Biodata Zayn Malik , Kehidupan, Perjalanan Karir, Kisah Percintaan, Prestasi dan Penghargaan
Siapa yang tidak mengenali sosok Zayn Malik? Ia mendadak populer setelah bergabung dengan grup vokal One Direction. Meskipun memutuskan keluar dari grup tersebut, karir Zayn Malik tidak berhenti begitu saja, bahkan ia sukses sebagai penyanyi solo.

Biodata Zayn Malik - Bagi penggemar One Direction pasti sudah tidak merasa asing dengan sosok Zayn Malik. Zayn Malik adalah seorang penyanyi dengan suara merdu sekaligus pengarang lagu yang handal. Pria satu ini berwajah tampan dan memiliki karisma yang tinggi sehingga mempunyai fans yang cukup banyak terutama para wanita. Bagi anda yang penasaran tentang Zayn Malik, kami telah merangkum profil lengkap Zayn Malik mulai dari kehidupan pribadi, perjalanan karir hingga kisah percintaannya.

Informasi Umum

Biodata Zayn Malik
Informasi Umum

Nama Lengkap: Zayn Javadd Malik
Nama Panggilan: Zain
Tempat Tanggal Lahir: Bradford, 12 Januari 1993
Nama Ayah: Yasser
Nama Ibu: Tricia Malik
Agama: Islam
Pekerjaan: Penyanyi, aktor, penulis lagu

Kehidupan Pribadi

Biodata Zayn Malik 2
Kehidupan Pribadi

Zayn Malik lahir dan dibesarkan di East Bowling, kota Bradford. Ia menempuh pendidikan dasar di Lower Fields Primary School dan melanjutkan ke Tong High School, Bradford. Saat masih remaja, Zayn Malik mengambil kelas seni dan sering tampil di produksi sekolahnya. Zayn Malik mulai menyukai musik saat mendengarkan rekaman musik sang ayah, seperti hip hop, R&B, reggae dan musik Bollywood. Ia berhasil menulis lagu rap pertamanya saat masih sekolah dan tampil bersama Jay Sean yang saat itu mengunjungi sekolahnya. Selain mengikuti kelas seni, Zayn Malik juga mengikuti kelas tinju. Saat masih sekolah, Zayn Malik tidak pernah bermimpi menjadi seorang penyanyi, ia bercita-cita menjadi guru Bahasa Inggris.

Sebagai seorang muslim, Zayn Malik bisa membaca tulisan Arab dengan baik. Pada tahun 2012 ia pernah menjadi target Anti-Muslim bahkan mendapat ancaman kematian saat dirinya memposting "#FreePalestine" pada akun twitternya. Kemudian dengan terpaksa ia pun menghapus akun Twitternya tersebut.

Perjalanan Karir

Biodata Zayn Malik 3
Perjalanan Karir

Karir Zayn Malik di dunia musik berawal saat usianya menginjak angka 17 tahun, tepatnya pada tahun 2010. Saat itu Zayn mengikuti audisi The X Factor seri ketujuh dengan membawakan lagu berjudul "Let Me Love You". Suaranya yang merdu dan khas membuatnya lolos audisi, akan tetapi ia tidak berhasil sampai ke babak final. Dan mereka pun membentuk Grup Vocal One Direction sebagai  usulan dari penasehat saat itu yakni Nicole Scherzinger dan Simon Cowell.

Atas saran yang diberikan oleh Simon Cowell dan Nicole Scherzinger, Zayn Malik disatukan dalam grup vokal bersama Niall Horan, Harry Styles, Louis Tomlinson, dan Liam Payne. Grup tersebut kemudian dikenal sebagai One Direction. Tak disangka, One Direction dengan cepat mendapatkan popularitas yang tinggi pada X Factor musim ketujuh. Pada akhir kompetisi The X Factor, One Direction mendapatkan posisi ketiga dan langsung dikontrak oleh Simon Cowell senilai £2 juta dengan label Syco Music.

Pada tahun 2011, single pertama One Direction berjudul "Whats Makes You Beautiful" mendapat sambutan yang sangat baik bagi penikmat musik dan berhasil peringkat pertama di tangga lagu musik pop. Pada tahun 2012, album One Direction yang dinamai "Up All Night" menjadi salah satu best seller baik di Negara Inggris maupun Amerika Serikat. Mereka menjalani tur sampai ke beberapa Negara.

BACA JUGA: Song Joong Ki - Profil, Perjalanan Karir, Keluarga, Pendidikan, dan Kisah Percintaan

Biodata Zayn Malik 3
Zayn Malik Bersolo Karir

Pada tahun 2015, tepatnya pada bulan maret, Zayn Malik memutuskan keluar dari grup One Direction. Para fans tentunya sangat terkejut dan menyayangkan keputusan Zayn Malik tersebut. Di bulan yang sama, Zayn Malik bersama Naughty Boy merilis demo lagu berjudul "I Will not Mind" di Sound Cloud. Juni 2015, lagunya yang berjudul "No Type" dibocorkan oleh Mic Righteous. No Type sendiri merupakan versi cover dari lagu Rae Sremmurd. Selain itu Naughty Boy, Zayn Malik juga berkolaborasi dengan rapper grime Krept & Konan. Walaupun materinya tidak pernah dirilis, karyanya bersama Naughty Boy dan Krept & Konan cukup membuat Zayn Malik mendapatkan apresiasi.

Zayn Malik menandatangani kontrak rekaman bersama RCA Records pada bulan juli 2015. Dalam wawancaranya dengan Zane Lowe, Zayn Malik menumumkan bahwa judul albumnya adalah "Mine of Mine. Pada awal debutnya, Album Mind of Mine berhasil menduduki peringkat atas di sejumlah negara, diantaranya Inggris, Selandia Baru, Kanada, Australia, Swedia, Norwegia, dan tentunya Amerika Serikat. Hal tersebut sekaligus membuat Zayn Malik menjadi artis solo pria Inggris pertama yang berhasil menduduki peringkat atas pada album perdana. 

Zayn Malik menduduki puncak pada tangga lagu AS Billboard 200 dan berhasil meraih 157.000 unit penjualan album. Dengan raihan tersebut, Zayn Malik menjadi pria Inggris pertama yang mendapat peringkat teratas di Inggris dan AS. Selain itu, Zayn Malik juga menduduki peringkat satu dengan melangkahi posisi Justin Bieber dan One Direction di Billboard Artist 100.

Kisah Percintaan

Biodata Zayn Malik 4
Kisah Percintaan

Dalam kehidupan percintaan, Zayn Malik pernah berpacaran dengan sesama peserta The X Factor, yaitu Geneva Lane. Saat itu, Geneva Lane adalah anggota Belle Amie. Hubungan mereka berdua tidak berlangsung lama, setelah putus dari Geneva Lane, Zayn Malik berpacaran dengan rpeserta X Factor lainnya bernama Rebecca Ferguson. Bersama Rebecca Ferguson, ia menjalin hubungan hanya empat bulan. 

Pada tahun 2011, Zayn Malik berpacaran Stephanie Davis yang merupakan aktris yang cukup populer. Lagi-lagi hubungannya tidak bertahan lama, dengan Stephanie Davis ia hanya menjalin hubungan selama lima bulan. Pada bulan Mei 2012, Zayn Malik mulai berpacaran kembali, kali ini pasangannya adalah Perrie Edwards dari grup Little Mix, kali ini agak serius, ia bertunangan pada tahun 2013. Sayangnya, di bulan Agustus 2015, Zayn Malik mengumumkan bahwa mereka berdua telah berpisah mereka. Setelah gagal dengan Perrie Edwards, Zayn menjalin hubungan dengan Gigi Hadid yang merupakan Supermodel Amerika.

Prestasi dan Penghargaan

Zayn Malik
Prestasi dan Penghargaan

Tahun 2015 

Pemenang The Asian Awards Outstanding dengan category Contribution to Music

Tahun 2016

Pemenang Teen Choice Awards dengan kategori Choice Music: Breakout Artist 

Pemenang Teen Choice Awards dengan kategori Choice Summer Male Star

Pemenang American Music Awards dengan kategori New Artist of the Year

Pemenang Music Choice dengan kategori Best New Solo Artist

Tahun 2017

Pemenang iHeartRadio Music Awards dengan kategori Best Solo Breakout

Pemenang Billboard Music Awards dengan kategori Top New Artist

Pemenang MTV Video Music Awards dengan kategori Best Collaboration ("I Don't Wanna Live Forever" dengan Taylor Swift)


Baca Juga