15 Jenis Manusia Purba dari Berbagai Belahan Dunia
Manusia purba merupakan sosok manusia yang hidup pada saman praaksara atau jaman purba. Manusia purba sendiri memiliki berbagai macam jenis, hal ini dikarenakan perkembangan manusia purba itu sendiri. Nah, berikut ini ada 15 jenis manusia purba dari berbagai belahan dunia.

Jenis Manusia Purba Manusia purba merupakan sosok manusia yang hidup pada jaman purba atau jaman dahulu. Kehadiran dan perkembangan yang dialami oleh manusia purba tentu sangat berpengaruh besar dengan kehidupan saat ini. Mengingat hal itu, tak heran jika beberapa mata pelajaran di sekolah sering kali membahas manusia purba sebagai materi sejarah yang patut untuk dipahami.

Sedangkan saya selaku penulis juga sangat tertarik dengan pembahasan mengenai sejarah. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel mengenai 15 jenis manusia purba dari berbagai belahan dunia.

1. Meganthropus Palaeojavanicus

Jenis Manusia Purba
Meganthropus Palaeojavanicus

Dari hasil penelitian terhadap sejumlah fosil-fosilnya, manusia purba jenis ini merupakan jenis manusia purba tertua di Indonesia yang pernah ditemukan. Fosil jenis manusia purba yang satu ini ditemukan oleh Ralph von Koenzgswald.

Jenis manusia purba yang satu ini memiliki ciri khas, yakni :

- Berbadan tegap

- Mempunyai tonjolan tajam di bagian kepala belakang

- Tulang pipi tebal

- Kening menonjol

- Tidak Berdagu

- Memiliki otot unyah dan gigi dengan rahang yang cukup kuat dan besar.

Pithecantropus

Pithecantropus atau manusia kera ini merupakan jenis manusia purba yang paling banyak ditemukan pada wilayah Indonesia. Melalui metode stratigrafi, fosil-fosil tersebut diketahui berada pada bagian Kabuh dan Pucangan. Umur fosil tersebut di perkirakan antara 30.000 – 2 juta tahun.

Selain itu, jenis manusia purba ini juga memiliki ciri khas, yakni :

- Memiliki rata-rata tinggi tubuh sekitar 165 – 180 cm

- Badan tegap, akan tetapi tidak setegap fosil Meganthropus

- Kening menonjol tebal dan melintang di atas pelipis

- Memiliki otot kunyah yang kuat, namun tak sekuat kepunyaan Meganthropus.

- Memiliki ukuran hidung yang cukup lebar dan tidak mempunyai dagu

Mengingat banyaknya fosil manusia purba jenis ini yang ditemukan di wilayah Indonesia, tak heran jika jenis manusia purba yang satu ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti Pithecantropus Mojokertensis, Phitecantropus Erectus, dan Pithecantropus Soloensis.

2. Pithecantropus Mojokertensis

Jenis Manusia Purba
Pithecantropus Mojokertensis

Pithecantropus merupakan jenis manusia purba yang banyak ditemukan di Indonesia, salah satunya yakni Pithecantropus Mojokertensis yang ditemukan oleh Von Koenigswald di Jawa Timur pada tahun 1936.

3. Pithecantropus Erectus

Jenis Manusia Purba
Pithecantropus Erectus

Sedangkan Pithecantropus Erectur merupakan jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil, Lembah Bengawan Solo pada tahun 1890. Fosil yang ditemukan meliputi tulang rahang, tulang kaki, tengkorak bagian atas dan geraham.

4. Pithecantropus Soloensis

Jenis Manusia Purba
Pithecantropus Soloensis

Sama seperti Pithecantropus Mojokertensis, jenis manusia purba yang satu ini juga ditemukan oleh Von Koengswald dan Openorth pada tahun 1931 – 1933 di sekitar Ngandong dan Sangiran, tepi Bengawan Solo. Fosil yang ditemukan meliputi, tulang kering dan tulang tengkorak.

Homo

Homo merupakan salah satu jenis manusia purba yang paling muda daripada fosil jenis manusia purba lainnya. Selain itu, jenis manusia purba yang sau ini juga sering dikenal dengan sebutan Homo Sapiens dan Homo Erectus.

Melalui pencarian stratigragi, fosil-fosil jenis manusia purba ini ditemukan pada lapisan Notopurpo, dan diperkirakan berumur mencapai 25.000 – 40.000 tahun. Jenis manusia purba ini juga dibagi menjadi beberapa jenis, yakni Homo Soloensis dan Homo Wajakensis.

Sama seperti jenis manusia purba lainnya, jenis ini juga memiliki ciri khas, yakni :

- Tinggi rata-rata 130 – 210 cm

- Memiliki otak yang lebih besar daripada jenis manusia purba sebelumnya

- Otot kunyah, rahang dan gigi sudah mulai menyusut

- Tonjolan kening mulai berkurang dan sudah memiliki dagu

5. Homo Soloensis

Jenis Manusia Purba
Homo Soloensis

Homo Soloenis ditemukan pertama kali oleh Von Koenigswald dan Weidenrich di lembah Bengawan Solo pada tahun 1993 – 1994. Fosil yang ditemukan hanya tulang tengkorak saja. Memiliki volume otak yang lebih besar dan tidak seperti Pithecantropus.

6. Homo Wajakensis

Jenis Manusia Purba
Homo Wajakensis

Jenis manusia purba yang satu ini fosilnya pernah ditemukan oleh Dubois di wilayah Wajak, Tulungagung pada tahun 1889. Jenis manusia purba yang satu ini diketahui sudah sanggup membuat sejumlah peralatan dar batu dan tulang. Selain itu, diketahui pula bahwa mereka sudah memahami bagaimana cara memasak.

7. Homo Sapiens Austromelanesoid

Jenis Manusia Purba
Homo Sapiens Austromelanesoid

Fosilnya pernah ditemukan di daerah Aceh, Sumatera Timur, Jawa Timur dan NTT. Fosilnya ditemukan pada lapisan Holosen. Diperkirakan manusia purba ini hidup pada 10.000 tahun yang lalu.

8. Homo Sapiens Mongoloid

Jenis Manusia Purba
Homo Sapiens Mongoloid

Jenis manusia purba Homo Sapiens Mongoloid banyak ditemukan di daerah Sulawesi Selatan. Fosil ini sendiri terletak pada lapisan holosen dan diperkirakan hidup pada 10.000 tahun yang lalu.

Jenis Manusia Purba di Luar Indonesia

9. Homo Neanderthalensis

Jenis Manusia Purba
Homo Neanderthalensis

Homo Neanderthalensis juga merupakan salah satu jenis manusia purba yang fosilnya telah ditemukan. Fosilnya ditemukan oleh Rudolf Virchow di sungai Neander, Dusseldorf.

10. Homo Rhodesiensis

Jenis Manusia Purba
Homo Rhodesiensis

Fosil manusia purba jenis Homo Rhodesiensis ditemukan oleh Robert Brom dan Raymond Dart di dalam gua Broken Hill, Rhodesia (Zimbabwe) pada tahun 1924.

Baca Juga : 20 Negara Termuda di Dunia

11. Homo Cro-Magnon

Jenis Manusia Purba
Homo Cro-Magnon

Sedangkan jenis manusia purba Homo Cro-Magnon ditemukan dalam gua Cro-Magnon, Lez Eyzies pada tahun 1868. Manusia purba jenis ini sudah memiliki ciri-ciri mendekati manusia saat ini.

12. Australopithecus Africanus

Jenis Manusia Purba
Australopithecus Africanus

Australopithecus Africanus merupakan salah satu jenis manusia purba yang ditemukan fosilnya oleh Raymond Dart pada tahun 1924 di Afrika Selatan. Diperkirakan Australopithecus Africanus hidup pada 2- 3 juta tahun yang lalu.

13. Sinanthropus Pekinensis

Jenis Manusia Purba
Sinanthropus Pekinensis

Sinanthropus Pekinensis merupakan jenis manusia purba yang fosilnya ditemukan oleh Davidson Black di Cina pada tahun 1927.

14. Pithecantropus Lantianensis

Jenis Manusia Purba
Pithecantropus Lantianensis

Pithecantropus Lantianensis merupakan jenis manusia purba yan fosilnya ditemukan di daerah Lantien, Cina Selatan. Diketahui pula manusia purba jenis ini hidup semasa dengan kehidupan Pithecantropus Mojokertensis.

15. Homo Habilis

Jenis Manusia Purba
Homo Habilis

Homo Habilis fosilnya pernah ditemukan oleh sepasang suami istri, Louis Leakey dan Mary Leakey pada tahun 1931 di sekitar lembah Aldoval, Tanzania.

Baca Juga