah reruntuhan benteng berusia 5.000 tahun msih bisa dilihat hingga sekarang. Saat ini, Kirkuk juga merupakan pusat industri minyak di Irak.

13. Arbil, Irak

Arbil, Irak
Arbil, Irak

Kota bersejarah ini sempat dikuasai oleh berbagai bangsa seperti Asyur, Persia, Sasanians, Arab, dan Utsmani. Kota yang diperkirakan telah ada sejak tahun 2.300 SM ini terletak di negara Irak bagian utara dan menjadi bagian dari wilayah Kurdistan. Kota ini memilki banyak peninggalan sejarah yang hingga kini masih bisa ditemui seperti Erbil Castle.

12. Tirus, Lebanon

Tirus, Lebanon
Tirus, Lebanon

Kota Tirus atau Tyre dalam bahasa Inggris, dan Shur dalam bahasa Arab ini dipercaya sebagai kota kelahiran bagi legenda Europa dan Dido (Elissa). Menurut Herodotus, kota ini telah berdiri sejak tahun 2.750 SM. Kota ini cukup populer di kalangan turis mancanegara karena memiliki banyak situs kuno, termasuk di antaranya adalah Hippodrome (sebuah pacuan kuda zaman Romawi).

11. Jerusalem, Palestina

Jerusalem, Palestina
Jerusalem, Palestina

Jerusalem adalah salah satu bersejarah di Palestina yang kini justru direbut oleh Israel. Kota ini dianggap bagi bagi tiga agama samawi, Islam, Kristen, dan Yahudi. Kota yang telah ada sejak tahun 2.800 SM ini juga menjadi saksi bisu dari penjajahan Israel kepada rakyat Palestina. Sepanjang sejarahnya, kota ini telah mengalami setidaknya dua kali penghancuran, 23 kali pengepungan, 52 kali penyerangan, dan 44 kali direbut serta direbut-kembali. Di kota yang disebut juga dengan Al-Quds ini berdiri megah sebuah masjid suci ketiga bagi umat Islam, Masjid Al-Aqsha.

10. Beirut, Lebanon

Beirut, Lebanon
Beirut, Lebanon

Selain sebagai ibukota Lebanon, Beirut juga merupakan pusat kebudayaan, administrasi dan ekonomi di negara itu. Kota bersejarah ini diperkirakan telah ada sejak tahun 3.000 SM. Pada penggalian yang dilakukan di kota ini ditemukan berbagai fosil dari Fenisia, Helenistik, Romawi, Arab, dan Utsmani. Pernah ditemukan pula surat untuk firaun Mesir pada awal abad ke-14. Kota ini mendapat julukan sebagai "Paris di Dunia Timur" karena suasana kosmopolitan yang dimilikinya.

9. Gaziantep, Turki

Gaziantep, Turki
Gaziantep, Turki

Gaziantep adalah sebuah kota yang berada di Turki bagian selatan, berbatasan dengan negara Suriah. Di tengah kota bersejarah ini terdapat Benteng Gaziantep dan Ravanda yang dipugar pada abad ke-6. Gaziantep yang telah dihuni sejak tahun 3.650 SM pada awalnya menjadi bagian dari Kerajaan Yamhad sebelum dihancurkan dan direbut oleh Bangsa Het.

8. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria yang pada awalnya merupakan permukiman Tracian sebelum menjadi kota utama bagi Romawi. Setelahnya kota ini jatuh ke tangan Bizantium dan Kesultanan Utsmaniyah, hingga sekarang menjadi salah kota terpenting bagi Bulgaria. Kota yang telah ada sejak tahun 4.000 SM ini merupakan pusat budaya dengan memiliki beberapa tempat yang menjadi peninggalan masa lampau.

7. Sidon, Lebanon

Sidon, Lebanon
Sidon, Lebanon

Kota Sidon tau dalam bahasa Arab dikenal dengan nama Sayda ini terletak di Lebanon bagian selatan. Kota terbesar ketiga di Lebanon ini merupakan salah satu kota terpenting dan tertua bangsa Fenisia. Kota yang telah dihuni sejak tahun 4.000 SM ini adalah pusat kekaisaran dan perdagangan Fenisia di masa lalu.

6. Faiyum, Mesir

Faiyum, Mesir
Faiyum, Mesir

Kota yang dihuni sejak tahun 4.000 SM ini terletak di sebelah barat daya Kairo ini dahulu memiliki beberapa nama, yakni Shedet, Crocodilopolis atau Krocodilopolis, dan Arsinoë. Nama kota ini diambil dari bahasa Koptik yang beraarti laut atau danau.

5. Susa, Iran

Susa, Iran
Susa, Iran

Kota yang dikenal juga dengan kota Shus ini adalah kota kuno yang pernah dikuasai oleh bangsa Elam, Kekaisaran Persia, dan Parthia, serta sekarang menjadi salah satu kota di negara Iran, tepatnya di provinsi Khuzestan. Kota ini menurut para ahli sudah dihuni sejak tahun 4.200 SM ini juga masuk sebagai salah satu kota yang masuk diakui sebagai situ warisan dunia UNESCO.

4. Damaskus, Suriah

Damaskus, Suriah
Damaskus, Suriah

Damaskus kota terbesar sekaligus sebagai ibukota negara Suriah. Kota yang dijuluki sebagai City of Jasmin atau Kota Melati ini diperkirakan sudah di huni sejak tahun 4.300 SM. Salah satu tertua di dunia yang masih dihuni hingga sekarang ini memiliki jumlah penduduk mencapai 1,71 juta jiwa pada tahun 2009.

3. Aleppo, Suriah

Aleppo, Suriah
Aleppo, Suriah

Aleppo atau Halab dalam bahasa Arab adalah sebuah kota kuno yang berada di wilayah negara Suriah. Kota terpadat di Suriah ini diperkirakan telah dihuni manusia pada tahun 4.300 SM. Kota ini terus-menerus menjadi kota terpenting dsejak di bawah kekuasaan Romawi, Bizantium, maupun ketika di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah.

2. Byblos, Lebanon

Byblos, Lebanon
Byblos, Lebanon

Kota Byblos adal Jubail dalam bahasa Arab ini awalnya juga dikenal dengan nama Gebal oleh orang Fenisia. Kota ini kemudian kemudian diganti dnegan Byblos oleh orang Yunani. Nama Bible juga diambil dari nama Byblos ini.

Kota ini diyakini sudah dihuni sejak 5.000 tahun SM dan merupakan kota pertama di Fenisia yang dibangun oleh Cronus. Kota ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Lebanon dengan berbagai bangunan-bangunan tuanya.

1. Jericho, Palestina

Jericho, Palestina
Jericho, Palestina

Inilah kota yang menyandang sebagai kota tertua di dunia yang hingga kini masih dihuni manusia. Kota yang memiliki umur sekitar 9.000 tahun SM ini terletak di di dekat Sungai Yordan, Tepi Barat, Palestina. Hingga kini, kota ini masih ada dan dihuni oleh sekitar 20.000 jiwa.

Baca Juga