Biodata Reza Rahardian - Informasi Umum, Kehidupan Pribadi, Perjalanan Karir, Prestasi dan Penghargaan
Reza Rahardian adalah aktor dengan kualitas akting yang sudah tidak diragukan lagi. Reza mengawali karirnya dengan menjadi model dan kemudian sukses menjadi aktor terbaik dengan bayaran tertinggi.

Kata.co.id - Reza Rahardian ialah salah satu aktor bertalenta yang sangat populer di Indonesia. Hampir setiap film layar lebar yang ia bintangi laris manis dan membuatnya banyak mendapatkan penghargaan. Selain bermain Film, Reza Rahadian juga mencoba melebarkan sayap dengan menjadi sutradara di beberapa film. Untuk Profil lengkap mengenai Reza Rahadian. silahkan simak ulasan berikut.

Informasi Umum

Biodata Reza Rahardian
Informasi Umum
Nama AsliReza Rahadian Matulessy
Nama PopulerReza Rahadian
Nama PanggilanReza
Tanggal Lahir5 Maret 1987
Tempat LahirBogor
Nama AyahRahim
Nama IbuPratiwi Widantini Matulessy
ZodiakPisces
AgamaIslam
ProfesiAktor, Model, Sutradara

Kehidupan Pribadi

Biodata Reza Rahardian
Kehidupan Pribadi

Reza Rahadian yang akrab disapa "Reza" ini mempunyai darah Maluku dengan marga Matulessy. Reza merupakan putra dari pasangan Rahim dan Pratiwi Widantini Matulessy. Rahadian yang ada pada namanya ialah gabungan dari kedua orangtuanya yang juga memiliki arti "anak buah hati dari Rahim dan Pratiwi" sedangkan Matulessy yang ada diakhir namanya merupakan marga dari ibunya. 

Saat Reza baru berumur 6 bulan, orangtuanya berpisah. Ia kemudian diasuh oleh ibunya dan tinggal di rumah neneknya di daerah Bogor. Walaupun sejak kecil ia hanya memiliki ibu sebagai orang tua, Reza sama sekali tidak merasa kehilangan sosok ayah.

Orang tua Reza berbeda keyakinan, Sang ayah beragama islam, sedangkan ibunya beragama kristen. Walaupun sejak kecil ia tinggal dengan ibu beserta keluarga besarnya yang menganut agama kristen, akan tetapi ia menganut agama yang sama dengan ayahnya, yaitu islam. Reza sangat bersyukur hidp dalam keluarga yang penuh dengan toleransi beragama.

Dalam kesehariannya, Reza sangat berbeda dengan artis-artis lain yang biasanya memiliki setidaknya satu akun sosisal media untuk menyapa para fans. Reza beralasan bahwa ia lebih suka berinteraksi dengan para fans lewat karya-karyanya. Walaupun begitu, Reza ternyata sangat hobi menulis. Sejak 2006, Ia terbiasa menulis semua kejadian berkesan dalam buku catatan.

Untuk kehidupan asmara, Reza sangat tertutup dengan media. Ia sempat dikabarkan menjalin hubungan spesial dengan Adinia Wirasti, yang kemudian langsung dibantah oleh keduanya. Sampai saat ini, tidak ada satu pun yang tahu siapa kekasih Reza Rahadian, sehingga banyak yang mengira bahwa ia menyukai sesama jenis. 

Perjalanan Karir

Biodata Reza Rahardian
Perjalanan Karir

Sebelum bersinar dalam dunia seni peran, Reza lebih dulu sukses sebagai model. Sebenarnya ia memluai karir di dunia akting sejak tahun 2002, tapi tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Hingga pada tahun 2004, Ia berhasil memperoleh juara sebagai Favorite Top Guest dalam Aneka Yess! 

Dari perolehan tersebut, ia mendapatkan sebuah peran dalam sinetron "Culunnya Pacarku" yang diproduksi oleh Rapi Films pada tahun 2005. Dalam sinetron tersebut, ia mengeluarkan semua kemampuannya dalam berakting. Karena dinilai mempunyai kualitas akting yang bagus dalam sinetron tersebut, Rapi films kembali menawari Reza untuk bermain dalam beberapa Sinetron, diantaranya yaiut;  Cinta SMU 2, ABD, Inikah Rasanya, Aku Hamil, dan Mutiara Hati. Kemampuan aktingnya yang semakin matang dan terasah membuat Reza mendapatkan banyak sekali tawaran untuk bermain dalam film layar lebar.
 
Film layar lebar yang pertama kali ia mainkan berjudul "Film Horor". Kemudian kembali berakting dalam Film "Perempuan Berkalung Sorban" dengan Revalina S sebagai lawan main dan Hanung Bramantyo sebagai sutradara. Tak disangka, dalam Film tersebut, Reza berhasil mendapatkan penghargaan dari Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Ini merupakan penghargaan pertama yang ia raih dalam duni akting. Masih dari Piala Citra, dalam film "3 Hati Dua Dunia" Reza juga memperoleh penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik. Dalam film berjudul "Satu Cinta", Reza juga kembali mendaptakan predikat Pemeran Utama Pria Terbaik dari Piala Citra. 

Di tahun 213, lewat perannya sebagai BJ Habibie dalam film "Habibie & Ainun" , Reza kembali meraih sebuah penghargaan dari Piala Layar Emas IMA sebagai Pemeran Utama Pria Terfavorit. Berlanjut ke tahun 2016, kepiawaian Reza dalam berakting dalam film "My Stupid Boss", mampu membuatnya memperoleh 2 penghargaan sekaligus dari Piala Maya dan FFI sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik.

BACA JUGA: Biodata Vino G Bastian - Informasi Umum, Kehidupan Pribadi, Perjalanan Karir, Filmografi, Prestasi dan Penghargaan

Filmografi 

Biodata Reza Rahardian
Filmografi

2007: Film Horor, sebagai Beni

2008: Pulau Hantu 2, sebagai Michael

Tahun 2009

Perempuan Berkalung Sorban, sebagai Samsuddin
Kirun + Adul, sebagai Nugroho
Queen Bee, sebagai Braga
Perjaka Terakhir, sebagai Gery
Emak Ingin Naik Haji, sebagai Zein

Tahun 2010

Hari Untuk Amanda, sebagai Dodi
Alangkah Lucunya (Negeri Ini), sebagai Muluk
3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta, sebagai Rosid

Tahun 2011

Love Story, sebagai Pengkor
Tanda Tanya, sebagai Soleh
The Mirror Never Lies, sebagai Tudo
Hafalan Shalat Delisa, sebagai Abi Usman

Tahun 2012

Dilema, sebagai Adrian
Brokenhearts, sebagai Jamie
Perahu Kertas, sebagai Remi
Test Pack, sebagai Rachmat
Perahu Kertas 2, sebagai Remi
Habibie & Ainun, sebagai BJ Habibie

Tahun 2013

Finding Srimulat, sebagai Adi 
Wanita Tetap Wanita, sebagai Sutradara
Something in the Way, sebagai Ahmad
Isyarat, sebagai Sutradara
Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, sebagai Aziz

Tahun 2014

Ketika Tuhan Jatuh Cinta, sebagai Fikri
Pendekar Tongkat Emas, sebagai Biru
Strawberry Surprise, sebagai Timur

Tahun 2015

Kapan Kawin?, sebagai Satrio
Guru Bangsa, sebagai Tjokroaminoto
Battle of Surabaya, sebagai Danu

Tahun 2016

Talak 3, sebagai Bimo
3 Srikandi, sebagai Donald Pandiangan
My Stupid Boss, sebagai Boss
Rudy Habibie, sebagai BJ Habibie

Tahun 2017

Critical Eleven, sebagai Aldebaran Risjad 
Habibie & Ainun 3, sebagai BJ Habibie

Prestasi dan Penghargaan

Biodata Reza Rahardian
Prestasi dan Penghargaan

2009: Pemenang Festival Film Indonesia dengan kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik

2010: Pemenang Festival Film Bandung dengan kategori Pemeran Utama Pria Terpuji

2010: Pemenang Festival Film Indonesai dengan katergori Pemeran Utama Pria Terbaik

2011: Pemenang Festival Film Bandung dengan kategori Pemeran Utama Pria Terpuji

2013: Pemenang Festival Film Indonesia dengan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik

2016: Pemenang Festival Film Indonesia dengan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik

2016: Pemenang Festival Film Bandung dengan kategori Pemeran Utama Pria Terpuji

2016: Pemenang Piala Maya dengan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik

Baca Juga