Biodata Ed Sheeran - Informasi Umum, Kehidupan Pribadi, Perjalanan Karir, Hasil Karya dan Prestasi
Ed Sheeran adalah salah satu penyanyi solois pria terbaik di dunia saat ini. Hampir setiap single yang ia keluarkan pasti masuk papan atas Billboard. Hingga saat ini, Ed Sheeran telah merilis tiga album studio dan 13 EP (Extended Play).

Ed Sheeran saat ini telah merilis tiga album studio yang ketiganya meraih kesuksesan yang cukup besar. Album perdananya yang bertajuk "+" bahkan mendapat tujuh kali platinum di Inggris. Sementara album keduanya "x" memuncaki peringkat pertama di Inggris dan Amerika Serikat.Dan album terbarunya "÷" juga memecahkan rekor di berbagai negara seperti Inggris, AS, Australia, dan Jerman.

Tidak hanya menjadi seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu, ia juga pernah bermain di film dan serial TV di Amerika Serikat. Bagi kamu yang penasaran dengan Ed Sheeran, berikut profil lengkapnya dari awal karier bermusiknya hingga sekarang ini.

Informasi Umum

Informasi Umum
Informasi Umum
Nama LengkapEdward Christopher Sheeran
Nama PanggungEd Sheeran
Tempat,Tanggal LahirHalifax, 17 Februari 1991 
KebangsaanInggris
Tinggi badan173 cm 
Orang TuaJohn Sheeran (Ayah), dan Imogen Lock (Ibu)
SaudaraMatthew Sheeran 
PekerjaanPenyanyi,Produser,Pencipta lagu 
Tahun Aktif2004-sekarang
LabelAsylum, Atlantic, Elektra
GenrePop, Folk pop 


Kehidupan Pribadi

Kehidupan Pribadi
Kehidupan Pribadi

Ed Sheeran dilahirkan di Halifax, West Yorkshire, Inggris dengan nama lengkap Edward Christopher Sheeran pada tanggal 17 Februari 1991. Ia kemudian pindah bersama orangtuanya ke Framlingham, Suffolk. Ayahnya yang bernama John Sheeran adalah seorang dosen dan kurator seni, sementara sang ibu yang bernama Imogen Lock adalah seorang desainer perhiasan. Kedua orangtuanya juga menjalankan bisnis konsultan seni independen dengan nama Sheeran Lock dari tahun 1990 hingga 2010.

Baca juga: Biodata Zayn Malik , Kehidupan, Perjalanan Karir, Kisah Percintaan, Prestasi dan Penghargaan

Sheeran sudah mulai menyanyi sejak ia masih berusia empat tahun. Ketika itu ia menanyi dalam sebuah paduan suara di gereja lokal. Ia belajar bermain gitar dan menulis lagu di Thomas Mills High School, Framlingham. Ketika masih remaja, ia juga diterima di National Youth Theatre di London.

Perjalanan Karir

Awal Karier 2004-2010

Awal Karier 2004-2010
Awal Karier 2004-2010

Ed Sheeran memulai karier bermusiknya sejak tahun 2004. Ketika itu, ia mulai merekam musiknya secara indie yang diberi judul Spinning Man. Keetika masih berusia 15 tahun, ia juga berteman dan sering menanyi di pertunjukan yang sama dengan Passenger di Cambridge.

Pada tahun 2008, ia lalu pindah ke London dan mengikuti audisi untuk serial di ITV berjudul Britannia High. Di tahun 2009, ia merilis sebuah EP yang diberi judul You Need Me. Sheeran melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai penyanyi lain seperti Essex, Cee lo Green, dan Leddra Chapman. Selanjutnya, di tahun 2010 ia merilis satu EP lagi dengan judul Loose Change.

Di tahun inilah, Sheeran kemudian mulai banyak mendapat penggemar setelah video musiknya yang ada di YouTube ditonton oleh banyak orang. Ia bahkan sempat mendapat pujian dari surat kabar The Independent. Di tahun ini ia merilis lagi dua EP berjudul Songs I Wrote with Amy dan Live at the Bedford.

Perilisan Album Perdana "+" dan Awal Kesuksesan Internasional (2011-2013)

Ed Sheeran Berduet dengan Taylor Swift, 2012
Ed Sheeran Berduet dengan Taylor Swift, 2012

Ed Sheeran merilis album penuh pertamanya di tahun 2011 dengan tajuk "+" (dibaca: plus). SIngle pertama dari album ini yang berjududl "The A Team" langsung meraih kesuksesan yang cukup besar. Single ini terjual lebih dari 58 ribu kopi pada pekan pertama dan berada di urutan ketiga pada UK Singles Chart.

Pada Maret 2012, Sheeran diajak berduet dengan penyanyi wanita terkenal Taylor Swift untuk menyanyikan sebuah lagu yang berjudul "Everything Has Changed", yang kemudian masuk ke dalam album keempar Taylor Swift bertajuk Red.

Perilisan Album Kedua "x" (2014-2015)

Perilisan Album Kedua "x"
Perilisan Album Kedua "x"

Album kedua Ed Sheeran ini dirilis di seluruh dunia mulai tanggal 23 Juni 2014 dan diberi judul " x" (dibaca: multiply). Album ini berisi 12 lagu yang semuanya ditulis oleh Ed Sheeran. Untuk mempromosikan album terbarunya ini, Sheeran mengadakan tur dunia pada tanggal 6 Agustus 2014 dan bertempat di Osaka, Jepang.

Salah satu single paling populer dalam album ini adalah "Thinking Out Loud" yang berada di posisi pertama di Inggris. Sementara di Billboard Hot 100 AS, single ini berada di posisi kedua dan bertahan selama delapan pekan.

Hiatus dan Perilisan Album Ketiga "÷" (2016-sekarang)

Perilisan Album Ketiga "÷"
Perilisan Album Ketiga "÷"

Setelah istirahat selama satu tahun, Ed Sheeran pun memutuskan untuk kembali pada akhir tahun 2016. Secara resmi, album terbarunya pun dirilis pada tanggal 3 Maret 2017 dengan judul "÷" (dibaca: divide). Album ini cukup sukses di pasaran hingga terjual 672.000 pada pekan pertama.   Pada tanggal 13 Januari 2017, dua single Ed Sheeran yang berjudul "Shape of You" dan "Castle on the Hill" sempat menduduki posisi pertama dan kedua di UK Singles Chart. Sementara pada tanggal 17 Januari di Billboard Hot 100 AS, "Shape of You" berada di posisi pertama, sedangkan "Castle on the Hill" berada di posisi keenam; ini membuat Ed Sheeran adalah artis pertama dua lagunya berada di posisi 10 besar Billboard AS secara bersamaan.

Pada 4 Desember 2017, Ed Sheeran dinobatkan Spotify sebagai artis paling banyak diputar dengan total 6,3 miliar kali streaming.

Pada tanggal 3 Januari 2018, salah satu lagunya yang berjudul "Shape of You" dinobatkan sebagai single terlaris tahun 2017 di Inggris, dan single terlaris tahun 2017 di Billboard Hot 100 di AS. Pada hari yang sama, "÷" dinobatkan sebagai album terlaris di Inggris dan Amerika Serikat tahun 2017.

Hasil Karya

Hasil Karya
Hasil Karya

Album Studio

1. + (2011) 2. x (2014) 3. ÷ (2017)

Extended Play

1. The Orange Room (2005) 2. Ed Sheeran (2006) 3. Want Some? (2006) 4. You Need Me (2006) 5. Loose Change (2010) 6. Songs I Wrote with Amy (2010) 7. Live at the Bedford (2010) 8. No. 5 Collaborations Project (2011) 9. One Take EP (2011) 10. One Take EP (2011) 11. Thank You (2011) 12. The Slumdon Bridge (dengan Yelawolf) (2012) 13. iTunes Festival: London 2012 (2012)

Prestasi

Prestasi
Prestasi

2012

1. British Breakthrough Act (BRIT Awards) 2. British Male Solo Artist (BRIT Awards)

2013

1. Pop Award Songs (BMI London Awards) 2. Favorite UK Male Artist (Nickelodeon UK Kids' Choice Awards) 3. Choice Breakout Artist (Teen Choice Awards)

2014

1. British Artist of the Year (BBC Music Awards) 2. International Male Artist of the Year (Danish GAFFA Awards) 3. International Album of the Year untul album "x" (GAFFA Awards Denmark) 4. International Solo Artist of the Year (Norway GAFFA Awards) 5. International Album of the Year untuk album "x" (Norway GAFFA Awards) 6. International Hit of the Year untuk lagu "I See Fire" (GAFFA Awards Norwegia) 7. International Solo Artist of the Year (GAFFA Awards Swedia) 8. Best Male Video untuk video musik "Sing" featuring Pharrell Williams (MTV Video Music Awards) 9. World's Best British Solo Acted (World Music Awards) 10. World's Best British Entertainer (World Music Awards)

2015

1. Favorite Male Artist - Pop/Rock (American Music Awards) 2. British Male Solo Artist (BRIT Awards) 3. MasterCard British Album of the Year untuk album "x" (BRIT Awards) 4. Best International Rock/Pop Male Artist (Echo) 5. Best International Artist (iHeartRadio Much Music Video Awards) 6. Best Male - International (JIM Awards) 7. Best Pop (JIM Awards) 8. Best Album untuk album "x" (JIM Awards) 9. Best World Stage Performance (MTV Europe Music Awards) 10. Best Live Act (MTV Europe Music Awards) 11. Favorite Album untuk album "x" (People's Choice Awards) 12. Favorite Male Artist  (People's Choice Awards) 13. Choice Male Artist (Teen Choice Awards)

2016

1. Song of the Year untuk lagu "Thinking Out Loud" (BMI London Awards) 2. Best International Rock/Pop Male Artist (Echo) 3. Song of the Year untuk lagu "Thinking Out Loud" (Grammy Awards) 4. Best Pop Solo Performance (Grammy Awards) 5. Favorite Male Artist  (People's Choice Awards)

2017

1. Song of the Year untuk lagu "Love Yourself" (BMI London Awards) 2. Million Performance Songs  untuk lagu "Thinking Out Loud" (BMI London Awards) 3. Best Live (MTV Europe Music Awards) 4. Artist of the Year (MTV Video Music Awards)

2018

1. Best Pop Solo Performance untuk lagu "Shape of You" (Grammy Awards) 2. Best Pop Vocal Album untuk album "÷" (Grammy Awards)

Loading...

Baca Juga