Biodata Neymar Jr- Informasi Umum, Kehidupan Pribadi, Perjalanan Karier, Prestasi dan Penghargaan
Neymar Jr atau biasa dikenal juga dengan Neymar adalah seorang pemain sepakbola profesional yang saat ini bermain untuk klub asal Prancis, Paris Saint-Germain. Saat ini, ia masih tercatat sebagai pemain termahal sepanjang masa ketika dibeli PSG dari Barcelona.

Pesepakbola bernama asli Neymar da Silva Santos Júnior ini merupakan pemain sepakbola termahal di dunia saat ini. Ia menggungguli pemain Manchester United Paul Pogba ketika ia dibeli dengan harga 222 juta Euro atau setara dengan Rp 3,9 triliun oleh PSG dari Barcelona. Pemain 26 tahun telah bermain untuk tim nasional Brasil sejak 2010 dengan mengemas 53 gol dari total 83 pertandingan.

Ingin mengetahui berbagai informasi tentang Neymar, berikut ini profil lengkapnya mulai dari kehidupan pribadi, perjalanan karier, hingga berbagai prestasi dan penghargaan yang pernah ia raih.

Informasi Umum

Informasi Umum
Informasi Umum
Nama AsliNeymar da Silva Santos Júnior
Nama PopulerNeymar Jr
Tanggal Lahir5 February 1992
Tempat LahirMogi das Cruzes, Brazil
Nama AyahNeymar Santos, Sr
Nama IbuNadine da Silva
Tinggi Badan175 cm
Berat Badan68 kg
KewarganegaraanBrasil
PosisiPenyerang
Klub Saat ini
Paris Saint-Germain
Nomor Punggung
10

Kehidupan Pribadi

Kehidupan Pribadi
Kehidupan Pribadi

Neymar da Silva Santos, Júnior lahir dari pasangan Neymar da Silva Sr dan Nadine Santos di Mogi das Cruzes, São Paulo. Ia memiliki nama yang sama dengan ayahnya yang dulunya juga merupakan pemain sepakbola.  Ayahnya memiliki perang yang besar dalam perkembangan karier Neymar saat ini.

Pada saat masih kecil, ia sering bermain sepakbola jalanan dan futsal, sebelum ia beserta keluarganya pindah ke kota São Vicente, Santos dan bergabung dengan tim junior Portuguesa Santista. Pada tahun 2003, ia kemudian bergabung dengan tim terkuta di wilayah itu, yakni Santos FC.

Kariernya terus meningkat dan mendapat penghasilan yang cukup tinggi untuk seorang pemain muda. Ia mendapat kontrak profesional pertamanya bersama Santos FC ketika ia masih berusia 17 tahun pad atahun 2009.

Baca juga: Biodata Cristiano Ronaldo - Informasi Umum, Kehidupan Pribadi, Perjalanan Karier, Prestasi dan Penghargaan

Perjalanan Karier Neymar Jr

Karier junior

Karier junior
Karier junior

Neymar memulai karier junior bersama salah satu tim terbesar di Brsil, Santos FC. Klub ini merupakan salah satu klub Brasil yang telah mengorbitkan beberapa pemain besar seperti Pelé, Robinho, Coutinho, Clodoaldo, hingga Elano. Selain itu, ia juga sempat dikabarkan pernah trial dengan salah satu tim terbaik di dunia asal Brasil, Real Madrid.

Bermain dengan tim utama Santos 2009

Bermain dengan tim utama Santos 2009
Bermain dengan tim utama Santos 2009

Neymar memulai debutnya bersama tim utama Santos pada tanggal 7 Maret ketika masih berusia 17 tahun. Gol pertamanya baru tercipta pada pekan berikutnya ketika Santos menghadapi Mogi Mirim. Pada musim pertamanya tersebut, Neymar berhasil menyarangkan sebanyak 14 gol dari 48 pertandingan. Pada ajang Campeonato Paulista 2010, ia mengoleksi 14 gol dari 19 pertandingan dan mengantarkan Santos menjadi juara setelah mengalahkan Santo Andre pada laga final.

Pada tahun 2010, Santos menolak tawaran sebesar 12 juta poundsterling yang datang dari klub Premier Leagu, Wes Ham United. Setelahnya mereka juga menolak 20 juta poundsterling dari Chelsea. Setelah memutuskan untuk untuk tetap bermain bersama Santos, Neymar mengakhiri musim itu dengan pencapaian yang fantastis. Menjalani sebanyak 60 pertandingan, ia total mencatatkan 40 gol pada musim itu.

Pada ajang Copa Libertadores 2011, Neymar mampu mencetak enam gol dan membantu Santos memenangkan gelar juara pada kompetisi tersebut dengan mengalahkan tim kuat asal Uruguay, Peñarol. Hasil tersebut mengantarkan Santos untuk berlaga di Piala Dunia Antar-Klub FIFA. Pada tahun ini pulalah Neymar mendapat penghargaan FIFA Puskás Award atas gol cantiknya ketika melawan Flamengo. Ia juga mendapat penghargaan sebagai Footballer of the Year Amerika Selatan pada tahun 2011. Pada tahun 2012, ia terpilih lagi menjadi Footballer of the Year untuk kali kedua secara berturut-turut.

Pindah ke Eropa dan bergabung dengan FC Barcelona

Bergabung dengan FC Barcelona
Bergabung dengan FC Barcelona

Pada 27 Mei 2013, Neymar dan Santos lalu menerima tawaran dari klub raksasa Spanyol, FC Barcelona untuk pmeian 21 tahun. Ketika itu, sang presiden Barcelona mengatakan bahwa baiaya tranfer sang pemain adalah 57 juta Euro, membuatnya menjadi pemain termahal ke-10 pada saat itu.

Neymar memulai debut kompetitifnya pada La Liga musim 2013-14 dengan membentuk trio penyeranagan Barca bersama Lionel Messi dan Alexis Sanchez. Pada musim itu, Neymar mencatatkan 15 gol gol dari 41 pertandingan di semua kompetisi.

Pada musim 2014-15, penampilan Neymar semakin meningkat dan matang. Kedatangan Luis Suarezdan bertahannya Lionel Messi, menjadikan trio penyerang Barcelona ini semakin berbahaya. Trio ini kemudian dikenal publik dengan MSN (Mess-Suarez-Neymar).

Musim ini juga mungkin menjalani musim terbaik Neymar bersama Barca, ketika mereka mampu merengkuh treble winner dengan menjuarai tiga gelar juara, Li Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey. Pada musim ini ia total mencetak 39 gol dari 51 pertandingan, termasuk satu gol ke gawang Juventus pada final Liga Champions.

Pada musim 2015-16, bersama Barcelona ia mencetak 31 gold ari 49 pertandingan dan membawa Barcelona mempertahan dua gelar domestik, La Liga dan Copa del Rey. Sementara untuk Liga Champions, mereka gagal menjadi juara setelah dijungkalkan Atletico Madrid pada babak perempat final.

Pada musim 2016-17, meski masih menjadi trio bersama Suarez dan Messi, catatan golnya berkurang. ia hanya mencetak 20 gol dari 45 laga di semua kompetisi. Setal tiga uang, perfroma barcelona punmengalami penurunan karena hanya meraih satu gelar pada musim ini, yakni juara Copa del Rey.

Bergabung dengan Paris Saint-Germain

Bergabung dengan Paris Saint-Germain
Bergabung dengan Paris Saint-Germain

Pada 3 Agustus 2017, menjelang musim baru, Neymar secara resmi pindah dari barcelona dan menerima pinangan klub kaya asal Prancis, Paris Saint-Germain. Neymar pindah dengan harga 222 juta Euro, membuat dirinya menjadi pemain sepakbola termahal sepanjang sejarah hingga saat ini. Di klubnya saat ini, Neymar mengenakan nomor punggung kesukaannya, yakni 10. Sejauh musim 2017-18 ini, Neymar telah 30 kali bermain ddengan torehan 29 gol dan 19 asis dari semua kompetisi.

Prestasi dan Penghargaan

Prestasi dan Penghargaan
Prestasi dan Penghargaan

Gelar Juara bersama tim yang dibelanya:

Santos FC:

1. 3 Campeonato Paulista
2. 1 Copa do Brasil
3. 1 Copa Libertadores
4. 1 Recopa Sudamericana

FC Barcelona

1. 2 La Liga
2. 3 Copa del Rey
3. 1 Supercopa de España
4. 1 UEFA Champions League
5. 1 FIFA Club World Cup

Timnas Brasil

1. 1 South American Youth Championship
2. 1 FIFA Confederations Cup
3. 1 Medali Emas Olimpiade
4. 1 Medali Perak Olimpiade

Penghargaan Individu

1. 3 Chuteira de Ouro
2. 2 Bola de Prata: 2010, 2011
3. 1 Bola de Ouro: 2011
4. 1 Pemain Terbaik Campeonato Brasileiro Série A
5. 1 World Soccer Young Player of the Year
6. 1 Pemain Terbaik Copa Libertadores
7. 2 South American Footballer of the Year 8. 1 FIFA Puskás Award
9. 1 FIFA Confederations Cup Golden Ball
10. 3 Samba Gold
11. 1 La Liga Best World Player

Baca Juga