Biodata Cristiano Ronaldo - Informasi Umum, Kehidupan Pribadi, Perjalanan Karier, Prestasi dan Penghargaan
Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain sepakbola terbaik yang berasal daro Portugal. Memulai karier profesional bersana Sporting Lisbon, ia kemudian pernah pula bergabung dengan Manchester United dan Real Madrid.

Para pecinta sepakbola di seluruh dunia pasti mengenal pesepakbola asal Portugal ini. Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepakbola yang paling banyak mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Ballon d'Or. Mendapat sebutan CR7, pesepakbola ini memang identik dengan nomor punggung 7.

Ingin mengetahui berbagai informasi tentang CR7, berikut ini profil lengkap tentang Cristiano Ronaldo mulai dari kehidupan pribadi, perjalan karier, hingga berbagai prestasi dan penghargaan yang pernah ia raih.

Informasi Umum

Informasi Umum
Informasi Umum
Nama AsliCristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Nama PopulerCristiano Ronaldo
Tanggal Lahir5 Februari 1985
Tempat LahirFunchal, Madeira, Portugal
Nama AyahJosé Dinis Aveiro
Nama IbuMaria Dolores dos Santos Aveiro
Tinggi Badan187 cm
Berat Badan84 kg 
KewarganegaraanPortugal
PosisiPenyerang
Klub Saat ini
Real Madrid
Nomor Punggung
7

Kehidupan Pribadi

Kehidupan Pribadi
Kehidupan Pribadi

Ronaldo lahir di kota Funchal, Maderia, Portugal sebagai anak bungsu dari Maria José Dinis Aveiro dan Dolores dos Santos Aveiro. Ibunya adalah seorang juru masak, sementara ayahnya hanya bekerja sebagai tukang kebun dan kit-man paruh waktu. Nama Ronaldo sendiri terinspirasi dari nama presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.

Sebagai anak bungsu, Ronaldo memiliki empat orang kakak, satu laki-laki bernama Hugo dan dua perempuan bernama Elma dan Liliana. Ketika masih kecil, Ronaldo tumbuh dalam kondisi keluarga yang miskin dan harus tidur berbagi kamar dengan ketiga kakaknya.

Perjalanan Karier Cristiano Ronaldo

Karier junior

Karier junior
Karier junior

Sejak usia tujuh tahun, Ronaldo bermain untuk sebuah tium amatir Andorinha, tempat di mana ayahnya bekerja sebagai kitman di sana. Setelah itu ia kemudian pindah ke Nacional, sebelum kemudian bergabung sebagai pemain akademi klub ibukota Sporting Lisbon pada usia 12. Pada usia 14 tahun, ia kemudian memutuskan untuk meniggalkan pendidikan formal dan fokus dengan sepakbola atas saran ibunya.

Awal karier profesional bersama Sporting Lisbon

Awal karier profesional bersama Sporting Lisbon
Awal karier profesional bersama Sporting Lisbon

Karier profesional Ronaldo dimulai ketika ia masih berusia 16 tahun tahun. Sementara debutnya di Primeira Liga dimulai pada 7 Oktober 2002, yang mana ketika itu ia mencetak dua dari tiga gol kemenangan Sporting atas Moreirense. Pada musim panas tahun 2003, Sporting menggelar pertandingan persahabatan dengan Manchester United. Pada pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Sporting 3-1 itulah Ronaldo mulai menunjukkan kualitasnya sebagai calon bintang masa depan. Pertandingan itu pulalah yang kemudian membuat Sir Alex Ferguson memutuskan untuk merekrut pemain muda ini.

Bermain untuk Manchester United

Di awal musim 2003/04, Ronaldo pun menerima pinangan dan Manchester United. Di United, Ronaldo yang pada awalnya menginginkan nomor punggung 28 kemduain menggunakan nomor punggung bersejarah bagi The Red Devils, 7. Nomor 7 sebelumnya pernah dipakai oleh legenda-legenda MU seperti George Best, Eric Cantona dan David Beckham. Bersama Setan Merah, Ronaldo kemudian mulai dikenal sebagai pemain muda yang brilian.

Penampilan Ronaldo terus melonjak di bawah arahan Sir Alex, hingga menghasilkan tiga gelar juara Premier League, satu FA Cup, dan satu Liga Champions, serta satu Piala Dunia antarklub. Selama berseragam United, Ronaldo telah mencetak 96 gol.

Pindah ke Real Madrid hingga kini

Pindah ke Real Madrid
Pindah ke Real Madrid

Pada musim panas 2009, ia kemudian memilih untuk pindah ke Real Madrid dengan nilai transfer 80 juta poundsterling (sekitar 1,3 triliun rupiah) dan menjadi pesepakbola termahal di dunia ketika itu. Pada awalnya di Real Madrid, ia mengenakan nomor punggun 9, karena nomor 7 masih digunakan oleh Raul Gonzalez. barulah di musim selanjutnya, Ronaldo memakai nomor 7 seiring dengan kepergian Raul.

Bersama Los Blancos, Ronaldo berkembang menjadi pemain yang lebih baik lagi. Bersama Messi, ia kemudian menjadi salah satu pemain terbaik di dunia yang selalu masuk nominasi sebagai peraih pemain terbaik FIFA atau Ballon d'Or. Hingga di usianya yang telah menginjak 33 tahun ini, Ronaldo telah mencetak 326 gol dari 315 pertandingan bersama Real Madrid.

Baca juga: 16 Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia Tahun 2018

Karier Internasional bersama timnas Portugal

Karier Internasional bersama timnas Portugal
Karier Internasional bersama timnas Portugal

Debut Ronaldo di timnas senior Portugal dimulai sejak tahun 2003, ketika ia masih berusia 18 tahun. Seiring dengan penampilan baiknya bersama klub, Ronaldo juga menjadi andalan bagi tim nasional Portugal. Ia bahkan menjadi kapten hingga saat ini.

Hingga saat ini Ronaldo adalah pemain dengan caps terbanyak di timnas Portugal dengan 147 caps, dan koleksi 79 golnya juga menjadikannya sebagai top skor sepanjang masa bagi timnasnya.

Prestasi dan Penghargaan

Prestasi dan Penghargaan
Prestasi dan Penghargaan

Gelar Juara bersama tim yang dibelanya:

Manchester United
1. 3 remier League
2. 1 FA Cup
3. 2 Football League Cup
4. 1 UEFA Champions League
5. 1 FIFA Club World Cup

Real Madrid
1. 2 La Liga
2. 2 Copa del Rey
3. 3 UEFA Champions League
4. 2 UEFA Super Cup
5. 3 FIFA Club World Cup

Timnas Portugal
1. 1 Piala Eropa

Penghargaan Individu

1. 5 FIFA Ballon d'Or/Ballon d'Or
2. 1 FIFA World Player of the Year
3. 1 FIFPro World Player of the Year
4. 2 The Best FIFA Men's Player
5. 3 UEFA Best Player in Europe Award
6. 1 UEFA Club Footballer of the Year
7. 5 World Soccer Player of the Year
8. 1 FIFA Puskás Award
9. 2 FIFA Club World Cup Golden Boot
10. 1 FIFA Club World Cup Golden Ball
11. 1 top skor Piala Eropa
12. 2 Barclays Player of the Year
13. 1 Premier League Golden Boot
14. 1 top skor FA Cup
15. 1 La Liga Best Player
16. 1 La Liga Best Forward
17. 1 La Liga Best Goal
18. 1 top skor Copa del Rey
19. 4 GSA Best Player of the Year
20. 4 European Golden Shoe
21. 1 Bravo Award
22. 2 Onze d'Or
23. 1 PFA Young Player of the Year
24. 2 PFA Fans' Player of the Year
25. 2 PFA Players' Player of the Year
26. 1 PFA Portuguese Player of the Year
27. 4 IFFHS World's Best Top Goal Scorer
28. 2 IFFHS World's Best Top Division Scorer
29. 2 FIFPro Special Young Player of the Year
30. 2 FWA Footballer of the Year
31. 4 Trofeo Alfredo Di Stéfano
32. 1 Trofeo EFE
33. 2 ESPY Awards Best International Athlete
34. 1 BBC Overseas Sports Personality of the Year

Baca Juga